Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
182
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6168aeda27a5934b434ac850/daging-hasil-lab-kenapa-diharamkan-munas-ulama-nu
Munas Alim Ulama NU beberapa hari lalu memutuskan daging berbasis sel haram dikonsumsi. Banyak orang mengerenyitkan dahi, enggak sedikit yang kurang setuju, ada juga yang manthuk-manthuk karena baru paham hukumnya setelah membaca sumber berita.
Lapor Hansip
15-10-2021 05:27

Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?

Past Hot Thread
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?


Cangkeman.net - Munas Alim Ulama NU beberapa hari lalu memutuskan daging berbasis sel haram dikonsumsi. Banyak orang mengerenyitkan dahi, enggak sedikit yang kurang setuju, ada juga yang manthuk-manthuk karena baru paham hukumnya setelah membaca sumber berita.

Jadi daging berbasis sel itu apa? masih banyak banget orang yang baru tau, atau bahkan belum pernah tau, eh udah haramkan aja. Mungkin dengan keputusan itu justru banyak orang yang baru tau akan hal ini. Dan akhirnya mencari tau lebih dalam apa itu dading berbasis sel. Yuk bahas tipis-tipis.


Quote:“Daging hasil pengembangbiakan dari sel yang diambil dari hewan hidup seperti ayam dan sapi hukumnya najis dan haram dikonsumsi. Sebab, bagian yang dipisahkan dari hewan yang masih hidup maka statusnya sebagaimana bangkainya. Sehingga, hukum dagingnya mengikuti status hukum selnya.” KH Mujib Qulyubi.



Sebenarnya ini apa sih?
Oke kita mulai dari apa itu sel. Kurang lebih begini, makhluk hidup seperti hewan, termasuk juga kita manusia, terdiri dari banyak sekali sel. Nah sel-sel itu ada banyak jenisnya. Dari sel-sel itu kemudian membentuk jaringan. Dari jaringan membentuk organ. Organ ini kemudian membentuk sistem tubuh. Jadilah kita makhluk hidup. Secara biologis.

Nah yang jadi pembicaraanya adalah sebuah daging hasil dari sel yang berhasil dikembangkan secara mandiri, yang hanya diambil sel-sel tertentu dari hewan, misal sel pembentuk daging, jadi yang tumbuh hanya daging tanpa tulang. Ini berhasil ditumbuhkan dari stem sel hewan yang bersangkutan, misal stem sel sapi atau ayam, bahkan babi.

Lalu, stem cell itu apa? Ya embuhwong aku bukan orang biologi.
Dari pemahamanku yang apa adanya, hasil googling, dan baca-baca status facebook para ilmuwan, stem sel ini ibarat sebuah biangnya sel. Jadi makhluk hidup kan ada yang bersel tunggal dan bersel banyak, nah yang mempunyai banyak sel ini selnya sangat beragam. Kalau di hewan misal ada sel otot, sel kulit, sel daging, sel tulang, Nah sel-sel inilah yang membentuk jaringan yang kemudian dari jaringan ini membentuk organ-organ yang berbeda.

Hampir semuanya berawal dari sebuah sel telur. Nah di kondisi tertentu ( umumnya karena dibuahi ) sel telur ini akan membelah. Enggak cuma membelah menjadi banyak sel yang sama, tapi juga jadi sel yang berbeda-beda, dari sel-sel itu kemudian masing-masing berkembang jadi banyak banget.

Dari regenerasi sel-sel inilah kita tumbuh, bahkan mati. Enggak cuma itu, sel-sel ini juga terus berganti, setiap hari, bahkan tiap saat ada jutaan sel yang mati dan sel baru yang tumbuh di dalam jaringan tubuh kita. Terasa? Ya enggak, wong kita adalah sel itu sendiri. 
Nah ketika terjadi kekacauan dalam pertumbuhan sel-sel tadi, jadilah situasu yang kita kenal sebagai kanker.

Karena stem sel ini sel biang, dari sel ini akan dihasilkan sel sel lain yang sejenis, jadi sel berikutnya yang tumbuh tidak lagi menjadi jenis sel lain. Misal stem sel daging sapi, ya akan tumbuh menjadi (hanya) daging sapi aja, tanpa tulang, tanpa kulit, tanpa kuku dan pastinya tanpa riba, eh. 

Hal yang dahulu sangat tidak terpikirkan oleh manusia, jadi sebuah kenyataan di depan mata dengan pengetahuan tentang sel ini. Kita sudah bisa memodifikasi tumbuhan, hewan dan makhluk hidup lain. Buah tanpa biji, hewan dengan daging minim tulang, tumbuhan tanpa batang. Bahkan imajinasiku, kenapa enggak dibuat hati tanpa manusia yah? Karena hati kecil selalu baik tapi manusianya kok jadi jahad-jahad banged.
Hiyak hiyak

Oke, kembali ke laptop.
Sebuah daging bisa kita sebut sebagai jaringan. Jaringan bertumbuh sejalan dengan berkembangnya sel-sel yang ada dalam jaringan tersebut. Sel mendapatkan nutrisi dari jaringan yang dibentuknya, yaitu sistem pencernaan. 

Nah, sistem kerja itu berhasil dipelajari manusia dan dibuat modifikasinya. Sel diambil dari hewan, lalu ditumbuhkan, dengan nutrisi yang disuplai, jadi tanpa perlu sistem pencernaan, sel dapat tumbuh sendiri dan membentuk jaringannya. Manusia mem-bypass kebutuhan nutrisi dan media hidup sel-sel tadi sehingga ia dapat tumbuh dengan mandiri. Mirip seperti halnya tanaman hidroponik.

Terus kenapa diharamkan?
Kita kerucutkan dulu, bahwa haram di sini dari sisi Islam ya, pun dengan fiqih Islam yang dianut ulama NU tadi. agama lain ya ikut kepada tuntunannya masing-masing dong, kan kita nggak mungkin loncat ke pager tetangga cuma buat memaksakan keharaman versi sendiri. Walau ada juga sih yang suka begitu, uhuk.

Dalam hukum fiqih, daging hewan darat yang boleh dimakan adalah yang disembelih, kecuali belalang. Nah daging hasil lab ini bukan hewan utuh, jadi ya enggak ada proses penyembelihannya. Wong cuma daging doang sembelihnya gimana?

Tapi Islam melarang mengambil daging dari hewan hidup untuk dimakan. Misal kamu pengin sop buntut dan langsung memotong buntut dari sapi yang masih hidup untuk dimasak. Nah daging buntut itu diambil dengan cara yang haram. Walaupun daging sapinya halal, tapi karena dilakukan dengan cara yang tidak halal maka auto haram, gitu simpelnya.

Nah, sel yang dipakai untuk membuat daging di lab ini diambil dari sel sapi yang masih hidup, jadi dianalogikan sama dengan memotong buntut tadi, karena daging diambil dari hewan hidup, tanpa ada penyembelihan sebelumnya. Dan misalpun diambil dari hewan yang sudah mati, maka hukumnya sama dengan memakan bangkai.

Walaupun memotong sebagian tubuh hewan lalu memakannya enggak akan menimbulkan masalah dari sisi mutu daging dan nutrisinya. Tapi hal itu akan menyiksa hewan, karena itulah sebaiknya enggak dilakukan, wong nyembelih hewan pakai pisau tumpul aja enggak boleh apalagi ujug-ujug motong kakinya buat di sop, kan kasihan. Jadi concern-nya di situ. 

Tapi eh tapi, mengambil stem sel dari hewan untuk menumbuhkan dagingnya secara mandiri itu hal yang berbeda dari analogi memotong buntut tadi, kalau dilihat dari sisi menyakiti hewan.
Tapi kalau dasarnya adalah sumber sel tersebut yang mana diambil dari hewan hidup tanpa proses penyembelihan, ya kita kembalikan ke ulama yang lebih mengerti akan hal itu.

Tapi aku sih yakin, nantinya setelah daging seperti ini sudah cukup umum di pasaran, akan ada versi halalnya, mungkin dengan mengambil stem sel hewan yang sudah disembelih, atau teknik lain agar bisa sesuai syar'i.

Tabik.

Tulisan ini ditulis oleh Zen di Cangkeman pada 29 September 2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MasterSims dan 31 lainnya memberi reputasi
30
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 07:37
Masuk akal sih kenapa dikultuskan haram.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
subzero14 dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 08:37
hmm... menurut mereka alasan diharamkan karena tanpa proses penyembeluhan karena sel diambil dari hewan yg masih hidup.
pertanyaan ane apakah jadi halal kalau sel hewan diambil dari hewan yg sudah disembelih, dan apakah bisa?
emoticon-Bingung

btw sekedar info, dalam islam proses penyembelihan dimaksudkan untuk membunuh hewan tanpa menyiksa si hewan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uangkul dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 08:46
Ane juga ga minat makan sih
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 08:54
Yup ane setuju sama TS mngkin nanti ketika sudah marak peredarannya bakal dibikin metode baru agar bisa dikategorikan halal emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 09:51
Quote:Original Posted By cangkeman.net
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?


Cangkeman.net - Munas Alim Ulama NU beberapa hari lalu memutuskan daging berbasis sel haram dikonsumsi. Banyak orang mengerenyitkan dahi, enggak sedikit yang kurang setuju, ada juga yang manthuk-manthuk karena baru paham hukumnya setelah membaca sumber berita.

Jadi daging berbasis sel itu apa? masih banyak banget orang yang baru tau, atau bahkan belum pernah tau, eh udah haramkan aja. Mungkin dengan keputusan itu justru banyak orang yang baru tau akan hal ini. Dan akhirnya mencari tau lebih dalam apa itu dading berbasis sel. Yuk bahas tipis-tipis.




Sebenarnya ini apa sih?
Oke kita mulai dari apa itu sel. Kurang lebih begini, makhluk hidup seperti hewan, termasuk juga kita manusia, terdiri dari banyak sekali sel. Nah sel-sel itu ada banyak jenisnya. Dari sel-sel itu kemudian membentuk jaringan. Dari jaringan membentuk organ. Organ ini kemudian membentuk sistem tubuh. Jadilah kita makhluk hidup. Secara biologis.

Nah yang jadi pembicaraanya adalah sebuah daging hasil dari sel yang berhasil dikembangkan secara mandiri, yang hanya diambil sel-sel tertentu dari hewan, misal sel pembentuk daging, jadi yang tumbuh hanya daging tanpa tulang. Ini berhasil ditumbuhkan dari stem sel hewan yang bersangkutan, misal stem sel sapi atau ayam, bahkan babi.

Lalu, stem cell itu apa? Ya embuhwong aku bukan orang biologi.
Dari pemahamanku yang apa adanya, hasil googling, dan baca-baca status facebook para ilmuwan, stem sel ini ibarat sebuah biangnya sel. Jadi makhluk hidup kan ada yang bersel tunggal dan bersel banyak, nah yang mempunyai banyak sel ini selnya sangat beragam. Kalau di hewan misal ada sel otot, sel kulit, sel daging, sel tulang, Nah sel-sel inilah yang membentuk jaringan yang kemudian dari jaringan ini membentuk organ-organ yang berbeda.

Hampir semuanya berawal dari sebuah sel telur. Nah di kondisi tertentu ( umumnya karena dibuahi ) sel telur ini akan membelah. Enggak cuma membelah menjadi banyak sel yang sama, tapi juga jadi sel yang berbeda-beda, dari sel-sel itu kemudian masing-masing berkembang jadi banyak banget.

Dari regenerasi sel-sel inilah kita tumbuh, bahkan mati. Enggak cuma itu, sel-sel ini juga terus berganti, setiap hari, bahkan tiap saat ada jutaan sel yang mati dan sel baru yang tumbuh di dalam jaringan tubuh kita. Terasa? Ya enggak, wong kita adalah sel itu sendiri. 
Nah ketika terjadi kekacauan dalam pertumbuhan sel-sel tadi, jadilah situasu yang kita kenal sebagai kanker.

Karena stem sel ini sel biang, dari sel ini akan dihasilkan sel sel lain yang sejenis, jadi sel berikutnya yang tumbuh tidak lagi menjadi jenis sel lain. Misal stem sel daging sapi, ya akan tumbuh menjadi (hanya) daging sapi aja, tanpa tulang, tanpa kulit, tanpa kuku dan pastinya tanpa riba, eh. 

Hal yang dahulu sangat tidak terpikirkan oleh manusia, jadi sebuah kenyataan di depan mata dengan pengetahuan tentang sel ini. Kita sudah bisa memodifikasi tumbuhan, hewan dan makhluk hidup lain. Buah tanpa biji, hewan dengan daging minim tulang, tumbuhan tanpa batang. Bahkan imajinasiku, kenapa enggak dibuat hati tanpa manusia yah? Karena hati kecil selalu baik tapi manusianya kok jadi jahad-jahad banged.
Hiyak hiyak

Oke, kembali ke laptop.
Sebuah daging bisa kita sebut sebagai jaringan. Jaringan bertumbuh sejalan dengan berkembangnya sel-sel yang ada dalam jaringan tersebut. Sel mendapatkan nutrisi dari jaringan yang dibentuknya, yaitu sistem pencernaan. 

Nah, sistem kerja itu berhasil dipelajari manusia dan dibuat modifikasinya. Sel diambil dari hewan, lalu ditumbuhkan, dengan nutrisi yang disuplai, jadi tanpa perlu sistem pencernaan, sel dapat tumbuh sendiri dan membentuk jaringannya. Manusia mem-bypass kebutuhan nutrisi dan media hidup sel-sel tadi sehingga ia dapat tumbuh dengan mandiri. Mirip seperti halnya tanaman hidroponik.

Terus kenapa diharamkan?
Kita kerucutkan dulu, bahwa haram di sini dari sisi Islam ya, pun dengan fiqih Islam yang dianut ulama NU tadi. agama lain ya ikut kepada tuntunannya masing-masing dong, kan kita nggak mungkin loncat ke pager tetangga cuma buat memaksakan keharaman versi sendiri. Walau ada juga sih yang suka begitu, uhuk.

Dalam hukum fiqih, daging hewan darat yang boleh dimakan adalah yang disembelih, kecuali belalang. Nah daging hasil lab ini bukan hewan utuh, jadi ya enggak ada proses penyembelihannya. Wong cuma daging doang sembelihnya gimana?

Tapi Islam melarang mengambil daging dari hewan hidup untuk dimakan. Misal kamu pengin sop buntut dan langsung memotong buntut dari sapi yang masih hidup untuk dimasak. Nah daging buntut itu diambil dengan cara yang haram. Walaupun daging sapinya halal, tapi karena dilakukan dengan cara yang tidak halal maka auto haram, gitu simpelnya.

Nah, sel yang dipakai untuk membuat daging di lab ini diambil dari sel sapi yang masih hidup, jadi dianalogikan sama dengan memotong buntut tadi, karena daging diambil dari hewan hidup, tanpa ada penyembelihan sebelumnya. Dan misalpun diambil dari hewan yang sudah mati, maka hukumnya sama dengan memakan bangkai.

Walaupun memotong sebagian tubuh hewan lalu memakannya enggak akan menimbulkan masalah dari sisi mutu daging dan nutrisinya. Tapi hal itu akan menyiksa hewan, karena itulah sebaiknya enggak dilakukan, wong nyembelih hewan pakai pisau tumpul aja enggak boleh apalagi ujug-ujug motong kakinya buat di sop, kan kasihan. Jadi concern-nya di situ. 

Tapi eh tapi, mengambil stem sel dari hewan untuk menumbuhkan dagingnya secara mandiri itu hal yang berbeda dari analogi memotong buntut tadi, kalau dilihat dari sisi menyakiti hewan.
Tapi kalau dasarnya adalah sumber sel tersebut yang mana diambil dari hewan hidup tanpa proses penyembelihan, ya kita kembalikan ke ulama yang lebih mengerti akan hal itu.

Tapi aku sih yakin, nantinya setelah daging seperti ini sudah cukup umum di pasaran, akan ada versi halalnya, mungkin dengan mengambil stem sel hewan yang sudah disembelih, atau teknik lain agar bisa sesuai syar'i.

Tabik.

Tulisan ini ditulis oleh Zen di Cangkeman pada 29 September 2021


hmm, kalau mengambil stem cellnya dari sel sapi yang sudah disembelih ya enggak bisa atuh, kan sapinya sudah mati? ya sel-selnya juga mati donk

emoticon-Bingung

makanya diambil dari sapi yang masih hidup

riset ini paling dilakukan karena tekanan dari PETA dan kaum vegan yang sebenarnya kepengen makan daging tapi sok iye bgt, tereak2 cinta hewan dsb, jadi dibuatlah riset ini, biar bisa makan daging tanpa membunuh hewannya
Diubah oleh KyraAltair
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 10:05
Menarik juga paragraf terakhirnya. Bisa saja bgitu, diambil sel dari hewan yg sudah dipotong secara haram.....
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 10:46
daging lab mahal pula..katanya sih itu juga emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 10:52
stem cell bisa jadi sell apapun juga..
profile-picture
profile-picture
bekonangputra dan pakisal212 memberi reputasi
2 0
2
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 11:30
Atur aja bosss....... kalo ane mah makan semua daging, jd ga ada haram2an, semua daging yg diciptakan HALAL untuk dimakan, apalg daging lawan jenis, itu paling toppp, tiap malam makan pasti, hahahaha
Diubah oleh kaskuskreatip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 12:28
"Nunggu masukan uang supaya jadi halal" sudah hal biasa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 12:56
ulama paham dari hong kong, klo ga cocok sama ajaran haram beres, yg cocok sekalipun rasis halal

cangkeman mbahmu liat dong seberapa banyak kerusakan lingkungan akibat ternak berdasar science
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 9 lainnya memberi reputasi
4 6
-2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 12:58
intinya segala sesuatu yang difatwa haram itu tidak serta merta secara serampangan menetapkannya. melainkan proses pengujian dan penelitian, pertimbangan, dan akhirnya memutuskan seperti itu.

semua ada dasarnya dan tidak asal vonis.

emangnya kayak kadrun dan gerombolan sesuka mereka saja memvonis haram yang tak sesuai dengan keinginan mereka.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
furion87 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 13:08
Duit kena minyak babi juga halalDaging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black.03 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 13:13
Veganazi mah goyang kicir2 ama hal beginian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 13:40
Sembelih dulu, pas baru mati, ambil sel yang masih hidup untuk digandakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 16:45
Akhirnya.. Kalo diharamkan kan jadi murah harganya.. Teman2 nonmuslim bisa aman konsumsinya deh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
firearm90 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
15-10-2021 17:35
Mungkin kurang lebih kayak sirip hiu
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
16-10-2021 04:15
ntar kalo perut dah keroncongan ga ada makanan yg bisa di makan lagi , semuanya halal gan .

mau taruhan ?
Diubah oleh v.jaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
firearm90 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
16-10-2021 13:05
setau gua ilmu pengetahuan jaga haram. diskusinya kan gak jauh dari seks,perawan dan makanan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 6 lainnya memberi reputasi
2 5
-3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Daging Hasil Lab Kenapa Diharamkan Munas Ulama NU?
16-10-2021 13:16
ehmmmm ane lebih minat ke daging hasil 3D printing yg mana bahan2 nya dari kedelai/biji bijian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia