Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
209
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6164e2430501853ce240a3ef/indonesia-benci-israel-right-or-wrong
Hingga saat ini antara Indonesia dan Israel memang tidak ada hubungan diplomatik, bahkan banyak masyarakat terutama bagi mereka yang tahu Israel hanya dari buku sejarah, cuplikan video perang membuat banyak orang menjadi benci dengan Israel ditambah narasi provokatif dari narasumber yang dijadikan rujukan.
Lapor Hansip
12-10-2021 08:17

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Hingga saat ini antara Indonesia dan Israel memang tidak ada hubungan diplomatik, bahkan banyak masyarakat terutama bagi mereka yang tahu Israel hanya dari buku sejarah, cuplikan video perang membuat banyak orang menjadi benci dengan Israel ditambah narasi provokatif dari narasumber yang dijadikan rujukan.

Setidaknya kita harus berfikir open mind ketika membicarakan sebuah negara! Ketika pemimpin di sebuah negara memiliki pesan politik sebagai penjajah apakah masyarakat di negara tersebut setuju semua dengan kebijakan politik pemimpinnya? Tentu saja tidak, sama halnya dengan disini kita tahu Jokowi salah satu Presiden yang baik dan mampu memberikan pemerataan infrastruktur di semua wilayah namun ternyata kok masih banyak yang tak suka kebijakannya?

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Begitu juga dengan Israel, pemerintah Indonesia tak suka dengan bentuk penjajahan maka hingga hari ini tidak ada hubungan yang mengikat antara mereka.

Namun apakah masyarakat Indonesia benci Israel? Sama sekali tidak, walau masyarakatnya keduanya agak sulit untuk datang ke negara untuk sekedar tur. Namun pada dasarnya bisa-bisa saja hanya mengikuti aturan yang ditetapkan karena Yerussalem kota yang sering dikunjungi oleh orang Indonesia terlebih bagi penganut agama Abrahamik (Ibrahimiyyah), begitu juga masyarakat Israel yang ingin ke Indonesia bisa dengan paspor warga negara yang lain, karena Israel menggunakan dwi warga negara.



Video youtuber Herris dengan Warga Israel

Konflik Israel-Palestina menjadi penyebabnya, ditambah narasi tokoh-tokoh yang membuat situasi politik kolonial dianggap juga politik identitas. Yang menarik perseteruan mereka sudah sangat lama terjadi hingga berganti pemimpin hasilnya pun sama.



Video youtuber Herris dengan Warga Israel

Bahkan Partai Komunis di Palestina juga tak bisa berbuat banyak disana, loh memang ada komunis di Palestina?

Ada, Partai Komunis Palestina (PKP) sudah berdiri pada 1919 dan diakui oleh Cominter pada 1924, namun setelah soviet hancur berganti nama menjadi Partai Rakyat Palestina (PRP). Lalu munculah George Habash dengan idiologi yang sama, pendiri Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina atau Popular Front for the Liberation of Palestine (PFLP), Habash sendiri meninggal di tahun 2008 beliau adalah salah seorang Kristen Ortodoks yang taat.

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Namun sangat dihormati oleh pemimpin organisasi lainnya di Palestina seperti pemimpin Hamas, karena di Palestina sendiri tidak ada politik identitas semua bergabung seperti era nasakom zaman Bung Karno. Semua elemen dari yang kiri hingga kanan, dari yang moderat sampai radikal, dari yang Islam sampai Kristen, bahkan dari yang ateis sampai agamis semua bersatu di bawah bendera yang sama yaitu Palestina.

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Lantas bagaimana dengan Israel? Kenapa mereka sibuk mencaplok tanah-tanah arab di wilayah Palestina?

Sekali lagi ada perjanjian masa lalu dimana tanah jajahan Inggris diberikan kepada Israel, hingga saat ini mereka dipimpin oleh Zionis hal ini seperti konflik politik antara Indian dan Amerika. Namun berjalannya waktu posisi Palestina punya daya tawar yang kuat hingga Israel tak bisa menguasai semua wilayah Palestina, terlebih di pihak Israel sendiri juga ada yang ingin Palestina merdeka terutama dalam Partai Komunis Israel (MAKI). Yang tergabung dalam Hadash, partai mayoritas Arab di Israel.

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Loh di Israel ada orang Arabnya?

Ya, ada mereka berasal dari suku bangsa Bedouin, Druze, dan Arab-Palestina. Mayoritas dari mereka beragama Islam, mereka menetap di Israel sejak tahun 1948 namun untuk keturunan Arab-Palestina ada diskriminasi tersendiri. Namun berjalannya waktu ada partai yang menaungi mereka yaitu Partai Daftar Arab Bersatu milik Abbas, yang sering dikenal dengan akronim Ibrani Raam, partai ini berafiliasi dengan Ikwanul Muslimin.

Hal ini juga terjadi pada waktu Hindia Belanda hadir dimana pribumi kerap di diskriminasi dan mendirikan Indische Partij (Partai Hindia).

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Namun Indonesia sudah memilih tidak ada hubungan diplomatik terhadap Israel hingga penjajahan di atas dunia dihapuskan, berarti hingga Palestina diberikan kemerdekaan bukan tak mungkin Indonesia menjalin hubungan dengan Israel. Tapi kalau ada pemimpin seperti Gus Dur yang berfikiran terbuka, tanpa menunggu Palestina merdeka bisa saja hubungan diplomatik dengan Israel dibuka.

Jadi kalau masih ada yang berfikir konflik Israel-Palestina adalah konflik agama! Nampaknya agak aneh sebab dari kalangan semua agama dan tidak beragama bersatu dalam nama Palestina. Israel yang identik dengan Yahudi ternyata tidak semua kebijakannya di suka oleh mereka Yahudi ortodoks, dimana banyak terdapat di Iran. Bahkan Partai Islam mampu menembus parlemen di Israel, sekali lagi agak janggal kalau konflik agama masih sering dikaitkan.

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Bagaimana dengan masyarakatnya? Suasana konflik memaksa seluruh masyarakat yang berumur 18 tahun untuk ikut wajib militer, baik itu lelaki maupun perempuan. Hal yang sama terjadi dengan Palestina anak-anak kecil pun sudah terbiasa memegang senjata! Kalau ditanya apa keinginan mereka sebenarnya?

"Hidup Damai"

Sungguh ironi, ternyata arogansi pemimpin membuat kedamaian itu semakin menjauh.

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Jadi kesimpulannya apakah Indonesia benci Israel, analisis ane mengatakan "Wrong" sebab ada Operasi Alpha pada 1978, dimana ada 32 unit pembelian pesawat A-4 Skyhawk milik Israel. Sentimen anti Israel selalu diserukan oleh politik Identitas di Indonesia, bahkan stigma Yahudi dianggap negatif. Hal yang sama dilakukan mereka yang benci dengan Islam, dengan label kadrun bahkan Teroris kerap digunakan. Padahal setiap manusia ada yang baik dan jahat, tidak bisa dipatok rata semuanya.

Ada pertanyaan menggelitik apa kamu pernah memilih di negara mana kamu ingin dilahirkan? Dan memilih beragama atau tidak ketika kamu itu lahir?

Itulah kita manusia, hanya diberikan tanda dan petunjuk untuk tata cara hidup, bahkan bebas berkehendak selama di bumi dengan banyaknya pilihan.

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Seperti Indonesia yang memilih sekarang ini mesra dengan China, Rusia maupun Amerika, apakah bisa dikatakan Indonesia menjadi Komunis dan Sekuler kan tidak juga tetap Pancasila yang diusung, karena itu pilihan pemimpin di Indonesia. Apa bisa dimasa depan pilihan itu berubah? "Bisa" namun akan ada banyak darah tertumpah ketika revolusi digaungkan.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik,klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MrJeffBezos dan 42 lainnya memberi reputasi
41
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 08:20
Berat bre..
Saya komen pertamax aja dah yaa emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 08:34
Ppppfffftttt.....

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Menggelikan....

emoticon-Wakaka
Diubah oleh 37sanchi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 22 balasan
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 08:59
OR aja deh emoticon-Hammer (S)
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 09:16
Apaan, bahasan berat ga ada mulustrasi-nya babar blas.
emoticon-gaasik
Bahas Israel minim adalah mulustrasi-nya si Gadot. Jangan Gatot lho ya? Mengko keliru.
emoticon-Cool
Btw, intinya kl sdh urusan politik dan kepentingan, pasti jadi serba ruwet bin mumet.
emoticon-Ngakak
Diubah oleh lonelylontong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 09:22
Indonesia ini malu2 kucing kalo berhubungan dengan Israel.
Tetapi kenyataannya hubungan Indonesia - Israel ini terus berjalan dengan "back street".
Beberapa teknologi Israel banyak yang masuk ke Indonesia yang biasanya melalui Singapore atau Philippines.
Maka secara pribadi sebetulnya ane setuju juga dengan Alm Gus Dur untuk membuka hubungan diplomasi dengan Israel.
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 09:42
kalo jawaban utk pertanyaan TS, jawabannya pasti: RIGHT
knp? karena yah jelas sekali, pemerintah kita ga mau ada diplomasi, selalu bela palestina.

Inilah kesalahannya, hrsnya dilihat dulu dengan JERNIH, permasalahan yg terjadi antara palestina dan israel, JANGAN hanya mendukung gara2 AGAMA, tp ini kan yg terjadi!!!

Indonesia ga terima krn israel "menjajah" palestina, pdahal kalo mnrt ane pribadi, malah palestinalah yg menjajah israel dengan meyerobot daerahnya.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 13 lainnya memberi reputasi
13 1
12
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 09:43
benci penjajahan

jangan benci negaranya

INGAT! kita punya hubungan internasional dengan Belanda dan Jepang!

jadi ga perlu sok-sok benci Israel, apalagi teriak-teriak menentang mereka. toh mereka tidak lakukan apa-apa pada Indonesia.

waras dikit kenapa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
handyrobean dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 09:57
Sebetulnya kalau menurut saya, hal ini jangan hanya dilihat dari satu sisi saja (sisi Palestina) nya saja, krn banyak juga dari sisi sana yg seolah2 menjadi korban padahal yg membuat negaranya jadi seperti itu adalah pemerintahannya sendiri yg korup dan sebagainya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 10:06
Kebencian adalah saudara kembar dari kebodohan yang susah untuk dipisahkan.

Jadi mereka yang membenci tanpa dasar (tanpa pengetahuan) yang jelas tentang apa yang menjadi permasalahannya, ya sama saja mereka sedang memperlihatkan kebodohannya.

Mana nih mulustrasinya si eneng wonder woman (galgadot) emoticon-Wowcantik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
handyrobean dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 10:18
waktu gw kuliah di negeri ginseng, kebetulan punya temen orang israel dan orang palestina

mereka tidak bertegur sapa sama sekali. tapi gw bisa menjadi sahabat bagi keduanya.

si pria israel gw jodohin sama cw chinese yang dia suka. biarpun dia yahudi israel tapi ama cw pemalu.

si wanita palestina sering gw ajak jalan bareng sama para mahasiswa muslim indonesia.

semuanya damai di negeri ginseng, meskipun ada orang yahudi, islam, kristen, budha, hindu, syiah-suni, anti taliban, dll.

karena niatnya belajar, bukan berpolitik. jadi menurut gw yang jahat itu politik bukan ajaran agamanya.


oh iya, kata temen gw yang palestina, mereka perang untuk melawan penjajahan, bukan perang karena agama.

rata-rata di Indonesia anak2 yang gak kenal dunia luar (gak pernah keluar negeri) dicekokin ama guru agama bahwa konflik di palestina itu konflik agama. makanya mereka benci banget ama israel. meskipun gak semua israel jahat. ada yang baiknya juga.

temen gw yang orang palestina kerja di perusahaan israel, gaji gede, HP IPhone, tas LV, jam tangan Gucci, sepatu Nike, kacamata armani, pake gelang emas. dia bingung sama orang indonesia yang sering kasih bantuan duit, tapi duitnya gak jelas kemana karena mereka banyak yg berkecukupan. (dia tinggal di tepi barat bukan di gaza).
Diubah oleh nipta1179
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NikitasJ dan 15 lainnya memberi reputasi
15 1
14
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 10:19
Quote:Original Posted By lonelylontong
Apaan, bahasan berat ga ada mulustrasi-nya babar blas.
emoticon-gaasik
Bahas Israel minim adalah mulustrasi-nya si Gadot. Jangan Gatot lho ya? Mengko keliru.
emoticon-Cool
Btw, intinya kl sdh urusan politik dan kepentingan, pasti jadi serba ruwet bin mumet.
emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By acmd
Kebencian adalah saudara kembar dari kebodohan yang susah untuk dipisahkan.

Jadi mereka yang membenci tanpa dasar (tanpa pengetahuan) yang jelas tentang apa yang menjadi permasalahannya, ya sama saja mereka sedang memperlihatkan kebodohannya.

Mana nih mulustrasinya si eneng wonder woman (galgadot) emoticon-Wowcantik


Pecinta gal gadot nih kayaknya emoticon-Leh Uga

Nyerah dah nih tak kasih...

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?

Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black.robo dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 10:39
Hipokrit sih kalo gw bilang, membela kemerdekaan Palestina tapi sendirinya begitu ke Papua emoticon-siul:

Tapi kalo gw pribadi sih mendukung kebebasan Palestina dari Hamas. Mending join Israel aja, toh warga Gaza jg banyak yg cari kerja di wilayah Israel emoticon-siul

Diubah oleh Arzal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
handyrobean dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 10:42
Ane pribadi mah ga pernah benci Israel malah ane pengen ke Israel kl Pandemik ini sudah hilang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 10:54
Ane dulu sih sempet mikir ya buat apa benci sama negara / penduduk suatu negara yg sebenarnya ga berbuat hal2x yg jelek terhadap lo atau negara lo. Ga logis punya kebencian kayak gitu..

Bencinya sebagian orang Indo terhadap Israel/Yahudi itu menurut gw ga logis.

Dan alih2x atas nama 'melawan penjajahan', lah lo sendiri itu di Papua kek mana?

Dan sikap Indonesia itu cendrung ga jelas sama nilai2x yg ia anut sendiri. Contohnya aja Kosovo, Kashmir, Rohingya, dll.

Baiknya itu kata2x 'melawan penjajahan' ditafsirkan terbatas pada melawan penjajahan Belanda & sekutu waktu sebelum tahun 1945 aja. Ga usah ditafisrin jauh2x sampe2x ngerecoki urusan dalam negeri negara lain.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 10:56
Disini susah gan. Semua semakin membenci karena semua mengangkat palestina demi suatu kepentingan. Media mengangkat palestina agar meningkatkan rating pembaca. Org awam ikut ikutan membenci dgn posting medsos agar bisa tenar. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 11:08
kereen eeuuy.. keep posting brad emoticon-Sundul
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 11:10
dimana manusia berada disitu konflik pasti ada
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 11:11
Liga arab kalah perang di Six Days War, Israel sebagai negara pemenang berhak buat mengambil wilayahnya. Kalau dianalogikan sama Indonesia, Indonesia menang melawan Belanda, tapi warga dan orang - orang yang kuat didaerah yang tadi dikuasai Belanda masih minta merdeka dan merasa dijajah.

Padahal Indonesia pragmatis saja, buat hubungan dengan keduanya karena mereka yang perang tidak ada sangkut pautnya secara signifikan sama keberlangsungan kehidupan orang Indonesia yang ribuan kilometer jauhnya.

Kalau dibalik misalnya, Negara Israel yang lemah dan kalah perang sama liga arab, apakah Indonesia bakal membela Israel.

Kalau ane salah mohon diperbaiki
profile-picture
profile-picture
kelC dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 11:13
trit palestina lagi
emoticon-Tepar
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Indonesia Benci Israel, Right Or Wrong?
12-10-2021 11:19
mau semua orang israel pindah ke eropa sekalipun ini kebencian kagak bakal pernah hilang.
gimana mau ilang, orang ada sebuah ramalan akhir jaman yang menyebutkan bahwa orang2 yahudi ini yang jadi musuh mereka kelak kok, dan ramalan ini harus diimani tanpa keraguan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia