Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
20
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616281f44507cc0f911b1121/ceritakan-pengalamanmu-selama-liburan-tugas-sekolah-yang-sepele-tapi-dalam-maknanya
Saat saya masih Sd ada sebuah tugas sekolah yang rutin dilakukan setiap kali memasuki semester baru. Setiap semesternya di hari pertama masuk sekolah guru wali kelas pasti menyuruh murid-muridnya untuk membuat sebuang karangan mengenai apa yang mereka lakukan selama liburan dan membacakannya di depan kelas.
Lapor Hansip
10-10-2021 13:02

Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya

Saat saya masih Sd ada sebuah tugas sekolah yang rutin dilakukan setiap kali memasuki semester baru. Setiap semesternya di hari pertama masuk sekolah guru wali kelas pasti menyuruh murid-muridnya untuk membuat sebuang karangan mengenai apa yang mereka lakukan selama liburan dan membacakannya di depan kelas.

Dulu saya hanyalah anak kecil yang lugu jadi saya menulis saja semua omong kosong yang tidak lagi saya ingat tanpa pertimbangan apapun namun sekarang saya jadi memikirkan apa sebenarnya makna tugas tersebut.

Ada yang bilang bahwa guru merupakan orangtua kita saat di sekolah (siapa sebenarnya orang yang pertama mengatakan itu?) dan terkadang ada juga beberapa guru yang mengamati apa yang terjadi pada muridnya di rumah. Liburan semester yang biasanya berlangsung 3 minggu merupakan waktu yang cukup panjang dan terkesan agak aneh bagi sekumpulan orang yang terbiasa melihat satu sama lain setiap hari.

Dan karnanya guru pun menyuruh murid untuk membuat tugas menceritakan pengalaman selama libur. Dengan tugas ini seorang guru bisa mengetahui apa yang dialami oleh muridnya secara garis besar. Apakah murid tersebut mengalami liburan yang menyenangkan atau biasa-biasa saja atau malah mengerikan.

Tidak seperti orang dewasa, anak-anak cenderung lebih jujur pada perasaannya dan tidak terlalu memikirkan apa yang mereka tulis sehingga apa yang mereka tulis adalah kondisi dari keadaan mental mereka.

Dulu saya menulis pengalaman liburan saya dengan detail sekali dari hari pertama hingga terakhir yang mana artinya tak ada apapun yang penting disana, hanya hari yang terlewat begitu saja. Ada juga anak yang menulis pengalamannya mengunjungi pasar malam yang artinya itu adalah kejadian paling mengesankan dalam liburannya. Ada juga anak yang malah mengarang cerita fantasi yang mana artinya dia tidak ingin membicarakan tentang dirinya.

Dari sini kita bisa menyimpulkan berbagai macam hal. Jika seorang murid terus menerus menceritakan keadaan rumahnya maka bisa berarti dia benar-benar nyaman/betah di rumah. Jika seorang anak terus membicarakan pengalamannya selama bepergian itu artinya dia lebih suka berada diluar daripada di dalam rumah dan jika ada murid yang menulis tentang hal yang sama sekali tidak berhubungan maka guru harus memberikan perhatian ekstra.

Jika kita benar-benar mendalami psikologi manusia maka ada banyak hal yang bisa kita sadari hanya dengan guratan-guratan kecil. Jadi, apakah guru guru saya saat Sd benar-benar ingin mengetahui keadaan muridnya selama liburan atau hanya sekedar malas untuk mengajar di hari pertama saya tidak tahu. Bagaimanapun tulisan ini hanyalah pemikiran yang muncul tiba-tiba dan mungkin saja tugas itu memang tidak ada artinya sama sekali.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delfatesting260 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk untuk memberikan balasan
Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya
10-10-2021 13:03
Anak sd jaman sekarang masih ada tugas ginian kah?
profile-picture
profile-picture
ihsa37 dan Subtilizer memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya
10-10-2021 18:20
Pas SD sering sih bikin beginian tiap abis liburan sekolah. Kalo pas liburan sering ke kampung kakek, jd ada bahan buat bikin cerita
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
1 0
1
Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya
10-10-2021 18:54
jadi keinget dulu jaman masi sd. ntah waktu uts atau uas pada mapel bahasa indo pasti ada soalan mengarang. mana disuruh ngerjain selembar full dulu. sampe sampe yang paling rajin pun sedia penggaris biar bisa rapi nulisnya wkwk
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya
10-10-2021 19:51
Ada ya tugas semacam ini?
Kaya SD di dunia anime.
emoticon-Ngakak

Gw dulu engga ada tugas cerita liburan, karena:
1. Guru SD gw hampir semua tetangga gw, jadi kalo emg bu guru kepo dg kegiatan si A si B, engga perlu baca ceker ayam, tinggal buka pintu rumah, emak2 lain pasti pada cerita.
2. Kampung gw pelosok, engga ada apapun selain perumahan & lapangan, jadi engga perlu berharap murid2 punya kegiatan lain selain main & nonton tv.
3. Di taun segitu, cuma 1-2 bocah punya konsol game, jadi ya paling tiap hari kumpul di lapangan. Engga ada kegiatan lain yg bisa jadi cerita.
emoticon-Ngakak

Satu2nya tugas liburan yg nyebelin adalah minta tanda tangan abis teraweh.
emoticon-Ngakak
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya
10-10-2021 19:52
Aneh nya ane nih gan, giliran bikin karangan ane malah mikir tapi pas ujian Matematika ane malah ngarang jawabannya emoticon-Ngakak
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
1 0
1
Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya
11-10-2021 00:31
sd smp sering nih
0 0
0
Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya
12-10-2021 19:14
Dan saat ini hal" tentang sekolah sangat di rindukan ya
Yg paling di inget itu tugas minta tanda tangan pas teraweh, antri desek"an tp seru
0 0
0
Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya
13-10-2021 05:42
Salah satu tugas yg gak ku suka waktu sd nih,,
0 0
0
Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya
13-10-2021 10:51
mengarang bebas...
berimajinasi dengan liar
0 0
0
Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya
24-10-2021 02:54
udah baca serius tapi ko ane masih belum mudeng yak emoticon-Stick Out Tongueencet
0 0
0
Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya
24-10-2021 03:01
sumbernya ko diane gabisa diklik ya gan? emoticon-tempted
0 0
0
Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya
24-10-2021 03:21
seru banget gan kek film2 barat emoticon-Blue Guy Smile (S)
0 0
0
Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya
24-10-2021 03:25
mejeng ah ilmu baru soalnya emoticon-Mewek
0 0
0
Ceritakan Pengalamanmu Selama Liburan. Tugas Sekolah Yang Sepele Tapi Dalam Maknanya
24-10-2021 03:30
ane ada pertanyaan soal apa yang dibahas gan, cuma ane malu pm yak hehe emoticon-Ngacir2
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia