Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/615d4c46fdefca25631b9fc1/hal-yang-dilakukan-bila-bertemu-dengan-orang-yang-ragu-vaksin-covid-19
Masih banyak orang yang masih ragu terhadap vaksin Covid-19 karena adanya isu-isu yang beredar yang meresahkan masyarakat. Padahal vaksin Covid-19 membantu memperkuat imun tubuh kita terhadap varian-varian Covid-19. Apabila kalian bertemu dengan orang yang masih ragu terhadap vaksin, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Direktur Yale Institute for Global Health Dr. Saad Omer memberikan saran hal
Lapor Hansip
06-10-2021 14:12

Hal yang Dilakukan Bila Bertemu dengan Orang yang Ragu Vaksin Covid-19


Masih banyak orang yang masih ragu terhadap vaksin Covid-19 karena adanya isu-isu yang beredar yang meresahkan masyarakat. Padahal vaksin Covid-19 membantu memperkuat imun tubuh kita terhadap varian-varian Covid-19. Apabila kalian bertemu dengan orang yang masih ragu terhadap vaksin, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Direktur Yale Institute for Global Health Dr. Saad Omer memberikan saran hal yang dapat dilakukan jika bertemu dengan orang yang masih ragu terhadap vaksin COVID-19, yaitu:

1. Berempati dengan nilai-nilai yang mereka yakini

Dr. Omer menyarankan hal pertama yang perlu dilakukan adalah menanggapi permasalahan mendasar yang mereka rasakan. Menjunkan empati seperti adanya seseorang yang mengeluhkan sulitnya melakukan berbagai kegiatan akibat Covid- 19, sampaikan kalau tempat / wisata yang ingin mereka datangi akan mulai dapat diakses kembali setelah semua orang telah menerima vaksin.

Selain itu, kalian bisa mengajak mereka berdiskusi tentang Covid-19 dan dampak negatifnya. Kalian dapat membicarakan tentang pengorbanan yang dilakukan oleh orang-orang seperti menahan diri dari kerumunan dan tidak melakukan kegiatan yang rawan akan terkena Covid-19.

2. Jangan memotong pembicaraan

Saat kalian sedang berdiskusi, simak dengan baik dan pahami sudut pandang mereka. Jangan mendominasi percakapan, atau terlalu cepat mengoreksi serta memotong pembicaraan.

“Anda tidak perlu setuju dengan informasi yang salah, namun Anda bisa berempati dan melanjutkan percakapan alih-alih mengakhiri atau menyudahi diskusi,” kata Dr. Omer.

3. Bantu mereka agar merasa berdaya

Masih banyak orang yang takut untuk melakukan vaksinasi, kalian bisa ajak mereka untuk berbuat positif sehingga membawa kebaikan bagi semua orang. Salah satu caranya dengan menyemangati dan mengingatkan mereka bahwa mereka bisa membantu mengubah situasi menjadi lebih baik dengan melakukan vaksinasi.

4. Jangan fokus pada mitos

Pada saat ini, mitos telah menyebar dikalangan masyarakat seputar vaksin Covid-19. Dibutuhkan penjelasan untuk meluruskannya yang kita sendiri dapat meluruskan misinformasi atau mitos tersebut. Untuk meluruskan mitos, ada strategi yang dapat kalian lakukan yaitu:

- Mulai dengan pernyataan fakta. Vaksin Covid-19 aman dan efektif.

- Beri isyarat bahwa  kalimat selanjutnya adalah misinformasi. Misalnya, “Ada satu hal keliru tentang (mitos).”

- Sebutkan kekeliruan (mitos) yang sedang ditanggapi.

- Tutup dengan fakta. Tunjukkan alasan mitos tersebut tidak benar.

“Hal yang terpenting adalah menggantikan misinformasi dengan informasi yang benar,” tegas Dr. Omer.

5. Berasumsi bahwa mereka akan menerima vaksin

Kalian dapat menggunakan metode komunikasi yang presumtif, yaitu pendekatan komunikasi dengan membuat pernyataan atau presumsi (dugaan) telah terbukti berhasil di lingkungan klinik kesehatan dan bisa jadi juga efektif dalam komunikasi antarpribadi.

Contoh metode ini adalah “Yuk, kita vaksinasi!”

Menurut Dr. Omer, dalam situasi ini, kita tidak mengambil alih otonomi seseorang terhadap dirinya, melainkan menetapkan suatu keadaan secara lisan.

6. Jangan berkecil hati

Memang tidak dapat dipungkiri, berdiskusi dengan orang yang skeptis / keras terhadap vaksin Covid-19 akan membutuhkan kesabaran serta waktu yang panjang. Perlu diingat bahwa orang-orang yang menolak vaksin dengan keras tidak akan berubah dengan cepat hanya dengan satu kali berdiskusi.

“Kuncinya adalah dengan tetap menjalin hubungan baik dengan mereka,” ucap Dr. Omer.

Jika semua hal tadi telah kalian lakukan namun belum juga berhasil, itu bukanlah salah kalian. Terpenting dari semua itu, kalian telah berusaha dengan maksimal untuk kebaikan bersama.


Sumber : https://covid19.go.id/berita/6-upaya..._source=kaskus


0
Masuk untuk memberikan balasan
health-consultation
Health Consultation
255 Anggota • 3.1K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia