News
Batal
KATEGORI
link has been copied
29
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61533534964d8615d62ad810/terbang-bareng-flanker-blackjack-dikawal-ketat-jet-tempur-dari-beberapa-negara-eropa
Operasi mencegat pesawat militer milik negara lain sedang marak terjadi di Eropa gan, sebelumnya ane menulis jika B-52H Stratofortress dicegat oleh tiga Su-35 Rusia di atas Samudar Pasifik. Ternyata 3 hari sebelumnya pesawat bomber Tu-160 Blackjack lebih dulu dicegat oleh fighter milik negara Eropa. Bisa jadi penerbangan B-52 menuju perbatasan Rusia adalah bentuk balasan atas terbangnya Blackjack
Lapor Hansip
28-09-2021 22:31

Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Operasi mencegat pesawat militer milik negara lain sedang marak terjadi di Eropa gan, sebelumnya ane menulis jika B-52H Stratofortressdicegat oleh tiga Su-35 Rusia di atas Samudar Pasifik. Ternyata 3 hari sebelumnya pesawat bomber Tu-160 Blackjack lebih dulu dicegat oleh fighter milik negara Eropa. Bisa jadi penerbangan B-52 menuju perbatasan Rusia adalah bentuk balasan atas terbangnya Blackjack mendekati wilayah anggota NATO di Eropa.

Mengutip artikel The Avionist Rusia mengirim dua unit Blackjack untuk melaksanakan penerbangan jarak jauh yang terencana di wilayah udara yanh berada di atas perairan netral Laut Baltik. Dalam misi tersebut Tu-160 Bkackjack dikawal oleh Flanker bersaudara, yakni dua Su-27 serta dua Su-35S. pengawalan Tu-160 dilakukan oleh Angkatan Udara dan Asosiasi Pertahanan Udara Distrik Militer Barat dan Penerbangan Angkatan Laut Armada Baltik.

Pada tahap penerbangan tertentu dari rute yang telah ditetapkan, udua Tu-160 mendapat pemantauan sekaligus pengawalan oleh pesawat Typhoon dari Angkatan Udara Italia dan F-16 dari Angkatan Udara Denmark. Kemudian selanjutnya ada pengawalan dari pesawat tempur F/A-18 dari Angkatan Udara Finlandia serta jet tempur Gripen dari Angkatan Udara Swedia. Menurut The Avionist setidaknya satu Su-35S muncul di Flightradar24.com, hal itu adalah untuk pertama kalinya Flanker Rusia dapat dilacak secara online.


Quote:
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa

Ilustrasi saat Tu-160 dikawal F-16 Belgia pada 17 September 2019.

Foto: Belgian Air Force






Video pencegatan oleh jet tempur Eropa kepada Tu-160.





Tak heran jika negara di sekitar wilayah Laut Baltik kompak untuk mengirim jet tempurnya guna mencegat Blackjack, pasalnya yang dikerahkan Rusia mencapai dua unit. Sementara yang mengawalnya adalah 4 jet tempur Flanker bersaudara. Sementara itu mengutip laporan TASS penerbangan Tu-160 dapat dilaksanakan sesuai rencana, walaupun di tengah jalan mendapat ‘kepungan’ dari armada jet tempur Eropa.

“Awak pesawat jarak jauh Rusia secara teratur melakukan penerbangan di atas perairan netral Kutub Utara, Atlantik Utara, Laut Hitam dan Baltik, dan Pasifik,” ujar Kemhan Rusia dikutip dari TASS dalam pernyataan hari Selasa (21/09/2021. Menurut Kemhn Rusia pesawat militer tersebut melakukan penerbangan sesuai dengan aturan internasional teekait penggunaaan wilayah udara. Sementara itu pencegatan (intercept) maupun pengawalan oleh pesawat asing terhadap suatu pesawat yang terbang mendekati wilayah negara lain merupakan hal lazim. Sebab, setiap negara akan menjaga wilayah kedaulatan udara negaranya dari berbagai potensi ancaman.

Bicara soal Tu-160, pesawat pengebom ini dirancanh sejak masa Uni Soviet oleh biro desain Tupolev. Penerbangan pertamanya dimulai pada tahun 1981 dan masuk ke layanan aktif pada tahun 1987, oleh NATO diberi nama kesayangan Blackjack, ada juga yang menyebutnya sebagai White Swan. Tu-160 juga mengambil bagian dalam Perang Udara di langit Suriah, setidaknya satu pesawat Tu-160 menerbangkan misi serangan pada 17 November 2015 yang menghantam target di Suriah menggunakan rudal jelajah 3M-54 Kalibur yang diluncurkan dari jarak dekat. Pada 2016, Angkatan Udara Rusia disebutkan masih memiliki 16 pesawat yang aktif beroperasi. Dengan kata lain Blackjack adalah pesawat yang langka, Rusia juga dikabarkan sudah mengerjakan penggantinya.

Rusia melakukn upgrade pada peaawat Blackjack yang kemudian dikenal dengan nama Tu-160M2. Versi Tu-160M2 yang baru mencakup pembaruan kokpit kaca, upgrade senjata, mesin baru dan penghapusan peralatan usang yang tidak lagi relevan dengan misi Tu-160. Penerbangan pertama Tu-160M2 pertama berlangsung pada 2 Februari 2020 dan berlangsung selama 2 jam 34 menit. Tu-160M2 dilengkapi dengan mesin baru NK-32 seri 02 (NK-32-02), melakukan penerbangan perdananya 4 hari sebelum kejadian intercept, pada 17 September 2021. FYI [esawat yang mengusung desain variable-sweep wing ini juga kerap difitnah mirip dengan desain pesawat bomber B-1 Lancer milik AS.


Quote:
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa

Foto: Kementerian Pertahanan Rusia



Blackjack punya kecepatan maksimum mencapai Mach 2.05, pesawat punya daya jelajah mencapai 12.300 km (pada kecepatan Mach 0.77) dengan membawa muatan 6 × Kh-55SM, serta punya ketinggian terbang maksimum mencapai 16.000 m. Dilengkapi dua ruang senjata internal pesawat mampu membawa muatan maksimal mencapai 45.000 kg.

Pesawat yang punya nama panggilan White Swan ini termasuk salah satu pesawar bomber Rusia yang cukup sering dicegat (intercept) oleh NATO dan negara Eropa lainnya, misal pada 15 Januari 2018 dua Blackjack terbang memdekati wilayah Inggris. Merespon hal itu Inggria mengirim dua Typhoon untuk mengawal sang bomber. Sementara pada 17 September 2019 Blackjack dikawal ketat oleh F-16 Belgia.

Mundur jauh pada 9 Februari 2017, Inggrisa, Prancis dan Spanyol mengirim masing-masing jet tempurnya untuk mencegat dua Blackjack yang terbang dari timur laut menuju arah barat di sekitar Irlandia. Pada insiden itu Inggris mengirim Typhoon, Prancis mengirim Mirage 2000, sementara Spanyol mengerahkan F/A-18 Hornet.

Mengutip artikel The Avionist, pada 15 Juni 2021 bertempat di atas Laut Baltik dua Tu-160 beserta dua Su-27 dan dua Su-35 terbang dikawasan tersebut. Merespon hal tersebut Italia mengirim F-35A, sementara Denmark mengirim F-16, ditambah Swedia yang ikiut mengirim JAS-39 Gripen.


Quote:
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa

Blackjak bertemu Typhoon milik Inggris.

Foto: Royal Air Force


Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa

Mirage 2000 Prancis mencegat Blackjack pada 9 Februari 2017.

Foro: theaviationgeekclub.com

Video lain pencegatan terhadap Tu-160 Blackjack.






Demikian sedikit informasi yang TS bisa sampaikan pada kesempatan kali ini, tetap semangat dan jaga kesehatan, sampai jumpa emoticon-Angkat Beer





Referensi Tulisan: The Avionist& TASS
Ilustrasi Foto: Kemhan Rusia, Angkayan Udara Belgia, Google Image
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MasterSims dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
28-09-2021 22:31
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa

Si Angsa Putih yang masih merepotkan, tambah merepotkan jika mereka terbang bersama Flanker bersaudara emoticon-Ngacir


-------




Silakan mampir juga di thread ane yang lainnya:

67 Tahun Hercules

60 Tahun CH-47 Chinook

30 Tahun C-17 Globemaster III

Drone Tempur CH-6 China

Pesawat bomber B-52 dicegat Su-35

B-52 Latihan Bersama TUDM Malaysia


Komentar Para Kaskuser emoticon-Toast


Quote:Original Posted By gabener.edan
Ketika negara2 di luar sana sibuk dgn perbatasan negara mereka dan menjaganya dgn alustista canggih.
Di kita malah sibuk dgn hantu masa lalu.
Selevel mantan panglima aja sibuk bicara ghost from the past emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By yoseful
Waduh...... Pesawat bomber milik AU tsar rusia, rupanya sdh hmpir selevel tua nya ama b52 nya amrik...... Sama2 veteran perang yg sakti jg, gan..........


Quote:Original Posted By 69banditos
Jangan2 ke 2 kakek2 ni pengen reunian, tar biar dikawal cucu masing2 lah. Biar kaga tawuran d udara.


Quote:Original Posted By redemption878
Tiap lewat bkin repot bnyk negara emoticon-Ngakak (S)

Tindakan2 kyk gni cmn tes ombak aja x y


Quote:Original Posted By m.nasruddin
Lagi ngetes gelombang di air yg tenang


Quote:Original Posted By phyu.03
Kuy main pesawat2 dlu



Quote:Original Posted By jlamp
Escort ini sebetulnya mengawal...

Dalam suatu kasus, pesawat asing mendekati perbatasan, situasi darurat pembajakan, hilang kontak dll..

Sebetulnya enak dikawal gini jadi tenang kalo ada emergency..

Kalo situasi aman sebetulnya cuma menjaga kedaulatan dan tes radar...
Cmiiw. emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By abory
iya supaya ada patrol nya, memang sih seperti yang di darat saja, kalo ada orang penting pasti di kawal


Quote:Original Posted By pannotia.server
Yah pasti dikawal lah,,,, sekelas bomber dari bukan teman mereka...bdw tuh italia ada yah pesawat F-35A.


Quote:Original Posted By raint8055
Klo B52 terlihat gagah penuh wibawa... ini Tu 160 Blackjack terlihat anggun nan rupawan... cocoknya di nikahkan aja deh.. penghulunya B2 spirit...


Quote:Original Posted By b42l4t4k

Disini sibuk bagaimana agar anggotanya bisa jadi satgas covid yg handal

emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By hantuimutcasper
kita masih sibuk dengan halal dan haram, negara lain sudah unjuk gigi teknologi ah sudahlah
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
28-09-2021 23:05
Ketika negara2 di luar sana sibuk dgn perbatasan negara mereka dan menjaganya dgn alustista canggih.
Di kita malah sibuk dgn hantu masa lalu.
Selevel mantan panglima aja sibuk bicara ghost from the past emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jakompank dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 00:06
Waduh...... Pesawat bomber milik AU tsar rusia, rupanya sdh hmpir selevel tua nya ama b52 nya amrik...... Sama2 veteran perang yg sakti jg, gan..........
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 01:33
Jangan2 ke 2 kakek2 ni pengen reunian, tar biar dikawal cucu masing2 lah. Biar kaga tawuran d udara.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 02:13
Tiap lewat bkin repot bnyk negara emoticon-Ngakak (S)

Tindakan2 kyk gni cmn tes ombak aja x y
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 05:47
Lagi ngetes gelombang di air yg tenang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 06:46
Kuy main pesawat2 dlu

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 07:23
Escort ini sebetulnya mengawal...

Dalam suatu kasus, pesawat asing mendekati perbatasan, situasi darurat pembajakan, hilang kontak dll..

Sebetulnya enak dikawal gini jadi tenang kalo ada emergency..

Kalo situasi aman sebetulnya cuma menjaga kedaulatan dan tes radar...
Cmiiw. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 08:06
iya supaya ada patrol nya, memang sih seperti yang di darat saja, kalo ada orang penting pasti di kawal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 08:21
Yah pasti dikawal lah,,,, sekelas bomber dari bukan teman mereka...bdw tuh italia ada yah pesawat F-35A.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 08:28
Klo B52 terlihat gagah penuh wibawa... ini Tu 160 Blackjack terlihat anggun nan rupawan... cocoknya di nikahkan aja deh.. penghulunya B2 spirit...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 08:56

Disini sibuk bagaimana agar anggotanya bisa jadi satgas covid yg handal

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 09:36
Wahhh tentaranya pakai kaos surabaya ga
profile-picture
TUPAIKABEL memberi reputasi
1 0
1
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 11:52
kita masih sibuk dengan halal dan haram, negara lain sudah unjuk gigi teknologi ah sudahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 12:36
Bentuk Blackjack kok mirip pesawat concord yah? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 12:44
Quote:Original Posted By gabener.edan
Ketika negara2 di luar sana sibuk dgn perbatasan negara mereka dan menjaganya dgn alustista canggih.
Di kita malah sibuk dgn hantu masa lalu.
Selevel mantan panglima aja sibuk bicara ghost from the past emoticon-Ngakak


masalah tak penting yang harusnya tak dipermasalahkan emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By yoseful
Waduh...... Pesawat bomber milik AU tsar rusia, rupanya sdh hmpir selevel tua nya ama b52 nya amrik...... Sama2 veteran perang yg sakti jg, gan..........


tapi dari segi usia masih tua B-52 dibanding Tu-160 gan emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By 69banditos
Jangan2 ke 2 kakek2 ni pengen reunian, tar biar dikawal cucu masing2 lah. Biar kaga tawuran d udara.


setuju gan emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By redemption878
Tiap lewat bkin repot bnyk negara emoticon-Ngakak (S)

Tindakan2 kyk gni cmn tes ombak aja x y


betul gan, sekalian mengetes pesawat apakah masih berfungsi dengan baik emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By m.nasruddin
Lagi ngetes gelombang di air yg tenang


sambil mengetes kesiapan lawan gan emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 12:53
Quote:Original Posted By phyu.03
Kuy main pesawat2 dlu



keren pesawatnya gan emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By jlamp
Escort ini sebetulnya mengawal...

Dalam suatu kasus, pesawat asing mendekati perbatasan, situasi darurat pembajakan, hilang kontak dll..

Sebetulnya enak dikawal gini jadi tenang kalo ada emergency..

Kalo situasi aman sebetulnya cuma menjaga kedaulatan dan tes radar...
Cmiiw. emoticon-Big Grin


betul gan, bisa memberi rasa aman juga emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By pannotia.server
Yah pasti dikawal lah,,,, sekelas bomber dari bukan teman mereka...bdw tuh italia ada yah pesawat F-35A.


sudah gan, mereka juga akan menerima F-35B kedepannya


Quote:Original Posted By raint8055
Klo B52 terlihat gagah penuh wibawa... ini Tu 160 Blackjack terlihat anggun nan rupawan... cocoknya di nikahkan aja deh.. penghulunya B2 spirit...


saksinya Tu-95 dan B-1 Lancer emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By b42l4t4k

Disini sibuk bagaimana agar anggotanya bisa jadi satgas covid yg handal

emoticon-Ngakak


serta sibuk dengan urusan masa lalu yang sebenarnya tidak relevan dengan zaman sekarang emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By hantuimutcasper
kita masih sibuk dengan halal dan haram, negara lain sudah unjuk gigi teknologi ah sudahlah


komen legend emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By nowbitool
Bentuk Blackjack kok mirip pesawat concord yah? emoticon-Bingung


kalau Concord lebih ke sayap delta ya gan kalau gak salah, kalau bentuk kepala dan badan memang sekilas mirip. cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 13:25
Cantik bener ya pesawatnya, kalo ane ngeliat sepintas mirip walet ya daripada angsa
profile-picture
profile-picture
jlamp dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 13:55
coba waktu dicegat gitu Tu-160 ngebut mach 2.. interceptornya mampu kejar gak..??emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By raint8055
Klo B52 terlihat gagah penuh wibawa... ini Tu 160 Blackjack terlihat anggun nan rupawan... cocoknya di nikahkan aja deh.. penghulunya B2 spirit...

Tu-160nya selingkuh, lagi nyedot batangnya IL-78..
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By nowbitool
Bentuk Blackjack kok mirip pesawat concord yah? emoticon-Bingung

mirip B-1B Lancer menurut gw sih..emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Terbang Bareng Flanker, Blackjack Dikawal Ketat Jet Tempur dari Beberapa Negara Eropa
29-09-2021 13:57
Saling mengirim pesan ini yaaa.. saling kirim mengirim , kenapa gak pada bikin WAGroup aja sih , jadi bisa saling kirim stiker bomber emoticon-Ngakak biar gak bikin geger emoticon-Malu
Diubah oleh TUPAIKABEL
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia