News
Batal
KATEGORI
link has been copied
278
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6152fc22267fbc7da45782ba/komisi-bahtsul-masail-nu-fatwakan-daging-berbasis-sel-haram-dikonsumsi
https://www.gonews.co/berita/baca/2021/09/27/komisi-bahtsul-masail-nu-fatwakan-daging-berbasis-sel-haram-dikonsumsi Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi 2021-09-27 JAKARTA - Musyawarah Nasional (Munas) dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) Tahun 2021 menyatakan bahwa daging berbasis sel hukumnya haram untuk dikonsumsi. Hal itu berdasarkan hasil keputusan Komi
Lapor Hansip
28-09-2021 18:27

Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi

https://www.gonews.co/berita/baca/20...ram-dikonsumsi

Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi


Quote:Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
2021-09-27
[table][tr][td][/td]
[/tr]
[tr][td][/td]
[td][/td]
[/tr]
[/table]
JAKARTA - Musyawarah Nasional (Munas) dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) Tahun 2021 menyatakan bahwa daging berbasis sel hukumnya haram untuk dikonsumsi. Hal itu berdasarkan hasil keputusan Komisi Bahtsul Masail Waqi'iyyah dalam forum Munas & Konbes NU 2021 yang digelar Minggu (26/9/2021).

"Daging hasil pengembangbiakan sel yang diambil dari hewan yang masih hidup, seperti sapi dan ayam, hukumnya najis dan haram dikonsumsi," bunyi putusan Komisi Bahtsul Masail Waqi'iyyah dalam Munas dan Konbes NU 2021 yang diterima dari panitia Munas dan Konbes NU 2021, Senin (27/9).

Mujib menilai bagian yang dipisahkan dari hewan yang masih hidup, maka statusnya ibarat bangkai binatang. Sehingga hukum dagingnya mengikuti status hukum selnya. Mujib menjelaskan bahwa seseorang boleh mengonsumsi hewan apabila hewan telah melalui proses penyembelihan seperti sapi, kambing, dan ayam. Maupun tanpa proses penyembelihan seperti ikan.

Sementara itu, syarat tersebut tidak didapati pada proses pembuatan daging yang diambil dari sel hewan. Pasalnya, dalam proses pembuatannya, sel yang akan dikembangkan diambil dari beberapa bagian hewan seperti sumsum, sel otot, bahkan dari bakal janin pasca pembuahan sperma dan sel telur 5-7 hari.

"Menurut fikih Islam, hal tersebut justru membuat satu sel yang diambil tadi masuk ke dalam kategori maitah (bangkai) yang secara hukum adalah najis dan haram dikonsumsi," kata Mujib. Melihat proses tersebut maka dapat disimpulkan bahwa daging hasil pembiakan sel dari hewan yang halal dikonsumsi tersebut belum mengalami proses penyembelihan secara syar'i.

Kedua, proses pembuatan daging berbasis sel ini melibatkan bahan-bahan yang dianggap najis semisal serum darah dan gelatin. "Belum diyakini adanya proses tertentu yang merubah status najis menjadi suci atau merubah hukum haram dikonsumsi menjadi halal dikonsumsi," kata Mujib.

Diketahui, produksi daging berbasis sel marak berkembang di dunia saat ini. Daging tersebut didapat tanpa harus menyembelih hewan satu karena dibuat hanya dengan mengambil sel hewan. Sehingga tidak memerlukan banyak pemeliharaan ternak ternak dan dapat menekan eksploitasi hewan. Salah satu yang gencar menyuarakan daging berbasis sel adalah perusahaan startup asal Amerika Serikat, Memphis Meats.

PBNU menilai Ide pembuatan daging berbasis sel tentu tidak lazim dan menjadi hal baru. Sebab, selama ini kaum muslimin mendapatkan daging dari hewan ternak seperti sapi dan ayam dengan cara disembelih. "Dari sini kemudian melahirkan pertanyaan fikih terutama menyangkut kehalalannya. Karena faktanya para fuqaha' terdahulu yang menjadi rujukan kita belum menyinggung soal daging berbasis sel di dalam kitab-kitab mereka," kata Mujib.***



Intinya fatwa ini mau bilang "benda ini dulu tidak ada, jadi kami haramkan saja."

Di satu sisi, gagasan-gagasan yang berasal dari zaman dulu bakal sering kagok menghadapi perkembangan zaman. Ada banyak sekali hal yang dulu tidak ada, dulu tidak terpikirkan, sehingga menunjukkan bahwa gagasan-gagasan itu memang belum final.

Di sisi lain, sebagai meme, gagasan-gagasan itu berusaha mempertahankan kelangsungannya, terlepas dari benar tidaknya ataupun kecocokannya dengan realitas. Salah satu cara gagasan mempertahankan diri adalah menyatakan dirinya sakral, sehingga manusia tidak sembarangan membuangnya. Apalagi kalau ditambah ancaman bagi manusia yang membuangnya dari kepala.

Padahal, gagasan-gagasan itu awalnya di kepala manusia juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 7 lainnya memberi reputasi
4
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 18:29
kecuali klo gak ada daging lagi di dunia ini
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 18:31
otw singapore ah, dimari banyak taliban wannabe sayang munapig
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joeco123 dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 25 balasan
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 18:31
Ini maksudnya daging tumbuh atau apa yak
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 18:43
masih jauh lebih jelas, alami, sehat, dan murah daging nabati macam proteina dari kedele..

daging nabati ini juga kan yang jadi dasar daging tiruan karena asalnya dari tumbuhan (kedelai), makanya ada makanan "daging babi halal".

prinsipnya: ada yang jelas, nda usah nyasar ke yang meragukan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 18:45
Daging olahan aja kata ahli kesehatan bisa menimbulkan penyakit kalo daging yg ini gimana bre..
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 18:52
yang mau ya monggo emoticon-Ngakak ana pribadi "gigu" mual perut ana bacanya emoticon-DP
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 18:53
Kok gak dibahas, kalau bahan muasalnya disembelih dulu, baru dibiakkan, dan setelah "dipupuk" oleh darah dan serum, maka daging berkembang...

Pupuk meskipun tahi, tidak membuat buah haram...

Kayaknya perlu ilmuwan juga di NU...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 18:54
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Contoh nyata penafsiran agama yg menghambat perkembangan iptek.

Sebetulnya pengembangan kultur daging ini sangat menjanjikan mengatasi 3 persoalan utama:
1) Meningkatnya kebutuhan konsumsi akibat pertumbuhan penduduk,
2) Berkurangnya lahan untuk produksi ternak,
3) Tingginya Emisi gas rumah kaca dari sektor peternakan.


Namun mau dikasih penjelasan panjang lebar tentang manfaat ya tetep kalo sudah dicap haram ya stop. Makanya ketika berbicara sains yg paling pas adalah paham sekularisme. Jadi ga perlu direcokin unsur kepercayaan. Jalan terus aja toh bisa jadi penafsiran kepercayaan di masa mendatang bisa berubah.
emoticon-Shakehand2
Diubah oleh widya poetra
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 18:55
ya sudah ga usah ikutan konsumsi. ini produk memang buat orang2 open minded dan peduli lingkungan. malah bagus untuk alternatif bahan pangan jika manusia sudah menjajah planet lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
double.jump dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 18:56
Suka suka ente aja dah...

__________emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 18:57
Makhluk hidup, yang sudah mati, entah disembelih atau tidak, bukannya termasuk bangkai ?

Juga termasuk bagiannya, biji (gabah, kopi), daun (sayur, teh), buah
Jadi haram dong

Lalu makan apa ?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 18:58
daging yang dibudidayakan dari sel ini bisa membuat harga daging menjadi jauh lebih murah di masa depan.

karena lebih efisien budidayanya, manusia hanya butuh dagingnya, nggak butuh kandang, nggak perlu membersihkan kandang, nggak perlu mengobati hewan ternak. bahkan mungkin manusia nggak perlu membunuh hewan lagi di masa depan untuk bisa makan daging.

mungkin saja di USA suatu saat harga daging sapi akan semurah harga sayuran. kalau di negara seperti Indonesia mungkin masih belum mau menggunakan teknologi ini karena kontroversial.



Diubah oleh kampret.strez
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 18:58
Ribet amat mau makan aja , udah puasa aja terus sampe mampus . Yang gue tau itu haram cuma daging b@bi kwkwkwkw
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 19:00
Biarin aja, ini masalah internal emoticon-Blue Guy Smile (S)

Toh andai kedepannya harga daging berbasis sel semakin murah, mereka yang "rugi" emoticon-Blue Guy Smile (S)






























emoticon-babi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hattori hanzo dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 19:01
Ini mirip2 rekayasa genetika, yang akhirnya diketahui banyak efek negatifnya ke tubuh manusia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 19:04
Gw masih doyan hewan asli emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 19:14
berarti tranfusi darah juga haram dong😊
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 19:15
lho kata iclamis "saintifik" daging bb itu horom karena ada cacing pita blabla kitab selalu logis sesuai kaidah keilmuan blablablaaa.
agak bertolak belakang dengan fatwa ini kan? lab grown meat mana.ada cacing pita, juga nggak bunuhin makhluk hidup.emoticon-Ngakak (S)
kalau argumentasi dari segi "unnatural", sekalian aja fatwain gigi palsu horom, terbang naik pesawat horom, alat pemicu jantung horom dsb dsb.

suka-suka jidet kowe lah.emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
28-09-2021 19:15


Fiqih sebagai rujukan bagus tapi yang namanya hidup dijaman modern ya harus ada kajian ilmiah kenapa itu benda harus lu larang (haram) dimakan.

Kalau darah dibekukan ok lah haram dimakan, lah ini.. makan aja lah napa yang ada.

Ingat jaman dahulu kala MUI seenaknya ngeluarin statemen kalau ajinomoto itu harom, katanya ada babinya.
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia