Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
42
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61526e93d3d78a64da03d9a4/ridwan-saidi-kekerasan-dan-islamophobia-di-indonesia
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA Budayawan dan politisi senior Ridwan Saidi mengatakan umat Muslim Indonesia jangan terpancing dengan situasi munculnya berbagas aksi kekerasan kepada ulama dan fasilitas Islam di sejumah daerah pada akhir September ini. Hadapilah dengan hati jernih dan kepala dingin. Sadarilah bahwa sikap itu akan selalu ada bahkan tak bisa hillang karena sudah mengendap selama ratusan tah
Lapor Hansip
28-09-2021 08:23

Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia

Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA

Budayawan dan politisi senior Ridwan Saidi mengatakan umat Muslim Indonesia jangan terpancing dengan situasi munculnya berbagas aksi kekerasan kepada ulama dan fasilitas Islam di sejumah daerah pada akhir September ini. Hadapilah dengan hati jernih dan kepala dingin. Sadarilah bahwa sikap itu akan selalu ada bahkan tak bisa hillang karena sudah mengendap selama ratusan tahun dan ditanamkan dari generasi ke generasi.

"Okeylah ada kepentingan ini-itu atau ada yang mencoba memanfaatkan dari segi politik. Tapi jangan terlalu jauh berpikirnya. Islamohobia seperti ini di Indonesia (Nusantara) sudah berlangsung sangat lama. Istilahnya sudah menjadi penyakit turunan yang kagak ada obatnya. Jadi cukup waspada saja, tahan diri, sabar. Kagak use mare-mare (tidak usah marah-marah),’’ kataya Ridwan Saidi dalam percapakan di kediamannya Sabtu (2/9) lalu di Jakarta.

Ridwan mengatakan, jadi kalau misalnya hanya dikaitkan dengan bulan September dan peristiwa peringatan G30 SPKI itu juga tak terlalu tepat. Sebab, tak hanya G30 SPKI yang menjadi pemicunya, tapi sudah bersifat laten karena dilakukan sepanjang sejarah eksistensi Islam di Indonesia.

‘’Saya lihat ini karena Islam bisa begitu mendominasi di kawasan Nusantara dari dahulu. Ini jelas membuat iri banyak pihak. Kekuatan ekonomi Islam menguasi kawasan Nusantara hingga abad ke XVI M dan kekuatan ekonomi Islam berkuasa hingga munculnya kongsi dagang VOC Belanda. Kala itu eksistensi para sultan di seluruh wilayah yang kini bernama Indonesia sangat luar biasa. Bahkan merekalah sejatinya pendukung utama dari eksistensi dan kemerdekaan negara yang kini disebut dengan Indonesia,’’ tegasnya.
Harus diakui pula, lanjut Ridwan, rasa cemburu dan curiga kepada kekuatan Islam di Indonesia makin eksis ketika penjajah datang. Dan makin mutlak berkuasa setelah meletusnya perang Diponegoro".
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 9 lainnya memberi reputasi
8
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 09:01
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia

Ternyata...

Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
Diubah oleh 37sanchi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penthouse.3 dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 11:20
pertanyaan paling fundamental justru kenapa sekarang Islamophobia muncul?yuk mari ngaca dulu di cermin yang gede dan liat apa yang terjadi dari 2002-2021 (gw kasi clue ya DUARRRRRRR) hehehhe..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
double.jump dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 12:03
yg pada reply di bawah ane kebanyakan sara dan termasuk islamophobia
emoticon-Wow

betul tidak ?
Diubah oleh bayuriyu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 12:40
emamg ciri2 islamophobia apa ya? Khusus di negara +62 ya... . Karena saya belum ngerasa ada, mgk saya tinggal di kota kecil
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
1 0
1
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 13:08
sama gan gak tau seperti kejadian apa itu Islamophobia, kalo di sosmed iya...tapi kalo di kehidupan real / nyata gak pernah tau hal itu. pada adem anyem..tukang kopi ngobrol ngalor ngidul sama siapa aja. engkoh2 tetep jualan kayak biasa. yg beda beda agama tetep satu tongkrongan.

apa pake topeng ya semua nya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 13:45
islamophobia bukan cuma fenomena di indonesia kok. di seluruh belahan bumi ini ada. justru kita dilarang berpaling dan menyalahkan lewat cerita2 penjajahan. harusnya kita cari tau apa yang bikin para muslim banyak dibenci atau ditakuti, kita bantu benahi dan klarifikasi. mungkin ada firman2 yang double meaning atau terkesan anarkis, nah itu perlu ditetapkan interpretasi nya supaya umat nya yang gak begitu mengerti jadi gak berbuat yang menakutkan lagi. karena ane yakin banyak juga selain ane yang pernah dekat dengan kelompok muslim taat tapi malah merasa tenang dan rukun.
profile-picture
profile-picture
gh20 dan serapionIeo memberi reputasi
2 0
2
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 13:48
‏‏‎‏‏‎
Diubah oleh kangpalak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caurboy dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 14:05
kl ada phobia, itu diobati.. bukan malah dibenci.. makin phobia lah nyet..
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
1 0
1
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 14:31
Definisi fobia

Fobia atau phobia adalah ketakutan yang terus-menerus, berlebihan, tidak realistis terhadap suatu objek, orang, hewan, aktivitas, atau situasi. Kondisi ini adalah salah satu jenis gangguan kecemasan.

Tidak seperti rasa cemas biasa yang bersifat sementara, seperti saat harus berbicara di depan umum atau menghadapi ujian, fobia adalah kondisi permanen, yang menyebabkan reaksi fisik dan stres psikologis.

https://hellosehat.com/mental/gangguan-kecemasan/fobia/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mecannotread dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 14:53
Brarti islamophobia sdh lama trjadi sejak peperangan diponogoro berakhiremoticon-pencet
0 0
0
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 15:10
Gimana gak islamphobia. Mengeluh toa lebih gede suaranya, langsung bakar bunuh bacok. Lalu ditangkap dan dipenjara orangnya. Gereja di demo, malah dibakar dan dihancurkan. Mau bangun tempat ibadah dipersulit. Blom lagi ada ayat yang halal darahnya kalo gak ikut aliran dia dan halal diminum. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Diubah oleh khususfilm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caurboy dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 15:15
lagi lagi ulah kominis
emoticon-Marah
profile-picture
anpansa46688 memberi reputasi
1 0
1
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 16:05
jadi inilah kenapa tahun tahun berikutnya tidak ada orang bernama aidit... semua menjadi adit bukan aiditiya atau aidit utama... semua menghilangkan hurup i menjadi 1 i terungkap suda emoticon-Cool
profile-picture
bagusajalah memberi reputasi
1 0
1
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 16:36
Islamophobia wajar terjadi di mari apalagi di dunia.
0 0
0
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 16:59
Bahasan yg sebenarnya ga perlu dibahas emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 18:41
Kl kita takut ada rumah ibadah yg berbeda dengan lepercayaan kita namanya fobia apa?
profile-picture
profile-picture
anakdalang dan anpansa46688 memberi reputasi
2 0
2
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 19:30
Jadi bingung si, wajar2 lah org takut sama org lain yg tertutup gitu dr kaki sampe muka, mencurigakan, otak kami terpicu dgn peristiwa2 bom bunuh diri, ya wajar saja lah..
Ya seperti banyak org taku sama babi dan anjing, entah takut tidak sehat atau malah takut digigit sampai2 ada yg takut kena dosa, padahal siapa manusia tidak berdosa...apalagi tidak ada jaminan surga...payah d3h...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mecannotread dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 20:08
Islamophobia muncul karena kelompok2 teror mengidentikkan dirinya sebagai islam.

Sifat manusia kan suka mengeneralisasi.... Ya islamnya yg kena imbas
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan anpansa46688 memberi reputasi
2 0
2
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 21:35
Bentar bentar... bapak ini omongannya masih didengerin? Bukannya banyak ngaconya ya? Banyakan asbun nya bukan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
winarnoyathi640 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ridwan Saidi: Kekerasan dan Islamophobia di Indonesia
28-09-2021 21:54
emoticon-Salah Kamarkasus tax kasus, wajib gerak berkat tuhan
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia