News
Batal
KATEGORI
link has been copied
63
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6152682ed0034716f32f2644/respons-panglima-hadi-soal-tudingan-komunis-susupi-tni
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengaku tidak ingin terlalu berpolemik soal tudingan adanya paham komunis yang menyusup di institusinya. Menurut Hadi, tuduhan miring itu tidak didasari dengan bukti ilmiah.
Lapor Hansip
28-09-2021 07:56

Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI

Past Hot Thread
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengaku tidak ingin terlalu berpolemik soal tudingan adanya paham komunis yang menyusup di institusinya. Menurut Hadi, tuduhan miring itu tidak didasari dengan bukti ilmiah.

Tuduhan tersebut disampaikan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo ketika berbicara di diskusi virtual dengan tajuk TNI vs PKI pada Minggu, 26 September 2021.

Gatot menyebut indikasi institusi TNI telah disusupi paham komunis karena ada sejumlah patung atau diorama di Markas Kostrad terkait penumpasan gerakan 30 September 1965, telah hilang.

"Tidak bisa suatu pernyataan didasarkan hanya kepada keberadaan patung di suatu tempat. Masalah ini juga sudah diklarifikasi oleh institusi terkait," ujar Hadi melalui keterangan tertulis pada Senin (27/9/2021).

Alih-alih berpolemik dengan Gatot, Hadi menganggap informasi soal dugaan adanya penyusupan paham komunis di institusi TNI sebagai pengingat dari seorang senior kepada juniornya. Dengan begitu, kata Hadi, senantiasa waspada dan dapat mencegah berulangnya peristiwa kelam seperti saat Orde Lama.

Lalu, apa langkah TNI mencegah penyusupan ideologi komunis ke institusi militer itu?

1. TNI selalu awasi perkembangan ideologi komunis
Hadi melanjutkan TNI selalu melakukan pengawasan terhadap faktor mental dan ideologi. Bahkan, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) itu menjadikan pengawasan ideologi sebagai agenda utama.

Sementara, analis militer dan pertahanan dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengaku pesimistis paham komunis bisa disusupkan ke tubuh TNI. Apalagi di era seperti saat ini, paham komunis sudah tidak laku dijual di Indonesia dan tidak menarik atensi publik.

"Menurut saya itu (paham komunis di dalam tubuh TNI) tidak masuk akal," ungkap Fahmi ketika dihubungi IDN Times pada Senin (27/9/2021).

Ia menjelaskan paham kiri menggambarkan narasi perlawanan terhadap pihak berkuasa yang dianggap buruk. Fahmi berpendapat siapa pun yang berada di lingkungan penguasa atau berseberangan dengan penguasa akan dicap kanan atau kiri.

"Meski tidak laku 'dijual' tetapi paham kiri bisa menginspirasi aktivisme dan advokasi masyarakat. Hal itu masih relevan," tutur dia.

Di sisi lain, dalam sudut pandang Fahmi, prajurit TNI yang dianggap memiliki paham kiri oleh Gatot diduga adalah orang-orang yang merapat ke kubu pemerintah. Sebab, sejak pensiun dari TNI, Gatot kerap dianggap sebagai ikon yang berseberangan dengan pemerintah yang berkuasa.

2. Kostrad bantah sengaja menghilangkan sejumlah patung
Tuduhan Gatot juga dibantah Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Kepala Penerangan Kostrad, Kolonel (Inf) Haryantana, menepis telah menghilangkan sejumlah patung tokoh negara di Museum Dharma Bhakti Kostrad.

Ia menegaskan Kostrad tidak pernah membongkar atau menghilangkan patung bersejarah.

"Tapi, pembongkaran patung-patung tersebut murni permintaan Letnan Jenderal TNI (Purn) Azymn Yusri Nasution sebagai pembuat ide. Hal itu untuk ketenangan lahir dan batin," ujar Haryantana yang dikutip dari kantor berita ANTARA pada Senin (27/9/2021).

Ia menjelaskan Azymn yang juga pernah menjabat Pangkostrad meminta kepada Pangkostrad yang menjabat saat ini, Letjen Dudung Abdurachman, untuk dapat menyerahkan patung-patung itu kepada dirinya.

"Patung itu yang membuat Letjen TNI (Purn) AY (Azymn Yusri) Nasution saat Beliau menjabat Pangkostrad. Lalu, pada 30 Agustus 2021 lalu, Pak AY Nasution meminta kepada Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurrahman agar patung-patung itu diserahkan kembali kepada Letjen TNI (Purn) AY Nasution," kata dia.

3. Isu kebangkitan PKI sulit naikkan elektabilitas Gatot pada pemilu 2024
Sudah menjadi pengetahuan publik nama Gatot disebut dalam sejumlah survei sebagai kandidat capres pada Pemilu 2024. Ia kerap mengangkat isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk meraih simpati publik.

Direktur Eksekutif Parameter Adi Prayitno mengatakan isu kebangkitan PKI tidak bakal laku dijual untuk menaikkan elektabilitas jelang Pilpres 2024. Meski, menurut Adi, sah-sah saja bila Gatot kerap mengangkat isu tersebut.

"Apalagi dia kan dulunya mantan tentara yang anti terhadap paham komunis. Tapi, bila untuk jualan jelang 2024, itu gak marketable," ungkap Adi ketika dihubungi pada Senin (27/9/2021).

Alih-alih kerap memainkan isu kebangkitan PKI, Adi menyarankan Gatot memainkan isu lainnya yang sesuai dengan pemulihan ekonomi di masa pandemik COVID-19.

"Orang sudah banyak yang tidak percaya PKI bangkit. Sekarang, orang lebih takut gak bisa makan dibandingkan isu PKI," kata dia.

https://www.idntimes.com/news/indone...s-susupi-tni/3

emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delfaag2 dan 16 lainnya memberi reputasi
15
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 08:08
TNI berasal dari rakyat. TNI jangan bentrok dengan rakyat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 08:18
https://news.detik.com/berita/d-5742960/mantan-pangkostrad-merasa-berdosa-bikin-patung-soeharto-ah-nasution?tag_from=wp_beritautama&_ga=2.222498717.740534574.1631491436-450100941.1618282439

Quote:Dudung Abdurachman sendiri angkat bicara terkait pembongkaran patung itu. Dudung menyebut Azmyn Yusri Nasution merasa berdosa karena membuat patungSoeharto dkk.

"Kini patung tersebut, diambil oleh penggagasnya, Letjen TNI (Purn) AY Nasution yang meminta izin kepada saya selaku Panglima Kostrad saat ini. Saya hargai alasan pribadi Letjen TNI (Purn) AY Nasution, yang merasa berdosa membuat patung-patung tersebut menurut keyakinan agamanya. Jadi, saya tidak bisa menolak permintaan yang bersangkutan," tutur Dudung.


duh si Gatot... gimana nih, ente mo nyoba bawa isue Komunis kearah agama, yg bikin patung merasa berdosa besar, karena saat menjabat malah "bikin berhala" emoticon-Leh Uga

Akhirnya seperti plesetan namanya, Gatot, si Gagal Total emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 08:19
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI

Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI

profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 08:34
Tot Gatot, selalu menghibur dengan lawakan2 basi emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 08:40
Kayak kaset kusut...

Tiap tahun koq diulang ulang terus...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 09:01
Daripada tanda-tanda kebangkitan komunisme di Indonesia itu diantaranya adalah semangkin meningkatnya orderan bendera PKI di tukang sablon.
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 09:04
Biasa pak, orang CAPER

Mengatakan sesuatu yang tidak ada seolah ada buat menggiring opini

Maenan oposan sejak 2014 kagak berubah-ubah

Ane kepikiran, nanti 2024 maenannya apa ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 09:07
PKI udah mati sejak jauh2 sebelumnya malah sekarang yg mengancam itu ideologi radikalis garis keras dan juga kebodohan tak terhingga sehingga mudah dipengaruhi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 09:09
Somasi lah emoticon-Leh Uga
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 09:11
fpi dan pki sama aja
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 09:21
selama kaum boomer masih mendominasi negara ini...selama itu pula negara ini sulit maju. Bangsa ini mudah sekali diadu domba secara politik...
Reformasi yg tidak menyeluruh dan seakan jalan ditempat..tidak dibarengi dengan regenerasi...ya beginilah jadinya. Entah berapa lagi nyawa warga negara indonesia yg terkorban gara2 hasutan dan provokasi. Negara ini masih punya banyak masalah..baik yg nyata maupun yg sengaja ditutup2i
GWS Indonesiaku...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 09:42
Pernah jadi Panglima TNI cuma teriak PKI, tapi gag ada PKI yg ditangkap
Apa guna.......
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 10:18
Sebaiknya GN ganti nama

Karena nama awal itu tidak membawa berkah bagi dia

*template IG




emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Melodica.offici dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 10:58
Memang sudah seharusnya TNI bersikap hati2 dengan kebangkitan PKI a.k.a komunis.

Salah catu cara, mohon TNI membekuk, menangkap dan membinasakan orang2 yang selama ini terus menerus mencetak / membuat / mengeprint ornament ornament PKI
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 12:20
yg ngeri ini...militer vs militer, militer vs polisi...yg jadi korban pasti sipil...

dulu pas menjabat buat gaduh dengan polri soal pembelian senjata...sekarang pas sdh pensiun buat gaduh lagi dengan mantan institusinya sendiri.



profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 13:29
Itu kkb sama teroris lain urusin oi.
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 15:38
Oh iya bentar lagi kan lebaran, jadi kudu ancang2emoticon-Leh Uga
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 15:45
Rame lagi.. Oh iya Lusa 30 september
emoticon-Embarrassment
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 15:47
yg penting tetep waspada
jng sampe nongol lagi pki emoticon-Big Grin
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI
28-09-2021 15:55
Berul.pak urusan perut emang nomor satu
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia