News
Batal
KATEGORI
link has been copied
77
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6151836d7cbdf037e850ff76/kostrad-jawab-gatot-nurmantyo-soal-patung-hilang-dikaitkan-isu-komunisme
Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) buka suara soal pernyataan mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo yang mengaitkan adanya paham komunis di tubuh TNI dengan hilangnya diorama dan patung-patung tokoh militer terdahulu di Museum Dharma Bhakti, Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat (Jakpus). Kostrad mengatakan inisiatif pembongkaran patung-patung tersebut buka
Lapor Hansip
27-09-2021 15:40

Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme

Past Hot Thread
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu KomunismeJakarta - Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) buka suara soal pernyataan mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo yang mengaitkan adanya paham komunis di tubuh TNI dengan hilangnya diorama dan patung-patung tokoh militer terdahulu di Museum Dharma Bhakti, Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat (Jakpus). Kostrad mengatakan inisiatif pembongkaran patung-patung tersebut bukan berasal dari pihaknya.

"Bahwa tidak benar Kostrad mempunyai ide untuk membongkar patung Pak Harto, Pak Sarwo Edhie, dan Pak Nasution yang ada dalam ruang kerja Pak Harto di Museum Dharma Bhakti di Markas Kostrad," ujar Kepala Penerangan Kostrad Kolonel Inf Haryantana dalam keterangan tertulis, Senin (27/9/2021).

Haryanta menerangkan, pada Senin (30/8), mantan Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI (Purn) Azmyn Yusri Nasution menemui Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman. Pertemuan kala itu juga dihadiri Kaskostrad dan Irkostrad.

"Yang bertujuan meminta untuk pembongkaran patung-patung tersebut," ucap Haryanta.

Haryanta menuturkan Azmyn Yusri Nasution adalah penggagas pembuatan patung-patung tersebut. Pembuatan patung dilakukan kala Azmyn Yusri Nasution menjabat sebagai Pangkostrad, 9 Agustus 2011 hingga 13 Maret 2012.

"Bahwa pembongkaran patung-patung tersebut atas keinginan dan ide Letnan Jenderal TNI (purn) Azmyn Yusri Nasution, karena pada saat menjabat Pangkostrad periode (9 Agustus 2011 s/d 13 Maret 2012) beliau yang membuat ide untuk pembuatan patung-patung tersebut," terang Haryanta.

"Letnan Jenderal TNI (purn) Azmyn Yusri Nasution meminta untuk patung-patung yang telah dibuatnya untuk dibongkar demi ketenangan lahir dan batin, sehingga pihak Kostrad mempersilakan," sambung Haryanta.


Terakhir, Kostrad menekankan ulang bantahannya soal inisiatif membongkar patung-patung para tokoh militer terdahulu.

Bahwa tidak benar Kostrad menghilangkan patung sejarah (penumpasan G30S/PKI). Pembongkaran patung-patung murni keinginan Letnan Jenderal TNI (Purn.) Azmyn Yusri Nasution sebagai pembuat ide," pungkas Haryanta.



Ini isi lengkap keterangan tertulis Kostrad:
Klarifikasi Pembongkaran Patung di Museum Dharma Bhakti di Markas Kostrad

Jakarta-Kostrad mengklarifikasi adanya pemberitaan dalam diskusi bertajuk "TNI Vs PKI" yang digelar Minggu malam (26/9/2021).

Dalam diskusi yang digelar secara daring itu, diputar sebuah klip video pendek yang memperlihatkan Museum Dharma Bhakti di Markas Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Museum itu berada di bekas ruang kerja Panglima Kostrad (Pangkostrad) Mayjen Soeharto ketika peristiwa G30S/PKI terjadi.

Di dalam museum itu tadinya terdapat diorama yang menggambarkan suasana di pagi hari, 1 Oktober 1965, beberapa jam setelah enam Jenderal dan seorang Perwira muda TNI AD diculik PKI yang ada di tubuh pasukan kawal pribadi presiden, Cakrabirawa.

Adegan yang digambarkan adalah saat Mayjen Soeharto menerima laporan dari Komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) Kolonel Sarwo Edhie Wibowo.

Sementara Menteri/Panglima TNI Angkatan Darat Jenderal AH Nasution yang selamat dari upaya penculikan PKI beberapa jam sebelumnya duduk tidak jauh dari Soeharto dan Sarwo Edhie.

Dalam ruang kerja Pak Harto ada patung Pak Harto, Pak Sarwo Edhie, dan Pak Nasution yang menggambarkan saat kritis (setelah penculikan enam Jenderal TNI AD) dan rencana menyelamatkan negara dari pengkhianatan PKI, sekaligus peran utama Panglima Angkatan Darat, Pangkostrad, dan Resimen Parako yang kini menjadi Kopassus.

Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diklarifikasi terkait diskusi bertajuk "TNI Vs PKI" yang digelar secara daring tersebut :

1. Bahwa tidak benar Kostrad mempunyai ide untuk membongkar patung Pak Harto, Pak Sarwo Edhie, dan Pak Nasution yang ada dalam ruang kerja Pak Harto di Museum Dharma Bhakti di Markas Kostrad.

2. Pada Hari Senin, tanggal 30 Agustus 2021, Panglima Kostrad ke-34 Letnan Jenderal TNI (Purn.) Azmyn Yusri Nasution didampingi Kaskostrad dan Irkostrad bersilaturahmi kepada Pangkostrad yang bertujuan meminta untuk pembongkaran patung-patung tersebut.

3. Bahwa pembongkaran patung-patung tersebut atas keinginan dan ide Letnan Jenderal TNI (Purn.) Azmyn Yusri Nasution, karena pada saat menjabat Pangkostrad periode (9 Agustus 2011 s/d 13 Maret 2012) beliau yang membuat ide untuk pembuatan patung-patung tersebut.

4. Letnan Jenderal TNI (Purn.) Azmyn Yusri Nasution meminta untuk patung-patung yang telah dibuatnya untuk di bongkar demi ketenangan lahir dan batin, sehingga pihak Kostrad mempersilahkan.

5. Bahwa tidak benar Kostrad menghilangkan patung sejarah (penumpasan G30S/PKI). Pembongkaran patung-patung murni keinginan Letnan Jenderal TNI (Purn.) Azmyn Yusri Nasution sebagai pembuat ide.

Demikian informasi sekaligus klarifikasi yang perlu kami sampaikan.

Kami berharap adanya kerja sama yang baik dengan rekan-rekan media terkait pemberitaan yang sudah beredar, sehingga tidak meresahkan dan merugikan Institusi TNI, TNI AD khususnya Panglima Kostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M .

Disimpulkan bahwa Kostrad tidak pernah membongkar atau menghilangkan patung sejarah (penumpasan G30S/PKI) Museum Dharma Bhakti di Markas Kostrad, tapi pembongkaran patung-patung tersebut murni permintaan Letnan Jenderal TNI (Purn.) Azmyn Yusri Nasution sebagai pembuat ide dan untuk ketenangan lahir dan batin. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Haryantana, S.H.


Isu Komunis di TNI Dihembuskan Gatot Nurmantyo
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menyatakan bukti komunis masih ada di Indonesia, terkhusus di institusi TNI dapat dilihat dari hilangnya sejumlah barang di Museum Dharma Bhakti, Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat (Jakpus). Barang-barang yang dihilangkan, sambung Gatot, adalah yang berkaitan dengan peristiwa penumpasan komunisme di Tanah Air pada era Orde Lama.

"Bukti nyata jurang kehancuran itu adalah persis di depan mata, baru saja terjadi adalah Museum Kostrad, betapa diorama yang ada di Makostrad, dalam Makostrad ada bangunan, bangunan itu adalah kantor tempatnya Pak Harto (Soeharto) dulu, di situ direncanakan gimana mengatasi pemberontakan G30SPKI di mana Pak Harto sedang memberikan petunjuk ke Pak Sarwo Edhie sebagai Komandan Resimen Parako dibantu oleh KKO," ungkap Gatot pada acara webinar yang berjudul 'TNI Vs PKI' pada Minggu (26/9) kemarin.

"Ini tunjukkan bahwa mau tidak mau kita harus akui, dalam menghadapi pemberontakan G30SPKI, peran Kostrad, peran sosok Soeharto, peran Kopassus yang dulu Resimen Para Komando dan Sarwo Edhie, dan peran Jenderal Nasution, peran KKO jelas akan dihapuskan dan (tiga) patung itu sekarang tidak ada, sudah bersih," lanjutnya.

https://news.detik.com/berita/d-5742...su-komunisme/2
ASBUN...emoticon-Cape d...

Memalukan lembaga militer padahal mantan panglima militer emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 15:43
Gatot ga update nih.. emoticon-Malu (S)

Pdhl sesama purnawirawan.. Tapi ga satu grup WA/telegram kah??.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 15:44
pak gatot karena gagal nyapres ma temenan semacem sengkuni akhirnya jadi makin kehilangan arahemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bo.mat dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 15:45
astagfirullah emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 15:46
Nunggu balesan gatot kek apa... Tukang cebok nya mn ni emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 15:49
Pak gatot harus punya pegangan untuk maju capres nanti, btw ane jual pegangan supaya langgeng jadi capres.. (inget langgeng jadi capres ya)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 15:51
gue bingung sama jenderal kadrun ini, bukankah menghancurkan patung itu bagian akido?
kok sewot?emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 15:53
coba ngustadz udah pak ngatot emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 16:01
oohh jadi tolok ukurnya PKI masih ada itu hanya karena pembongkaran patung emoticon-No Hope


JENIUSS!!!

emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 16:02
Woi Gatot, Jenderal gagal, kenapa saat jd Panglima gak berhasil nangkep satupun PKI, setelah mangkat baru teriak2...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bo.mat dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 16:03
Point no 4. bisa jadi gorengan berbagai pihak tuh.....multi tafsir soalnya

profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 16:10
Mungkin klo bukan purnawirawan jendral tni..uda d ciduk Sama ijo2 ini orang..nuduh tni komunis
profile-picture
profile-picture
bo.mat dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 16:12
mulai gelar dagangan......
profile-picture
profile-picture
pemburu.kadrun dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 16:19
Ternyata yang ngebuat tuh patung yang pengen tuh patung dibongkar.
Dan gatot yang bukan sapa-sapa malah koar-koar sok tau.
Jendral. Itu yang ngebuat tuh patung juga purna kek elo dia sowan baek baek minta baek baek dan dilulusin.
Nah elo yang sama purnawirawan ngeliat ini koq ga sowan baek baek tanya baek baek ???
Tapi malah koar koar diluaran dan ribut lagi.
Diubah oleh namdokmai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bo.mat dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 16:24
jendral halu... patung ilang kok dikaitkan dengan laten komunis.
mestinya bikin isu sekalian waktu itu ybs dilengserkan pihak komunis.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bo.mat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 16:27
gw yang udah berumur hampir setengah abad, sampai saat ini belum pernah sekalipun ketemu orang yang secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi mengaku PKI. sejak sebelum gw lahir, pak harto sudah ngabisin PKI, jadi gw cuma tau sejarahnya saja.

kalo orang gak sholat, gak ibadah, bahkan gak percaya agama, pernah ada ketemu, tapi mereka kan bukan komunis, paling cuma belum nemu jati diri.

justru yang sering ketemu itu orang yang pemikirannya radikal, gak percaya pemerintah, selalu berpikir pemerintah itu berkonspirasi macem-2. kalo didebat dengan argumen ilmiah, malah ngasih argumen halu dan ngeyel.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bo.mat dan 20 lainnya memberi reputasi
21 0
21
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 16:28
jangan sampai kita jadi bangsa yang lupa sejarah
bikin lagi film pki biar generasi selanjutnya tau kekejaman pki
dan anies daripada bikin tugu sepatu mending bikin tugu pki
biar warga jakarta tau terutama yang muda2 betapa kejam biadab komunis dan waspada komunis mulai digalakan lagi
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 16:32
Quote:pembongkaran patung-patung tersebut murni permintaan Letnan Jenderal TNI (Purn.) Azmyn Yusri Nasution sebagai pembuat ide dan untuk ketenangan lahir dan batin.

Mungkinkah ada sejarah yang dipelintir sehingga patung patung tersebut tidak menjaga ketenangan lahir dan batin?
Atau hanya menjaga akidah keyakinan agama saja bahwa tidak boleh ada patung?
Diubah oleh secer.makanta1k
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 16:36
Masang patung = berahala

Bongkar Patung = Kumunes

emoticon-Ultah
Diubah oleh invasion.91
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bo.mat dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kostrad Jawab Gatot Nurmantyo soal Patung Hilang Dikaitkan Isu Komunisme
27-09-2021 16:40
Lah lagi jadi panglima lu ngapain aja tod....
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan phantom.menace memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia