News
Batal
KATEGORI
link has been copied
78
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/615124dd9d6a357b5a101878/ultimatum-tak-digubris-jokowi-bem-si-demo-depan-kpk-hari-ini
Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar aksi unjuk rasa di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (27/9). Demonstrasi digelar dalam rangka menolak pemecatan pegawai KPK yang tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK). Demonstrasi itu sendiri digelar setelah tiga hari ultimatum terhadap Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk turun tangan
Lapor Hansip
27-09-2021 08:56

Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini

Past Hot Thread
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar aksi unjuk rasa di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (27/9). Demonstrasi digelar dalam rangka menolak pemecatan pegawai KPK yang tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK).

Demonstrasi itu sendiri digelar setelah tiga hari ultimatum terhadap Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk turun tangan menunjukkan keberpihakkan kepada para pegawai KPK telah melewati tengat waktu.

"Aliansi BEM Seluruh Indonesia dengan Gerakan Selamatkan KPK kembali bergerak untuk menindaklanjuti dari ultimatum ke Jokowi yang telah melewati 3x24 Jam dari ultimatum dikirimkan, terlihat tidak ada jawaban dari Presiden Jokowi untuk menunjukkan keberpihakannya kepada 57 Pegawai KPK yang berintegritas," demikian pernyataan Aliansi BEM SI yang diterima Minggu (26/9).

Dalam keterangan tersebut, Koordinator Media BEM SI 2021 Muhammad Rais menyatakan pihaknya melihat kini KPK sudah tidak lagi menjadi lembaga antirasuah, melainkan seolah telah alih fungsi jadi Komisi Perlindungan Korupsi.

"Bagaimana tidak? pegawai-pegawai jujur telah disingkarkan dengan adanya TWK dengan dalih wawasan kebangsaan hingga timbul fitnah dugaan taliban tanpa alasan," katanya. "Indonesia sedang tidak baik-baik saja, bukan ini reformasi yang kita mau."

Sesuai jadwal, BEM SI dengan Gerakan Selamatkan KPK pun mengajak seluruh mahasiswa di Indonesia dan seluruh elemen masyarakat mengikuti Aksi Nasional, yang salah satunya dipusatkan di depan Gedung Merah Putih yang menjadi markas lembaga antirasuah tersebut, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin siang.

Aksi mahasiswa di depan markas KPK kali ini bukan hanya didominasi BEM dari kampus se-Jabodetabek saja, tercatat rombongan dari Yogyakarta dan Solo pun merapat ke Jakarta untuk terlibat dalam aksi tersebut.

Rombongan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Sebelas Maret (UNS) danSTIKES Surya Global Yogyakarta (SSG) berangkat pada Minggu (26/9) menggunakan bus. Mereka mencarter bus tersebut dengan menggunakan dana yang dikumpulkan dengan patungan antar mahasiswa.

"Ini (Rombongan) UNY berangkat bareng SSG dan UNS. 86 orang yang naik bis (menuju Jakarta)," kata Ketua BEM UNY, Mutawakkil Hidayatullah saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu siang.

"Kami tidak menginap, hanya singgah sesaat saja nanti di UNJ (Universitas Negeri Jakarta) untuk persiapan aksi. Setelah usai aksi kami langsung kembali," jelasnya.

Aksi tersebut, kata dia, merupakan bentuk solidaritas gabungan yang dilakukan bersama dengan BEM SI dan Gerakan Selamatkan KPK (GASAK).

Diketahui Aliansi BEM SI dan Gerakan Selamatkan KPK telah menyurati Jokowi soal TWK KPK. Mereka memberi waktu 3x24 jam untuk Jokowi mengangkat 57 orang pegawai KPK yang dinyatakan tak lolos TWK. Jika Jokowi bergeming, mahasiswa berniat turun ke jalan.

Koordinator Pusat BEM SI, Nofrian Fadil Akbar mengatakan aksi tersebut akan digelar secara damai dan taat protokol kesehatan Covid-19. Oleh sebab itu, ia meminta kepada aparat kepolisian agar tak menghalangi aksi tersebut dengan dalih pandemi.

"Kami tetap sudah komunikasi ke beberapa pihak kepolisian. Kami komunikasikan saja kondisi di Jakarta levelnya juga turun, kami maunya aksi damai sampaikan substansi," ucap Nofrian.

Sebelumnya, saat menjamu sejumlah pemimpin redaksi media massa di istana pada 15 September lalu, Jokowi menjelaskan alasan ia tidak banyak berkomentar terkait nasib 57 pegawai KPK diberhentikan karena gagal TWK. Jokowi menjelaskan yang berwenang menjawab persoalan itu adalah pejabat pembina, dalam hal ini misalnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

"Jangan apa-apa ditarik ke Presiden. Ini adalah sopan-santun ketatanegaraan. Saya harus hormati proses hukum yang sedang berjalan," ujarnya kala itu.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasiona...mpression=true
profile-picture
profile-picture
profile-picture
phyu.03 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 08:58
Kubu kanan kubu kiri pada maen maen sama pandemi, ga menghargai ring 1 yg jungkir balik siang malam ngurusin pandemi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tre1001 dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 08:59
Dasar mahasiswa...

Ngelawak tuh yg serius jangan bercanda gitu lah...

___________emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 09:01
adek2 calon2 pekerja lesing dan karyawan toko serba ada sudah siap beraksi emoticon-angel
Diubah oleh puma2000
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 09:09
saham copid 19 sedang beranjak turun.... mari kita naikkan harga sahamnya emoticon-2 Jempol

~"maha"siswa~
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 09:11
ciduk semua karantina ke wisma athlet 2 tahun.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bo.mat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 09:14
Quote:Mereka memberi waktu 3x24 jam untuk Jokowi mengangkat 57 orang pegawai KPK yang dinyatakan tak lolos TWK.


Wkkkk... msh mhsw udah main ancam, bayangin ntar kalo jd pejabat.

Songong amat drone, katanya mhsw kok kayak model reman? bikin malu aja
emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 09:15
Padahal pintu kantor PTUN selalu terbuka lebar.. emoticon-Malu (S)

Tapi karena mereka merasa ga punya otak.. Ya gitu dah.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 09:23
Ini mahasiswa ( kalo beneran, bukan om2 nyamar) gagal skripsi bakal demo juga ke presiden minta dilulusin.........
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riodgarp dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 09:24
Jaman udah internet
Dari orang kaya ampe rakyat jelata
Kondisi masih pandemi
Cara2 lama masih saja dipakai
Udah gitu motonya: pulang harus ribut!
Dasra taliban
Diubah oleh xrm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 09:24
kader pks ini mah isinya bem ui sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 09:26
nganggur amat yak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novran86ers dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 09:32
Emang tanpa Nopel, KPK gak selamat?
Berlebihan banget.
Dipecat koq ngeyel.
Gak ada harga diri banget.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 09:40
bem kerdun
mang loe kalo lulus mao nganggur jg ape
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 09:42
Byk juga emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 10:00
Blok goblok......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 10:04
zmn pemerintah jokowi mahasiswa terbelah dua banyak mahasiswa yg dukung jokowi sekarang dibanding zmn orba mahasiswa bersatu semua sdh keliatan kekuatan mahasiswa yg demo cuman sedikit dibanding mahasiswa yang pro pemerintah
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 10:05
BEM

Blangsak Emang ni Mahasiswa emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 10:07
Ayok kitak dukung mahasiswa agar suara nya di dengar emoticon-Belgia

emoticon-Bingung pengen denger alasan nya doank yg jelas nya kek pegimane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 10:11
Receh sekali tuntutanmu dek,dapat orderan dari siapa?
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo Depan KPK Hari Ini
27-09-2021 10:29
Belajar yang rajin. Kalau sudah lulus bantu masyarakat tanpa pamrih.emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia