Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
246
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/615066c52b0c0a6d2b013194/seragam-sekolah-mau-dibebasin-apakah-ini-solusi-terbaik-ayo-diskusi-gan
Ane emang kurang update sama berita gan, cuma masalahnya kemarin malam bapak-bapak di pos ronda pada asik berbincang membicarakan mengenai siswa di Jateng yang ga diwajibkan lagi pakai seragam.
Lapor Hansip
26-09-2021 19:25

Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ane emang kurang update sama berita gan, cuma masalahnya kemarin malam bapak-bapak di pos ronda pada asik berbincang membicarakan mengenai siswa di Jateng yang ga diwajibkan lagi pakai seragam.

Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !

Ini berita emang udah lewat sebulan, tapi ane jadi kepikiran apakah ini memang solusi terbaik.

Niat pak Ganjar emang baik, yaitu mau membantu meringankan siswa yang orang tuanya kurang mampu sehingga seragam sekolah pun tidak perlu beli sebab sekolah dibebaskan dari penggunaan seragam.

Ini niatnya baik, tapi saya rasa ini juga bukan solusi yang baik. Kalau mau solusi dari saya ya gini solusi nya gan : Kasih subsidi ke sekolah, gratiskan saja seragam sekolah. Hehe, simple kan emoticon-Big Grin

Jangan sampai sekolah dibebaskan dari penggunaan seragam, karena mau tidak mau kita memakai seragam sekolah adalah bukti bahwa kita seorang pelajar dan penggunaan seragam sekolah yang rapih adalah cara sekolah untuk mengajarkan disiplin kepada pelajar.

Saya membayangkan nya seperti ini, Andai saja seragam sekolah sudah tidak ada lalu semua pelajar menggunakan pakaian bebas, maka yang akan terjadi adalah kompetisi diantara para pelajar.

Loh kok jadi kompetisi? Jadi gini gan, masyarakat di Indonesia ini, terutama para pelajar yang sedang asiknya bergaul dengan teman-teman sebayanya punya kebiasaan ingin terlihat mampu meski tidak mampu.

Status sosial di masyarakat Indonesia ini sangat tidak seimbang, ibaratnya ada 4 orang kaya lalu sisanya adalah 100 juta orang yang tidak mampu, ini kan sangat tidak merata, terutama Jawa tengah sendiri merupakan daerah yang memiliki populasi manusia yang banyak, maka sudah jelas akan terjadi ke tidak rataan kelas sosial di masyarakat, nah apalagi sekolah semisalnya negeri, maka yang bersekolah bukan hanya anak orang kaya saja, tapi beberapa anak yang orang tuanya kurang mampu juga akan ada berkumpul di satu sekolah. Jelas ini akan jadi kompetisi sehingga nanti anaknya akan meminta baju paling bagus kepada orang tuanya.

Jangankan waktu sekolah gan, waktu pandemi ketika sekolah daring saja banyak anak pelajar yang memakai jaket Erigo, kaos Deus, dan beberapa baju trendy lainnya. Banyak kan yang pakai, supaya apa coba? Mereka bukan mau pamer, tapi kalau samaan mampu beli maka pergaulan pun akan terjalin baik.

Nah kebayang kan kalau semisalnya si anak mendapat baju dari orang tua yang tidak sesuai dengan ekspektasi sosial, mungkin pembulian akan terjadi, kalau gak pembulian, mungkin si anak jadi merasa minder dan sulit untuk bersosialisasi dengan anak sebayanya.

Tapi kalau pelajar semuanya pakai seragam, nah status sosial tidak akan terlihat. Intinya, yang saya bayangkan jika pelajar tidak pakai lagi seragam maka akan ada pembeda status sosial di sekolah.

Ini hanya pendapat saya saja, jadi kalau ada yang tidak setuju dengan apa yang saya sampaikan, silahkan agan sista berikan pendapatnya di kolom komentar.

Indonesia ini negara demokrasi yang masyarakatnya dibebaskan untuk memberi saran dan kritik kepada pemerintah, apalagi ini Kaskus merupakan sebuah forum diskusi terbuka.

Mengenai ketimpangan sosial di Indonesia saya dapat referensi nya disini https://www.oxfam.org/en/inequality-...s-kept-poverty

Berita yang saya dapat dari situs ini : https://regional.kompas.com/read/202...-pakai-seragam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Masuk untuk memberikan balasan
Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !
26-09-2021 19:59
Seragam sekolah tetap perlu,
Apalagi sekolah negeri.
Semangat kesetaraan adalah kuncinya.
Bahkan beberapa sekolah negeri menyeragamkan jenis sepatu dan motif kaos kaki nya.

Begitu masuk gerbang sekolah, tidak ada lagi perbedaan si kaya dan si miskin.
Mental siswa yang dipertaruhkan di sini.
Bullying karena seragam minimal tidak akan ada.

Solusi yang bisa dipertimbangkan adalah subsidi langsung kepada keluarga siswa.
Atau seperti yang ts bilang, subsidi ke sekolah negeri sehingga semua siswa memperoleh seragam gratis.

Untuk siswa sekolah swasta harus mendapatkan rekomendasi dari sekolah dan di cross check dengan data kependudukan.

Penggunaan pakaian bebas untuk siswa tidak mampu justru akan mengakibatkan bullying dari siswa lain yang mampu beli seragam.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
twiratmoko dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !
26-09-2021 19:45
ane pernah salah seragam pas masuk sekolah dan kyk dicengin gitu. apalagi klo baju bebas dan ada siswa (maaf) yg bajunya kurang bagus.


ya menurut ane ada positif dan negatifnya emoticon-Ngacir
Diubah oleh iyan.raambo123
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !
26-09-2021 20:28
SDN uang seragam 900k bingung kok ngga dikasih kwitansi ternyata eh ternyata takut dilaporin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dell656 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !
26-09-2021 21:19
menurut ane lebih baik memang kalau dibebaskan aja, dengan dresscode yang kondusif. disparitas ekonomi keluarga akan selalu keliatan lewat manapun. buat apa ditutupin juga? emang nya jadi masalah? justru malah bagus bikin murid makin melek sama realita. tentang ekonomi rumah tangga, tentang preferensi individu, tentang perawatan. selain bisa bikin iri atau bullying, banyak juga kasus temen miskin dihadiahin pakaian yg bukan sekedar layak namun mewah sekalian patungan dari temen2 nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bigbuncit dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !
26-09-2021 20:47
Bebasin aja, harga seragam itu makin konyol sebenernya, ada yang 200 rebuan 1 set, dan itu pun kualitasnya lebih jelek dari kaos sablon yang 50 ribuan malah........kalau dibilang seragam itu untuk ajarin siswa soal hormatin aturan sekolah, sopan, rapi apa lah ya kenapa harganya mahal gitu...kayak barang mewah tapi sebenernya bukan....dan untuk swasta elit harga seragamnya bisa lebih gila lagi sampe jutaan....emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bigbuncit dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !
26-09-2021 20:53
Carut marut pendidikan kita makin parah kalau seragam dihapuskan. Seragam adalah bentuk persatuan yang harus dipaksakan. Sama halnya seperti upacara bendera, dan segala macam penataran tentang kebangsaan wajib hukumnya. Satu2nya benteng yang tersisa dari kita saat dewasa adalah ingatan akan nilai-nilai masa lalu yg pernah ditanamkan. Kita baru saja melalui pilpres paling berat dan sangat berbahaya kemarin itu. Entah apalagi yg bisa jadi perekat kalau anak2 yg akan jadi penerus gak pernah punya ingatan akan persatuan dari masa lalu mereka. Entah indonesia akan gimana nanti..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noprogress dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !
27-09-2021 20:19
Tetap aja kurikulum pendidikan Indo gak berubah. Ini yang jauh lebih penting. Zaman ortu menghapal dikotil monokotil masih sama aja yang dihapal sama anak sekarang. Dan lainnya. Stuck. Gak berkembang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !
27-09-2021 17:11
sebenarnya maksud awal dari penggunaan seragam adalah untuk menghilangkan kesenjangan sosial diantara para siswa-siswi di sekolah. sehingga tidak ada bedanya antara yang dari golongan ekonomi lemah, sedang dan kuat.

tapi seiring dengan berjalannya waktu penggunaan seragam itu dipolitisir oleh pihak sekolah dan pihak lainnya dalam mencari keuntungan secara ekonomi dari para siswa-siswi. Dimana ada kriteria khusus mengenai jenis bahan, model, warna, dan corak tertentu yang ditetapkan oleh pihak sekolah atau terkait lainnya yang punya kepentingan tanpa diskusi terlebih dahulu kepada para orang tua siswa-siswi. Mereka sangat terkesan dipaksa secara halus untuk memiliki seragam yang sudah ditentukan tersebut. Sementara masing-masing siswa-siswi itu berbeda kemampuan ekonominya.

Bagi yang golongan sedang dan kuat mungkin tidak masalah. Tapi bagi kalangan ekonomi lemah itu sangat memberatkan. Banyak yang terbebani dengan seragam yang telah ditetapkan tersebut. Sehingga banyak yang akhirnya tak mau ke sekolah khawatir dapat intimidasi dari pihak sekolah dan teman-temannya karena tidak mengikuti pemakaian seragam yang sudah ditetapkan tersebut.

padahal sejatinya kan dalam proses belajar dan mengajar itu tujuan utamanya adalah bagaimana semua siswa/siswi dapat menerima materi ajar dan memahaminya dengan maksimal. tak peduli model pakaiannya seragam khusus atau tidak. yang penting sopan, rapi, dan tidak menonjolkan kekayaan masing-masing.

emoticon-Toast emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !
26-09-2021 22:15
kalau seragam sekolah dihapusin nanti anak sekolah sibuk mikirin outfit, ane pikir salah satu tujuan dari penerapan seragam sekolah adalah kesetaraan di dunia pendidikan, hingga pake bahan mahal pun kalau warnanya putih ama merah tetap aja baju SD. cuma peanya orang di lapangan malah jadiin ladang bisnis seragam sekolah dimintai ampe ratusan ribu atau jutaan rupiah, dari yang cuma baju celana dasi, ditambah rompi ditambah ini itu. iyah kalau orangtuanya ada kalau yang gak punya jadi gak berani sekolahin anaknya disekolah bagus karena terlalu banyak "sumbangan".
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janurhijau dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !
26-09-2021 21:00
Sekolah gratis, buku dan seragam gak gratis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bigbuncit dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia