Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
180
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61500e7be8554d7cac59ac59/berbagai-kelebihan-kekurangan-para-presiden-indonesia
Tak terasa 76 tahun sudah Indonesia merdeka dari segala penjajahannya. Sejak diproklamirkannya kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia pun diakui sebagai negara yang merdeka dan dipimpin oleh seorang presiden dan wakil presiden. 76 tahun sudah berlalu sejak saat itu dan sampai saat ini Indonesia sudah dipimpin oleh 7 orang presiden yang berbeda. Tentunya setiap presiden memiliki
Lapor Hansip
26-09-2021 13:08

Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia


Tak terasa 76 tahun sudah Indonesia merdeka dari segala penjajahannya. Sejak diproklamirkannya kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia pun diakui sebagai negara yang merdeka dan dipimpin oleh seorang presiden dan wakil presiden.

76 tahun sudah berlalu sejak saat itu dan sampai saat ini Indonesia sudah dipimpin oleh 7 orang presiden yang berbeda. Tentunya setiap presiden memiliki kelebihannya sendiri dan juga punya cara masing-masing dalam memimpin negara.
Nah, kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan dalam setiap masa kepemimpinan presiden?


Ir. Soekarno (1945-1967)

Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia

Diantara ketujuh presiden Indonesia nama Ir. Soekarno tanpa diragukan lagi merupakan yang paling agung dikarenakan gelarnya sebagai Bapak Proklamator. Dia juga merupakan salah satu pejuang yang ikut merumuskan pancasila serta UUD 1945. Prestasi-prestasinya antara lain adalah mosi integrasi 1951, deklarasi juanda 1957, pembebasan irian barat 1962, Asian games IV 1962 serta Konferensi Asia Afrika 1955.

Meski demikian Soekarno juga seringkali mengeluarkan keputusan yang kontroversial. Contohnya adalah sistem autokrasi yang mana membuat Soekarno memiliki kekuasaan yang tidak terbatas dan juga menunjuk dirinya sebagai presiden seumur hidup. Keputusannya ini ditentang oleh Muhammad Hatta sehingga Hatta memilih mengundurkan diri dari jabatan wakil presiden. Selain itu Soekarno juga terkenal suka main perempuan.


Soeharto (1967-1998)

Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia

Jika Soekarno adalah Bapak Proklamator maka Soeharto adalah Bapak Pembangunan. Presiden dengan masa jabatan terlama ini terkenal dengan sosoknya yang selalu tersenyum dan juga program pembangunan lima tahunnya. Di masa jabatan Soeharto lah Indonesia menjadi negara ASEAN pertama yang meluncurkan satelit dan juga mengadakan konferensi tingkat tinggi ASEAN yang pertama di Bali. Ngomong-ngomong program Keluarga Berencana alias KB juga dimulai di jaman Soeharto.

Namun di jaman Soeharto juga lah beragam macam keburukan terjadi. Selama masa pemerintahannya Soeharto berhasil menilap uang rakyat sebesar 500 Triliun ke kantongnya sendiri yang membuatnya menjadi presiden terkorup dalam sejarah Indonesia. Soeharto sendiri terlibat dalam kejadian G30S yang membuatnya memiliki banyak kekuasaan militer dan dari situlah dia menggantikan kedudukan Soekarno melalui Supersemar.

Soeharto mungkin adalah presiden paling brutal dalam sejarah Indonesia. Baik PKI maupun siapa saja yang mengancam kekuasaannya langsung di DORR dan dilenyapkan. Diskriminasi masyarakat papua, pembantaian Timor Timur, pembantaian Santa Cruz hingga istilah Petrus semuanya adalah hasil dari tangan dingin Soeharto. Dan akhirnya semua pun berakhir pada kerusuhan 1998 yang mana Soeharto memilih mundur (atau lebih tepatnya dipaksa mundur) dari jabatannya.


BJ. Habibie (1998-1999)

Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia

Beliau dikenal sebagai Bapak Teknologi berkat keberhasilannya dalam membuat pesawat terbang CN 235. Sebagai presiden beliau adalah orang yang berhasil menstabilkan kembali mata uang rupiah setelah sempat hancur di 1998. Habibie banyak 'mencerahkan' kegelapan di masa orde baru seperti pengadaan UU Kemerdekaan Berpendapat di Muka Umum, Konsep pemilu dengan banyak partai dan juga undang undang Anti Monopoli.

Sayangnya beberapa keputusannya yang meskipun baik ternyata menghasilkan keburukan juga. Contohnya adalah perpecahan rakyat akan banyaknya partai politik sehingga politik Indonesia sempat porak poranda namun keputusannya yang paling fatal hingga membuatnya kehilangan jabatan presiden adalah pengadaan putusan suara yang menyebabkan Timor Timur resmi melepaskan diri dari Indonesia.


Abdurrahman Wahid (1999-2001)

Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia

Presiden yang dikenal dengan julukan 'Gus Dur' ini merupakan Bapak Pluralisme yang mengangkat hak-hak minoritas dengan unsur keberagaman. Dialah presiden yang mau mendengarkan suara etnis Tionghoa di Indonesia dan akhirnya meresmikan hari raya imlek sebagai hari libur nasional. Beliau juga merupakan pencetus dari Departemen Eksplorasi Laut yang sekarang kita kenal sebagai Kementrian perikanan dan kelautan.

Namun Gus Dur juga sering membuat kebijakan yang kontroversial, contohnya mencabut UU pelarangan PKI (yang mana ditolak habis-habisan). Gus Dur juga memiliki hubungan buruk dengan DPR dan TNI, sebagian besar karna kebiasaan mulutnya yang ceplas-ceplos dan tukang tuduh. Puncaknya adalah Gus Dur mengeluarkan maklumat untuk membubarkan DPR/MPR dan menyebut mereka seperti segerombolan anak TK. Akhirnya Gus Dur pun dilengserkan secara halus oleh orang-orang disana.


Megawati Soekarnoputri (2001-2004)

Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia

Satu-satunya presiden wanita dalam sejarah NKRI sekaligus anak kandung dari presiden pertama. Kebijakannya yang paling terkenal dan bermanfaat hingga saat ini adalah terbentuknya Komisi Pemberantasan Korupsi alias KPK. Selain KPK beliau juga membentuk Mahkamah Konstitusi dan mengeluarkan beragam UU mengenai KPK, terorisme dan juga KDRT.

Namun megawati juga terkenal karna pernah menjual aset negara pada negara asing. Contohnya adalah penjualan Ladang Gas Tangguh secara murah ke Cina yang mana merugikan Indonesia dalam tahun-tahun berikutnya. Selain itu pulau-pulau di bagian luar Indonesia seperti pulau Sipadan dan Ligitan juga berpindah tangan tanpa disadari dan mungkin inilah yang menyebabkan Megawati kalah pada pemilu 2004. Selain itu dia juga membuat kebijakan menaikkan harga BBM.


Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2014)

Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia

Presiden yang namanya kerap disingkat menjadi SBY ini merupakan presiden pertama yang dipilih melalui Pemilu dan beliau berhasil memenangkan pemilu dua kali berturut-turut. SBY dikenal dengan kepribadiannya yang kalem dan suka bermain musik namun beliau berhasil membuat ekonomi Indonesia melejit berkat kebijakan MP3EI nya. Kebijakan ini berhasil menurunkan harga BBM tiga kali dan menurunkan rasio hutang luar negeri. Selain itu angka kemiskinan dan pengangguran juga menurun. Dengan background militernya SBY juga mendirikan universitas pertahanan yang dibina langsung oleh kementrian pertahanan.

Namun di masa SBY jugalah kasus-kasus korupsi terbesar terjadi dan kasus itu bahkan melibatkan para bawahan dan partainya sendiri. Tentu kita belum lupa dengan kasus korupsi Hambalang yang sampai sekarang belum ada kejelasannya. Selain itu para pelaku korupsi juga banyak yang didakwa ringan karna maraknya pengacara gelap dan makelar kasus berkeliaran. Akhir masa jabatan SBY pun ditutup dengan satu kebijakan kontroversial yakni pengadaan rumah bagi mantan presiden dan wakil presiden yang dianggap mementingkan dirinya sendiri.


Joko Widodo (2014-???)

Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia

Dalam 7 tahun masa jabatannya presiden yang kerap disapa Jokowi ini telah menunjukkan beberapa kebijakan pembangunan yang bagus. Contohnya adalah pembangunan tol trans Jawa dan Sumatra yang banyak menyingkat waktu transportasi darat dua pulau tersebut. Selain itu Jokowi juga banyak membuat keputusan untuk mengambil alih perusahaan-perusahaan dalam negeri yang dikuasai asing seperti Freeport dan Rokan. Di masa Jokowi jugalah Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games untuk pertama kalinya.

Keburukan pemerintahan Jokowi mulai banyak terlihat sejak terjadinya pandemi covid-19. Yang paling banyak dilirik adalah hutang luar negeri yang membengkak hingga 150%. Banyak juga menteri-menterinya yang terlibat korupsi dan penanganan pandemi yang berjalan buruk. Sebagai catatan masih ada 3 tahun sebelum akhir masa jabatan Jokowi, mari kita lihat apakah daftar keburukan ini akan bertambah atau tidak.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 33 lainnya memberi reputasi
30
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
26-09-2021 13:10
Barangkali ada yang mau nambahin pendapatnya masing-masing. Hal hal yang tertulis di berita memang banyak yang berat sebelah jadi lebih baik jika masalah seperti ini didiskusikan bersama.

Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
26-09-2021 13:37
Nunggu presiden ke delapan aja deh ๐Ÿƒ๐Ÿƒ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aellous dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
26-09-2021 13:54
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
supriyono1989 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
26-09-2021 14:14
Untuk pa Habibie masalah Timor Timur emang keputusan terbaik, lagian yg menurunkan pa Habibie kan itu2 lagi orangnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qwerty59 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
26-09-2021 14:58
Masing2 ada jasa dan dosanyaemoticon-Ngacir2
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
26-09-2021 15:37

SIAPAPUN PRESIDENNYA

ADA SAJA KEJELEKEKAN dimata masyarakat : INDON Ga pernah bersyukur


Segala keputusan Tuhan,,,ada aja manusia yang ga bersyukur, contoh : HUJAN,,,,,ada yang teriak YAH HUJANNNNNNNNNNN,,,ada pula yang bersyukur menikmati anugrahnya








HIDUP GUA GA TERGANTUNG SIAPA PRESIDENNYA.

gua mau bangun pagi & bekerja untuk makanan di meja makan keluarga gua,,,,AKU RA PATEKKEN SIAPA SAJA YANG BAKAL JADI PRESIDENNYA,,,,,,,PODO WAE !!!!!!!!!!
Diubah oleh legowopanji
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aluwungs dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
26-09-2021 15:49
Kelebihannya karena banyak kekurangannya
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
1 0
1
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
26-09-2021 16:17
setiap kepemimpinan pasti punya kelebihan dan kekurangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
26-09-2021 16:24
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesiaemoticon-Kaskus Banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
26-09-2021 16:32
Jangankan di sini, pemimpin dunia jg ada kelebihan/kekurangan.
Tapi ane paling suka Pak BJ Habibie kalo berbicara itu unik banget , gak ngebosenin.
Genius
profile-picture
profile-picture
januanesbi315 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
26-09-2021 17:39
Lucky seven
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
profile-picture
profile-picture
jgc14arman23 dan anpansa46688 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
26-09-2021 18:25
Smua psti ada plus minusnya
Tp setidaknya ada yg mndingan kan or the best diantara yg laen

Sma kyk lo milih gagdet aja

Kt laenny nilai urgensi/kebutuhan
Diubah oleh redemption878
0 0
0
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
26-09-2021 21:21
gini kan jelas,ada + dan - nya jadi gk ada cebong cebong kampret kampret
profile-picture
MafTrack memberi reputasi
1 0
1
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
26-09-2021 21:55
Quote:Soeharto mungkin adalah presiden paling brutal dalam sejarah Indonesia.

sekarang juga lebih brutal.
saking brutalnya dengan poster, mural aja bisa langsung ditangkap.
wkwkwkwk....
profile-picture
jenggalasunyi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
26-09-2021 23:11
Ya pada intinya yg jadi gelandangan politik itu ya mbah amien.
Dia lah dulu yg menaikkan dan menurunkan presiden hingga dihari tuanya dia menjadi gelandangan politik
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan seojoon memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
27-09-2021 00:52
Yg bilang sekarang lebih brutal...pasti kadrun, kacung arap.
Kalau jaman suharto...model amin rais, rocky gerung, rizal ramli, gatot dan lain nya pasti sudah hilang.
Jangankan nyari kubur, bangkai nya aja gak jelas dimana...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aluwungs dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
27-09-2021 05:47
Sekarang ini adalah masa terberat dengan adanya pandemi tentu roda pemerintahan tidak bisa dijalankan seperti biasa. Ada banyak hal yang berubah selama pandemi ini gans
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
27-09-2021 14:31
Koo gak da LBP ?












:

































































































......









































....


















































And sang maestro. ...
Erick Tahir
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
27-09-2021 15:40
ape aje sama, semua plus minus bor.

Berbagai Kelebihan/Kekurangan Para Presiden Indonesia
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia