Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
278
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614ffa776c17ed1c45406a23/yakin-bahwa-yang-kita-makan-itu-adalah-rendang
Berbahagialah siapapun yang pernah makan rendang. Ya, rendang, sebuah makanan khas dari tanah Minang, asli Indonesia. Kenapa harus berbahagia? Karena tidak semua orang pernah memakan rendang. Bahkan orang yang setiap hari makan olahan daging sapi dengan santan di restoran Padang pun belum tentu memakan rendang. Bukan karena mereka tak punya uang untuk membeli rendang, tapi yang dimakan ternyata
Lapor Hansip
26-09-2021 11:43

Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
Berbahagialah siapapun yang pernah makan rendang. Ya, rendang, sebuah makanan khas dari tanah Minang, asli Indonesia.

Kenapa harus berbahagia? Karena tidak semua orang pernah memakan rendang. Bahkan orang yang setiap hari makan olahan daging sapi dengan santan di restoran Padang pun belum tentu memakan rendang.

Bukan karena mereka tak punya uang untuk membeli rendang, tapi yang dimakan ternyata salah... Dikira rendang ternyata bukan.... emoticon-Embarrassment


Salah Kaprah Soal Rendang

Di seluruh Indonesia, selalu ada rumah makan Padang, bahkan hingga ke setiap pelosok gang. Salah satu menu andalan para penjual masakan Padang biasanya adalah rendang. Tapi apakah kalian yakin bahwa itu benar-benar rendang asli?

TIDAK! Saya dapat memastikan sangat jarang ada rumah makan Padang yang benar-benar menjual daging rendang. Bahkan sekelas restoran Padang yang harganya mahal pun belum tentu rendangnya itu adalah asli.

Saya tidak bilang itu rendang abal-abal, apalagi menggunakan daging palsu. Saya hanya mengatakan bahwa itu belum tentu 100% asli rendang.


Nah, mulai pada bingung'kan? Oke, gak perlu bingung-bingung karena saya akan menjelaskan dengan bahasa yang sangat sederhana.....


Itu Bukan Rendang, Tapi Kalio!

Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?

Berdasarkan pengalaman pribadi, Dari sekian banyak rumah makan atau restoran Padang yang pernah saya kunjungi di setiap daerah. Saya sangat jarang menemukan daging rendang asli. Padahal semuanya mengklaim menjual olahan daging rendang.

Tapi rendang yang saya temui dibanyak rumah makan Padang rata-rata bukanlah 100% asli rendang. Melainkan KALIO.

Apa itu kalio? Kalio adalah olahan masakan yang terbuat dari daging sapi atau kerbau dengan santan kelapa dan bumbu-bumbu lainnya.

Loh, apa bedanya kalio dengan rendang? Bukankah rendang juga menggunakan santan kelapa? Betul, anda benar! Tapi tetap saja itu bukan rendang melainkan kalio.


Perbedaan Kalio Dengan Rendang Asli

Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
Sekilas memang tak ada bedanya antara kalio dengan rendang. Apalagi di mata orang awam yang belum pernah makan rendang tapi sering makan kalio.

Perbedaannya terletak pada kekentalan santan kelapa dan warna (baik warna bumbu dan daging).

35 tahun yang lalu saya pernah diberi tahu oleh saudara saya yang kebetulan sangat faham dan ahli dalam membuat olahan rendang asli Sumatra Barat. Bahwa rendang yang 100% asli itu adalah :

1. Bumbunya sangat kental cenderung kering. Kadar airnya sangat rendah bahkan nihil kandungan air

2. Warna bumbu dan dagingnya berwarna cokelat bahkan terlihat sangat hitam ke-emas-emasan (efek minyak)

3. Telah menyelesaikan proses tiga fase (tahapan) yaitu : Gulai, kalio, lalu menjadi rendang (karanggo)

Untuk bisa disebut sebagai rendang, dalam proses memasaknya harus melewati tiga tahapan. 2 jam pertama dimasak menjadi gulai, tambah 2 jam lagi gulai menjadi kalio, dan tambah 3 jam lagi baru menjadi rendang.

Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
Gambar di atas adalah proses perubahan dari kalio menuju rendang, tapi belum rendang sempurna (karanggo)

Dan akan menjadi rendang sempurna jika dimasak lagi selama 1 hingga 2 jam untuk benar-benar menjadi 100% rendang asli. Kesimpulannya butuh waktu 8 hingga 10 jam untuk membuat sebuah rendang.

Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?

Namun walaupun demikian, karena masakan itu bersifat universal, maka bisa jadi setiap orang atau daerah punya khas rendangnya masing-masing.

Jika anda keukeuh (bersikeras) bahwa kalio itu adalah rendang-rendang juga, ya, tak masalah.... emoticon-Peace

Sekarang coba cek RM. Padang langganan anda masing-masing. Apakah mereka menjual benar-benar rendang? Atau hanya kalio bahkan itu hanya gulai saja...... emoticon-Bingung






Saya, napelogini...........Terima kasih

Foto : Google

Referensi : klik


Diubah oleh napelogini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sintara85 dan 73 lainnya memberi reputasi
72
Masuk untuk memberikan balasan
Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
26-09-2021 11:48
Walau bukan rendang tapi masih mending makan kalio atau gule daging. Yang kasihan itu kalo ditempat hajatan.....

Dikira rendang pas digigit ternyata lengkuas.... Setaaaaan! emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bibalinhgum dan 28 lainnya memberi reputasi
28 1
27
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
26-09-2021 11:45
Memang sangat jarang ada rumah makan Padang yang menjual rendang asli. Kebanyakan itu kalio. Tapi entah kenapa selalu dibilang rendang padahal bukan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
26-09-2021 12:39
Tetangga sebelah kebetulan asli orang Solok, Sumbar. Kalo lebaran dia suka ngirim rendang sapi kering. Gak ada airnya, santannya pekat warna item. Rasanya sadis enak gak ada lawan. Apalagi dagingnya sampe ancur nyatu sama santannya yg gurih2 manis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
26-09-2021 12:03
jangankan rendang

ane makan rendang cuma sanggup 2 bulan sekali

sisanya cuma nasi dan kuah saja emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yulian34 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
26-09-2021 12:55
Bikin rendang asli minang itu butuh proses lama. Dan tidak semua orang Sumbar bisa bikin rendang. Apalagi yg bukan Sumbar. Makanya jangan heran kalo rm. Padang di jawa banyak yg menjual rendang 'palsu'

Rendang itu makanan paling eksotis yg rasanya enak pake banget. Stik sapi ala amerika pun gak akan pernah bisa menyamai lezatnya rendang minang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
26-09-2021 12:43
worst experience ever, bungkus nasi rendang sampe rumah pas dikunyah lengkuas emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
calvinn28 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
26-09-2021 13:09
Klo begitu ralat, makanan paling enak di dunia: kalio.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
calvinn28 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
26-09-2021 12:44
Gulai = encer

Kalio = Agak kental

Rendang = Gak ada air santannya (kering)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
26-09-2021 12:04
Sebentar.... Berarti daging rendah (asli) keras kah gan mirip dendeng kah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
26-09-2021 12:43
Jadi ingat polemik rendang krispi di master chef inggris.. mungkin itu kalio yg diblg orng malaysia rendang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
calvinn28 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia