News
Batal
KATEGORI
link has been copied
74
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614f1fc422b8193ee34d7f27/pengakuan-teller-bank-bumn-curi-uang-8-nasabah-hingga-rp-12-m-saya-menyesal
Sabtu, 25 September 2021 | 08:07 WIB Penulis: Kontributor Pekanbaru, Idon Tanjung | Editor: Priska Sari Pratiwi PEKANBARU, KOMPAS.com - HN, mantan teller Bank BUMN di Kota Dumai, Riau, mengaku menyesal usai mencuri uang milik delapan orang nasabah dengan total Rp 1,2 miliar. Perempuan berusia 29 tahun ini nekat mencuri uang milik nasabah demi melunasi utang pinjol dan memenuhi kebutuhan hidup prib
Lapor Hansip
25-09-2021 20:10

Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...

Quote:Sabtu, 25 September 2021 | 08:07 WIB

Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...

Penulis: Kontributor Pekanbaru, Idon Tanjung | Editor: Priska Sari Pratiwi

PEKANBARU, KOMPAS.com - HN, mantan teller Bank BUMN di Kota Dumai, Riau, mengaku menyesal usai mencuri uang milik delapan orang nasabah dengan total Rp 1,2 miliar.

Perempuan berusia 29 tahun ini nekat mencuri uang milik nasabah demi melunasi utang pinjol dan memenuhi kebutuhan hidup pribadi serta keluarganya.

Akibat perbuatannya itu, kini HN telah dipecat dan terancam dipenjara.

"Saya menyesal, itu pasti," ucap HN saat ditanya wartawan, Jumat (24/9/2021).

Meski demikian, ia menyatakan akan menjalani proses hukum sebagai bentuk tanggung jawab atas perbuatannya itu.

"Cuma ya jalani saja lagi apapun yang ada di depan," kata HN.

Awal mula ditangkap

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Riau Kombes Sunarto mengungkapkan, HN ditangkap tim Subdit II Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau pada 16 September lalu.

Pelaku dijemput polisi di rumahnya di Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Riau.

"Penangkapan pelaku berdasarkan laporan dari pihak bank atas kasus pencurian uang delapan nasabah sekitar Rp 1,2 miliar," ujar Sunarto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (21/9/2021).

Pelaku ditangkap dengan barang bukti berupa Surat Keterangan Pensiun (Skep), Surat Keputusan Direksi Bank tentang Buku Prosedur Operasional Simpanan, surat edaran bank, 21 lembar slip penarikan yang diduga ditransaksikan tersangka atas nama delapan orang nasabah.

Lalu 11 buku tabungan milik delapan orang nasabah, 17 lembar daftar harian teller, print out 10 rekening koran, dan kartu ATM BRI atas nama Edrian Nofrialdi.

Beraksi sendiri

Aksi pencurian uang milik delapan nasabah itu dilakukan seorang diri oleh HN.

"Kalau dilihat dari kronologi kejadiannya, pelaku beraksi seorang diri," kata Sunarto.

Aksi pencurian itu, kata dia, dilakukan HN sejak Januari hingga Maret 2021.

Selama beraksi lebih kurang tiga bulan itu, pelaku berhasil menguras uang tabungan nasabah hingga Rp 1.264.000.000.

Menurut Sunarto, HN memanfaatkan tugasnya sebagai teller untuk mencuri uang milik nasabah.

Pelaku melakukan transaksi dengan menggunakan User ID 8119051 tanpa sepengetahuan nasabah.

"Pelaku menirukan tanda tangan delapan nasabah pada slip penarikan," kata Sunarto.

Uang nasabah yang dicuri, lanjut dia, kemudian ditransfer HN ke rekening milik temannya atas nama Edrian Nofrialdi.

"Tersangka menggunakan rekening penampung milik temannya, di mana kartu ATM dalam penguasaan tersangka. Selanjutnya diteruskan ke rekening pribadi tersangka pada bank BRI dan BCA," sebut Sunarto.

Bayar utang

Uang Rp 1,2 M yang dicuri HN dari para nasabah ternyata digunakan untuk membayar utang pinjol.

"Tersangka mengaku, uang dari hasil kejahatan digunakan untuk membayar utang karena menunggak pinjaman online," ungkap Sunarto.

Selain untuk bayar utang pinjol, uang itu juga digunakan untuk biaya hidup pribadi dan keluarga.

HN saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

Ia dijerat dengan Pasal 49 ayat (1) huruf a Jo Pasal 49 ayat (2) huruf b Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan.

https://regional.kompas.com/read/202...enyesal?page=3


===

Gara2 Pinjol & nafsu memperkaya diri sendiri Seorang Teller Bank nekat mencuri Uang Nasabah

Aksi yg satu ini kebalikan dari Karyawan Bank Perkreditan *yg tempo hari sempat viral.. tp malah memilih bunuh diri karena jerat Pinjol & Utang daripada mencuri Uang Konsumen

Btw, Teller bisa nyuri Uang Nasabah ini punya skill yg nggk bisa dianggap remeh.. karena pernah Teman Kuliah dlu cerita dimana Abang nya bekerja sbg Teller di Bank BUMN.. Pembukuan nya sangat ketat, salah hitung pun Dia langsung ganti rugi / potong gaji di Bulan Berikut nya

Mungkin di daerah cara kerjanya nggk seketat di Pusat.. Padahal Orang di Daerah nyimpan duit banyak dari macam2 usaha: Perkebunan, Peternakan, Sarang Walet, Tambang, Sewa Lahan, Industri Rumahan, Pariwisata, Mebel, Kontraktor Lokal, dll.. adanya celah seperti kasus ini harus jadi pelajaran, biarpun yg dicuri sedikit2 tp lama2 jadi bukit jg *kyk Orang Nabung


emoticon-Traveller

Ilustrasi Pegawai Bank
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 20:15
pinjol memang menyengsarakan...
dah banyak kasus
belom lagi sering di sms pencairan dana cepat dsb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 20:16
Saya menyesal... Kok sampe ketahuan...

Kalo ngga ya jalan terus...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 20:18
uang nasabah yg dicuri langsung diganti bank kan? emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
winehsuka dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 20:19
Menyesal kenapa cuman segitu yg ditilepemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan de.payens memberi reputasi
2 0
2
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 20:19
kl menyesal di awal awal itu namanya
mendaftar emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 20:20
Uang nasabah yang hilang diganti kagak nehh ..


Uduyy marah lohh emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 20:23
penyesalan selalu datang ̶t̶e̶r̶l̶a̶m̶b̶a̶t̶ jika ketahuan

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 20:28
itu bukan mencuri ya akhi, itu menyelamatkan nasabah dari riba.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 20:36
terlilit pinjol pantesan gelap mata

padahal udah dapet pekerjaan yg lumayan tapi malah disalahgunakan…

emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 20:38
Mungkin nasabah yg di colong dah banyak duit. Ada transaksi di rek nya sampe gak ketahuan. Apalagi jaman sekarang. 100rb pun ada sms nya
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan de.payens memberi reputasi
2 0
2
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 20:39
Aduhhhh mba masih muda uda bisa dapat duit banyakkk.....
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan de.payens memberi reputasi
2 0
2
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 20:40
Karena ketahuan...

Alesan basi coek !

emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 20:43
Klo di daerah mang gak seketat di pusat atau di kota besar, gw rasa mang ada celah klo dilakukan di daerah ketimbang di kota besar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 20:48
hutang pinjol sampai 1 milyar, edan emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 20:57
Pegawe bank bisa kena pinjol emoticon-Leh Uga
Pas kerja ga pakai otak apa gmn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 21:00
Yg apes temannya yg punya rekening,kena juga. Nampak bener si TSK hidupnya cukup hedon,masa gk bs nego dgn peminjam OL, kecuali dia minjem duit melebihi pemasukkannya sbg teller,yah mending open BO aja drpd nyolong.
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan de.payens memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 21:14
patut direnungkan kata2 bijak ahli tata kata ini :


Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...


emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 21:22
ini mah ga bayar utang lagi, utang pinjol gamungkin 1.2m
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 21:23
Ini nyesalnya karena ketahuan?
Kalau gak ketahuan, mungkin penggelapan jalan terus...
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Pengakuan Teller Bank BUMN Curi Uang 8 Nasabah hingga Rp 1,2 M: Saya Menyesal...
25-09-2021 21:36
Supervisornya pasti kena juga itu, dalam perbankan ga mungkin transaksi dilakukan tanpa 4 eyes principles.

Yg jelas supervisor lalai dalam pengelolaan password
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia