Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614ead1646f27645b367a8ac/psikologi-musik-dalam-perilaku-masyarakat-sehari---hari
PSIKOLOGI MUSIK DALAM PERILAKU MASYARAKAT SEHARI - HARI Musik merupakan salah satu cabang seni yang sangat dekat dan hadir bagi kehidupan manusia dalam setiap waktu. Melalui perpektif kajian sosial, konsentrasi demikian sering disebut semologi atau bagaimana fungsi musik sebuah karya seni dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari - hari, manusia selalu mendengar musik baik disengaja ataupun tidak.
Lapor Hansip
25-09-2021 12:01

PSIKOLOGI MUSIK DALAM PERILAKU MASYARAKAT SEHARI - HARI

PSIKOLOGI MUSIK DALAM PERILAKU MASYARAKAT SEHARI - HARI

PSIKOLOGI MUSIK DALAM PERILAKU MASYARAKAT SEHARI - HARI


Musik merupakan salah satu cabang seni yang sangat dekat dan hadir bagi kehidupan manusia dalam setiap waktu. Melalui perpektif kajian sosial, konsentrasi demikian sering disebut semologi atau bagaimana fungsi musik sebuah karya seni dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari - hari, manusia selalu mendengar musik baik disengaja ataupun tidak. Dengan begitu dekatnya manusia dengan musik, sehingga musik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Konsentrasi logis yang timbul upaya mewawacanakan peran musik dalam kehidupan masyarakat, berdampingan dengan akses pesatnya perkembangan teknologi dan budaya media. Seni sebagai karya manusia tentu memiliki fungsi yang beragam dan tidak hanya untuk kepentingan seni semata. 

Dalam konteks psikolohi, musik memiliki fungsi dan efek - efek terhadap peningkatan kecerdasan, kepentingan terapi yang tidak terlepas dari latar belakang budaya, teknik dan metode. Dalam hal ini, sebagai bagian dari hibrida antara musik dan psikologi maka terapi musik terutama sekali mengadopsi teknik - teknik psikoterapi yang relevan. Terminologi terapi musik juga telah digunakan kualifikasi terapis berlatar belakang pendidikan luar biasa dan psikologi.

1. Pespektif Psikologi Musik

Musik seperti yang dikemukakan dan diakui para psikologi musik dan etnomusikolog ( Juslin, P.N, 2000; J.A 2001; Becker, J. 2004 ) selain memiliki fungsi yan berbeda dalam kegiatan kehidupan manusia juga penting secara sosial. Banyak orang dengan latar belakang budaya yang berbeda menggunakan musik untuk saling berkomunikasi walau tidak paham dengan bahasa verbal masing - masing. Juga dipercayai, musik dapat memberikan serta membagi pengalaman emosi antara orang yang berbeda asal - usul. Bila dari kasat mata fisika dikatakan bahwa musik merupakan serangkaian suara dengan frekuensi, amplitudo, timbre yang dikelola dengan pola tertentu.

Maka secara psikologi, musik secara kolektif menganugerahi makna dari manusia sebagai bagian penting dari sebuah proses dan perilaku budaya. Dengan demikian, keberadaan psikologi musik selain mempelajari manusia yang mendengar, merasakan dan menginterprestasikan apa yang didengar dalam konteks sosial interpersonal juga akan berurusan dengan efek fisik dari suara musikal.

2. Musik Sebagai Terapi

Maraknya lembaga rehabilitas untuk anak luar biasa tentu patut disyukuri selain itu juga harus dicermati kinerjanya. Karena anak yang mengalami gangguan tertentu memerlukan terapi musik tertentu pula, apalagi tidak ada teknik yang dapat di generalisir. Tindakan asesmen sebelum program intervensi terapi musik dirancang adalah kewajiban yang tidak bisa ditawar. Kemudian evaluasi dari hasil perlakuan diperoleh bukan hanya dengan perkiraan subjektif semata atau laporan kuantitatif tetapi diperlukan alat ukur yang valid.

Pada praktinya, musik dalam terapi lebih berorientasi ke pendekatan musik dan konseling yang menggunakan musik untuk meningkatkan relasi antara terapis, klien, dan keluarga. Disamping itu juga dilengkapi dengan tujuan umum lainnya seperti mereduksi stres, trauma, dan ketentuan yang diasosiasikan dengan penderita, peristiwa kematian serta rasa takut atau untuk meningkatkan interaksi interpersonal. Isi dari musik digunakan dan menawarkan kesempatan / kesenangan, kenang - kenangan, verbalisasi, kedekatan dan sebagainya.

3. Efek Terapi Musik

Menurut sejarahnya, terapi musik sudah hadir sejak zaman yunani kuno, Mesir, Cina dan berkembang di Eropa dan Amerika. Sebagai sebuah disiplin ilmu, tetaoi musik secara formal mendapat tempat pada 1980-an sehingga usianya relatif masih muda (Djohan,2009).

Oleh sebab itu pengembangan teknik dan metode terapi pada setiap wilayah negara dan budaya juga beragam. Artinya, kita pun memiliki penelitian dan ekperimen dengan tidak ada keharusan menggunakan seni budaya dari luar Indonesia. Persoalan akan banyaknya penggunaan teori dan metode dari negara maju adalah wajar. Karena melalui proses adaptasi sedemikian rupa justru dapat menemukan teori dan metode yang sesuai dengan khasanah budaya sendiri.

Buat kamu yang ingin bernyanyi dan bermain musik, kamu bisa daftar di ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE banyak promonya loh !!!

Kapan lagi ada kursus musik yang banyak promo dan diskon hanya ada di ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE kamu bisa hubungi link di www.allegramusiccourse.com dan www.allegraprivatemusiccourse.com.

Yuk, isi waktu luang kamu untuk belajar di ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE tempat kursus musik yang bersertifikat international.

Apalagi dimasa pandemi sekarang ini pasti banyak dari kalian yang merasa takut keluar rumah tapi kamu juga pasti bosan dirumah, kira-kira gimana caranya ya biar gak bosan ?? Nah, dari itu ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE jadwalnya flexibel dan bisa disesuaikan diawal pendaftaran. Selain itu seluruh pengajar Allegra sudah melakukan vaksinasi.

Tunggu apalagi buruan daftar sekarang juga dan jangan lewatkan promo - promo menarik lainnya. Banyak banget kelebihannya belajar di ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE  lohh.. kami juga sering mengadakan konser dan ujian, baik ujian lokal maupun ujian international.

PSIKOLOGI MUSIK DALAM PERILAKU MASYARAKAT SEHARI - HARI
0
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia