News
Batal
KATEGORI
link has been copied
32
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614e047398380d059025d435/60-tahun-pengabdian-ch-47-chinook-helikopter-angkut-berat-kesayangan-paman-sam
Pada thread sebelumnya TS membahas mengenai usia pengabdian pesawat angkut C-130 Hercules yang sudah mencapai 67 tahun pada 23 Agustus 2021, dan pada bulan September ini salah satu alutsista buatan Paman Sam juga sudah memasuki masa bakti lebih dari 50 tahun. Alutsista yang dimaksud adalah helikopter angkut berat CH-47 Chinook. Tepat pada tanggal 21 September 2021, Chinook menandai usia pengabdian
Lapor Hansip
25-09-2021 00:01

60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Pada thread sebelumnya TS membahas mengenai usia pengabdian pesawat angkut C-130 Herculesyang sudah mencapai 67 tahun pada 23 Agustus 2021, dan pada bulan September ini salah satu alutsista buatan Paman Sam juga sudah memasuki masa bakti lebih dari 50 tahun. Alutsista yang dimaksud adalah helikopter angkut berat CH-47 Chinook. Tepat pada tanggal 21 September 2021, Chinook menandai usia pengabdiannya yang ke-60 tahun.

Sebagai tambahan informasi prototype helikopter berkonfigurasi tandem rotor yang saat itu diberi kode YCH-1B terbang perdana pada 21 September 1961 di Philadelphia. Dan memasuki usia pengabdian 60 tahun helikopter ini masih bisa diandalkan oleh Amerika dan sekutunya. CH-47 Chinook kini menjadi tulang punggung untuk berbagai misi tempur, logistik, dan kemanusiaan untuk Angkatan Darat AS serta 19 operator internasional. Berkat kemajuan teknologi, beragam varian helikopter ini masih sanggup melayani Amerika dan sekutunya selama 40 tahun ke depan.

Desain awal helikopter tandem rotor ini dibuat oleh perusahaan bernama Vertol pada tahun 1957 yang ditunjuk sebagai Vertol Model 107 atau V-107, helikopter ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan helikopter baru yang akan digunakan Angkatan Darat AS. Setelah melakukan serangkaian uji coba, helikopter ini kemudian mulai diluncurkan dan memasuki layanan Angkatan Darat AS pada tahun 1962. Boeing juga membuat varian untuk Korps Marinir AS yang diberi nama CH-46 Sea Knight, oleh Korps Marinir helikopter ini diberi nama kesayangan Phrog. Sayangnya Phrog tak lagi digunakan, perannya kini sudah digantikan oleh V-22 Osprey.



Quote:
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam

CH-47 milik Kanada.


Foto: wikipedia.org


60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam

CH-46E saat misi di Irak, varian yang dibuat Boeing untuk Korps Marinir AS.

Foto: USMC



Angkatan Darat AS menerima unit Chinook yang pertama pada tahun 1962, tiga tahun kemudian Chinook lngsung dikirim terbang untuk ikut bertempur ke Vietnam. Selain Vietnam, palagan konflik di Timur Tengah sudah pernah dijalani Chinook, mulai dari konflik Iran, Suriah sampai Afghanistan. Hal tersebut membuat Chinook sudah mendapat cap battle proven. Pada masanya Boeing juga pernah membuat varian MH-47, varian khusus Chinook yang dimodifikasi untuk dioperasikan oleh Pasukan Operasi Khusus Angkatan Darat AS

Pada tahun 2001 Boeing memperkenalkan varian baru yang duberi kode CH-47F, waktu itu Boeing membuat CH-47F dari basis CH-47D sebagai varian yang ditingkatkan. CH-47F kemudian diluncurkan pada 15 Juni 2006 di fasilitas Boeing di Ridley Park, Pennsylvania, dan terbang pertama pada 23 Oktober 2006. Salah satu poin penting dari peningkaatan ini adalah penggunaan mesin dan kokpit baru.

Chinook merupakan helikopter buatan Boeing yang paling lama diproduksi dan menjadi salah satu yang paling lama berjalan dalam sejarah penerbangan di AS. Sekitar 1.200 unit Chinook dalam berbagai varian kini telah diproduksi. Sampai saat ini ada 19 negara yang sudah menggunakan jasa Chinook. Selain menerima pesanan baru, Boeing juga siap untuk melakukan upgrade pada Chinook varian sebelumnya untuk dirubah menjadi standard CH-47F.


Quote:
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam

Chinook menggotong Humvee.

Foto: rotorandwing.com



Bicara soal urusan angkut-mengangkut, varian CH-47F dapat menampung 33 sampai 55 penumpang, bergantung pada konfigurasi kargo dan misi. Misalnya dalam misi medical evacuation, ruang kargo dapat dirubah untuk membawa 24 tandu dan perlengkapan medis. Ruang kargo pada CH-47F dapat dimuati payload hingga 10,9 ton. Artinya Chinook dapat membawa ranpur sekelas Humvee.

Sementara untuk angkut beban eksternal, Chinook dilengkapi tiga titik pengait (hook) di bagian bawah tubuhnya yang bisa dipergunakan sekaligus. Tiga titik pengait tersebut dipasang segaris di titik simetris tubuh helikopter. Kapasitas angkut terbesar terletak pada hook utama di bagian tengah, yang punya kemampuan angkat 12 ton. Sementara hook di depan dan belakangnya masing-masing punya kemampuan angkat 7,5 ton. Untuk hook depan dan belakang bisa difungsikan untuk mengaitkan beban tambahan, atau untuk menstabilkan beban yang sudah dikaitkan pada hook tengah, misalnya saat Chinook mengangkat sebuah ranpur.

Pada tahun 2017, Boeing menerima kontrak untuk mengembangkan "Chinook Next Generatio untuk Angkatan Darat AS dan Pasukan Operasi Khusus. Program yang juga disebut senagai Blok II tersebut saat ini sedang dalam tahap rekayasa, manufaktur dan pengembangan. Program Blok II akan meningkatkan kemampuan daya angkat, kenyamanan antara Angkatan Darat AS dan armada sekutu, serta mengurangi biaya perawatan.

Boeing mengatakan jika helikopter ini masih bisa mengabdi sampai 40 tahun lagi, itu artinya Chinook akan memasuki masa pengabdian mencapai 100 tahun. Tentu hal tersebut merupakan sebuah pencapaian yang fantastis bagi Chinook, pasalnya tak banyak alutsista militer yang bisa mengabdi sampai kurun waktu tersebut. Dan kini CH-47 Chinook pun mulai mengikuti pencapaian C-130 Hercules sebagai alutsista yang telah mengabdi selama lebih dari setengah abad. Long Live Chinook !


Quote:
CH-47F Chinook


Negara Asal: Amerika Serikat
Produsen: Boeing
Kapasitas Angkut: 12,7 ton/33-55 tentara
Kru: 3 (pilot, kopilot, dan teknisi)
Panjang: 30,1 meter
Diameter Rotor: 18,3 meter
Tinggo: 5,7 meter
Bobot Kosong: 10.185 kg
Bobot Maksimum Takeoff: 22.680 kg
Mesin : 2 × Lycoming T55-GA-714A turboshaft , (4.733 hp) masing-masing
Kecepatan Maksimum: 315 km/jam
Jarak Jelajah: 740 km






Dsmikian sedikit informasi yang busa TS sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk agan-agan semuanya. Tetap semangat dan jaga kesehatan, sampai jumpa emoticon-Angkat Beer




Referensi Tulisan: 1& 2
Ilsutarsi Foto: Google Image, USMC, Wokipedia, rotorandwing.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bo.mat dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 00:02
Hercules mengabdi 67 tahun.

60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam


Chinook mengabdi 60 tahun.

60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam


Tua-tua keladi emoticon-Big Grin


Reaksi Kaskuser emoticon-Toast



Quote:Original Posted By gonugraha76
Boeing MH 47 Chinook, varian khusus dari Boeing CH 47 Chinook yang dikembangkan serta hanya dioperasionalkan oleh US Army 160th SOAR Night Stalker.
Satuan penerbangan khusus milik US Army ini terkenal karena keahliannya dalam misi transporter khusus personel dan material dengan menggunakan armada helikopter khusus yang terbang cepat dan rendah menyusuri kontur bumi terutama di malam hari.
Oleh US Army 160 th SOAR Night Stalker, MH 47 Chinnok digunakan sebagai helikopter transporter khusus dalam misi :

1. Infitrasi dan exfiltrasi
Dalam misi ini ada 5 metode yang dipakai :

A. Penerjunan HAHO / HALO.
B. Rapid drop n away.
C. Fast Rope Insertion Extraction System ( FRIES ) dan Special Patrol insertion Extraction System ( SPIES ).
D. Rope ladder.
E. Rescue hoist.

Untuk melacak posisi personel pada saat misi exfiltrasi dan combat SAR, MH 47 Chinnok dilengkapi dengan Personel Locator System ( PLS ) untuk melacak sumber sinyal radio emergency homming beacon.

2. Resupply.
Basic sebagai heli angkut dengan pintu belakang model ramp door dan payload sebesar 10.8 ton membuat heli ini leluasa untuk mengangkut 55 personel, logistik dan alutsista ringan baik di ruang kargo dalam maupun dengan hoist khusus di bawah fuselage dengan automatic lock n release bila ingin kargo diterjunkan dari ketinggian atau didaratkan dengan cepat tanpa perlu helikopter mendarat.

3. Airborne Command n Control.
Dengan perangkat komunikasi dan combat management sistem yang dimiliki, co pilot dan pilot MH 47 Chinnok dapat mengarahkan serangan udara ke darat yang dilakukan oleh unit lain baik itu bomber, pespur maupun heli serang / serbu.

Hingga saat ini ada 3 varian khusus MH 47 Chinnok :

1. Boeing MH 47D Chinnok ( Delta )
11 unit versi upgrade dari CH 47D Chinnok ini mulai dipakai sejak tahun 1980 an dengan improvement pada engine control n management dan refuelling probes serta dilengkapi dengan 4 unit senapan mesin kombinasi M 135 7.62 mm mini gun di jendela depan kanan kiri dan M 240 7.62 mm machine gun di jendela belakang kanan kiri.

2. Boeing MH 47E Chinnok ( Echo )
26 unit versi upgrade dari MH 47D Chinnok ini mulai dipakai sejak tahun 1993 dengan improvement pada mesin baru yang lebih efisien dan bertenaga T55L 714 dengan IR Exhaust Suppressor, advance electronic n management, tangki bbm yang lebih besar untuk meningkatkan daya jelajah, advanced defensive n avionik serta FLIR.

3. Boeing MH 47G Chinnok ( Golf )
61 unit varian paling advance dari MH 47 Chinnok ini mulai dipakai sejak tahun 2014 dengan perubahan pada fuselage baru yang lebih kuat tapi ringan, mesin baru T55 GA 714 dengan IR Exhaust Suppressor, advanced digital multi display, advanced radar n avionic system, advanced communication system dan advanced defensive system.


Quote:Original Posted By jagotorpedo
pernah dijadiin gunship juga.. ACH-47A
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
dibangun 4 unit tahun 1965, 3 di antaranya dikirim ke Vietnam.

Salah satunya insiden ketembak peluru sendiri emoticon-Hammer (S).
Salah satu kanon M-24A 20mm lepas dari dudukan pas nembak, jadinya peluru mengarah ke sistem rotor depan... jatoh dah...


Quote:Original Posted By yoseful
Nah, ini dia...... Satu lg heli angkut besar, yg cocok tuk TNI AD...... Mgkn akan lbh bagus jk bs beli borongan yg 2nd saja tuh, gan........ Kalo ada bujet extra dr kementerian terkait di RI ini.......


Quote:Original Posted By dieq41
Jaman itu udah bisa mikirin teknologi yg kepake smp skrg emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By gabener.edan
Keren nih copteremoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By durexz
Jadi selama ini ane salah. Ane kira yang berbaling-baling horizontal double itu helikopter Apache. Ternyata Chinook.

@politon21
@69banditos
@slametfirmansy4
@Mbahjoyo911
@absurdpeople
@indra.blora
@kopiko0385

GIF


Quote:Original Posted By indra.blora
Peenah sekali liat neeh waktu kecil ketika ada pembangunan di tempat ane


60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam


Quote:Original Posted By 69banditos
Dibikin VVIP Air Transport bagus key nya. Ud battle proof dan teruji daya tahannya, moga masa tugasnya lbh panjang dr si Herky.


Quote:Original Posted By jlamp
Dulu pernah disewa BNPB yak...
Lumayan kuat daya angkutnya nih.. cuma kalo buat pendaratan agak repot.


Quote:Original Posted By mynameisant
Heli yang cocok buat dipakai agan pindah kos.. emoticon-Jempol

Pindah sekalian rumah kos nya diangkat heli ini emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By black.robo
Kapan CH-47 punya Indonesia datang?

Ehh Indonesia beli ngga sich kok ngarep datang emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By pannotia.server
Hasil kekayaan otak dan riset masih kepake sampai 60 tahun....emang mantap dahh.
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 00:06
Nah, ini dia...... Satu lg heli angkut besar, yg cocok tuk TNI AD...... Mgkn akan lbh bagus jk bs beli borongan yg 2nd saja tuh, gan........ Kalo ada bujet extra dr kementerian terkait di RI ini.......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 00:51
Jaman itu udah bisa mikirin teknologi yg kepake smp skrg emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 00:55
Keren nih copteremoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 01:01
Jadi selama ini ane salah. Ane kira yang berbaling-baling horizontal double itu helikopter Apache. Ternyata Chinook.

@politon21
@69banditos
@slametfirmansy4
@Mbahjoyo911
@absurdpeople
@indra.blora
@kopiko0385

GIF
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 01:10
Peenah sekali liat neeh waktu kecil ketika ada pembangunan di tempat ane


60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 01:11
Tahun segitu udah bisa bikin copter keren ya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 01:31
Bsa bwt offence gk s

Kan dsni djalsin ama ts bwt logistik n crew aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 02:45
Dibikin VVIP Air Transport bagus key nya. Ud battle proof dan teruji daya tahannya, moga masa tugasnya lbh panjang dr si Herky.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 03:39
Dulu pernah disewa BNPB yak...
Lumayan kuat daya angkutnya nih.. cuma kalo buat pendaratan agak repot.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 04:56
Heli yang cocok buat dipakai agan pindah kos.. emoticon-Jempol

Pindah sekalian rumah kos nya diangkat heli ini emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 07:56
Kapan CH-47 punya Indonesia datang?

Ehh Indonesia beli ngga sich kok ngarep datang emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 08:16
pernah dijadiin gunship juga.. ACH-47A
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
dibangun 4 unit tahun 1965, 3 di antaranya dikirim ke Vietnam.

Salah satunya insiden ketembak peluru sendiri emoticon-Hammer (S).
Salah satu kanon M-24A 20mm lepas dari dudukan pas nembak, jadinya peluru mengarah ke sistem rotor depan... jatoh dah...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 14:15
Salah satu heli paporit ane nih gan. Ini heli ikonik banget, sama kaya blackhawk. Cocok buat dipakai militer kita. Ga hanya handal di pertempuran. Buat keperluan lain sangat mumpuni juga
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 14:30
Boeing MH 47 Chinook, varian khusus dari Boeing CH 47 Chinook yang dikembangkan serta hanya dioperasionalkan oleh US Army 160th SOAR Night Stalker.
Satuan penerbangan khusus milik US Army ini terkenal karena keahliannya dalam misi transporter khusus personel dan material dengan menggunakan armada helikopter khusus yang terbang cepat dan rendah menyusuri kontur bumi terutama di malam hari.
Oleh US Army 160 th SOAR Night Stalker, MH 47 Chinnok digunakan sebagai helikopter transporter khusus dalam misi :

1. Infitrasi dan exfiltrasi
Dalam misi ini ada 5 metode yang dipakai :

A. Penerjunan HAHO / HALO.
B. Rapid drop n away.
C. Fast Rope Insertion Extraction System ( FRIES ) dan Special Patrol insertion Extraction System ( SPIES ).
D. Rope ladder.
E. Rescue hoist.

Untuk melacak posisi personel pada saat misi exfiltrasi dan combat SAR, MH 47 Chinnok dilengkapi dengan Personel Locator System ( PLS ) untuk melacak sumber sinyal radio emergency homming beacon.

2. Resupply.
Basic sebagai heli angkut dengan pintu belakang model ramp door dan payload sebesar 10.8 ton membuat heli ini leluasa untuk mengangkut 55 personel, logistik dan alutsista ringan baik di ruang kargo dalam maupun dengan hoist khusus di bawah fuselage dengan automatic lock n release bila ingin kargo diterjunkan dari ketinggian atau didaratkan dengan cepat tanpa perlu helikopter mendarat.

3. Airborne Command n Control.
Dengan perangkat komunikasi dan combat management sistem yang dimiliki, co pilot dan pilot MH 47 Chinnok dapat mengarahkan serangan udara ke darat yang dilakukan oleh unit lain baik itu bomber, pespur maupun heli serang / serbu.

Hingga saat ini ada 3 varian khusus MH 47 Chinnok :

1. Boeing MH 47D Chinnok ( Delta )
11 unit versi upgrade dari CH 47D Chinnok ini mulai dipakai sejak tahun 1980 an dengan improvement pada engine control n management dan refuelling probes serta dilengkapi dengan 4 unit senapan mesin kombinasi M 135 7.62 mm mini gun di jendela depan kanan kiri dan M 240 7.62 mm machine gun di jendela belakang kanan kiri.

2. Boeing MH 47E Chinnok ( Echo )
26 unit versi upgrade dari MH 47D Chinnok ini mulai dipakai sejak tahun 1993 dengan improvement pada mesin baru yang lebih efisien dan bertenaga T55L 714 dengan IR Exhaust Suppressor, advance electronic n management, tangki bbm yang lebih besar untuk meningkatkan daya jelajah, advanced defensive n avionik serta FLIR.

3. Boeing MH 47G Chinnok ( Golf )
61 unit varian paling advance dari MH 47 Chinnok ini mulai dipakai sejak tahun 2014 dengan perubahan pada fuselage baru yang lebih kuat tapi ringan, mesin baru T55 GA 714 dengan IR Exhaust Suppressor, advanced digital multi display, advanced radar n avionic system, advanced communication system dan advanced defensive system.
Diubah oleh gonugraha76
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 18:06
Hasil kekayaan otak dan riset masih kepake sampai 60 tahun....emang mantap dahh.
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 21:35
Quote:Original Posted By yoseful
Nah, ini dia...... Satu lg heli angkut besar, yg cocok tuk TNI AD...... Mgkn akan lbh bagus jk bs beli borongan yg 2nd saja tuh, gan........ Kalo ada bujet extra dr kementerian terkait di RI ini.......


yang baru saja gak dikasih apalagi yang bekas gan emoticon-Hammer (S)



Quote:Original Posted By dieq41
Jaman itu udah bisa mikirin teknologi yg kepake smp skrg emoticon-2 Jempol


betul, negara yang ikutan PD 2 rata2 sudah menyiapkan konsep untuk kenutuhan militernya gan, cmiiw


Quote:Original Posted By gabener.edan
Keren nih copteremoticon-Matabelo


heli impian TNI AD emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By durexz
Jadi selama ini ane salah. Ane kira yang berbaling-baling horizontal double itu helikopter Apache. Ternyata Chinook.


GIF


Apache disebut heli serang, TNI AD punya 8 unit Apache yang punya home base di Semarang



Quote:Original Posted By indra.blora
Peenah sekali liat neeh waktu kecil ketika ada pembangunan di tempat ane


60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam


yakin gan di mana itu ? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
69banditos dan yoseful memberi reputasi
2 0
2
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 21:48
Quote:Original Posted By redemption878
Bsa bwt offence gk s

Kan dsni djalsin ama ts bwt logistik n crew aja


khusus logistik gan, tidak dipakai untuk offence, tapi untuk pertahanan diri dilengkapi senapan mesin 7,62 mm. cmiiw



Quote:Original Posted By 69banditos
Dibikin VVIP Air Transport bagus key nya. Ud battle proof dan teruji daya tahannya, moga masa tugasnya lbh panjang dr si Herky.


kayaknya bakal panjang gan dengan dibuatnya Blok II emoticon-Ngacir




Quote:Original Posted By jlamp
Dulu pernah disewa BNPB yak...
Lumayan kuat daya angkutnya nih.. cuma kalo buat pendaratan agak repot.


betul gan, buat memdamkan kebakaran di Sumatera kalau tidak salah



Quote:Original Posted By mynameisant
Heli yang cocok buat dipakai agan pindah kos.. emoticon-Jempol

Pindah sekalian rumah kos nya diangkat heli ini emoticon-Ngakak


pondasinya gak ikut pindah kan gan ?



Quote:Original Posted By black.robo
Kapan CH-47 punya Indonesia datang?

Ehh Indonesia beli ngga sich kok ngarep datang emoticon-Leh Uga


jangan terlalu baper gan, nanti sakit hati emoticon-Malu (S)



Quote:Original Posted By jagotorpedo
pernah dijadiin gunship juga.. ACH-47A
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
dibangun 4 unit tahun 1965, 3 di antaranya dikirim ke Vietnam.

Salah satunya insiden ketembak peluru sendiri emoticon-Hammer (S).
Salah satu kanon M-24A 20mm lepas dari dudukan pas nembak, jadinya peluru mengarah ke sistem rotor depan... jatoh dah...


wah insiden yang mengerikan gan, nembak rotor dan akhirnya jatuh emoticon-Takut (S)



Quote:Original Posted By kurniawan.roni
Salah satu heli paporit ane nih gan. Ini heli ikonik banget, sama kaya blackhawk. Cocok buat dipakai militer kita. Ga hanya handal di pertempuran. Buat keperluan lain sangat mumpuni juga


kalau Chinook lebih ke logistik gan



Quote:Original Posted By gonugraha76
Boeing MH 47 Chinook, varian khusus dari Boeing CH 47 Chinook yang dikembangkan serta hanya dioperasionalkan oleh US Army 160th SOAR Night Stalker.
Satuan penerbangan khusus milik US Army ini terkenal karena keahliannya dalam misi transporter khusus personel dan material dengan menggunakan armada helikopter khusus yang terbang cepat dan rendah menyusuri kontur bumi terutama di malam hari.
Oleh US Army 160 th SOAR Night Stalker, MH 47 Chinnok digunakan sebagai helikopter transporter khusus dalam misi :

1. Infitrasi dan exfiltrasi
Dalam misi ini ada 5 metode yang dipakai :

A. Penerjunan HAHO / HALO.
B. Rapid drop n away.
C. Fast Rope Insertion Extraction System ( FRIES ) dan Special Patrol insertion Extraction System ( SPIES ).
D. Rope ladder.
E. Rescue hoist.

Untuk melacak posisi personel pada saat misi exfiltrasi dan combat SAR, MH 47 Chinnok dilengkapi dengan Personel Locator System ( PLS ) untuk melacak sumber sinyal radio emergency homming beacon.

2. Resupply.
Basic sebagai heli angkut dengan pintu belakang model ramp door dan payload sebesar 10.8 ton membuat heli ini leluasa untuk mengangkut 55 personel, logistik dan alutsista ringan baik di ruang kargo dalam maupun dengan hoist khusus di bawah fuselage dengan automatic lock n release bila ingin kargo diterjunkan dari ketinggian atau didaratkan dengan cepat tanpa perlu helikopter mendarat.

3. Airborne Command n Control.
Dengan perangkat komunikasi dan combat management sistem yang dimiliki, co pilot dan pilot MH 47 Chinnok dapat mengarahkan serangan udara ke darat yang dilakukan oleh unit lain baik itu bomber, pespur maupun heli serang / serbu.

Hingga saat ini ada 3 varian khusus MH 47 Chinnok :

1. Boeing MH 47D Chinnok ( Delta )
11 unit versi upgrade dari CH 47D Chinnok ini mulai dipakai sejak tahun 1980 an dengan improvement pada engine control n management dan refuelling probes serta dilengkapi dengan 4 unit senapan mesin kombinasi M 135 7.62 mm mini gun di jendela depan kanan kiri dan M 240 7.62 mm machine gun di jendela belakang kanan kiri.

2. Boeing MH 47E Chinnok ( Echo )
26 unit versi upgrade dari MH 47D Chinnok ini mulai dipakai sejak tahun 1993 dengan improvement pada mesin baru yang lebih efisien dan bertenaga T55L 714 dengan IR Exhaust Suppressor, advance electronic n management, tangki bbm yang lebih besar untuk meningkatkan daya jelajah, advanced defensive n avionik serta FLIR.

3. Boeing MH 47G Chinnok ( Golf )
61 unit varian paling advance dari MH 47 Chinnok ini mulai dipakai sejak tahun 2014 dengan perubahan pada fuselage baru yang lebih kuat tapi ringan, mesin baru T55 GA 714 dengan IR Exhaust Suppressor, advanced digital multi display, advanced radar n avionic system, advanced communication system dan advanced defensive system.


terimakasih tambahannya om emoticon-Nyepi

salah satu heli impian TNI AD nih emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By pannotia.server
Hasil kekayaan otak dan riset masih kepake sampai 60 tahun....emang mantap dahh.


bisa sampai 100 tahun bahkan gan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
25-09-2021 22:56
gw pernah lihat helikopter ini terbang di langit jakarta, pas george bush datang ke Indonesia tahun 2006
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
26-09-2021 11:14
Sudah selama 60 tahun

kalau helikopter chinook ini mampu membawa container dengan berisi apa saja misalnya angkutan barang.

60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam


Tapi helikopter chinook pernah muncul di beberapa game, salah satunya game 1945 punya mode lindungi atau United we stand pada mode multiplayer, yaitu melindungi helikopter chinook dari serangan udara sampai lokasi yang tujuan untuk selamat

60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam


Ada juga memakai perangkat Boncing Shot yang bisa men-summon 2 helikopter chinook sebagai gunship di bawah, sistem tembakannya seperti OD Ghost Ship pada pesawat Avenger di game HFS ya

60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam


Infonya ada disini

Quote:Original Posted By jagotorpedo
pernah dijadiin gunship jg era perang Vietnam, tp malah jd produk gagal emoticon-Hammer
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam


Quote:Original Posted By jagotorpedo
pernah dijadiin gunship juga.. ACH-47A
60 Tahun Pengabdian CH-47 Chinook, Helikopter Angkut Berat Kesayangan Paman Sam
dibangun 4 unit tahun 1965, 3 di antaranya dikirim ke Vietnam.

Salah satunya insiden ketembak peluru sendiri emoticon-Hammer (S).
Salah satu kanon M-24A 20mm lepas dari dudukan pas nembak, jadinya peluru mengarah ke sistem rotor depan... jatoh dah...
profile-picture
gonugraha76 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia