News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614d50c78ea57a777826cc18/10-negara-termuda-yang-baru-merdeka-di-dunia
setelah berakhirnya Perang Dunia ke-2, banyak negara-negara di dunia yang memproklamasikan kemerdekaannya dari penjajahan. hingga saat ini masih banyak negara-negara yang masih memperjuangkan kemerdekaannya. Sebagian besar negara telah berhasil memperoleh kemerdekaannya dan ada juga beberapa negara yang masih memperjuangkannya agar dapat diakui oleh dunia internasional. Di dunia masih ada negara y
Lapor Hansip
24-09-2021 11:15

10 Negara Termuda Yang Baru Merdeka Di Dunia

setelah berakhirnya Perang Dunia ke-2, banyak negara-negara di dunia yang memproklamasikan kemerdekaannya dari penjajahan. hingga saat ini masih banyak negara-negara yang masih memperjuangkan kemerdekaannya. Sebagian besar negara telah berhasil memperoleh kemerdekaannya dan ada juga beberapa negara yang masih memperjuangkannya agar dapat diakui oleh dunia internasional. Di dunia masih ada negara yang dibilang termuda karena baru memperoleh kemerdekaannya. Berikut ini daftar negara-negaranya.

1. Republik Sudan Selatan
10 Negara Termuda Yang Baru Merdeka Di Dunia
Republik Sudan Selatan adalah sebuah negara yang terkurung Daratan di kawasan Afrika Timur. Negara yang pada awalnya merupakan bagian dari negara Sudan ini muncul sebagai akibat dari perang saudara yang terjadi selama beberapa dekade di wilayah tersebut. Pada tahun 2005 setelah berakhirnya perang saudara Sudan melalui perjanjian damai komprehensif wilayah otonomi, Sudan Selatan akhirnya dipulihkan kembali dan dibentuk pula pemerintahan otonomi Sudan Selatan. Perjanjian tersebut memberikan jalan untuk menuju referendum bagi orang-orang di Sudan selatan. Pada bulan Januari tahun 2011 referendum untuk kemerdekaan negara Sudan Selatan diadakan dan sebanyak 98,8% penduduk Sudan Selatan mendukung untuk kemerdekaan negaranya. Akhirnya pada tanggal 9 Juli tahun 2011 Sudan Selatan mendeklarasikan diri sebagai sebuah negara merdeka.

2. Bosnia-Herzegovina
negara yang memiliki luas wilayah sedikit lebih besar dari Provinsi Jambi merupakan anggota dari SFR Yugoslavia. Negara ini memutuskan untuk mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 3 Maret tahun 1992 dan mendapat pengakuan internasional pada tanggal 6 April Tahun 1992. Pasca kemerdekaan negara ini masih dilanda konflik yang menyebabkan terjadinya perang saudara di negara tersebut hingga pada tahun 1995 setelah ditandatanganinya perjanjian dayton untuk mengakhiri konflik di negara tersebut, partai-partai yang bertikai setuju untuk berdamai dan mengakui satu negara berdaulat yaitu Bosnia dan Herzegovina.

3. Kroasia
dalam sejarahnya, Kroasia adalah negara anggota pendiri dari Republik Sosialis Federal Yugoslavia. Kroasia memperoleh kemerdekaannya dari Yugoslavia pada tanggal 25 Juli tahun 1991 menyusul dengan referendum yang diadakan pada bulan Mei 1991. Pada tanggal 8 Oktober di tahun yang sama, parlemen Kroasia kemudian memilih untuk memutuskan semua hubungan dengan semua bekas Republik Federal sosialis Yugoslavia dan baru pada tahun 1992 kedaulatan Kroasia baru mendapat pengakuan secara internasional dan juga PBB.

4. Eritrea
10 Negara Termuda Yang Baru Merdeka Di Dunia
Eritrea merupakan salah satu negara yang berada di kawasan benua Afrika ini berbatasan langsung dengan negara Sudan, Ethiopia, dan djibouti. Pada tahun 1952 eritrea didirikan sebagai wilayah independen dalam federasi Ethiopia setelah keputusan dari PBB. Namun pencaplokan yang dilakukan oleh kaisar Ethiopia Haile Selassie pada tahun 1962 mengakibatkan perang saudara yang kemudian berlangsung selama 30 tahun. Pada tahun 1991 Front Pembebasan rakyat Eritrea berhasil menggulingkan pasukan Ethiopia dan setelah referendum pada tahun 1993, eritrea mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 27 April tahun 1993 dan mendapatkan pengakuan oleh dunia internasional.

5. Republik Ceko dan negara Slowakia
Republik Ceko dan slowakia adalah dua negara yang berada di kawasan Eropa tengah. Negara Ceko dan negara slowakia sebelumnya adalah satu negara yaitu cekoslowakia. Cekoslowakia awalnya terbentuk pada tahun 1918 setelah runtuhnya kekaisaran austria-hungaria setelah melalui berbagai tantangan dunia selama beberapa periode. Sebagai satu kesatuan, akhirnya pada tahun 1991 karena adanya beberapa perbedaan mendasar antara orang-orang Ceko dan slowakia yang kemudian membuat negara ini memutuskan untuk berpisah. Negara tersebut secara damai terpecah menjadi negara-negara merdeka yaitu Republik Ceko dan negara slowakia. Pada tanggal 25 November Tahun 1992 parlemen Federal cekoslowakia memutuskan untuk membagi negara itu menjadi Republik Ceko dan negara Slowakia. Mulai tanggal 1 Januari tahun 1993, pembubaran secara damai cekoslowakia dilakukan.

6. Negara Palau
10 Negara Termuda Yang Baru Merdeka Di Dunia
Bendera Negara Palau

Negara Palau terdiri dari 8 pulau utama dan lebih dari 250 pulau-pulau kecil yang terletak sekitar 804 KM di sebelah tenggara Filipina. Setelah perang dunia kedua, Palau menjadi wilayah perwalian PBB di Pasifik yang dikelola oleh Amerika Serikat. Palau memperoleh kemerdekaan pada tanggal 1 Oktober tahun 1994 pada penandatanganan perjanjian "Compact of Free Association" dengan Amerika Serikat. Berdasarkan perjanjian tersebut, Amerika Serikat memberikan bantuan keuangan kepada negara Palau dan mempertahankan pangkalan militernya di sana
.
7. Timor Leste
Timor Leste adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara yang sebagian wilayahnya menempati bagian Nusa Tenggara Timur (Indonesia) ini sebelumnya dikenal juga dengan Nama Timor Timur dan merupakan bagian dari negara Indonesia. Timor Leste memiliki perjalanan yang cukup panjang dalam perjuangannya untuk menjadi sebuah negara merdeka setelah dijajah oleh bangsa Portugis dari sekitar abad ke-16 hingga tahun 1975. Wilayahnya yang baru terbebas dari Portugis Kemudian dianeksasi oleh Indonesia dan dinyatakan sebagai provinsi ke-27 negara Indonesia hingga akhirnya pada tahun 1999, wilayah Timor Timur memperoleh kedaulatan dari Indonesia setelah referendum yang diadakan pada tahun 1999. Namun hasil referendum tersebut disambut dengan kemarahan yang meluas oleh milisi Timor Timur pro-indonesia. Setelah pengerahan pasukan dari PBB, Indonesia akhirnya menyerahkan kendali atas wilayah tersebut dan Timor Timur menyatakan kemerdekaan negaranya pada tanggal 20 Mei 2002 juga resmi bergabung dengan PBB sebagai anggota ke-191.

8. Montenegro
Montenegro adalah salah satu negara Balkan yang terletak di pesisir laut adriatik setelah runtuhnya Yugoslavia. Pada tahun 1990, Serbia membentuk persatuan negara Serbia dan Montenegro. Negara ini kemudian memperoleh kemerdekaannya setelah memutuskan untuk memisahkan diri dari Persatuan negara Serbia dan Montenegro. Melalui sebuah referendum yang diadakan pada tanggal 21 mei tahun 2006 sebanyak 55,5% suara penduduk Montenegro memilih untuk kemerdekaan negaranya. Akhirnya pada tanggal 3 Juli tahun 2006, parlemen Montenegro mendeklarasikan kemerdekaan Montenegro yang secara resmi.

9. Serbia
masih terkait dengan pemisahan persatuan negara Serbia dan Montenegro sebelumnya, 2 hari setelah Montenegro mendeklarasikan kemerdekaannya, tanggal 5 Juli 2006 Serbia menegaskan dirinya sebagai penerus berdaulat independen untuk Negara Uni Serbia dan Montenegro.

10. Kosovo
Kosovo merupakan adalah bagian dari Yugoslavia dan merupakan wilayah otonom dari Serbia hingga pada tahun 1999, dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi Dewan Keamanan PBB 1244 yang menempatkan Kosovo dibawah pemerintahan transisi PBB resolusi ini juga menetapkan bahwa Kosovo akan memiliki otonomi dalam Republik Federal Yugoslavia dan menegaskan integritas wilayah Yugoslavia yang secara hukum telah digantikan oleh Republik Serbia selama masa perselisihan yang panjang tentang penentuan masa depan Kosovo. Pada tanggal 17 Februari tahun 2008, Kosovo secara sepihak mendeklarasikan kemerdekaan negaranya meskipun Mahkamah Internasional sudah menegaskan kemerdekaan Kosovo. Namun Serbia dan beberapa negara lain di dunia belum mau mengakui Kosovo sebagai negara berdaulat.
Diubah oleh komdigital
0
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia