News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614d222f84cf986a12693ef9/ini-dia-7-negara-pecahan-yugoslavia
Yugoslavia merupakan sebuah negara yang pernah ada di eropa dari tahun 1918 sampai tahun 2003, negara yang terletak di wilayah balkan sebelah tenggara eropa ini yang pernah berbentuk kerajaan dan Republik Sosialis.Negara ini ber-ibukota di Beograd. Seperti halnya Uni Soviet, saat ini Yugoslavia telah tiada dan sudah terpecah-pecah menjadi 7 negara. Berikut ini ulasannya: 1. Serbia Serbia merupakan
Lapor Hansip
24-09-2021 07:56

Ini Dia!! 7 Negara Pecahan Yugoslavia

Yugoslavia merupakan sebuah negara yang pernah ada di eropa dari tahun 1918 sampai tahun 2003, negara yang terletak di wilayah balkan sebelah tenggara eropa ini yang pernah berbentuk kerajaan dan Republik Sosialis.Negara ini ber-ibukota di Beograd. Seperti halnya Uni Soviet, saat ini Yugoslavia telah tiada dan sudah terpecah-pecah menjadi 7 negara. Berikut ini ulasannya:

1. Serbia
Serbia merupakan sebuah negara di persimpangan Eropa Tengah dan Tenggara. Pada 2003 hingga 2006, Serbia bergabung dengan Montenegro dalam suatu persemakmuran yang dinamakan Uni Negara Serbia dan Montenegro dengan ibu kota negara Beograd. Asal mula Serbia beranjak dari awal pertengahan abad ke-9 kemudian muncul sebagai kerajaan Serbia di abad ke-11 dan kekaisaran Serbia pada abad ke-13. Setelah tahun 1918, Serbia menjadi perintis berdirinya Yugoslavia dalam beberapa bentuk negara (Kerajaan Yugoslavia, Republik Federal Sosialis Yugoslavia dan Republik Federal Yugoslavia).

2. Montenegro
Ini Dia!! 7 Negara Pecahan Yugoslavia

Ini Dia!! 7 Negara Pecahan Yugoslavia
Bendera Montenegro

Montenegro merupakan sebuah negara Balkan di Eropa Tenggara tepatnya di pesisir laut adriatik. wilayahnya sendiri berbatasan dengan Serbia di timur laut bosnia-herzegovina di Utara dan Barat Kosovo di timur Albania di Tenggara dan laut adriatik serta Kroasia di barat daya. Ibukotanya bernama podgorica sekaligus sebagai kota terbesarnya, dimana 30% penduduk Montenegro mendiami kota ini. Total semua penduduk Montenegro ialah 622.137 ribu jiwa (2019). Kota utama Montenegro adalah: ibu kota Podgorica (139.000 penduduk), Nikšić (61.700), Pljevlja (18.800), dan Bijelo Polje (17.100). Republik Serbia dan Montenegro sama-sama memproklamirkan sebuah federasi hingga referendum Montenegro diproklamirkan pada tahun 2006.

3. Kroasia
Kroasia bernama resmi Republik Kroasia atau Republika Hrvatska dalam bahasa setempat. Kroasia merupakan sebuah negara di persimpangan Eropa Tengah dan Tenggara juga di laut adriatik, secara geografis berbatasan dengan Slovenia di barat laut Hungaria di timur laut Serbia di timur bosnia-herzegovina dan Montenegro di Tenggara serta berbagai perbatasan laut dengan Italia di barat dan Barat Daya. Kroasia memiliki luas sekitar 56.594 km² dengan populasi 4,076 juta jiwa (2019). Kroasia bergabung dengan anggota PBB, Organisasi untuk Keamanan dan Co-operasi di Eropa, di Dewan Eropa dan merupakan non-anggota tetap dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk periode 2008-2009. Negara ini juga anggota Uni Eropa dan NATO. Kroasia resmi bergabung dengan NATO pada April 2009. Selain itu, Kroasia juga merupakan anggota dari Uni untuk Mediterania setelah didirikan pada 2008.

4. Kosovo
Ini Dia!! 7 Negara Pecahan Yugoslavia
Kosovo merupakan negara republik yang secara de facto Merdeka. Kosovo terletak di sebelah tenggara Eropa seluas 10.887 km². Sebelumnya, negara ber-ibukotakan pristina Ini adalah sebuah provinsi di Serbia di bawah administrasi PBB, namun pada 17 Februari 2008 Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya secara sepihak. Alhasil upaya tersebut ditentang oleh Serbia, tetapi didukung oleh sejumlah negara barat seperti Albania, Amerika Serikat, Britania Raya, Perancis bahkan juga Turki. Sementara yang menolak kemerdekaan Kosovo diantaranya Tiongkok, Rusia dan tentu saja Serbia. Pemerintah Indonesia sendiri bersikap hati-hati dalam memberi pengakuan terhadap Kosovo, kendatipun ada desakan dari sejumlah kalangan. Kosovo menjadi tempat pertentangan wilayah yang masih berlangsung antara pemerintah Serbia dan penduduk Kosovo yang mayoritas beretnis Albania. Saat berdirinya Yugoslavia, Kosovo merupakan salah satu provinsi dari Serbia namun dengan status daerah otonomi khusus. Akan tetapi sejak perang Kosovo, negara ataupun wilayahnya berada di bawah pengawasan PBB sebagai sebuah protektorat.

5. Bosnia-Herzegovina
Negara ini didiami oleh tiga kelompok yaitu Bosnia, Serbia dan Kroasia. negara ini terletak di semenanjung Balkan di selatan Eropa seluas 51.129 km² Menariknya, pemerintahan Bosnia-Herzegovina dilakukan secara terpisah atau dengan kata lain terdiri dari persekutuan dua wilayah utama diantaranya federasi Bosnia dan Herzegovina dan Republik srpska. Berbatasan langsung dengan Kroasia di utara-barat dan selatan Serbia di timur dan Montenegro di selatan. Bosnia dan Herzegovina merupakan sebuah negara yang dikelilingi oleh daratan kecuali pesisir pantai laut adriatik yang sepanjang dua kilometer berpusat di kota neum dan kota terbesar negara ini berada di sarajevo.

6. Makedonia utara
secara resmi bernama Republik makedonia Utara, merupakan sebuah negara yang terletak di Semenanjung Balkan Eropa selatan berdiri di area seluas 25.713 km². Republik Makedonia Utara mencakup 35,8% wilayah dan 40,9% populasi wilayah Makedonia Negara ini memperoleh kemerdekaan pada 1991 makedonia utara adalah negara yang daratannya berbatasan dengan Kosovo di barat laut, Serbia di utara, Bulgaria di timur, Yunani di selatan, serta Albania di Barat . ibukota dan kota terbesarnya adalah skopje. Republic of Macedonia adalah negara yang bersengketaan nama dengan Yunani. Setelah lama bersengketa, sejak 12 Februari 2019 Republik makedonia resmi mengubah namanya menjadi Republik makedonia Utara. Mayoritas penduduknya etnis Macedonia orang Slavia Selatan.

7. Slovenia
Republik Slovenia adalah negara pesisir sub-Alpin di selatan Eropa Tengah berbatasan dengan Italia di sebelah barat, Laut Adriatik di barat daya, Kroasia di selatan dan timur, Hungaria di timur laut, dan Austria di utara. Diketahui bahwa nenek moyang bangsa Slavia yang sekarang menetap di wilayah ini pada abad ke-6. Luas wilayah mencakup 20.271 km². Ibukota dan kota terbesarnya adalah Ljubljana. Jumlah total populasinya ialah 2,081 juta jiwa (per-2019).
Diubah oleh komdigital
0
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia