News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614c3136e2109c4ac665e942/level-ppkm-jadi-pertimbangan-penerapan-ptm-terbatas
Pemerintah mendorong pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan catatan wilayah satuan pendidikan berstatus PPKM level 1, 2 dan 3. Terdapat 514 kabupaten/kota dengan jumlah satuan pendidikan sebanyak 540.979 unit. Data mengenai satuan pendidikan berdasarkan level PPKM itu diperoleh dari Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, per
Lapor Hansip
23-09-2021 14:48

Level PPKM Jadi Pertimbangan Penerapan PTM Terbatas


Pemerintah mendorong pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan catatan wilayah satuan pendidikan berstatus PPKM level 1, 2 dan 3. Terdapat 514 kabupaten/kota dengan jumlah satuan pendidikan sebanyak 540.979 unit.

Data mengenai satuan pendidikan berdasarkan level PPKM itu diperoleh dari Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, per 18 September 2021. Saat ini masih terdapat 7 kabupaten/kota yang masih berada di PPKM level 4.

Satuan pendidikan yang berada di wilayah PPKM level 2 yaitu sebanyak 347 kabupaten/kota dengan 404.638 satuan pendidikan di level 2. Bagi wilayah di PPKM Level 1–3 diberlakukan PTM terbatas sesuai Keputusan Menteri tentang Panduan Pembelajaran Dalam Situasi Pandemi Covid-19.

Jumeri, selaku Irjen Pendidikan Anak Usia Dini, SD dan SMP mengatakan, jumlah sekolah yang melaksanakan PJJ masih tergolong banyak, meskipun mayoritas berada di wilayah PPKM Level 1–3. Secara nasional, ia menyebutkan sebanyak 58% masih melaksanakan PJJ sedangkan yang melaksanakan PTM Terbatas hanya 48%.

‘’Yang tertinggi PTM di Aceh kemudian Maluku Utara dan Sumatera Barat. Dan terendah DKI Jakarta. Meskipun DKI Jakarta sudah 660 sekolah PTM Terbatas, tapi frekuensinya masih sangat rendah, yaitu seminggu hanya satu kali atau sehari,” ujar Jumeri. Selasa, (21/9/21).

Tidak hanya itu, Jumeri juga meminta dukungan pemerintah daerah setempat terkait pelaksanan PTM Terbatas pada satuan pendidikan yang memenuhi syarat. Begitu juga dukungan dari Dinas Kesehatan Daerah untuk mempercepat vaksinasi bagi tenaga pendidik yang saat ini menjadi prioritas nasional.

‘’Kemarin di rapat terakhir kita sepakat dengan Kemenkes bahwa akhir bulan ini dipastikan sudah lengkap semua vaksin untuk bapak ibu guru,’’ tutup Jumeri.

tag : PTM, PPKM, Covid-19, Untag Surabaya, Mahasiswa, Pendidikan

sumber : pikiranrakyat.com


0
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia