Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
277
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614c1655c156676f16332122/indro-tuduh-warkopi-langgar-haki-dan-etika-apakah-warkop-dki-tidak-plagiat
Bahkan ada juga plagiat dari sebuah grup yang dahulu pernah tenar, seperti Warkopi yang saat ini memberikan hiburan komedi dengan plagiat warkop DKI. Tidak hanya plagiat konten, namun secara tampilan dan nama pun menyandang nama besar Dono, Kasino, Indro. Duh, bahaya nih urusannya apalagi ada HAKI biasanya punya management proffesional, harus kulonuwun dulu.
Lapor Hansip
23-09-2021 12:53

Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?

Melihat panggung hiburan yang saat ini sedang mati suri, apalagi untuk dunia perfilman ketika bioskop berhenti beroperasi yang lebih gencar adalah sinetron-sinetron yang kualitasnya rendah tidak bisa setara drama korea. Dan endingnya pun kalau masih laku tetap digenjot terus beseri-seri hingga pemirsa bosan alur ceritanya muter-muter.

Dengan adanya youtube dan juga media lain seperti IG dan Tik Tok banyak orang yang awalnya tidak terkenal menjadi terkenal dan viral.



Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?

Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?

Bahkan ada juga plagiat dari sebuah grup yang dahulu pernah tenar, seperti Warkopi yang saat ini memberikan hiburan komedi dengan plagiat warkop DKI.

Tidak hanya plagiat konten, namun secara tampilan dan nama pun menyandang nama besar Dono, Kasino, Indro. Duh, bahaya nih urusannya apalagi ada HAKI biasanya punya management proffesional, harus kulonuwun dulu.





Benar saja ternyata karena hal itu, management Warkop DKI pun meradang terutama om Indro yang langsung bilang kalau management warkopi ini tidak beretika, alias tidak permisi dulu untuk membuat guyonan ala Dono, Kasino dan Indro.

Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?

Plagiat sebenarnya sah saja kalau kedua belah pihak sudah ada kerjasama sebelumnya seperti Warkop Reborn yang membuat artis papan atas mirip dengan mereka.

Bahkan Indrodjojo Kusumonegoro sebenarnya tak mempermasalahkan kemiripan fisik atau gaya penampilan mereka di Warkopi, tapi menurutnya ada pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang dilakukan grup warkopi, karena saat ini Warung Kopi Dono Kasino Indro (Warkop DKI) adalah sebuah merek yang sudah tercatat di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan dilindungi hukum melalui HAKI.

Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?

Oke, kita biarkan kedua management duduk dan rembukan bakal bagaimana grup itu kedepannya karena akan ada royalti kalau tetap memilih nama Warkop apalagi karakter memakai juga nama Dono, Kasino dan Indro.

Tapi apakah Warkop DKI itu tidak pernah plagiat? Tentu saja walau sudah dimodifikasi, hal itu masih berupa plagiat loh! Apa saja sih plagiat yang dilakukan Warkop DKI!

Pink Panther



Lagu pink panther ini selalu diputar oleh Warkop ketika adegan ingin usil, yup kedua film ini pun memang akan mendengarkan lagu itu kalau sedang ada adegan yang usil. Lagu dengan iringan jazz fusion orchestra dan melodi saxophone memang menjadi ikonik di kedua film tersebut kalau ga pink panther ya Warkop DKI.

Sukiyaki menjadi Nyanyian Kode





Ingat lagu diatas? Tentu saja kalau bukan karena warkop DKI mungkin jarang yang tau lagu Jepang itu. Namun Kasino di film Pintar-Pintar Bodoh sukses memparodikan nyanyian itu menjadi nyanyian kode.

The Six Million Dollar Man





Siapa yang tidak tahu film favorit dimasa itu, Manusia 6.000.000 Dollar ala Warkop memberikan unsur komedi yang cukup menghibur. Padahal jelas secara ide itu mengambil film serial buatan Amerika di masanya.

CHIPS





Film ini sangat terkenal dimasanya, dan kembali warkop memparodikan film serial asal Amerika. Namun judul yang digunakan juga sama persis dengan serial aslinya loh.

Bahkan kata-kata "jangkrik bos" menjadi fenomenal di kalangan netizen.

James Bond





Karakter James Bond yang punya gaya khas dimasanya juga sering di plagiat banyak sinema internasional, bahkan warkop juga ikut meniru ide seperti ini dalam filmya yang berjudul "Depan Bisa Belakang Bisa" tentu saja dengan gaya khas DKI yang lucu.





Bahkan Dono berubah menjadi Gaban tokoh hero Jepang di masa itu. Wah, pasti buat kamu yang tahu nama hero ini dijamin sudah tua umurnya.

Adegan Film Ghost





Adegan dalam film Ghost memang sangat berkesan dimasanya, dan hal itu juga diadopsi oleh warkop DKI terutama adegan dalam membuat pot, tapi tentu saja dengan modifikasi komedi.

***

Adopsi film serius dibuat komedi memang sering dilakukan, seperti film rambo yang diparodikan dalam film Hot Shots.



Bahkan musisi Indonesia pun memparodikan lagu-lagu terkenal dimasanya, dialah P- project. Dan inilah dunia hiburan, tapi kalau ada HAKI ya jangan asal plagiat urusannya bisa panjang nantinya soalnya urusannya tentu saja berkaitan dengan royalti.







Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.



Nostalgia celetukan warkop di Radio

emoticon-I Love Indonesia

Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?







Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gpandita dan 39 lainnya memberi reputasi
38
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 13:09
Mungkin zaman dulu belum ada UU tentang plagiat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyuDan2255 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 21 balasan
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 13:41
Kalau misalnya baca UU HAKI punya US gitu, kayaknya sdh lumayan jelas mana yg dianggap melanggar HAKI, mana yg diperbolehkan.

Dlm bbrp hal, yg dilakukan warkop DKI di film2 mereka jaman dulu, itu kayaknya bisa dibilang masih abu2. Apakah mencontoh plot itu bisa dianggap plagiasi dan melanggar HAKI.

Itu pertama.

Kemudian kedua, yg dicomot hasil karya orang luar, dipasarkan di dalam negeri. Itu urusan-nya pasti lbh ruwet lagi, utk pembuktian di persidangan (misalnya diperkarakan).

Nah kalau soal warkopi, ini ane jg ga tau yg dikomplain Bapak Indro itu sisi apanya?

Yg ane tahu, nama karakter dan tokoh dlm sebuah karya fiksi, itu juga dilindungi oleh HAKI.

Jadi misalnya ada novelis suka cerita detektif, tapi males menciptakan tokoh dan kemudian menggunakan tokoh novelnya Mara GD, Kapten Kosasih dan Gozali dalam novelnya.

Itu bisa dianggap melanggar HAKI meskipun plot dlm novelnya beda, krn Mara GD sendiri memikirkan dan menghidupkan dua tokoh itu perlu waktu, usaha, dst; sampai menjadi satu sosok yang utuh.

Demikian juga karakter Dono, Kasino, Indro. Itu bkn sesuatu yg jadi dlm waktu semalam.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 18 lainnya memberi reputasi
18 1
17
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 13:58
IMHO, HAKI kan masuk dalam hukum perdata. Jd selama yg punya ga keberatan, ya ga ada problem.
Mungkin iya dulu plagiat atau terinspirasi, tp kalau yg punya ga keberatan ya ga masalah.
Jaman sekarang emg lebih ketat sih soal HAKI.
Bukti nya merk lokal macam wafer Superman aja digugat, akhirnya kalah dan ganti merk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 14:05
Klo dibawa ngelebar begini makin jauh dari konteks awal maunya Si Om Indro
Yg diminta dia itu, SOWAN dulu, Silaturahmi dan minta IZIN, perihal nanti ada obrolan2an yg UUD ya terserah mereka mau dibagaimanain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
awan.kegelapan dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 14:24
Korelasinya ga jelas sih antara Om Indro minta disowanin n keberatannya karna udah punya HAKI atas warkop sama warkop ngejiplak karya2 lain. Itu dua hal yg jauh bgt n ga jadi sebab akibat juga. Selama pemilik karya yg dijiplak warkop ga masalah dan ngga mempermasalahkan ya mau dikata apa.

Perkaranya disini Om Indro dilindungin negara melalui HAKI atas warkop dan dia boleh2 aja keberatan karena hasil karyanya dijiplak. Wong itu haknya dia dan haknya dilindungin hukum kok.

Cocoklogi dan narasi korelasi ga jelas begini yg akhirnya bikin orang jadi bodoh dan permisif. Susah maju.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 14:42
Kalau masalah okagiat film,
mislakan lagu Pink Phanter, itukan hanya lagu pembuka lagian banya koq film ala2 komedi gitu oake theme pink phanter atau james bond atau apalah itu

Kalau masalah temanya mirip2 luar negeri, kalau yg ane liat di video originalnya lebih serius (gak ada unsur komedi) sedangkan warkop memparosikan film tersebut. Kaya film2 Scream aja di jadiin parodi kaya Scary Movie. Jangankan film parody ada juga di jadiin film porno kaya gitu.

Kalau masalah kasus yg sekarang ini kayanya 3 orang yg mirio sama DKI ane bingung gimana ngomongnya ya, di bolang ngejiplak iya tp enggak juga. Tau akh emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
78Kg dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 14:45
3bocah dungu, dieksploitasi dan dimanfaatkan oleh manajemen rakus emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 15:32
kali aja ada yang penasaran,
bisa cek aja di webnya kumham

warkopdki



emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.lonte.. dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 15:50
Aduh legend bgt itu nyanyian kode emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
sagutumbuk dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 16:00


Semoga cepet clear masalahnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rinka17 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 16:02
nonton warkop DKI cuman buat liat yg sexy" nya sambil coli wkwkkwkwkwkw
profile-picture
awan.kegelapan memberi reputasi
1 0
1
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 16:05
entah kenapa saya nonton warkop reborn rasanya kurang greget. lucunya terkesan dipaksakan, tidak orisinil seperti jaman aslinya Indro. cuma entah ini hanya perasaan saya atau bagaimana.

sudahlah, lebih baik bikin group lawak lain dengan nama berbeda dan ciri khas kalian. sesuatu yang menjadi peniru tidak akan pernah melampaui apa yang ditirunya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nugenuge02 dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 16:12
WARKOPI kreatif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pamansteve dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 16:12
Harusna seneng mas, nama warkop dki ada yg lanjutin. walopun hanya numpang eksis, ajakin ngopi lah ndro biar bisa akrab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
awan.kegelapan dan 11 lainnya memberi reputasi
4 8
-4
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 26 balasan
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 16:22
Krn tdk menghasilkan duit seperti DKI rebron yg pemaenya artis2 sinetron
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 17:00


emoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 17:08
Iya sih klo d bahas soal kemiripannya, Warkop DKI juga bisa d blg 'niru'
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trangkill dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 17:12
Hukum ..indonesia? wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nevareth dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Indro Tuduh Warkopi Langgar HAKI Dan Etika, Apakah Warkop DKI Tidak Plagiat?
23-09-2021 17:14
Nih ya
Menurut ane karya2 dari seniman indo jaman dulu itu sedikit banyak plagiat karya luar,entah itu film.musik.
Bukan cuma DKI aj sih ane rasa yang karyanya dulu plagiat,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
browup dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia