News
Batal
KATEGORI
link has been copied
158
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614c1618198cea1e8c20abdf/kasus-flu-burung-menyerang-manusia-muncul-kembali-di-tiongkok
Di saat Tiongkok masih terus berkutat dengan Pandemi Virus Wuhan yang tiada habis-habisnya, muncul kembali flu burung (avian influenza) yang menyerang manusia. Tiongkok melaporkan penemuan kasus tunggal flu burung yang menimpa seorang pria yang saat ini sedang dirawat di rumah sakit di Dongguan, Provinsi Guandong, selatan Tiongkok. Dilaporkan pada Rabu 22/9/2021 kemarin oleh Komisi Kesehatan Pro
Lapor Hansip
23-09-2021 12:52

Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok

Past Hot Thread
icon-verified-thread
.
Di saat Tiongkok masih terus berkutat dengan Pandemi Virus Wuhan yang tiada habis-habisnya, muncul kembali flu burung (avian influenza) yang menyerang manusia.

Tiongkok melaporkan penemuan kasus tunggal flu burung yang menimpa seorang pria yang saat ini sedang dirawat di rumah sakit di Dongguan, Provinsi Guandong, selatan Tiongkok. Dilaporkan pada Rabu 22/9/2021 kemarin oleh Komisi Kesehatan Provinsi Guangdong.


Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
Unggas, contohnya ayam peliharaan, dapat menularkan virus flu burung (AIV) pada manusia. Sumber


Pria berusia 53 tahun tsb selanjutnya diketahui menderita infeksi akibat serangan strain virus H5N6, satu dari sejumlah strain virus penyebab flu burung yang bisa mematikan bagi burung/unggas maupun manusia.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Komisi Kesehatan Guangdong tsb, seorang ahli, yang tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa resiko transmisi virus penyebab flu burung dari manusia ke manusia adalah rendah pada tahap saat ini.

Informasi yang lebih rinci tidak menyebutkan apakah si penderita bersentuhan dengan unggas atau tidak.


Strain virus H5N6 adalah satu dari sejumlah strain virus flu burung (avian influenza virus/AIV) yang menimbulkan penyakit pada burung-burung liar atau unggas yang diternakkan dan dapat menular ke manusia. Pertama kalinya ditemukan pada Tahun 2013 di peternakan ayam di Laos, satu negara di Asia Tenggara. Lalu menyebar ke Vietnam hingga ke Tiongkok dan menyebabkan sejumlah kasus di sejumlah daerah di masing-masing negara tersebut.


Kasus pertama flu burung oleh strain virus H5N6 yang menimpa manusia di Tiongkok terjadi di Provinsi Sichuan dan dilaporkan secara resmi pada Mei 2014 . Setelah Mei 2014, sejumlah kasus infeksi H5N6 pada manusia dilaporkan dari beberapa daerah di Tiongkok, meliputi provinsi-provinsi Sichuan, Guangdong, Yunnan dan Jiangxi, di mana sedikitnya empat orang tewas.

Sebelum munculnya kasus pada manusia tersebut, pada pengamatan virus flu burung (AIV) pada unggas atau burung-burung liar ditemukan tiga virus H5N6 pada sampel kotoran burung air yang hidup bermigrasi di lahan basah Chenhu, Provinsi Hubei. Selanjutnya diketahui bahwa ketiga virus tersebut sangat dekat dengan virus yang menyerang manusia pada Mei 2014 di Sichuan tadi. 

Sementara kasus pertama kali strain virus H5N6 ditemukan di Tiongkok adalah pada Tahun 2008 pada unggas (catatan penulis: ini menurut situs GlobalTimes yang sepertinya kurang tepat karena seharusnya di Laos pada Thn 2013 seperti yang sudah disebut di atas). Kasus pertama dan sebelumnya untuk tahun ini di Tiongkok dilaporkan pada 12 April 2021, di mana strain virus H5N6 menyerang burung-burung liar di Kota Shenyang, Provinsi Liaoning.


Para ahli dari Komisi Kesehatan Provinsi Guangdong menyimpulkan bahwa kemunculan kasus tersebut bersifat acak danresiko penularannya dari manusia ke manusia relatif rendah saat ini. Meskipun kasus penulurannya ke manusia jarang terjadi, mereka memperingatkan agar kasus tersebut diberikan prioritas tinggi dan tetap dalam pengawasan untuk menghindari penyebarannya oleh faktor manusia.


Indonesia sendiri tampaknya belum mengalami serangan strain virus H5N6 hingga saat ini, kecuali serangan oleh strain-strain AIV lainnya, seperti H5N1 yang sempat merepotkan Indonesia. Pada satu konferensi di Jakarta 25 Januari 2004, Dr Sofjan Sudarjat, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI, mengatakan bahwa sejak November 2003 diperkirakan sebanyak 4.7 juta ayam mati dan 40% di antaranya terinfeksi strain virus flu burung (AIV) H5N1 dan terkena tetelo (Newcastle disease). Sejak 2005, Indonesia sudah melaporkan sejumlah serangan strain virus H5N1 pada manusia dan puluhan orang meninggal dunia.


Kita di Indonesia juga harus waspada dengan perkembangan di Tiongkok sana, meskipun baru satu orang yang dilaporkan terkena serangan strain AIV H5N6.

Apalagi isu mengenai tingginya upaya negara itu melakukan Gain-of-Function (GoF) reasearch, khususnya pada virus-virus flu, patut menjadi bagian dari kewaspadaan kita.

GoF research adalah upaya para ahli merekayasa virus sedemikian rupa sehingga menjadi lebih ganas dari strain sebelumnya untuk selanjutnya digunakan sebagai bahan penelitian terhadap kemampuan transmisi/penularannya, kemungkinan terjadinya pandemi dan upaya penemuan obatnya. Suatu upaya sains teranyar yang sulit diterima akal sehat, menjadi perdebatan sengit saat ini dan bisa jadi virus yang dihasilkannya malah bocor dari lab lalu menyebar ke hewan atau manusia.

Metode penelitian yang sangat berisiko tsb bisa menjadi bumerang bagi manusia, alih-alih untuk menyelamatkan manusia di kemudian hari.

Virus Wuhan penyebab Covid-19 diduga hasil kegiatan GoF research dan bocor dari laboratorium di Wuhan, namun hipotesa ini mendapat tentangan keras dari Tiongkok.


emoticon-Cool

Sumber tulisan:



Diubah oleh gagal.jadi.nabi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 26 lainnya memberi reputasi
23
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
23-09-2021 13:25
emoticon-Imlek sickman of alam semesta emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Morti.co dan 15 lainnya memberi reputasi
15 1
14
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
23-09-2021 13:37
Dengan memahami dinamika terbaru di Tiongkok Komunis, semoga kita semakin tercerahkan, berpikiran positif, mawas diri, sehat, tidak sombong, peduli dgn sesama manusia dan lingkungan, rajin menabung, dan....

ujung-ujungnya kita bisa masuk surga.

emoticon-Nyepi
Diubah oleh gagal.jadi.nabi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
23-09-2021 14:29
apakah kebocoran lab yang baru?
Diubah oleh kampret.strez
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
23-09-2021 15:31
Seenggaknya flu burung nggak se virulent virus covid, jadi apa yg terjangkiti bukanlah milik kita emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
23-09-2021 15:53
ini nih negara yg harus di PPKM SEUMUR HIDUP...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
23-09-2021 17:34
Resiko bocor itu pasti ada pada setiap upaya penelitian virus.
Itu makanya kalau orang dulu memberi nasihat agar jangan bermain api, karena ada resiko kebakaran. Entah jenggot atau rumah ...
Hal yang sama juga akan dialami oleh para peneliti yang berusaha untuk membuat vaksin.

Kalau terkait GOF itu, perlu diperhatikan dulu, apakah itu terkait dengan penggunaan simulasi komputer atau secara real live.
Kalau secara real live, mungkin ada baiknya berdiskusi lebih lanjut dengan orang-orang di WHO atau lembaga lain lebih dulu, sekalian memastikan apakah sudah ada pihak yang meneliti hal tersebut sebelumnya atau tidak.

Jangan mempersepsi jelek dulu juga terkait GOF itu ...
Karena kondisi alam lingkungan di bumi ini sudah tidak lagi alamiah.
Banyak sekali kombinasi molekul (alamiah ataupun non alamiah) dengan mikrobiologi, bisa terjadi, dan kemudian menyebabkan terjadinya mutasi yang kemudian dapat berakibat timbulnya suatu penyakit, entah itu menular atau tidak. ===> Kalau tidak menular, orang awam mungkin menyebutnya sebagai "keracunan", padahal bisa saja itu bukan sebatas reaksi tubuh terhadap unsur material tertentu, tapi karena ada virus atau mahluk mikrobiologi lainnya yang menjadi penyebab.

Terkait itu, kalau ada penemuan jenis material baru, dan kemudian ingin dipakai dalam hidup keseharian secara umum, ada baiknya juga itu juga harus diteliti .. apakah itu dapat membawa dampak tertentu pada virus atau mahluk mikrobiologi lain.
Sulit ?
Yang bilang hidup itu mudah, siapa emangnya ? ;D
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
23-09-2021 18:11
ga us ikut2an parno. indo pikirin demam berdarah sama tbc (juara 2 dunia) aje.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kentutz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
23-09-2021 18:45
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
23-09-2021 20:00
bener" bencana bagi semesta alam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imaginaerum dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
23-09-2021 21:06
fakkkkkkkkk
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
2 0
2
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
23-09-2021 21:48
Quote:Original Posted By ex.babuCCP
emoticon-Imlek sickman of alam semesta emoticon-Imlek


Quote:Original Posted By kudo212
bener" bencana bagi semesta alam


Alam semesta? Earth aja kali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
23-09-2021 22:02
coba cek laboratorium Fort Detrick amerika..pasti asalnya dari sana.....!!!




TTD
BujerKomunisChina

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bigbuncit dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
23-09-2021 23:11
Cini ligi cini ligi emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
24-09-2021 00:55
flu burung kan emang endemi sejak dulu, sama kayak dbd atau malaria
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
24-09-2021 07:13
china lagi emoticon-Najis

negara pembawa sial dan petaka emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mblong88 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
24-09-2021 08:22
uda ada vaksinnya bukan?
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
24-09-2021 08:52
Izin jejak dulu gan buat dibaca nanti siang
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
2 0
2
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
24-09-2021 09:23
Anjir tolong jangan lah kandang baru isi
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kasus Flu Burung Menyerang Manusia Muncul Kembali Di Tiongkok
24-09-2021 09:57
Tenang gan, virus ini ga mempan di indo. Atau bisa disembuhin pake ramuan taneman Mpon-Mponemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia