News
Batal
KATEGORI
link has been copied
101
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614a95e330e636156a33ebb3/alasan-kua-tidak-melayani-pencatatan-pernikahan-nonmuslim
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim Reporter: Non Koresponden Editor: Ahmad Faiz Ibnu Sani Selasa, 21 September 2021 18:05 WIB Pasangan calon pengantin, April dan Iyan bersiap menikah di Kantor Urusan Agama, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur, Sabtu, 4 April 2020. Pasangan ini terpaksa menunda rencana resepsi pernikahan mereka karena larangan selama pandemi virus corona. TEMPO
Lapor Hansip
22-09-2021 09:33

Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim

Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
Reporter:
Non Koresponden
Editor:
Ahmad Faiz Ibnu Sani
Selasa, 21 September 2021 18:05 WIB

Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
Pasangan calon pengantin, April dan Iyan bersiap menikah di Kantor Urusan Agama, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur, Sabtu, 4 April 2020. Pasangan ini terpaksa menunda rencana resepsi pernikahan mereka karena larangan selama pandemi virus corona. TEMPO/IJAR KARIM

TEMPO.CO, Jakarta - Masyarakat muslim Indonesia yang ingin menikah biasanya akan datang ke Kantor Urusan Agama (KUA) untuk menyelesaikan segala urusan administratif. Adapun bagi calon mempelai nonmuslim mereka akan mengurusnya di kantor pencatatan sipil.

Sikap KUA yang hanya mencatat pernikahan muslim rupanya memiliki sejarah panjang. Dilansir dari laman kemenag.go.id, sejak zaman kerajaan Islam di Nusantara sudah dikenal jabatan penghulu atau naib.
 

Dalam buku “Sedjarah Mesjid dan Amal Ibadah Dalamnya” karya Abubakar dijelaskan jika penghulu adalah pejabat yang lingkup kewenangannya meliputi seluruh urusan agama Islam mulai dari pendidikan, penentuan Ramadan dan hari raya, pernikahan, hingga soal perdata dan pidana. Namun kekuasaan penghulu ini kemudian berkurang setelah Indonesia dijajah bangsa Barat, khususnya Belanda, yang menjalankan pemisahan antara urusan pemerintahan dan urusan agama. Sejak itu, penghulu hanya menjadi pencatatan nikah, talak, rujuk, dan dalam beberapa hal menjadi penasihat wakil pemerintah daerah.
Pemerintah Hindia Belanda lalu menerbitkan peraturan tentang pendaftaran pernikahan yang dilangsungkan menurut agama Islam dan pengawasannya. Setelah kemerdekaan, jabatan penghulu inilah yang kemudian bertransformasi menjadi KUA.
 
Selain itu, Undang-Undang No. 22 Tahun 1946 tentang Pencatatan Nikah memastikan jika aturan pernikahan bagi pemeluk agama di luar Islam yang sudah berjalan sejak zaman Hindia Belanda tidak berubah. Sebabnya sesuatu di luar Islam tidak harus dimasukkan ke dalam tugas KUA karena hukum agamanya tidak menghendaki demikian.
 
Pembagian tugas antara KUA dan kantor catatan sipil ini juga untuk menghormati keragaman keyakinan masyarakat Indonesia.

https://nasional.tempo.co/read/15087...m/full&view=ok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 09:35
ane sarankan nama kantornya diganti aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 09:40
Ane malah menasaran di Flores atau tomoho atau mayoritas non mayo ada KUA juga tidak? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 09:43
Saran ganti nama : Kantor Urusan Agama Islam ( KUAI) di baca : kawai...

Yameteeeeeee....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sickmaster dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 10:02
Sila ke 5 Harus dikasih * sk berlaku
profile-picture
profile-picture
Mosta2011 dan serapionIeo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 10:03
Karena KUA adalah kantor urusan agama islam ya akhi emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bo.mat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 10:04
Sebenarnya ga diperlukan lah KUA jadikan satu saja dengan Dukcapil emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mosta2011 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 10:41
harusnya KUA & pengadilan agama dibubarkan aja. sediakan aja hakim agama tunggal di pengadilan negeri & pencatatan nikah semua dipusatkan di dukcapil setelah pasangan melakukan pernikahan secara agama oleh pemuka agama yang sudah dapat sertifikasi dari dukcapil. lebih bagus lagi kalau pemuka agama diberi pelatihan & sertifikasi untuk dapat mengesahkan pernikahan secara agama sekaligus sipil, jadi pemuka agama yang harus laporan ke dukcapil & setelah itu diterbitkan surat/buku nikahnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 10:43
Warisan budaya kumpeni emoticon-Bingung klo bukan bangsawan kaya dilarang ikud2an jadih nasrani. Maka nya KUA cuman khusus uclim only.
Diubah oleh mibmobz
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 10:43
Iyaa yakkk kenapa tdk mengefesienkan sebuah lembaga...

KUA masuk ranah capil sedangkan pengadilan agama masuk ke pengadilan biasaemoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bo.mat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 10:44
Pindahin aj ke pencatatan sipil saja..kementrian agama sebagai pelaksana pernikahaan saja emoticon-Big Grin



profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 10:45
Biar aja suka2lah si mayo... Ga usah protes bisa2 ente dibui, minta toa dikecilin aja kena bui sama rumah ibadahnya dibakar...


Rahmatan lil alamin

emoticon-Malu






















































My ass..
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 10:56
KUA itu harusnya ganti nama jadi KUAI.
kementerian agama juga harusnya jadi kementerian agama iclam.

biar ngga muna dan palsu.emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 11:02
Nama kantor diganti aja jadi KUAM. Antum sadar ga dpt gaji dri pajak2 non muslim juga?

Lebih baik semua diurus capil aja. Negara plural tapi pengen gede pala sendiri.

Kawin cerai kok kayak curut banyak2an anak.
Diubah oleh longneversee
profile-picture
Mosta2011 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 11:08
Bubarin aja deh sekalianemoticon-Ngakak
profile-picture
Mosta2011 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 11:12
Kalo mau fair, emang sebaiknya pemerintah nggak perlu ngurusin pernikahan ampe bikin KUA dan kementrian Agama, ampe bikin UU perkimpoian, ampe ngelarang poligami.

Kalo kayak gini, kementrian Agama itu seolah olah cuman ngurusin Islam aja, emang nggak bagus, karena, mungkin bisa jadi “perhatian” dari agama lain. Maka ada baiknya, kementrian agama ini dibubarin aja.

Konsekwensi dari pembubaran kementrian agama ini, umat Islam akan ngurus kepentingan sendiri, mungkin bisa melalui MUI. Jadi urusan Haji, Zakat, Pencatatan Pernikahan, Penguburan, Sertifikasi Halal, dlsj, itu diserahkan aja ke MUI sebagai lembaga independence yang lepas dari pemerintah, sebagai wadah untuk melayani kebutuhan khusus di Islam.

Jadi, negara tak perlu lagi mengeluarkan aturan dan kebijakan yang berbau agama, atau melarang orang melakukan kegiatan yang dibolehkan agama, semisal poligami, dlsb.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ruuuruuu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 11:17
Selain itu, Undang-Undang No. 22 Tahun 1946 tentang Pencatatan Nikah memastikan jika aturan pernikahan bagi pemeluk agama di luar Islam yang sudah berjalan sejak zaman Hindia Belanda tidak berubah. Sebabnya sesuatu di luar Islam tidak harus dimasukkan ke dalam tugas KUA karena hukum agamanya tidak menghendaki demikian.
.
.
.
Yaudah udah berjalan dari dulu juga. .
To the point aja, sodara ane banyak yang katolik, budha, Kristen, tidak pernah mempermasalahkan hal ini sih. .
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 11:23
Leburkan saja ke dukcapil dan instansi pengadilan hukum.

Coba lihat Jepang. Urusan nikah itu di sana resminya cuma isi dokumen ke dukcapil nya. Selebihnya sumpah nikah resepsi dll itu urusan mempelai. Ga pakai ribet.
profile-picture
ridonculous memberi reputasi
1 0
1
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 11:26
Orang islam juga banyak yg gak ke sini
pilih kimpoi siri apa kimpoi kontrak


emoticon-Leh Uga
profile-picture
bangtjah memberi reputasi
1 0
1
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 11:28
Nastak babi emang gak jelas.

Kalau serfikasi halal diurusin oleh MUI mereka teriak2 kenapa gak di urus negara.

Tapi kalau masalah nikah di urus negara..mereka berteriak juga..

Ngapain negara yg urus.


Wkwkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Alasan KUA tidak Melayani Pencatatan Pernikahan Nonmuslim
22-09-2021 11:28
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Karena hanya 1 agama yg benar
agama yg tidak benar tentu tidak diurusi oleh kantor urusan agama yg benar

emoticon-Salaman

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia