Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
32
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6148bfe46e7df215e67a5b00/sejarah-singkat-tentang-rokok-maupun-merokok
Terlepas dari banyaknya efek negatif yang timbulkan oleh merokok dan merusak organ dalam maupun luar manusia. Sayangnya orang-orang pun serasa cuek dengan apapun yang ditimbulkan oleh rokok itu sendiri, tanpa memerdulikan kesehatan diri sendiri ataupun orang lain disekitarnya. Namun, kadang terlintas dipikiran siapa ya yang menemukan rokok pertama kali? Rokok sendiri pertama kali digunakan oleh
Lapor Hansip
21-09-2021 00:07

Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok


Terlepas dari banyaknya efek negatif yang timbulkan oleh merokok dan merusak organ dalam maupun luar manusia. Sayangnya orang-orang pun serasa cuek dengan apapun yang ditimbulkan oleh rokok itu sendiri, tanpa memerdulikan kesehatan diri sendiri ataupun orang lain disekitarnya. Namun, kadang terlintas dipikiran siapa ya yang menemukan rokok pertama kali?


Rokok sendiri pertama kali digunakan oleh orang-orang yang menduduki wilayah Amerika, yaitu suku Indian sebagai alat ritual untuk memuja dewa atau roh. Lalu, penjelajah asal Eropa yang bernama Christoper Colombus datang ke benua Amerika pada abad ke-16 dan menemukan suku Indian. Setelah itu, Christoper pun melihat kebiasan-kebiasan yang mereka lakukan, termasuk dengan ritual-ritual yang menggunakan rokok sebagai alat memuja dewa atau roh.


Sebagian para awak Christoper pun mencoba kebiasaan yang dilakukan oleh suku Indian, karena penasaran dengan asap yang keluar dari memadatkannya tumbuhan tembakau dan dimasukannya kedalam pipa, lalu dibakar. Selain itu, asap yang keluar pun mengeluarkan aroma wangi dari pembakaran tembakau tersebut. Bahkan masyarakat sekitar pun menyakini bahwa menghisap tembakau pada saat itu mampu menyembuhkan berbagai penyakit.


Christoper bersama para awaknya pun membawa dan memperkenalkan kebiasaan merokok serta tumbuhan tembakau ke benua Eropa. Hal itu lah yang membuat perkembangan tembakau sebagai bahan utama merokok naik pesat, hingga kebiasaan suku Indian tersebut disukai oleh para tentara dan pelaut. Lalu, tepatnya pada tahun 1830 kegiatan melinting tembakau menggunakan kertas dan istilah rokok pun ditemukan, akan tetapi mesin pembuatnya dipatenkan di tahun 1847 yang saat itu dibuat oleh Juan Nepomuceno asal Meksiko.


Setelah berselang 30 tahunan lebih, mesin rokok pun berhasil dikembangkan oleh pria asal Amerika Serikat yang bernama James Albert Bonsack. Mesin yang dikembangkan pun mampu membuat rokok 4 juta dalam sehari, yang sebelumnya hanya 4 ribu. Bahkan dalam perkembangannya pun rokok saat mampu mengembangkan aroma rasa ataupun varian rasanya dan berevolusi menjadi elektrik. Selain itu, di Indonesia sendiri 51,1 persen penduduknya merupakan perokok aktif dan yang tertinggi di ASEAN.

Refrensi


profile-picture
profile-picture
profile-picture
yeduoka dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk untuk memberikan balasan
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
21-09-2021 00:41
Rokok skrg kyknya yg bikin bahaya tarnya deh ya
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
21-09-2021 06:47
Aroma tembakau mmg wangi
0 0
0
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
21-09-2021 07:29
ga ngerokok puyeng kebanyakan ngerokok juga puyeng. emoticon-Ngakak

seneng ngebaca sejarah, palagi dapet pekiwan
profile-picture
badbironk memberi reputasi
1 0
1
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
21-09-2021 08:26
ngudud dulu gan
profile-picture
SP4DE memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
21-09-2021 09:01
Dikit amat gan. Rokok kretek gak dibahas nih, padahal ini ciri khas kebudayaan kita.
profile-picture
black.robo memberi reputasi
1 0
1
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
21-09-2021 09:10
hayu udud dulu.... siapin kopi + camilan....

selonjoran......
profile-picture
SP4DE memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
21-09-2021 09:24
Malahan target konsumen rokoknya awalnya buat wanita
di Nusantara ada kisah rokoknya roro mendut, wanita juga
0 0
0
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
21-09-2021 10:55
51.1 persen?
emoticon-Bingung
0 0
0
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
21-09-2021 13:19
Merokokadalah salah satu kebiasaan yang sulit ditinggalkan....meskippun sudah tahu efek negatif nya....
profile-picture
SP4DE memberi reputasi
1 0
1
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
21-09-2021 14:14
mau ngerokok, mau vaping, silakan. gausah cari pembenaran. toh ini pembahasan TS nya soal sejarah, bukan sisi medis. udah gak terbantahkan, masih mau didebat pake logika SD.
profile-picture
rifanisheree memberi reputasi
1 0
1
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
21-09-2021 15:06
Dari sisi psikologinya,
Jenis rokok anda bisa mnggambarkan ttg kepribadian anda.
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
21-09-2021 18:37
Ane perokok aktif yg lg coba beralih ke vape..
Rokok itu enak tp ane lebih demen dirokok'in
emoticon-Ngakak
profile-picture
SP4DE memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
21-09-2021 19:32
Rokok + kopi + gorengan + hujan = ?.......
Diubah oleh myasanmia
profile-picture
SP4DE memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
22-09-2021 13:33
Sadar atau tidak, kretek itu hasil budaya bangsa kita
0 0
0
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
22-09-2021 13:34
Rokok sambil boker is amazing..emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
vatefairefoutre dan SP4DE memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
22-09-2021 14:25
Sebatang dulu gan
0 0
0
Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
22-09-2021 15:49
Sejarah Singkat, bener bener singkat emoticon-Hammer (S)

Sejarah Singkat Tentang Rokok Maupun Merokok
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia