Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
18
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61481295b0d51d31056761d2/ketika-punya-anak-menjadi-suatu-kewajiban-di-mata-masyarakat
Halo, Agan & Sista. Gimana nih kabarnya di awal minggu dan biasanya jadi paling hectic ini? Semoga bahagia dan sehat selalu biar makin semangat mulai hari. Ngomongin soal semangat, gimana kerjaan kalian? Lancar atau lagi kesel-keselnya sama bos karena kalau ngasih deadline selalu mepet tapi project segudang? Duh, sabar-sabar.. Harus banyakkin ngelus dada nih. Tapi, harus tetep semangat dong demi
Lapor Hansip
20-09-2021 11:48

Ketika Punya Anak Menjadi Suatu Kewajiban di Mata Masyarakat

Past Hot Thread
Halo, Agan & Sista. Gimana nih kabarnya di awal minggu dan biasanya jadi paling hectic ini? Semoga bahagia dan sehat selalu biar makin semangat mulai hari. Ngomongin soal semangat, gimana kerjaan kalian? Lancar atau lagi kesel-keselnya sama bos karena kalau ngasih deadline selalu mepet tapi project segudang? Duh, sabar-sabar.. Harus banyakkin ngelus dada nih. Tapi, harus tetep semangat dong demi sesuap nasi dan keluarga di rumah. Keluarga jadi sosok paling penting di perjuangan tiap individu dalam menggapai cita-cita.

Ketika Punya Anak Menjadi Suatu Kewajiban di Mata Masyarakat

Photo By Alodokter.com


Bukan cuma karena utang budi, tapi setiap orang emang butuh kan namanya support system. Sebelum dateng dari pasangan pasti dari keluarga dulu, ya gak Gan? Tapi, tak dapat dipungkiri kalau pasangan punya peran penting dalam kehidupan kita. Selain tempat bertukar pikiran juga bakal jadi temen hidup selamanya. Sebelum jadi temen hidup pastinya harus ngucapin janji suci dulu dong biar resmi dan halal. Di masa pandemi kayak sekarang, nikah bukan cuma perihal ngatur masa depan, tapi juga 

Warga Indonesia emang demen banget kepoin hidup orang lain, Gan. Mau lo udah nikah atau belum, pasti ada aja banjir pertanyaan personal bahkan dari yang gak terlalu deket. Sebelum punya pasangan halal pasti banyak nanya, “Kapan nih nikah? Umur udah segini”. Eh, pas udah jadi suami istri, ada lagi nanya,

“Kapan punya momongan? Jangan ditunda-tunda, loh.”


Tak seberapa orang sadar kalau pertanyaan soal pasangan, keuangan, bahkan buah hati termasuk privasi dan personal. Kenapa sih gitu? Well, kayak lo pengen beli daleman aja, gak mungkin kan beberin ukuran? Kecuali sama orang terdekat? Nah, kasus kapan nikah dan kapan punya momongan sebenernya jadi hak masing-masing individunya, GanSis. Kalau udah jadi sepasang suami istri atau sebutan nax jaman sekarang ‘pasutri’, keputusan perihal rumah tangga ya jadi urusan keluarga, bukan urusan satu dunia.

Mungkin sekarang Agan ma Sista nyadar ada satu keunikan di masyarakat soal childfree. Salah satu influencer yang membeberkan kalau dirinya dan suami mengambil keputusan buat gak punya anak adalah Gita Savitri. Pastinya pro dan kontra datang dari para pengikut serta penggemarnya. Sayangnya, dari pantauan ane, lebih banyak komentar negatif daripada dukungan buat Mba Gita dan Sang Suami. Padahal keputusan semacam ini bukan urusan para netizen alias pasti udah ada alesannya sendiri. Dari ngehina sosok istri, sampai suami, semuanya kena. 

Ketika Punya Anak Menjadi Suatu Kewajiban di Mata Masyarakat

Photo By Hipwee.com


Stigma dan komentar negatif yang datang dari pengikutnya yang mayoritas orang Indo terhadap Mba Gita ini ngebuktiin kalau budaya di kita masih mewajibkan pasangan suami istri untuk punya momongan. Permasalahan anak sebenarnya udah diatur sama yang di atas dan juga didukung usaha manusianya sendiri. Mau dia mutusin langsung hamil, nunda, atau bahkan childfree kalau sang penciptanya udah nentuin gimana takdirnya, ya itu lah takdir manusianya. Tapi.. kita bisa punya keputusan sendiri mungkin yang langsung dengan usahanya dan childfree dengan usahanya. Jadi, gak ada yang salah dari keputusan apapun yang diambil tiap rumah tangga.

Sebagai sesama manusia, pasti kita ngerti lah kalau hak dan kewajiban serta tanggung jawab udah jadi kunci dalam ngejalanin hidup sehari-harinya. Terlepas dari agama dan kepercayaan, kehidupan rumah tangga seharusnya udah direncanain bahkan sebelum masang cincin kimpoi. Punya anak berapa, gimana finansial kedepannya, pembagian tugas rumah tangga, dan segala macem unsur lainnya. Perlu lo sadarin juga kalau udah jadi pasutri, bukan cuma soal berdua aja, melainkan sampai ke keluarga besar.

Ketika mutusin gak punya momongan, apakah orang tua dan mertua setuju? Dan pas punya anak apakah udah siap dan gak merepotkan orang lain? Dengan rencana dan komunikasi, pasti #SemuaAdaJalannya!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk untuk memberikan balasan
Ketika Punya Anak Menjadi Suatu Kewajiban di Mata Masyarakat
21-09-2021 08:15
Pertamax gan.
Doain ane sekarang lagi berusaha biar bini hamil emoticon-Mewek
Diubah oleh andrianalifi
profile-picture
mantelbulu memberi reputasi
1 0
1
Ketika Punya Anak Menjadi Suatu Kewajiban di Mata Masyarakat
21-09-2021 10:45
Ane ga setuju Gan dgn pertanyaan, "apakah ortu n mertua setuju?". Di dalam RT itu cuma ada Suami ama Istri yg berhak punya keputusan bersama. Ortu n mertua itu udah 'orang luar' jatuhnya. Mereka cuma bisa sumbang saran n nasihat tapi keputusan ttp ada di pasangan dlm RT.

Kalo ane bilang mending childfree drpd cuma ngelahirin penderitaan baru ke dunia krn ketidaksiapan/keterbatasan/ketidakmampuan orangtua yg ga sadar diri n cuma bisa bikin anak. Banyak loh disekitar kita, laki bini kerja kasar serabutan tapi anak 6, kgk bisa ngebahagiain anak di masa kecil tapi ujungnya meres anak pas udah gede sampe nyampur2in urusan RT anak demi pendaringannya ga ilang n tu anak ttp biayain idup ortunya. Sblm nikah pun boro2 tu anak bisa nabung buat bekel sendirinya nikah n punya anak, la wong udah diperes duluan biayain ortu n adek2nya yg segambreng.

Blm lagi akan kena ke mental anak kalo Ortunya suka jual cerita sedih n 'jual anak' ke sodara or kerabat demi dpt duit buat biayain keluarga. Psikologis bisa kena itu anaknya kalo tau. Hilang harga diri n rendah diri atau malah bisa jadi sama 'rusak'nya sama Ortunya yg kek gitu zzzz.
Diubah oleh TheJanise
profile-picture
AndrieVM9 memberi reputasi
1 0
1
Ketika Punya Anak Menjadi Suatu Kewajiban di Mata Masyarakat
21-09-2021 18:53
Nikah gamw punya anak = gamw repot ngurus anak..
0 0
0
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Ketika Punya Anak Menjadi Suatu Kewajiban di Mata Masyarakat
21-09-2021 21:07
Kalo semua manusia berfikiran childfree, manusia bisa punah
0 0
0
Ketika Punya Anak Menjadi Suatu Kewajiban di Mata Masyarakat
21-09-2021 21:53
Dalam bercinta yang wajib itu orgasme, punya anak mah gak wajib eimmmm emoticon-Ngacir
0 0
0
Ketika Punya Anak Menjadi Suatu Kewajiban di Mata Masyarakat
22-09-2021 07:43
Ditanya kok belum punya anak?


Jawab :titie***
0 0
0
Ketika Punya Anak Menjadi Suatu Kewajiban di Mata Masyarakat
23-09-2021 04:44
Nmny jg retard nation emoticon-Ngakak

Ekonomi suram aja gayany senga
Diubah oleh redemption878
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia