Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
113
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61449ae5c42c0d4bb53b65da/kenapa-afghanistan-sering-berkonflik-sejak-zaman-kuno
Afghanistan, apa yang terlintas dikepalamu? Wilayah yang kini kita kenal sebagai Afghanistan telah menghadapi konflik yang sangat panjang sejak 2.500 tahun yang lalu, jadi bukan hanya Amerika, Soviet atau Inggris saja yg berkonlik di Afghanistan, melainkan banyak sekali. Lalu pertanyaannya, kenapa Afghanistan sering sekali berkonflik dan jadi rebutan imperium kuno dan negara modern?
Lapor Hansip
17-09-2021 20:40

Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Afghanistan, apa yang terlintas dikepalamu?
Quote:Wilayah yang kini kita kenal sebagai Afghanistan telah menghadapi konflik yang sangat panjang sejak 2.500 tahun yang lalu, jadi bukan hanya Amerika, Soviet atau Inggris saja yg berkonlik di Afghanistan, melainkan banyak sekali. Lalu pertanyaannya, kenapa Afghanistan sering sekali berkonflik dan jadi rebutan imperium kuno dan negara modern? dan kenapa Afghanistan begitu sulit untuk ditaklukkan sehingga ada yang menyebutnya sebagai the graveyard of empire?
Quote:
Note




Untuk menjawabnya mari kita sedikit bernuansa dengan sejarah singkat konflik dan perlawanan Afghanistan.
Quote:Afghanistan adalah salah satu wilayah terawal dimana Kota kuno berdiri di muka Bumi. Namun berbeda dengan wilayah di peradaban lain dimasa itu seperti Mesopotamia kuno, Mesir kuno, Indus,  dan China, wilayah Afghanistan tidak terkonsentrasi dan tersebar bersuku-suku dalam jumlah kecil dan tak semegah peradaban tetangganya. Jadi, Afghanistan itu gak kaya-kaya amat.


Diinvasi Darius The Great


Quote:Hingga tibalah tahun 559 BCE dimana superpower dunia lahir, kerajaan terbesar yang pernah manusia saksikan saat itu, Persia.
Persia dibawah Darius The Great menginvasi Sebagian wilayah Afghanistan, orang Afghan tentu tak terima itu dan mereka pun memberontak. Namun Darius yang agung berhasil meredamnya

.
Ditaklukkan Yunani dan India

Quote:Dua abad menguasai Afghanistan, Persia ditaklukkan oleh Alexander The Great pada tahun 330 BCE. Seluruh wilayah kekuasaan Persia termasuk Afghanistan jatuh ke tangan Alexander. Namun, orang Afghan tak mau dikuasai asing, mereka memberontak dan berperang melawan pasukan Alexander. Dengan kondisi geografi yang bergunung-gunung dan teknik gerilya Afghanistan mampu meluluhlantakkan banyak tantara Alexander. Setelah pertempuran melelahkan, akhirnya Alexander berhasil menundukkan mereka walau walau tak sepenuhnya. Setelah kematian Alexander, Afghanistan tetap dikuasai orang Yunani namun dibawah dinasti baru, Seleucid. Tetapi pada saat itu, ada imperium lain yang juga memperbutkan Afghanistan, mereka adalah kerajaan Maurya dari India yang dipimpin oleh Chandra Gupta yang akhirnya juga berhasil menguasai sebagian wilayah Afghanistan dekat Hindu Kush. Pada era itu Afghanistan dipimpin asing Yunani dan India. Diapit oleh dua budaya, Helenisme dan Budhisme.


Tanah Bertuan Banyak

Quote:Setelah Maurya dan Seleucid hilang taringnya Afghanistan pun menjadi target banyak imperium raksasa. Terhitung, di era itu(200 BCE-100 CE), lima entitas besar berusaha menginvasi Afghanistan. Meraka adalah imperium Parthian, Indo-Greek kingdom, Indo-Parthian Kingdom, Indo-synctian, dan imperium Kushan. Bukan apa-apa, Afghanistan adalah persimpangan peradaban, mereka dilintasi jalur dagang peradaban besar China, India, Mesopotamia, Mesir Kuno, hingga Mediterania sehingga menjadi alasan kuat kenapa Afghanistan mesti diinvasi.


Ditaklukkan Kekhalifahan Rashidun 

Quote:Kemudian imperium besar Persia Kembali beridiri dibawah Sassanid dan mereka Kembali menguasaii Afghanistan. Singkat cerita imperium sassanid mulai tua dan lemah dan ditaklukkan kekhalifahan Rashidun pada 654 M yang setelah itu perlahan menaklukkan Afghanistan. Namun kehadiran Rashidun di Afghanistan bukan tanpa perlawanan, ingat Afghan paling benci diinvasi asing. Namun perlahan, semua berhasil diatasi dan berdirilah beberapa kerajaan Islam di Afghanistan.


Diinvasi Mongol


Quote:Tetapi, tiada kerajaan yang abadi, Afghanistan dan dunia Islam di invasi Mongol pada 1221. Mongol tanpa ampun meluluhlantakkan Afghanistan. Tetapi, Mongol tak bertahan lama di Afghanistan, mereka telah tua dan lemah hingga akhirnya hancur jua.
Setelah Mongol runtuh, Afghan Kembali menghadapi siklus konflik-damai-konflik damai dan dunia Islam Kembali berkuasa di Afghanistan melalui banyak kerajaan diantaranya Timurid yang merupakan keturunan Mongol, Savavid, Moghul, Pashtun Afghanistan dan lain-lain.


Diinvasi Imperium Inggris


Quote:Hingga ditanah nan jauh disana, lahir sebuah imperium terbesar yang pernah manusia saksikan,imperium Inggris. Inggris untuk kepentingan geopolitik “the great game” menginvasi Afghanistan 1839 namun harus angkat kaki pada 1919 dan Afghanistan merdeka ditahun itu juga.
Lalu, setelah merdeka apakah Afghan berada dalam kedamaian tanpa konflik? Tidak!


Diinvasi Soviet

Quote:Pada tahun 1979, dimotivasi oleh geopolitik dan ideologi, Soviet menginvasi Afghanistan. Namun berkat perlawanan Afghanistan dan masalah internal Soviet, mereka harus angkat kaki dari Afghanistan pada 1989. Setelah Soviet pergi, Afghanistan dipimpin oleh banyak sekali warlord dan berada dalam chaos, sangat chaos.


Diinvasi Amerika

Quote:Pada 2001, terjadilah peristiwa 911 dimana Al Qaeda menyerang WTC, walau Taliban secara teknis tidak terlibat dalam peristiwa naas tersebut, tetapi mereka dituding melindungi mastermind Osama Bin Laden. USA menginvasi Afghanistan untuk berburu Bin Laden dan pihak yg melindunginya. Afghanistan hancur, Taliban collapse. Namun seperti biasa,  semua tantara AS mengosongkan Afghanistan pada 2021  karena alasan internal dan juga perlawanan keras dari Afghanistan dan melengkapi negara, kerajaan, imperium dan dinasti yang berhasil maupun gagal menginvasi Afghanistan.
Quote:Note : untuk kronologi lengkap invasi Afghanistan dengan pendekatan kronologis yang lengkap bisa baca disini



Kembali ke pertanyaan, kenapa Afghanistan sering berkonflik? dan kenapa Afghanistan jadi rebutan banyak imperium dan negara? dan kenapa banyak yang gagal menginvasi Afghanistan?
Quote:Afghanistan sering berkonflik internal karena punya fanatisme kesukuan yang tinggi yang tersebar sepanjang tanah Afghanistan hingga sulit menyatukan Afghanistan dalam lingkup nasional. Dan suku yang tersebar serta wilayah yang bergunung-gunung menjadi alasan kenapa Afghanistan sulit ditaklukkan.


Selanjutnya kenapa Afghanistan sering diinvasi asing? 

Quote:Pertama pada zaman kuno, Afghanistan adalah crossroadatau penghubung peradaban raksasa Mediterania, Mesopotamia, Mesir Kuno, India dan China serta dilewati oleh jalur dagang sehingga Afghanistan adalah wilayah yang diperebutkan.
Kedua, dizaman modern, Afghanistan kerap dijadikan negara buffer untuk kepentingan geopolitik negara superpower. Imperium Inggris 1839 menginvasi Afghanistan untuk berkompetensi dengan imperium Russia dalam pentas The Great Game. Pada perang dingin yg dimulai sejak 1947-an Afghanistan dijadikan wilayah buffer AS dan Soviet karena memang sangat penting secara geopolitik.
Lalu apakah Afghanistan selalu gagal ditaklukkan? Tidak karena hampir semua imperium yang pernah menginvasi afghanistan itu sukses, walaupun kemudian hengkang.
Dan hengkangnya banyak imperium dari Afghanistan tak hanya disebabkan oleh faktor tunggal perlawanan keras Afghanistan, itu karena mereka ditaklukkan oleh imperium lain atau karena masalah internalnya sendiri seperti Macedonia yang kacau setalah kematian Alexander, Maurya, Inggris, Soviet, Amerika etc. Jadi, kurang tepat kita sebut Afghanistan sebagai the graveyard of the empire namun tidak sepenuhnya salah juga.
Jadi, itulah kenapa Afghanistan sering berkonflik. Mari simpulkan sendiri gan.

Demikian.

Thanks,

Saleum.
Sumber : tulisan pribadi
Referensi : kesini , kesini 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
koi7 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
17-09-2021 20:41
Kunjungi juga channel YouTube animasi eksplainer ane Kulbox, gan.


Atau kunjungi profil Kaskus ane untuk HT sejarah lainnya.

Terimonggenaseh
Diubah oleh bintanghu
0 0
0
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
17-09-2021 21:28
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
Tentu saja, karena tempat tersebut tak boleh diambil sembarang orang, karena akan lahir sesuatu yang besar disana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hola345 dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
18-09-2021 12:40
Negaranya Sangkuni ini.

Sejak jaman dulu dikenal sebagai negerinya para pemfitnah dan pengacau.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slugdinobot dan 9 lainnya memberi reputasi
8 2
6
Lihat 29 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 29 balasan
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
18-09-2021 14:27

Mereka seperti keledai liar

Sudah tertulis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slugdinobot dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
18-09-2021 17:49
Klo maen empire total war, paling males nguasain afgan, miskin. Tapi bener itu tadi, wat buffer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
19-09-2021 10:42
Salah satu sebabnya ada tanah yang khusus yang dulu cuma bisa ditemukan di afganistan yang namanya lapis lazuli, ini tanah digunakan untuk menghasilkan warna biru yang langka untuk pakaian dan aksesoris keluarga kerajaan dan bangsawan. Harganya setara dengan emas dengan berat yang setara.

Ini kalo ane gak salah inget ya. Tolong dibenerin kalo salah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
19-09-2021 13:40
Simpel aja,.mereka berkonflik karena dijajah, sebelum rusia masuk, mereka normal2 aja kok, liat aja foto 2nya
Diubah oleh bochan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jazzcoustic dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
20-09-2021 14:02
Di jadiin tempat uji coba

Tempat uji coba harus berkonflik

Jadi ya emoticon-Hammer2
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
20-09-2021 14:04
ngeri jadi tempat uji coba terusemoticon-Takut
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
20-09-2021 14:10
Untuk SDA apakah ada yg menarik gan seprti suriah yg banyak minyaknya
profile-picture
profile-picture
MirrorBoy dan pranoto12 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
20-09-2021 14:11
Bisa berkonflik krn org2nya bisa dihasut kerena terlalu over...ahsudahlah

Dibikin konflik krn geopolitik, lebih spesifiknya krn apa ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slugdinobot dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
20-09-2021 14:21
Negerinya pokemon
profile-picture
Kev7z memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
20-09-2021 14:23
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
20-09-2021 14:27
Kalau di anime naruto mirip Amegakure
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
20-09-2021 14:28
Kembali ke pertanyaan, kenapa Afghanistan sering berkonflik? dan kenapa Afghanistan jadi rebutan banyak imperium dan negara? dan kenapa banyak yang gagal menginvasi Afghanistan?
Ijin menambahkan TS..
Negara Afganistan mempunyai SDA yg belum tersentuh/pengelolaan secara nasional/internasional.
Jelas saja invasi abad modern bertujuan untuk SDA itu.
Jadi tak heran semua segala peperangan dan kemiskinan dengan menjual alasan agama/ras/teror utk agresi invasi.

https://www.google.com/amp/s/www.idxchannel.com/amp/economics/intip-deretan-harta-afghanistan-yang-bikin-taliban-kaya-raya-apa-saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
weidenfeller dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
20-09-2021 14:29
Wilayah yg sngt strategis sbg pnghubung asia selatan dgn asia barat daya serta asia tengah dan asia timur, gan.... Itu kawasan afghan, mmg mantap bngt...... Tp, kehidupan warganya pd abad 20-21 ini mlh gak mau bersatu padu, suka nya mlh saling mmbunuh satu sama lain nya.......
Diubah oleh yoseful
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
20-09-2021 14:30
Afghanistan, negara yng penuh dgn kisah invasi negara2 lainemoticon-pencet
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
20-09-2021 14:33
Ya.... Sudah masuk k akal dan nuraninya kan.... Kenapa agama Allah banyak turun di timteng.... Padahal saya yakin konflik di mainland china jepang n korea... Juga nggak kalah banyak.... Mungkin DNA nya mmg revolt rebel and ruin emoticon-Ngakak

#candagan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
20-09-2021 14:41
kasian, sejak dulu...
0 0
0
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
20-09-2021 14:44
Silkroad
profile-picture
ucokbaba32 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia