News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61448559714ecc54d5269aef/negara-yang-dikehendaki-dalam-perspektif-ilmu-negara
Secara umum negara adalah suatu orang, keluarga, atau organisasi yang sepakat untuk hidup Bersama dengan mendiami suatu wilayah dimana terdapat suatu kekuasaan  yang berdaulat yang di percayai untuk memimpin dimana kekuasaan yang berdaulat itu bertujuan untuk terciptanya kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakatnya.    Menurut Miriam Budiardjo  “Negara adalah suatu daerah teritorial yang raky
Lapor Hansip
17-09-2021 19:08

Negara yang Dikehendaki dalam Perspektif Ilmu Negara

Secara umum negara adalah suatu orang, keluarga, atau organisasi yang sepakat untuk hidup Bersama dengan mendiami suatu wilayah dimana terdapat suatu kekuasaan  yang berdaulat yang di percayai untuk memimpin dimana kekuasaan yang berdaulat itu bertujuan untuk terciptanya kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakatnya. 
 
Menurut Miriam Budiardjo  “Negara adalah suatu daerah teritorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat dan yang berhasil menuntut dari warga negaranya ketaatan pada peraturan perundang-undangannya melalui oenguasaan (kontrol) monopolistis terhadap kekuasaan yang sah”

Oleh karena itu negara harus memiliki unsur-unsur yang harus dipenuhi untuk bisa dikatakan ia adalah suatu negara. Menurut konvensi Montevideo unsur-unsur suatu negara ialah:
1.      Rakyat atau penduduk
2.     Wilayah yang dikuasai
3.     Pemerintah yang berdaulat
4.     Pengakuan negara lain/ kemampuan menjalin hubungan dengan negara lain
Ilmu negara merupakan padanan istilah dari bahasa Belanda Staatsler dan juga dari istilah Staatslehre dari bahasa Jerman, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Theory of State , The General Theory of State atau Political Theory of State. dalam bahasa Perancis juga dikenal dengan istilah Theory D’etat.

Ilmu negara merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang meyelidiki asas-asas  pokok dan juga pengertian pokok tentang Negara dan hukum tata negara. Ilmu negara memilik objek kajian nya sendiri. Menurut Soehino objek kajian Ilmu negara adalah negara secara abstrak (umum), dalam hal ini yang dimaksud abstrak atau umum misalnya:
1.      Asal mula negara
2.     Hakekat negara (kenapa negara dibentuk)
3.     Bentuk negara dan sistem pemerintahannya

Oleh karena itu jika negara tidak ada maka Ilmu Negara tidak ada, karena objek Ilmu negara adalah negara.

Suatu negara yang menyesuaikan dirinya dengan perkembangan yang ada, tetapi tidak boleh meninggalkan ciri khas negara itu sendiri yang membedakannya dengan negara lain.
Oleh karena itu perkembangan yang terjadi dalam objek Ilmu negara yaitu negara itu sendiri seperti perkembangan sistem pemerintahan, perkembangan ideologi negara atau perkembangan lain-lain maka pasti akan mempengaruhi perkembangan dari ilmu negara yang ada.

Lalu negara seperti apa yang dikehendaki ?.

Suatu negara harus memiliki suatu ciri khusus yang membedakan-nya dengan negara lain misalanya dalam ideologi negara yang di pilih. Indonesia memilih Pancasila sebagai ideologi negara, karena nilai nilai yang terkandung dlam Pancasila diambil dari kebiasaan masyarakat Indonesia sendiri sehingga hal itu dapat membedakannya dengan negara lain.

Kemudian, suatu negara harus mampu mewujudkan kebahagian dan kesejahteraan masyarakatnya. Karena sejatinya negara dibentuk karena keinginan sekolompok orang, keluarga atau organisasi yang sepakat hidup dan tinggal bersama untuk mendapatkan kebahagiaan dan kesejahteraan bersama. Hal ini juga bisa dilakukan contohnya dengan meningkatan sumber daya manusianya dengan meningkatkan kualitas pendiikan serta memanfaatkan sumber daya alam yang ada dalam negara secara optimal agar dapat mensejahterakan masyarakat.

Suatu negara yang memiliki tujuan yang jelas serta pemerintah yang berusaha keras untuk mencapai tujuan tersebut. Sebagai pemimpin suatu negara maka pemerintah harus memiliki pemikiran yang cerdas agar tujuan negara dapat tercapai dan negara dapat berjalan dengan baik

Suatu Negara yang bisa memberikan jaminan terhadap keamanan, keadilan bagi masyarakat. Negara harus memperhatikan rakyat di berbagai golongan dari rakyat yang kaya sampai yang miskin dengan adil, tidak hanya berfokus dengan yang kaya dibuat semakin kaya, dan yang miskin di abaikan.

Itulah beberapa kriteria negara yang dikehendaki dalam perspektif ilmu negara.
 
 
 


0
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia