News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6143c9c14ce9722edb45303e/negara-yang-dikehendaki-dalam-perspektif-ilmu-negara
Sebelum kita membahas mengenai Negara yang dikehendaki dalam perspektif ilmu Negara,pasti kalian bertanya – tanya apa sih perspektif itu…??? Apa sih yang di maksud ilmu Negara…??? Terus Negara yang dikehendaki itu seperti apa sih dalam perspektif ilmu negara…??? Oke kita akan bahas satu persatu tentang semua ituu Pengertian perspektif adalah suatu cara pandang terhadap suatu masalah yang t
Lapor Hansip
17-09-2021 05:48

Negara yang dikehendaki dalam perspektif Ilmu Negara.

Sebelum kita membahas mengenai Negara yang dikehendaki dalam perspektif ilmu Negara,pasti kalian bertanya – tanya apa sih perspektif itu…???
Apa sih yang di maksud ilmu Negara…???
Terus Negara yang dikehendaki itu seperti apa sih dalam perspektif ilmu negara…???
Oke kita akan bahas satu persatu tentang semua ituu


Pengertian perspektif adalah suatu cara pandang terhadap suatu masalah yang terjadi, atau sudut pandang tertentu yang digunakan dalam melihat suatu fenomena.

Pengertian perspektif atau sudut pandang sebenarnya dapat diartikan sebagai cara seseorang dalam menilai sesuatu yang bisa dipaparkan baik secara lisan maupun tulisan.

Sebelum kita membahas tentang ilmu negara,kalian tau tidak sih istilah/terminologi dari ilmu negara sendiri itu apa???
Terminologi ilmu Negara berasal dari bahasa Belanda yaitu “Statsleer”, Staat diterjemahkan sebagai negara, dan “leer” berarti ilmu. Istilah serupa dalam bahasa Jerman yaitu “Statslehre”. Dalam bahasa Inggris terdapat istilah “Theory of state/ General theory of state”, “political Science” atau “Politics”. Sedangkan dalam bahasa Perancis dikenal istilah “Theori d’etat”, atau di Amerika dikenal istilah “Political Science”.

Ilmu negara merupakan ilmu yang tergolong ke dalam kelompok ilmu-ilmu sosial yang mempelajari asal-usul, tujuan, formasi, dan lenyapnya negara secara umum, abstrak, dan universal. Penjelasan lebih lanjut dapat dikemukakan sebagai berikut:


~ Ilmu Negara “mempelajari negara secara umum”, maksudnya pembahasan menggunakan dalil-dalil umum, yaitu pengertian umum mengenai negara. Bila dikenakan terhadap negara-negara yang ada di dunia ini, maka umumnya dalil tadi disepakati sebagai kenyataan yang berlaku.

~ Ilmu Negara “mempelajari negara secara abstrak”, maksudnya dalam uraiannya mengemukakan negara sebagai suatu nilai. Dalam hal ini, yang diamati bukanlah suatu negara saja, akan tetapi negara pada umumnya. Dengan demikian, Ilmu Negara dibedakan dengan Ilmu Tata Negara atau Administrasi Negara dan Ilmu Pemerintahan. Ketiga ilmu ini mempelajari suatu negara dalam keadaan yang nyata, misalnya tata negara Indonesia, administrasi negara Indonesia, dan pemerintahan Indonesia.

~ Ilmu Negara “mempelajari negara secara universal”, maksudnya nilai-nilai yang terdapat dan berlaku di mana. Dari uraian di atas, dapat dikemukakan bahwa ilmu negara merupakan ilmu pengetahuan. Maksud dari ilmu pengetahuan di sini adalah hasil pemikiran manusia yang objektif dan disusun secara sistematis. Suatu ilmu pengetahuan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:


1) Bersifat objektif, maksudnya ilmu pengetahuan juga harus dapat mengejar kebenaran yang dapat diterima secara umum; 
2) Bersifat sistematis, maksudnya pengertian-pengertian yang diperolehnya tidak boleh bercerai-berai melainkan merupakan satu kesatuan yang erat dan utuh.


Negara yang di kehendaki dalam perspektif ilmu negara adalah negara yang mampu Secara umum memiliki tujuan menciptakan kebahagiaan bagi rakyatnya, tujuan kebahagiaan tersebut pada garis besarnya dapat disederhanakan dalam dua hal pokok yaitu; kesejahteraan dan kemakmuran (welfare and prosperity), namun dalam pelaksanaannya di lapangan sangat beragam sehingga menimbulkan beberapa macam teori. Ada beberapa teori mengenai tujuan negara antara lain:

a. Teori Individualisme Teori ini berpendapat bahwa negara tidak boleh turut campur tangan dalam urusan pribadi, ekonomi dan agama bagi warga negaranya. Dalam hal ini negara sebagai penjaga keamanan dan ketertiban individu serta menjamin kebebasan seluas-luasnya dalam memperjuangkan kehidupannya.

b. Teori Sosialisme Tantangan dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat demi tercapainya tujuan negara yakni memberikan kebahagiaan yang sebesar-besarnya dan merata bagi setiap anggota masyarakat. 

c. Teori Negara Kesejahteraan Negara bertujuan mewujudkan kesejahteraan umum, negara adalah alat yang dibentuk oleh rakyatnya untuk mencapai tujuan bersama yakni kemakmuran dan keadilan sosial.

Dari semua pemaparan di atas dapat kita lihat betapa pentingya kita mengetaui tentang ilmu negara serta dasar - dasar atau pedoman untuk menjadi negara "ideal" menurut ilmu negara.Namun tak bisa dipungkiri kata ideal sendiri relatif,apa yang ideal bagi anda belum tentu ideal bagi orang lain. Jadi ideal atau tidak nya sebuah negara itu tergantung pada situasi dan kondisi negara itu sendiri.

semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat dan apa bila ada salah tulisan atau penjelasan yang saya sampaikan kurang berkenan bagi anda,saya mohon maaf.

0
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia