News
Batal
KATEGORI
link has been copied
227
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61435f7f9ce3161b405ecf9c/bpjs-kesehatan-166-juta-orang-ri-sulit-bayar-iuran
BPJS Kesehatan mencatat, pandemi Covid-19 telah membuat peserta, baik itu peserta pekerja penerima upah (PPU) dan peserta bukan penerima upah (PBPU) kesulitan membayar iuran. Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menjelaskan berdasarkan catatannya, peserta JKN non aktif sampai dengan Juli 2021 naik. Peserta JKN dikategorikan menjadi peserta nonaktif yakni
Lapor Hansip
16-09-2021 22:15

BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran

Past Hot Thread
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran

Jakarta, CNBC Indonesia - BPJS Kesehatan mencatat, pandemi Covid-19 telah membuat peserta, baik itu peserta pekerja penerima upah (PPU) dan peserta bukan penerima upah (PBPU) kesulitan membayar iuran.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menjelaskan berdasarkan catatannya, peserta JKN non aktif sampai dengan Juli 2021 naik.



Peserta JKN dikategorikan menjadi peserta nonaktif yakni tidak membayar iuran, keluar dari pekerjaan (PPU) dan belum mendaftar lagi ke mandiri (PBPU), tidak lagi dijamin sebagai Peserta Bantuan Iuran (PBI), dan peserta telah meninggal dunia.

Kendati demikian, dari catatannya, kata Ali kebanyakan berasal dari peserta yang menunggak membayar iuran.

"Pada peserta mandiri (PBPU) terjadi peningkatan peserta non aktif dari 44,3% menjadi 53,7% atau setara dengan 16,6 juta jiwa. Karena mungkin kesulitan (membayar) karena Covid, sehingga meningkat peserta non aktifnya," tuturnya dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Kamis (16/9/2021).

[table][tr][td]Adapun jumlah peserta non aktif dari segmen PBPBU atau peserta mandiri ini naik dari posisi Desember 2019 yang sebanyak 13,3 juta peserta, naik menjadi 16,6 juta peserta non aktif pada Juli 2021.

"Karena yang menunggak banyak, ada yang mampu tapi lupa, ada yang gak mampu kemudian nunggak," ujarnya lagi.

Sementara itu, peserta aktif PBPU mandiri juga tercatat turun, dari per Desember 2019 sebanyak 16,7 juta peserta menjadi hanya 14,3 juta peserta aktif pada Juli 2021.

Bertambahnya peserta non aktif tersebut faktor karena pemutusan hubungan kerja (PHK). Ali menyebutkan, sampai Juli 2021 peserta pekerja penerima upah yang masih aktif lebih dari 30 juta peserta. Namun untuk peserta non aktif pekerja penerima upah mencapai 7 juta peserta.

Pandemi juga berdampak terhadap program JKN untuk segmen peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU) yang didaftarkan pemerintah daerah (pemda).

Kendati peningkatan peserta non aktif karena pandemi, Ali mengatakan, pihaknya tetap meningkatkan pelayanan selama pandemi Covid-19.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...it-bayar-iuran[/td]
[/tr]
[/table]
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 20 lainnya memberi reputasi
19
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
16-09-2021 22:22
Kalo ane liat
Peraturan seakan memandang semua peserta mandiri itu pengusaha yang penghasilan bersihnya lebih dari karyawan biasa
Ini yang salah kaprah menurut ane
Bahkan ada diantara peserta mandiri itu berpenghasilan jauh di bawah UMR dan bahkan tidak bekerja
Diubah oleh xrm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 20 lainnya memberi reputasi
21 0
21
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
16-09-2021 23:24
Hapus sajalah..... indonesia ga butuh bpjs...


Program dableg yg selalu tekor...

Buntutnya masyarakat menengah ke atas lagi yg diperas duitnya dengan cara naikkin premi


Ngentiaw lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
threadworm dan 11 lainnya memberi reputasi
7 5
2
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 20 balasan
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 00:52
Gw salah satunya.
Tiap bulan di teror terus.
Udah tarif nya naik, pas pandemi pula, masih ditagih terus. Berasa kaya pinjol aja.

Kalo gw tajir engga mungkin nunggak, dah itu aja kuncinya.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
didududi dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 40 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 40 balasan
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 06:13
solusi : naikin tarif lagi
Diubah oleh syark04
profile-picture
profile-picture
mubafirs dan poultry memberi reputasi
2 0
2
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 06:49
Padahal kalo berobat juga keluar duit juga, mau periksa anak ke faskes 1 ga ada dokter spesialis anak, kalo ga sakit yg mengharuskan operasi maka ga dirujuk, akhirnya harus ke RS bayar juga, padahal tiap bulan bayar
Diubah oleh gmc.yukon
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan indoheadlines memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 06:57
bpjs itu traktiran mevvah dari negara miskin macam Indonesiaemoticon-Big Grin


sampai dunia kiamat yg nama nya bpjs pasti tekor, kalo di hapus ntar presidennya takut tumbang beserta partainya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 07:11
coba cek yang kesulitan bayar iuran itu kesulitan beli rokok dan bikin anak nggak?emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 12:59
Ane di auto debet dari rekening kedua ane, berasa banget itu duit ilang emoticon-Big Grin.

Bukti pembayaran ga jelas. Bayar tunggakan juga ga dapet bukti pembayaran dari sana.

Kirimin e-mail kek paling enggak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 13:33
Yang tidak termaafkan itu orang yang nunggak bayar BPJS tapi masih bisa beli rokok emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
threadworm dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 18:08
Ane mah rela2 aja tiap bulan dipotong gaji buat bayar iuran BPJS
Tapi kalo bisa jangan sampe ane dan keluarga make iku BPJS
Sehat walafiat paling enak udahh emoticon-Recommended Seller
Susah amat diajakin gotong royong emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 18:13
Beli rokok mampu ..
Tp gak mampu bayar iuran
0 0
0
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 18:19
Kalo namanya banyak gak mampu atau nunggak bayar. Harusnya diberi subsidi gratis 1 tahun cukkk gara2 pandemi emoticon-Blue Guy Bata (L)

Masak pandemi suruh bayar melulu, tapi kalo periksa penyakit dibilang covid covid covid. Bangcat emoticon-Lempar Bata
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 18:29
Duh, bakal naek kah
0 0
0
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 18:38
ane bayar terus tp gak pernah sekalipun dipake emoticon-Mad

untung ane sehat terus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
g4zza dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 18:39
BPJS harusnya dibiayai negara..
profile-picture
profile-picture
morone dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 18:41
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Somad.Monyong dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 18:46
Wahahahaha ternyata banyak juga kaskuser bermental miskin. Ane dokter jadi ane tau gimana keadaan bpjs dilapangan. Banyak orang nunggak tiba sakit langsung dilunasin udah sembuh nunggak lagi. Banyak yg oprasi, kemo, bahkan cuci darah ditanggung full dengan iuran yg paling sebulan sekeluarga max 300rb, lu kira itu pantes?
Iya emang sistem bpjs rada rampok tapi pahamilah beneran banyak orang yg tertolong walau mungkin pelayanannya gak sebagus asuransi swasta. Kenapa sih lu pada gak bisa iklas uang 300rb sebulan yg kadang2 lu pake juga manfaatnya? Lu beneran kelaparan? Yakin bukan karna cicilan mobil ato rumah? Ato jangan2 dirumah lu yg ngontrak itu terinstal indihome? Tunjukkan link berita tentang orang mati kelaparan gara2 gak punya duit buat makan. Kalo bunuh diri gara2 rugi kripto sih banyak.
Menurut ane gak pantas lu pada ngeluh iuran bpjs sedangkan lu masih bisa nyicil motor dan rumah. Yuk mari ane jelasin harga alat dan obat2an kemo, gak usah bahas fee dokter dulu. Ya mungkin lu gak bisa nabung buat ke bali sama istri tapi ketahuilah uangmu itu menolong anak kecil yg kena kanker dan bapak2 yg ginjalnya udah gak fungsi.
Iya gue dokter sombong lu mau ngomong apa? Kalo lu mau kenyamanan dan kepuasan pelayanan pake asuransi mahal jangan pake bpjs dari pemerintah. Lu kira iuran 300 rb sebulan bisa dapat senyum suster dan ramah tamah dokter? Dokter juga banyak pasien bukan khusus ngurusin lu sendiri aja. Kalo lu cuma batuk pilek demam kenapa sih musti banget ngantri pake bpjs? Keluarin duit 200rb napa berobat mandiri demi kenyamanan dan biarkan mereka yg beneran miskin antri2an. Ntar suatu saat lu sakit parah baru dah gunakan tu bpjs.
Ya bpjs pelaksanaan di lapangan berantakan dan sering dipermainkan oknum tapi ya sudahlah iklasin aja, toh lebih banyak yg terbantu. Biasakan memandang lebih luas jangan kebanyakan ngeluh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
online.addict dan 27 lainnya memberi reputasi
27 1
26
Lihat 44 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 44 balasan
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 18:48
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akun.baru dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 19:01
yg ane gak suka dari bpjs ini adalah kita gak bisa berhenti jadi anggota bpjs 😄
profile-picture
dalamuka memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
BPJS Kesehatan: 16,6 Juta Orang RI Sulit Bayar Iuran
17-09-2021 19:02
Tai iuran baru aja naik ajg
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia