News
Batal
KATEGORI
link has been copied
63
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614307b58e5e1f0f5b6ac546/jakarta-bebas-rokok-dari-stiker-hingga-iklan-tak-boleh-dipajang
Bisnis, JAKARTA — Dalam rangka meningkatkan perlindungan masyarakat terhadap bahaya merokok dan penurunan risiko penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta, Gubernur Anies Baswedan melarang pedagang memajang kemasan rokok di tempat jualan. Hal ini tertuang dalam Seruan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 8/2021 tentang Pembinaan Kawasan Dilarang Merokok yang dikeluarkan sejak 9 Juni 2021. &qu
Lapor Hansip
16-09-2021 16:00

Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang

Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang

Bisnis, JAKARTA — Dalam rangka meningkatkan perlindungan masyarakat terhadap bahaya merokok dan penurunan risiko penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta, Gubernur Anies Baswedan melarang pedagang memajang kemasan rokok di tempat jualan. Hal ini tertuang dalam Seruan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 8/2021 tentang Pembinaan Kawasan Dilarang Merokok yang dikeluarkan sejak 9 Juni 2021.

"Tidak memasang reklame rokok atau zat adiktif baik di dalam ruangan [indoor] maupun di luar ruangan [outdoor], termasuk memajang kemasan/bungkus rokok atau zat adiktif di tempat penjualan," demikian bunyi poin ketiga Seruan Gubernur DKI Jakarta No. 8/2021, dikutip Rabu (15/9/2021).

Menurut Anies, upaya melindungi masyarakat dari bahaya rokok akan berhasil apabila seluruh komponen masyarakat khususnya seluruh pengelola gedung di Provinsi DKI Jakarta turut berpartisipasi secara aktif dalam melakukan pengawasan dan penegakan hukum pada kawasan dilarang merokok.

Adapun, secara lengkap Seruan Gubernur DKI Jakarta No. 8/2021 adalah kepada seluruh pengelola gedung untuk melakukan pembinaan pada kawasan dilarang merokok pada seluruh area gedung di Provinsi DKI Jakarta, dengan melakukan hal sebagai berikut: 

Pertama, memasang tanda larangan merokok pada setiap pintu masuk dan lokasi yang mudah diketahui oleh setiap orang di area gedung serta memastikan tidak ada yang merokok di kawasan dilarang merokok.

Kedua, tidak menyediakan asbak dan tempat pembuangan puntung rokok lainnya pada kawasan dilarang merokok.

Ketiga, tidak memasang reklame rokok atau zat adiktif baik di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor), termasuk memajang kemasan/bungkus rokok atau zat adiktif di tempat penjualan.

Baca : PPKM Level 3 di DKI Jakarta, Ini Sejumlah Ketentuannya

Dikutip dari Antara, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan bahwa penertiban iklan rokok baik berupa poster, potret, stiker dan pajangan di toko swalayan untuk Jakarta bebas asap rokok.

"[Penertiban] itu, dalam rangka program untuk Jakarta bebas rokok," ujarnya.
Meski demikian, Riza menyebut hal tersebut bukan berarti tidak boleh merokok, tetapi diatur untuk bisa dilakukan hanya pada tempat-tempat yang diperbolehkan untuk merokok.

"Untuk Jakarta bebas rokok bukan berarti dilarang merokok tapi ada tempat tempat yang diatur bisa merokok," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Barat menutup stiker, poster, hingga iklan produk rokok di seluruh toko kecil, toko swalayan kecil (minimarket) dan swalayan besar (supermarket). Kepala Seksi Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Operasional Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat Ivand Sigiro menjelaskan, penertiban tersebut sesuai dengan Sergub DKI Jakarta.

"Kami hari ini Satpol PP Jakarta Barat melaksanakan kegiatan penertiban tempat-tempat usaha yang memajang atau memasang reklame-reklame rokok, baik itu di media dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2021 kawasan-kawasan dilarang memasang, menampilkan reklame rokok maupun memajang bungkus-bungkus rokok," tutur Ivand.

Dia menjelaskan bahwa dalam penertiban tersebut, pihaknya diperintahkan menghilangkan atau menutup stiker dan poster rokok di sejumlah tempat seperti di swalayan besar, kecil, dan toko-toko kecil. "Jadi, baik itu stiker-stikernya, pajangan rokok maupun spanduk atau umbul-umbulnya," tuturnya.






Diubah oleh deganijo001
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 16:08
Tahan sebulan, klo ngga sampe akhir taun........setelah itu ilang macam kentut emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 16:12
Rokok itu barang legal dan nyumbang pajak lumayan gede, tapi diperlakukan seperti barang ilegal, kasian emoticon-Frown


















































emoticon-Ngacir Tubrukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 16:17
kalo kas dah abis diijinin lagi jual rokok
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 16:20
kaga ngaruh..selama harga rokok masih terjangkau oleh masyarakat......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 16:22
Selama masih dijual bebas dan masih ada pabriknya ga bakal bisa tuh bebas rokok.
Sriker sama iklan dilarang ga bakal ngaruh.
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 16:24
Dari pada kayak gitu mending rokok dibikin mahal, cukai gedein buat biaya berobat konsumen.

profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 16:32
Hilang sudah kesempatan pak anies untuk dapat sponsor dari produsen rokok (baca : duit gede) d ajang Formula E.. Itu juga kalo ada ajangnya.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 16:36
Semoga bisa kuat bertahan ya emoticon-Embarrassment
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 16:39
rokok penyumbang besar pajak..

tapi..

pengeruk besar claim BPJS..

emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 16:43
B4b1 tamba ane2 aturan di Indonesia.
Ini salah satu yg bikin harga rokok naik terus. Knpa gk sekalian perangi roko?
0 0
0
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 16:46
Ora ngudut asem mulut
0 0
0
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 16:47
gak efektif mending dipajakin lagi sampe 100k /bungkus
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 16:49
Yang rugi ya pemda sendiri. Ga ada pemasukan iklan rokok
Yang seneng ya media, karena dapet lemparan iklan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 17:04
kayaknya rokok bukan pendapatan besar buat pemprov DKI
0 0
0
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 17:08
Perokok merugikan peserta BPJS lain yang bukan perokok

Negara macam apa ini yang membolehkan perokok ikut asuransi model gotong royong ?

Kontradiksi jadinya
0 0
0
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 17:12
Urus bau ikan mulai dari kepala gk mau.
Ni malah usahanya org yg selalu di tekan. yg tdk merugikan di tekan, yg merugikan di biarkan.
Luar biasaemoticon-Traveller
0 0
0
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 17:28
Ini trik aja cari dana..secara pemkot butuh dana gede buat nutup potensi rugi formula E..harapanya bos rokok pada nego nego..
profile-picture
getthebug memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 17:36
Bebas rokok emoticon-Wakaka

Gw yakin para perokok gak peduli beginian emoticon-Wakaka
0 0
0
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 17:53
rokok memiskinkan dan menurunkan kualitas sdm-sdm usia produktif.

kasihan sama anak-anak yang kekurangan gizi karena bapaknya memilih menghabiskan uangnya untuk membeli rokok.

masalahnya di film-film, rokok masih diglorifikasi, perokok masih digambarkan sebagai tokoh yang cool dan badass.
Diubah oleh kampret.strez
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jakarta Bebas Rokok, Dari Stiker Hingga Iklan Tak Boleh Dipajang
16-09-2021 18:05
anti rokok tu cuma ngincer dana blumberg
gk ada hubungannya dgn kesehatan
kalo beneran untuk kesehatan pasti dilarang jualan ato pabrik rokok ditutup
profile-picture
volcom77 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia