Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
162
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6142f674435d414edf1a92e9/monopoli-bisnis-dan-segala-keburukannya
Huh… sudah seminggu ini air keran di rumah saya tidak jalan. Bukan hanya di rumah saya tapi di rumah sebelah dan rumah sebelahnya lagi juga tidak jalan. Tentunya air yang macet atau pemadaman listrik bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia karna setiap bulannya masalah yang sama bisa ditemui dari rumah ke rumah.
Lapor Hansip
16-09-2021 14:47

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Huh… sudah seminggu ini air keran di rumah saya tidak jalan. Bukan hanya di rumah saya tapi di rumah sebelah dan rumah sebelahnya lagi juga tidak jalan. Tentunya air yang macet atau pemadaman listrik bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia karna setiap bulannya masalah yang sama bisa ditemui dari rumah ke rumah.

Di Indonesia sendiri air bersih amatlah diperlukan oleh setiap orang dan karnanya negara mengambil (memonopoli) sumber daya ini dengan PDAM, Perusahaan Daerah Air Minum. Tujuan utama dari monopoli usaha ini adalah untuk menjaga harga air tetap terjangkau karna menyangkut hajat hidup banyak orang. Meski demikian monopoli usaha seperti ini memiliki kerugiannya tersendiri, salah satu contohnya adalah kurangnya inovasi karna tidak adanya pesaing.

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Mari ambil perusahaan sabun mandi sebagai contoh. Ada berbagai macam merek sabun di negara ini dan setiap merek haruslah bersaing untuk menarik perhatian pelanggan dan persaingan itu harus dilakukan dengan cara apapun. jika perusahaan lawan mengklaim bisa membunuh 99% kuman maka perusahaan lain akan mengklaim bisa membunuh 99,99% kuman. Jika perusahaan lawan mengklaim bisa menghasilkan busa sampai memenuhi bak mandi maka perusahaan lain harus mengklaim bisa menghasilkan busa yang cukup tebal untuk mengangkat manusia.

Singkatnya, persaingan itu ada untuk membuat sebuah produk terus berkembang namun dalam perusahaan monopoli tidak ada yang namanya pesaing sehingga meski pelayanannya buruk konsumen tetap tidak punya pilihan lain selain terus menggunakannya. Memang pemerintah memiliki layanan untuk komplain namun seberapa sering komplain kita dilirik? Toh meski air keran yang mengalir di rumah adalah air lumpur suara kita tidak akan didengarkan, kecuali sudah viral.

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Hajat hidup banyak orang bergantung pada aspek aspek yang dimonopoli oleh pemerintah namun anehnya pemerintah seolah tak ingin memberikan yang terbaik bagi rakyatnya. Sungguh, saya sangat penasaran apa yang akan terjadi jika PLN atau PDAM punya saingan. Kerugian di pihak pemerintah memang sudah jelas namun mungkin masyarakat bisa lebih puas.

Sekian dari saya dan mandilah sebelum air di rumah kalian ikut macet seperti di rumah saya.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nekoyashikki dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 14:48
Ditambah nggak ada sumber air lain di dekat rumah. Haduhh... Gimana caranya mandi nih? Apa harus pake sumur bor?
Diubah oleh ih.sul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 16:24
Ane ga tau, mungkin ada regulasi khusus bahwa rakyat ga boleh buat perusahaan pesaing BUMN.. entahlah emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ih.sul memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 16:27
uda monopoli, laporan keuangannya menunjukkan rugi terus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 17:28
yang menguasai hajat hidup orang banyak gak bisa diserahkan ke swasta. karena pembagian kepemilikan saham membuat pemerintah gak punya kendali terutama ketika dia berubah menjadi backbone negara karena terlalu besar. misalkan ada perusahaan listrik baru yg lebih efisien dari PLN, lalu PLN tamat. ketika si swasta ini melakukan pelanggaran, pemerintah gak punya power lagi. ini yg terjadi ketika kendali swasta lebih besar daripada negara. mungkin cuma amerika yg pemerintahannya bisa menghadapi raksasa-raksasa swasta. bahkan china harus begitu keras menghadapi pemilik salah satu perusahan raksasa "yg itu"mengingat ancaman terhadap negara itu sendiri di kemudian hari jika ada swasta yang mencoba membawahi pemerintah. di sini, mungkin masyarakat bingung kenapa pemerintah kayak gamang kalau berhadapan dengan perusahaan maskapai swasta yg selalu melanggar. ya karena itu tadi, menjadi tulang punggung dan punya daya tawar sangat tinggi.
Diubah oleh o.omqiqi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radenbagio dan 20 lainnya memberi reputasi
21 0
21
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 17:32
Quote:Hajat hidup banyak orang bergantung pada aspek aspek yang dimonopoli oleh pemerintah namun anehnya pemerintah seolah tak ingin memberikan yang terbaik bagi rakyatnya.


Tergantung sikon 'gan ...
Infrastruktur berkaitan erat dengan biaya operasional dan perawatan (termasuk penggajian).
Bila itu penanggung jawabnya oleh pemerintah, mereka masih bisa sumbang silang dengan sektor lain yang mungkin menghasilkan profit.
Tapi bila itu dikelola oleh swasta, maka biaya itu yang akan nanggung adalah konsumen. termasuk kalau perusahaan swasta itu ingin menggaji tinggi karyawannya yang mungkin punya angan punya mobil-rumah mewah beserta 4 istri muda cakep-cakep (kalau udah tidak cakep, dicerai dan cari lagi). Dimana tentunya itu akan menyebabkan cuma konsumen dari kelas tertentu aja yang mau menggunakan produk mereka. Terkait ini jangan lupa melihat kondisi kesenjangan yang ada di masyarakat.
Rakyat dari ekonomi kelas bawah yang ingin merasakan, tentunya akan nggrundel, bukan kepada pihak penyedia produk/jasa bersangkutan, tapi katakanlah kepada bos yang menggaji mereka atau konsumen (dari kelas bawah pula) yang membeli produk mereka.

Terkait biaya operasional-perawatan itu, jangan dilupa pula, kuantitas dan kualitas infrastruktur yang ada, untuk menyuplai banyaknya jumlah penduduk yang ada saat ini. Bila bicara kualitas semata, maka dari sisi kuantitasnya nanti akan berkurang, terkait ketersediaan dana yang ada.
Dan begitu pula sebaliknya, kalau kita cenderung fokus ama kuantitas, maka dari sisi kualitasnya pun akan menurun, terkecuali ... rakyat bersedia membayar lebih. Dalam hal ini jangan lupa terkait pembagian level konsumen sebagaimana yang diterapkan oleh PLN.
Diubah oleh bingsunyata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 17:34
Bukannya ada yaa Perusahaan Swasta untuk Pengelolaan Air selain PDAM? Seperti Palyja, Aetra dan Lainnya Tergantung Daerah Masing Masing

Sumber: https://www.kompasiana.com/cucum-sum...wasta-dan-pdam
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ih.sul memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 18:40
Coba ane tanya sama TS... Kira2... Klo listrik diswasta kan...
1. Apakah mereka mau membuat infrastruktur aliran listrik ke pelosok yg sedikit org?
2. Apakah mereka mau memberi subsidi kepada rakyat miskin?
3. Apakah mereka mau kasih listrik gratisan ke rakyat super miskin?
4. Apakah mereka mau ngasih harga wajar?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 19:03

BUMN hadir untuk memeras rakyat emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dominique.id dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 20:17
Intinya subsidi silang, untuk pln, pertamina dan pam ada subsidi silang tpi telkom?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 20:35
kalo kota besar kayak nya musti ada persaingan sebab pam nya aja ngak karuan
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 21:44
Dikuasai negara itu ada benarnya yang untuk kepentingan banyak tapi salahnya ya diserahin semua ke satu manajemen...minimal emang harus dibikin dua dan disuruh saingan....yang kalah saing dicopot atau dipotong bonusnya....mestinya gitu emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan double.jump memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 23:29
Selama di kelola dengan baik dan pengawasan yang ketat, semua akan berjalan pada porosnya, beda cerita jika kutang putus di tengah jalan.

Siapa yg kena hayoo

@durexz @69banditos

Your thread has been visited by :
Quote: GIF
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan durexz memberi reputasi
2 0
2
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 23:31
di perumahan ane pakai pam daerah. konon pada saat mulai dibangun diadakan semacam voting ke warganya, mau pakai pam dari pemda atau pam dari developer perumahan, dan lebih banyak yg milih pam dari pemda.

ternyata pam dari pemda malah parah. beberapa kali pasti ada kasus air mati. dan rumah yg di pojokan kalau siang airnya gak kuat naik (gak bisa sampai keran dalam rumah, cuma bisa di keran depan yg posisinya lebih pendek). cuma kalau malem bisa, jadi ane akalin pakai tangki penampungan yg kalau malem diisi buat keadaan darurat (semua warga juga gitu). airnya juga gak sebening air pam developer.

dulu sempet pada protes minta pindah pakai air pam developer (karena emg kenceng banget airnya & gak pernah mati, mantul banget lah), tp ternyata ada perjanjian kontrak sama pam daerah itu sampai th 2030 atau berapa gitu. ya akhirnya pasrah aja deh

btw developer perum ane emg developer besar, karena punya perum elit & kawasan industri juga, jd kekuatan finansialnya emg bagus, makanya pamnya lebih bagus dari punya pemda. cm perum ane adalah perum rakyat yg letaknya di pinggiran. emoticon-Leh Uga

sekarang pam pemda ada perbaikan sih, tp tetep lebih bagus pam punya developer. entah ya, kayaknya udah jadi hal umum kalau punya swasta lebih bagus dari punya pemerintah. emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
17-09-2021 05:10
. Sungguh, saya sangat penasaran apa yang akan terjadi jika PLN atau PDAM punya saingan. Kerugian di pihak


Mati suri kek DAMRI, dihajar perusahaan bus swasta.
profile-picture
profile-picture
kaum.surgawi dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
17-09-2021 05:55
Menurut ane bedanya kalau di pemda itu di subsidi doang sih. Kalau di swasta kan ga ada subsidi cuma pelayanannya kyk air dsb pasti di full in. Intinya sih seberapa banyak yg bayar segitulah yg kita dapet.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
17-09-2021 06:34
kalo yg ane rasain PDAM sih, PDAM daerah tinggi gak pernah keluar dari angka 21ribu, kalo pesisir selalu mahal, air jarang keluar, kotor, kaporitan
Diubah oleh oryzaym
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
17-09-2021 08:08
Ane jadi mikir kalo ada masuk swasta lawan PDAM, pipa nya harus sendiri donk. Ane pake PDAM, tetangga pake perush A, sebelah lagi B. Makin kacau aja itu jalur, Belum lagi kalo mo pindah rumit banget. Kayaknya sih kalo pun sudah ada swasta yg masuk dia tetep monopoli 1 daerah ga bisa pilih2. Begitu juga listrik, ada yg solar, angin, air, nuklir uap harga beda2 mo pilih yang mana ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
17-09-2021 08:35
pe el en, pertaminak, pe de a em
emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
17-09-2021 08:40
Zona nyaman, ga ada persaingan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
17-09-2021 08:44
Pertanyaan ane sih sederhana perbandingan yg milih kualitas vs harga berapa %?

Lagian disini monopoli secara nasional apa per wilayah?

Ada soalnya perusahaan swasta yg emang monopoli wilayah karena dia masuk duluan di wilayah tersebut.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia