Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
167
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6142f674435d414edf1a92e9/monopoli-bisnis-dan-segala-keburukannya
Huh… sudah seminggu ini air keran di rumah saya tidak jalan. Bukan hanya di rumah saya tapi di rumah sebelah dan rumah sebelahnya lagi juga tidak jalan. Tentunya air yang macet atau pemadaman listrik bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia karna setiap bulannya masalah yang sama bisa ditemui dari rumah ke rumah.
Lapor Hansip
16-09-2021 14:47

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Huh… sudah seminggu ini air keran di rumah saya tidak jalan. Bukan hanya di rumah saya tapi di rumah sebelah dan rumah sebelahnya lagi juga tidak jalan. Tentunya air yang macet atau pemadaman listrik bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia karna setiap bulannya masalah yang sama bisa ditemui dari rumah ke rumah.

Di Indonesia sendiri air bersih amatlah diperlukan oleh setiap orang dan karnanya negara mengambil (memonopoli) sumber daya ini dengan PDAM, Perusahaan Daerah Air Minum. Tujuan utama dari monopoli usaha ini adalah untuk menjaga harga air tetap terjangkau karna menyangkut hajat hidup banyak orang. Meski demikian monopoli usaha seperti ini memiliki kerugiannya tersendiri, salah satu contohnya adalah kurangnya inovasi karna tidak adanya pesaing.

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Mari ambil perusahaan sabun mandi sebagai contoh. Ada berbagai macam merek sabun di negara ini dan setiap merek haruslah bersaing untuk menarik perhatian pelanggan dan persaingan itu harus dilakukan dengan cara apapun. jika perusahaan lawan mengklaim bisa membunuh 99% kuman maka perusahaan lain akan mengklaim bisa membunuh 99,99% kuman. Jika perusahaan lawan mengklaim bisa menghasilkan busa sampai memenuhi bak mandi maka perusahaan lain harus mengklaim bisa menghasilkan busa yang cukup tebal untuk mengangkat manusia.

Singkatnya, persaingan itu ada untuk membuat sebuah produk terus berkembang namun dalam perusahaan monopoli tidak ada yang namanya pesaing sehingga meski pelayanannya buruk konsumen tetap tidak punya pilihan lain selain terus menggunakannya. Memang pemerintah memiliki layanan untuk komplain namun seberapa sering komplain kita dilirik? Toh meski air keran yang mengalir di rumah adalah air lumpur suara kita tidak akan didengarkan, kecuali sudah viral.

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Hajat hidup banyak orang bergantung pada aspek aspek yang dimonopoli oleh pemerintah namun anehnya pemerintah seolah tak ingin memberikan yang terbaik bagi rakyatnya. Sungguh, saya sangat penasaran apa yang akan terjadi jika PLN atau PDAM punya saingan. Kerugian di pihak pemerintah memang sudah jelas namun mungkin masyarakat bisa lebih puas.

Sekian dari saya dan mandilah sebelum air di rumah kalian ikut macet seperti di rumah saya.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nekoyashikki dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 20:28
ohh cmon, its everything about money, gaada yang gak ber-uang, ujung ujungnya pasti uang
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan angga_nero memberi reputasi
2 0
2
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 20:30
Udh bener UUD 45, listrik air memang harus dikuasai negara karena pondasi negara ini dari sosialisme. Tinggal tingkatkan aja kualitas SDM pengelolanya, walau agak makan waktu lama ya tapi pelan-pelan akan ada perubahan
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan angga_nero memberi reputasi
2 0
2
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 20:43
Telkom dan KAI bukan monopoli... produk sejenis / subatitusinya banyak
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 21:20
udah usahanya monopoli, jajaran direksinya juga monopoli, sampe pemegang saham utamanya pun monopoli, hobinya maen monopoli
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 21:27
Kalo model kaya PLN, PAM yang bener2 nanggung kebutuhan banyak orang bisa fatal banget kalo swasta yg pegang gan. Emang ada plus minus di pegang pemerintah ataupun swasta tapi seenggak kalo di pegang pemerintah masih bisa di nikmatin sampe khalangan kelas paling bawah sampai pelosok2 mungkin bisa di bilang orientasi dari perusahaan pemerintah dan swasta juga agak berbeda. Kalo swasta biasanya mikirnya selalu profit profit dan profit beda sama pemerintah yg gimana caranya semua rakyatnya merasakan produk mereka dan kalo emang terjadi kerugian masih bisa diberlakukan subsidi silang dari sektor yang menguntungkan kalo swasta pasti langsung di bebanin ke rakyat kalo terjadi apa2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 21:49
Monopoli politik jg berbahaya dan terjadi di dinegara ini, bahkan oligopoli yang di namakan koalisi itu
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 22:25
itulah kenapa ane ga setuju BUMN malah jadi eksekutor lapangan.
harusnya dia jadi regulator aja yg mengawasi semua proses persaingan antar perusahaan swasta di indonesia sesuai dengan bidangnya.
misal kementrian BUMN mengawasi seluruh jasa penyedia listrik rumah tangga milik perusahaan X, Y, dan Z di bawah naungan PLN sebagai OJK nya kelistrikan.
dan seterusnya....

klo BUMN jadi eksekutor, ya lawannya pasti kalah sebelum berperang,

Telkom contohnya, biznet mau masuk daerah ane aja dibatasin (dilarang masuk kota dan hanya boleh masuk desa aja)

wah panjang ceritanya deh....


salam dari kaum #newmindfor2024
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 22:34
Bumn monopoli tpi kinerja bobrok
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 23:20
Listrik itu sesuai uud 45 ya memang msti dikuasai negara ,
Bayangin dah itu listrik klo banyak dipegang swasta, disabotase abis dah ekonomi negara, ini bukan semata2 soal monopoli dan persaingan, tapi ada kemananan negara juga

Pelayanannya aj yang perlu diperbaiki
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 23:43
Tapi sekarang udah kebalik kayaknya.. Adanya pesaing swasta bisa menjual produknya lebih murah dari pada punya BUMN. Atau tergantung kualitas dan service.. Ada pilihannya
profile-picture
profile-picture
jiresh dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
19-09-2021 00:36
emoticon-Ngakak
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
19-09-2021 02:02
sedain debu aja gan,,buat keperluan sehari hari
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
19-09-2021 06:29
Beberapa contoh buruk penerapan anti monopoli di sektor hajat hidup orang banyak.

-Bencana mati listrik di Texas ketika terjadi badai salju musim dingin 2021 kemarin.
-Mahalnya tiket KA di Inggris tapi ketepatan waktunya buruk.
-Pengelolaan air baku yang amburadul di DKI Jakarta ketika PDAM dipegang Palyja dan Aetra.

Ane angkat yang gagal biar jadi acuan bahwa tidak semua anti monopoli itu bagus, apalagi untuk sektor hajat hidup orang banyak.

FYI, sebenarnya usaha kereta api kita udah dibolehkan bergerak tanpa monopoli. Tapi belum ada swasta murni yang masuk karena memang modalnya luar biasa besar. Di Indonesia sendiri ada investor Rusia yang mundur bahkan sebelum jalurnya dibangun di Kalimantan.

Saat ini ada beberapa swasta (anak perusahaan) yang bergerak di bidang angkutan KA, PT KAIC (KAI Commuter, anak perusahaan KAI) dan PT ARS (patungan Angkasa Pura dan KAI) yang melayani KA Bandara.

Kedepannya ada PT CRI (Celebes Railway Indonesia, konsorsium PT PP dan beberapa swasta) yang mengelola jalur KA Sulawesi dan PT KCIC selaku penyedia layanan kereta cepat.

Jumlah perusahaan ini belum termasuk angkutan kereta urban Jakarta seperti MRTJ, LRT Adhi, dan LRT Jabodebek.
Diubah oleh Gailham
profile-picture
jiresh memberi reputasi
1 0
1
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
19-09-2021 07:21
BUMN k1nt1l lah
Sudah main monopoli, ngakunya merugi terus. Apa namanya klo bukan tolol?!!!
Cuma sekumpulan manusia2 malas dengan mental bobrok yang magabut 🖕🖕🖕🖕🖕🖕
Sama saja dengan pemerintahan yg kalo tekor tinggal peras saja rakyatnya 🖕🖕🖕🖕🖕
profile-picture
profile-picture
PROSAV dan johanbaikatos memberi reputasi
2 0
2
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
19-09-2021 08:03
air bersih yg bener2 harus segera ada persaingan karena pdam saking payahnya..
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
19-09-2021 21:56
Orang orang BUMN kaga ada inovasi nya keenakan makan korupsi emoticon-Ngakak liat aja TVRI sama pos Indonesia yang koit di hajar swasta, TVRI sekali nya mau di bikin maju sama helmy yahya eh malah di tendang itu orang emoticon-Ngakak yang ga punya saingan kek PLN laporan nya rugi mulu

Dagelan emang
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
20-09-2021 08:59
gak ada yg memuaskan pelayanannya
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
20-09-2021 09:28
monopoli oleh bumn negara masih lumayan gan untuk menjaga harga jual
yang bahay jika monopoli oleh swasta, harga dinaikin mau ga mau harus tetap ikut karena ga da pilihan
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
20-09-2021 11:32
Tidak selamanya monopoli oleh BUMN jelek meskipun tidak pasti juga kalau di monopoli akan bagus. Pada kasus PLN yang sering dikeluhkan karena harganya naik terus dan kadang masih suka mati listrik agak lama. Banyak yang berharap kalau ada pesaing bisa jadi harganya akan murah padahal belum tentu bisa saja ketika ada lebih dari satu mereka malah buat sindikasi untuk menetapkan tarif. Apalagi mengingat harga listrik di Indonesia sebenarnya masih cukup murah kalau dibandingkan dengan negara lain yang sudah menetapkan tarif sesuai pasar. Justru dengan adanya monopoli BUMN harga listrik masih dapat ditekan seperti sekarang. Harus juga diingat pengadaan listrik tidak hanya di level distribusi ke rumah seperti yang kita bayar tapi juga terkait dengan Pembangkitnya yang investasinya lebih mahal. Investasi PL di Indonesia sudah banyak yang swasta dan kemudian dibeli oleh PLN sebelum didistribusikan ke rumah. Harga beli PLN dari PL swasta bisa jadi lebih mahal dari harga jual ke konsumennya coba aja cek tarif listrik buat pabrik atau komersil jauh lebih mahal dari tarif rumah tangga. Begitupun PAM, PAM itu kebanyakan statusnya BUMD dan mereka kesulitan di pembangunan jaringan distribusi yang biayanya gak sebanding dengan tarif yang dikenakan ke pelanggan. Walaupun sudah ada usaha menswastakan PAM seperti AETRA dan Palyja, tapi tarif air yang dikenakan sebenarnya masih cukup murah, sebanding lah sama jeleknya mutu airnya. Kemudian usaha menajdikan swasta PAM di DKI itu sebenranya juga gak sukses2 amat karena kurang ada upaya memperluas jaringan akibat perusahaan keberatan harus investasi jaraingan baru sementara tarifnya kurang tinggi. Mungkin kalau milih maunya perusahaan listrik dan air boleh kaya jalan tol, tiap tahun naik sesuai inflasi dan pas bangun jaringan ada keterlibatan pemerintah.
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
21-09-2021 20:55
Ane baru nyadar kereta api indo itu monopoli sejak tau kalo di jepang banyak perusahaan kereta. Hahaha
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia