Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
167
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6142f674435d414edf1a92e9/monopoli-bisnis-dan-segala-keburukannya
Huh… sudah seminggu ini air keran di rumah saya tidak jalan. Bukan hanya di rumah saya tapi di rumah sebelah dan rumah sebelahnya lagi juga tidak jalan. Tentunya air yang macet atau pemadaman listrik bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia karna setiap bulannya masalah yang sama bisa ditemui dari rumah ke rumah.
Lapor Hansip
16-09-2021 14:47

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Huh… sudah seminggu ini air keran di rumah saya tidak jalan. Bukan hanya di rumah saya tapi di rumah sebelah dan rumah sebelahnya lagi juga tidak jalan. Tentunya air yang macet atau pemadaman listrik bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia karna setiap bulannya masalah yang sama bisa ditemui dari rumah ke rumah.

Di Indonesia sendiri air bersih amatlah diperlukan oleh setiap orang dan karnanya negara mengambil (memonopoli) sumber daya ini dengan PDAM, Perusahaan Daerah Air Minum. Tujuan utama dari monopoli usaha ini adalah untuk menjaga harga air tetap terjangkau karna menyangkut hajat hidup banyak orang. Meski demikian monopoli usaha seperti ini memiliki kerugiannya tersendiri, salah satu contohnya adalah kurangnya inovasi karna tidak adanya pesaing.

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Mari ambil perusahaan sabun mandi sebagai contoh. Ada berbagai macam merek sabun di negara ini dan setiap merek haruslah bersaing untuk menarik perhatian pelanggan dan persaingan itu harus dilakukan dengan cara apapun. jika perusahaan lawan mengklaim bisa membunuh 99% kuman maka perusahaan lain akan mengklaim bisa membunuh 99,99% kuman. Jika perusahaan lawan mengklaim bisa menghasilkan busa sampai memenuhi bak mandi maka perusahaan lain harus mengklaim bisa menghasilkan busa yang cukup tebal untuk mengangkat manusia.

Singkatnya, persaingan itu ada untuk membuat sebuah produk terus berkembang namun dalam perusahaan monopoli tidak ada yang namanya pesaing sehingga meski pelayanannya buruk konsumen tetap tidak punya pilihan lain selain terus menggunakannya. Memang pemerintah memiliki layanan untuk komplain namun seberapa sering komplain kita dilirik? Toh meski air keran yang mengalir di rumah adalah air lumpur suara kita tidak akan didengarkan, kecuali sudah viral.

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Hajat hidup banyak orang bergantung pada aspek aspek yang dimonopoli oleh pemerintah namun anehnya pemerintah seolah tak ingin memberikan yang terbaik bagi rakyatnya. Sungguh, saya sangat penasaran apa yang akan terjadi jika PLN atau PDAM punya saingan. Kerugian di pihak pemerintah memang sudah jelas namun mungkin masyarakat bisa lebih puas.

Sekian dari saya dan mandilah sebelum air di rumah kalian ikut macet seperti di rumah saya.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nekoyashikki dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
17-09-2021 10:33
sama lah kayak pln, karena monopoli tarif dasar naik terus, sementara setiap minggu selalu saja ada pemadaman entah faktor teknis atau bencana alam
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
17-09-2021 11:04
dari dulu yg namanya monopoli itu g ada baiknya

baik buat yg punya bisnis iya
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
17-09-2021 12:39
Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33 ayat (2) dan ayat (3)

Yang menegaskan kalo industri2 yang menaungi hajat hidup orang banyak mutlak harus di kuasai oleh negara...

Hal ini yang membedakan negara kita dengan negara kapitalis...

Yap pasar kita memang kapitalis ente bisa membuka usaha apa saja, kapan saja dan dimana saja dengan modal dan kekayaan anda yang tidak dibatasi oleh negara...

Tetapi....ada poin2 penting yang, di pikirkan oleh founding father kita... Jangan sampai industri2 yang bisa sangat mempengaruhi hajat hidup orang banyak dikuasai oleh pemodal..

Maka pasal 33 ayat 2 pun di cantumkan pada UUD1945 untuk melindungi itu...

Secara teoritis itu sangat baik... Industri2 penting seperti listrik, air, bahan bakar kendaraan dll... mutlak harus Dikendalikan oleh negara...

Tapi dalam eksekusinya, ada faktor2 yang membuat keputusan ini tidak berjalan sebaik yang direncanakan sebelumnya...

Industri pelayanan publik seperti ini Sangat buruk kalo di "paksakan" untuk dimonopoli... Tanpa pesaing pelanggan hanya bisa menerima BAIK atau BURUK tanpa bisa beralih kepada pesaing yang menawarkan layanan yang lebih baik... There's only one option, take it or die...

Satu2nya industri dengan monopoli terbaik dan tersukses hanyalah industri sepakbola... FIFA adalah contoh monopoli terbaik di dunia...


Tapi apa akan lebih baik kalau Listrik, air, dan BBM di lepas ke pasar Kapital?? Who knows...
Diubah oleh pantat.berapi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
17-09-2021 12:51
Subsidi = rugi?
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
17-09-2021 12:52
Namanya Perusahaan Dagang Air Minum tapi airnya boro2 bisa diminum, buat mandi aja kadang butek/mati

PLN?
Ah sudahlah, hopeless dengan perusahaan ini
Listrik pintar gimmick doang, kebanyakan pajaknya sampe jumlah token menciut


2 perusahaan itu aja sih yg sering ane temuin masalah di pelayanannya
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
17-09-2021 16:07
Dari yg ane tau dari taun 80, pam di kita mah paling busuk dibanding negara lain. Sekarang dah 2021, masih aja parah.

Dulu pasang pam tu mahal, dah gitu ada abonemen bulanan walaupun aer ga pernah ngocor.
Ada pelanggan yg bertaun2 bayar abonenem tapi ga pernah dapet aer, ga aneh.
Walaupun dapet aer, kualitas aer masih sangat buruk, boro2 aer diminum, kadang bau kaporit, keruh, berpasir malah.

Dah gitu mahal, buat standar hidup di kita. Tagihan sekeluarga kalau rada sering makenya, bisa 1/4 umr sendirian, dan kadang penghitungan meter ngaco, dapet tagihan beberapa taun silam ga bayar selama setaun, ngalamin ane kayak gini.

Pam di kita masih jauh dalam ngitung pasokan dan kebutuhan air. Boro2 kerja sama dengan pemda dan pemerintah pusat, lah pemerintahnya aja ngaco. Semuanya bancankan buat orang2 yg ga kapabel di bidangnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 17:03
PLN sekarang mulai ketar ketir krn banyak perusahaan mulai beralih ke tenaga surya mandiri...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 17:07
Kan sudah jelas ada pasal yg mengatur segala hal yang mengenai hajat hidup orang banyak pemerintah yg menangani,karena swasta orientasi nya bisnis,tidak ada makan siang gratis istilahnya,kalo pemerintah dia tidak boleh berbisnis dengan rakyatnya sendiri,tapi ada beberapa bidang yang swasta boleh ikut masuk seperti transportasi, telekomunikasi,dan kesehatan
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 17:08
Monopoli jg ada yg msih merugi
profile-picture
profile-picture
jiresh dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 17:10
BUMN/BUMD
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 17:15
Buka UUD 1945 pasal 33

emoticon-Ngakak
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 17:17
Byk negatifnya sepertinya ya, kalau dimonopoli semua produsennya tentu bisa mengatur harga sesuai hati mereka
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 17:32
swasta masuk
modyarro pegawai nya deh


cina jepang semoga lihat peluang ini deh

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 17:35
Pdam tirta bagasasi.
Awalnya di pegang pengelolaan sma swasta (developer perumahan) air selalu kencang. Ga pernah mati..ga pernah keruh/butek/kotor.
Skrg sejak di pegang oleh pdam..buseett..aernya kek kencing curut..tiap hari entah brp kali aernya kotor. Kualitas air trun bangeett..
Apa sih yg beres ama plat merah.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 17:38
Kalo PDAM menurut saya masih okelah,
Mungkin kendala terbesar cuma air tiba² seharian butek doang.

Tapi ini PLN gila sumpah setiap sebulan minimal 2 minggu lah pasti adaaa aja mati lampunya.
Dan lucunya saat ada subsidi pandemi ini harganya yg non subsisdi itu lho naiknya gak main main, itupun mereka masih koar² merugi.
Gak gila apa?
Dahlah PLN emang paling terasa monopolinya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 17:41
Makannya TS belajar UUD 45 emoticon-Malu biar paham emoticon-Traveller
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 17:44
PDAM udah punya saingan berat namanya sumur bor emoticon-Ngakak
0 0
0
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 17:48
pln monopoly aja masih goblog, apalagi muncul pesaingemoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 17:52
BUMN yg punya pesaing swasta ane perhatiin malah banyak yg jalan ditempat bre bahkan menurun kualitas layanannya. Lebih parah BUMN Kereta Api, udah nggk punya pesaing tapi pelayanan kalah sama transportasi darat lain, contoh aja nggk ada meal service, bantal-selimut sewa, waktu tempuh lebih lama, cuma ngandelin kondisi stasiun bersih doang itu juga karena stasiun dia sendiri yang kelola.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 17:58
pesaingnya PDAM, air sumber yg di kelola oleh orang2 kampung sekitar. Biasanya bayar cuma 2-4rb aja per bulan emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia