Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
167
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6142f674435d414edf1a92e9/monopoli-bisnis-dan-segala-keburukannya
Huh… sudah seminggu ini air keran di rumah saya tidak jalan. Bukan hanya di rumah saya tapi di rumah sebelah dan rumah sebelahnya lagi juga tidak jalan. Tentunya air yang macet atau pemadaman listrik bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia karna setiap bulannya masalah yang sama bisa ditemui dari rumah ke rumah.
Lapor Hansip
16-09-2021 14:47

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Huh… sudah seminggu ini air keran di rumah saya tidak jalan. Bukan hanya di rumah saya tapi di rumah sebelah dan rumah sebelahnya lagi juga tidak jalan. Tentunya air yang macet atau pemadaman listrik bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia karna setiap bulannya masalah yang sama bisa ditemui dari rumah ke rumah.

Di Indonesia sendiri air bersih amatlah diperlukan oleh setiap orang dan karnanya negara mengambil (memonopoli) sumber daya ini dengan PDAM, Perusahaan Daerah Air Minum. Tujuan utama dari monopoli usaha ini adalah untuk menjaga harga air tetap terjangkau karna menyangkut hajat hidup banyak orang. Meski demikian monopoli usaha seperti ini memiliki kerugiannya tersendiri, salah satu contohnya adalah kurangnya inovasi karna tidak adanya pesaing.

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Mari ambil perusahaan sabun mandi sebagai contoh. Ada berbagai macam merek sabun di negara ini dan setiap merek haruslah bersaing untuk menarik perhatian pelanggan dan persaingan itu harus dilakukan dengan cara apapun. jika perusahaan lawan mengklaim bisa membunuh 99% kuman maka perusahaan lain akan mengklaim bisa membunuh 99,99% kuman. Jika perusahaan lawan mengklaim bisa menghasilkan busa sampai memenuhi bak mandi maka perusahaan lain harus mengklaim bisa menghasilkan busa yang cukup tebal untuk mengangkat manusia.

Singkatnya, persaingan itu ada untuk membuat sebuah produk terus berkembang namun dalam perusahaan monopoli tidak ada yang namanya pesaing sehingga meski pelayanannya buruk konsumen tetap tidak punya pilihan lain selain terus menggunakannya. Memang pemerintah memiliki layanan untuk komplain namun seberapa sering komplain kita dilirik? Toh meski air keran yang mengalir di rumah adalah air lumpur suara kita tidak akan didengarkan, kecuali sudah viral.

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Hajat hidup banyak orang bergantung pada aspek aspek yang dimonopoli oleh pemerintah namun anehnya pemerintah seolah tak ingin memberikan yang terbaik bagi rakyatnya. Sungguh, saya sangat penasaran apa yang akan terjadi jika PLN atau PDAM punya saingan. Kerugian di pihak pemerintah memang sudah jelas namun mungkin masyarakat bisa lebih puas.

Sekian dari saya dan mandilah sebelum air di rumah kalian ikut macet seperti di rumah saya.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nekoyashikki dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Masuk untuk memberikan balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 17:28
yang menguasai hajat hidup orang banyak gak bisa diserahkan ke swasta. karena pembagian kepemilikan saham membuat pemerintah gak punya kendali terutama ketika dia berubah menjadi backbone negara karena terlalu besar. misalkan ada perusahaan listrik baru yg lebih efisien dari PLN, lalu PLN tamat. ketika si swasta ini melakukan pelanggaran, pemerintah gak punya power lagi. ini yg terjadi ketika kendali swasta lebih besar daripada negara. mungkin cuma amerika yg pemerintahannya bisa menghadapi raksasa-raksasa swasta. bahkan china harus begitu keras menghadapi pemilik salah satu perusahan raksasa "yg itu"mengingat ancaman terhadap negara itu sendiri di kemudian hari jika ada swasta yang mencoba membawahi pemerintah. di sini, mungkin masyarakat bingung kenapa pemerintah kayak gamang kalau berhadapan dengan perusahaan maskapai swasta yg selalu melanggar. ya karena itu tadi, menjadi tulang punggung dan punya daya tawar sangat tinggi.
Diubah oleh o.omqiqi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radenbagio dan 20 lainnya memberi reputasi
21 0
21
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 16:27
uda monopoli, laporan keuangannya menunjukkan rugi terus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 14:48
Ditambah nggak ada sumber air lain di dekat rumah. Haduhh... Gimana caranya mandi nih? Apa harus pake sumur bor?
Diubah oleh ih.sul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
17-09-2021 12:39
Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33 ayat (2) dan ayat (3)

Yang menegaskan kalo industri2 yang menaungi hajat hidup orang banyak mutlak harus di kuasai oleh negara...

Hal ini yang membedakan negara kita dengan negara kapitalis...

Yap pasar kita memang kapitalis ente bisa membuka usaha apa saja, kapan saja dan dimana saja dengan modal dan kekayaan anda yang tidak dibatasi oleh negara...

Tetapi....ada poin2 penting yang, di pikirkan oleh founding father kita... Jangan sampai industri2 yang bisa sangat mempengaruhi hajat hidup orang banyak dikuasai oleh pemodal..

Maka pasal 33 ayat 2 pun di cantumkan pada UUD1945 untuk melindungi itu...

Secara teoritis itu sangat baik... Industri2 penting seperti listrik, air, bahan bakar kendaraan dll... mutlak harus Dikendalikan oleh negara...

Tapi dalam eksekusinya, ada faktor2 yang membuat keputusan ini tidak berjalan sebaik yang direncanakan sebelumnya...

Industri pelayanan publik seperti ini Sangat buruk kalo di "paksakan" untuk dimonopoli... Tanpa pesaing pelanggan hanya bisa menerima BAIK atau BURUK tanpa bisa beralih kepada pesaing yang menawarkan layanan yang lebih baik... There's only one option, take it or die...

Satu2nya industri dengan monopoli terbaik dan tersukses hanyalah industri sepakbola... FIFA adalah contoh monopoli terbaik di dunia...


Tapi apa akan lebih baik kalau Listrik, air, dan BBM di lepas ke pasar Kapital?? Who knows...
Diubah oleh pantat.berapi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 23:31
di perumahan ane pakai pam daerah. konon pada saat mulai dibangun diadakan semacam voting ke warganya, mau pakai pam dari pemda atau pam dari developer perumahan, dan lebih banyak yg milih pam dari pemda.

ternyata pam dari pemda malah parah. beberapa kali pasti ada kasus air mati. dan rumah yg di pojokan kalau siang airnya gak kuat naik (gak bisa sampai keran dalam rumah, cuma bisa di keran depan yg posisinya lebih pendek). cuma kalau malem bisa, jadi ane akalin pakai tangki penampungan yg kalau malem diisi buat keadaan darurat (semua warga juga gitu). airnya juga gak sebening air pam developer.

dulu sempet pada protes minta pindah pakai air pam developer (karena emg kenceng banget airnya & gak pernah mati, mantul banget lah), tp ternyata ada perjanjian kontrak sama pam daerah itu sampai th 2030 atau berapa gitu. ya akhirnya pasrah aja deh

btw developer perum ane emg developer besar, karena punya perum elit & kawasan industri juga, jd kekuatan finansialnya emg bagus, makanya pamnya lebih bagus dari punya pemda. cm perum ane adalah perum rakyat yg letaknya di pinggiran. emoticon-Leh Uga

sekarang pam pemda ada perbaikan sih, tp tetep lebih bagus pam punya developer. entah ya, kayaknya udah jadi hal umum kalau punya swasta lebih bagus dari punya pemerintah. emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 18:40
Coba ane tanya sama TS... Kira2... Klo listrik diswasta kan...
1. Apakah mereka mau membuat infrastruktur aliran listrik ke pelosok yg sedikit org?
2. Apakah mereka mau memberi subsidi kepada rakyat miskin?
3. Apakah mereka mau kasih listrik gratisan ke rakyat super miskin?
4. Apakah mereka mau ngasih harga wajar?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 17:32
Quote:Hajat hidup banyak orang bergantung pada aspek aspek yang dimonopoli oleh pemerintah namun anehnya pemerintah seolah tak ingin memberikan yang terbaik bagi rakyatnya.


Tergantung sikon 'gan ...
Infrastruktur berkaitan erat dengan biaya operasional dan perawatan (termasuk penggajian).
Bila itu penanggung jawabnya oleh pemerintah, mereka masih bisa sumbang silang dengan sektor lain yang mungkin menghasilkan profit.
Tapi bila itu dikelola oleh swasta, maka biaya itu yang akan nanggung adalah konsumen. termasuk kalau perusahaan swasta itu ingin menggaji tinggi karyawannya yang mungkin punya angan punya mobil-rumah mewah beserta 4 istri muda cakep-cakep (kalau udah tidak cakep, dicerai dan cari lagi). Dimana tentunya itu akan menyebabkan cuma konsumen dari kelas tertentu aja yang mau menggunakan produk mereka. Terkait ini jangan lupa melihat kondisi kesenjangan yang ada di masyarakat.
Rakyat dari ekonomi kelas bawah yang ingin merasakan, tentunya akan nggrundel, bukan kepada pihak penyedia produk/jasa bersangkutan, tapi katakanlah kepada bos yang menggaji mereka atau konsumen (dari kelas bawah pula) yang membeli produk mereka.

Terkait biaya operasional-perawatan itu, jangan dilupa pula, kuantitas dan kualitas infrastruktur yang ada, untuk menyuplai banyaknya jumlah penduduk yang ada saat ini. Bila bicara kualitas semata, maka dari sisi kuantitasnya nanti akan berkurang, terkait ketersediaan dana yang ada.
Dan begitu pula sebaliknya, kalau kita cenderung fokus ama kuantitas, maka dari sisi kualitasnya pun akan menurun, terkecuali ... rakyat bersedia membayar lebih. Dalam hal ini jangan lupa terkait pembagian level konsumen sebagaimana yang diterapkan oleh PLN.
Diubah oleh bingsunyata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 21:27
Kalo model kaya PLN, PAM yang bener2 nanggung kebutuhan banyak orang bisa fatal banget kalo swasta yg pegang gan. Emang ada plus minus di pegang pemerintah ataupun swasta tapi seenggak kalo di pegang pemerintah masih bisa di nikmatin sampe khalangan kelas paling bawah sampai pelosok2 mungkin bisa di bilang orientasi dari perusahaan pemerintah dan swasta juga agak berbeda. Kalo swasta biasanya mikirnya selalu profit profit dan profit beda sama pemerintah yg gimana caranya semua rakyatnya merasakan produk mereka dan kalo emang terjadi kerugian masih bisa diberlakukan subsidi silang dari sektor yang menguntungkan kalo swasta pasti langsung di bebanin ke rakyat kalo terjadi apa2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
18-09-2021 19:39
Monopoli yg menyangkut harkat hidup org banyak dah di amanatkan sama undang-undang dasar 1945

Apakah ts dan kita siap? Kalau listrik,air,bbm di lepas ke swasta? Ingat swasta itu tujuanya cari untung dan harga yg di tetapkan menurut harga pasar? Dan ada kah perusahaan swasta yg mau buka jalur listrik ke daerah daerah tertinggal, terdepan, terpencil yg penduduknya kadang hanya beberapa org/keluarga? Kemungkinan besar gak bakal mau karna infrastructure nya lebih mahal drp potensi pemasukan...

Knp pln bisa rugi walau udah memonopoli pasar, ya karna beban subsidi, belum buat jalur listrik baru yg hitunganya gak ekonomis tapi karna ada penduduk disana harus tetap di buat walau jatuhnya rugi..

Kalau mau pln untung pemerintah bisa aja tetapin tdl sesuai harga pasar tampa subsidi atau pln jangan di suruh buka jalur listrik yg gak ekonomis, tapi masyrakatnya mau gak dan siap? Atau malah menghujat lagi negara meres rakyat, gak pro rakyat kecil karna cabut sunsidi dll?

Jadi jangan liat kerugiannya brp doank, tapi knp, bagaimana kok bisa rugi, apa penyebabnya...

Dan lagi kalau bukan di monopoli negara daerah selain jawa mungkin tetap jadi jaman batu, karna swasta mikir masuk ke daerah yg infrastructurenya gak siap, kayak jln yg belom aspal semua... Dan kalau ada pasti harganya lebih mahal karna perusahaan yg masuk pasti bebanin ini itu ke harga jualnya.
Diubah oleh zaaxion.7k
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mogul kahn dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
17-09-2021 16:07
Dari yg ane tau dari taun 80, pam di kita mah paling busuk dibanding negara lain. Sekarang dah 2021, masih aja parah.

Dulu pasang pam tu mahal, dah gitu ada abonemen bulanan walaupun aer ga pernah ngocor.
Ada pelanggan yg bertaun2 bayar abonenem tapi ga pernah dapet aer, ga aneh.
Walaupun dapet aer, kualitas aer masih sangat buruk, boro2 aer diminum, kadang bau kaporit, keruh, berpasir malah.

Dah gitu mahal, buat standar hidup di kita. Tagihan sekeluarga kalau rada sering makenya, bisa 1/4 umr sendirian, dan kadang penghitungan meter ngaco, dapet tagihan beberapa taun silam ga bayar selama setaun, ngalamin ane kayak gini.

Pam di kita masih jauh dalam ngitung pasokan dan kebutuhan air. Boro2 kerja sama dengan pemda dan pemerintah pusat, lah pemerintahnya aja ngaco. Semuanya bancankan buat orang2 yg ga kapabel di bidangnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia