Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
78
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6142cf810f0602535b4e6642/5-hal-penting-yang-harus-diketahui-saat-liburan-ke-korea-nomor-2-khusus-buat-cewek
Seiring dengan kepopuleran drama dan juga musiknya, Korea menjadi salah satu negara tujuan wisata beberapa orang di dunia. Tapi, sebagaimana negara lain, Korea juga punya aturan terkait perilaku umum sehari-hari. Biar tidak salah berperilaku saat kamu nanti berlibur ke Korea, yuk simak 5 hal yang tidak boleh kamu lakukan saat berlibur ke Korea menurut Youtuber YongHyeon berikut ini.
Lapor Hansip
16-09-2021 12:00

5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek

Past Hot Thread
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek

Seiring dengan kepopuleran drama dan juga musiknya, Korea menjadi salah satu negara tujuan wisata beberapa orang di dunia. Tapi, sebagaimana negara lain, Korea juga punya aturan terkait perilaku umum sehari-hari. Biar tidak salah berperilaku saat kamu nanti berlibur ke Korea, yuk simak 5 hal yang tidak boleh kamu lakukan saat berlibur ke Korea menurut Youtuber YongHyeon berikut ini.

5. Jangan membuat supir bus memberikanmu kembalian

Kalau naik bus di Korea lebih baik membayar dengan uang pas saja. Kalau kamu sampai memberikan uang lebih dan butuh kembalian hal itu malah akan membuat repot sopirnya. Karena dia harus memberikan kembalian berupa koin yang cukup banyak. 

Quote:"Kamu tidak boleh memberikan uang 10.000 won kepada sopir bus saat naik bus. Jadi, 10.000 won itu sekitar 10 dollar, satu kali naik bus atau kereta api di Korea adalah 1.250, yang kira-kira senilai satu dolar. Jika kamu memberikan 10.000 won kepada sopir bus saat naik bus, sopir bus harus memberikan kembalian menggunakan setiap koin yang dia miliki," terang YongHyeon.



4. Jangan  menggunakan bahasa informal saat baru ketemu orang apalagi sampai memaki

Korea memiliki dua cara bicara yakni formal dan informal. Mereka biasanya bicara bahasa formal kepada orang yang baru mereka temui. Karena itu jangan sampai kamu berbicara menggunakan bahasa informal pada orang Korea yang baru saja kamu temui, nanti kamu bisa dianggap tidak sopan.

Quote:"Kami selalu bicara dalam bahasa formal ketika kami baru pertama bertemu. Itu sikap yang benar yang harus dilakukan. Sungguh kasar untuk mengatakan bahasa informal saat kamu pertama kali bertemu orang," jelas Yong Hyeon.



Selain itu, kamu juga gak boleh sembarang memaki pada orang Korea yang baru kamu kenal atau temui di jalan, karena hal itu akan dianggap aneh, jadi hati-hati ya.

3. Jangan coba-coba menatap mata lawan bicara saat kamu sedang menyapa dengan membungkuk (bowing)

Masyarakat Korea biasa memberi salam dengan membungkuk (bowing). Nah, saat kamu nanti melakukan ini untuk menyapa orang lain di Korea, pastikan tatapan mata kamu juga ikut menatap ke bawah. Kamu tidak boleh menatap mata lawan bicara saat membungkuk karena nanti dianggap tidak sopan.

Quote:"Kamu harus menghindari kontak mata saat kamu membungkuk. Jadi untuk menjelaskan budaya ini, di kebudayaan timur, kapanpun kamu bertemu dengan orang yang lebih tua kamu harus menghindari tatapan mata untuk menunjukkan penghormatan pada yang lebih tua," jelas Yong Hyeon.



4. Jangan pakai atasan terbuka untuk wanita

Khusus perempuan saat liburan ke Korea, pastikan kamu pakai atasan yang tertutup. Orang Korea tak masalah jika kamu memakai bawahan yang pendek tapi atasan terbuka adalah sesuatu yang menurut mereka tabu. Apalagi jika atasan itu memperlihatkan bagian tubuh atas yang seksi.

Quote:"Itu sebuah hal yang sangat tabu untuk dilakukan di Korea jika kamu mengenakan sesuatu yang benar-benar terbuka di bagian atas. Tidak masalah untuk mengenakan celana pendek atau rok pendek, tetap jika kamu mengenakan pakaian yang terbuka di bagian atas, kamu akan sangat dihakimi," ungkap YongHyeon.



1. Bawa garpu sendiri 

Bagi kita orang Indonesia, garpu dan sendok adalah alat makan yang ada di setiap rumah makan. Tapi, di Korea hal yang berbeda terjadi. Kamu akan sangat jarang menemukan garpu dan mereka hanya akan memiliki sumpit. Jadi pilihannya cuma ada dua kamu bawa garpu sendiri saat ke liburan ke Korea atau mulailah belajar menggunakan sumpit biar tidak kagok saat main ke sana.

Quote:"Tidak semua restoran Korea di sini memiliki garpu, aku merekomendasikan kalian antara mulai melatih cara menggunakan sumpit atau membawa garpu mu sendiri," kata Youtuber tersebut.


Jadi kalau nanti ada kesempatan ke Korea, perhatikan hal-hal di atas ya GanSis.

Sumber


foto-Kompas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
koi7 dan 17 lainnya memberi reputasi
16
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
17-09-2021 10:57
Nice thread Gan, terima kasih infonya, siap-siap deh
Nice thread Gan, jadi nggak kagok dan nggak ndeso deh pas ke Korea
Nice thread Gan, terima kasih sudah berbagi hal yang bagus kita Kaskuser

Btw..Pertamaxx
profile-picture
Khiphopjohayo memberi reputasi
1 0
1
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 12:34
Pakai sumpit kan mudah cuma kalau makanannya berkuah seperti mie seharusnya mereka menyediakan sendok
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 21:05
6. Jangan bawa banyak plastik, karena disana sdh banyak plastik.
Diubah oleh gondez2011
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tajin dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 21:08
Quote:Selain itu, kamu juga gak boleh sembarang memaki pada orang Korea yang baru kamu kenal atau temui di jalan, karena hal itu akan dianggap aneh, jadi hati-hati ya.

Klo urusan memaki..mo kenal or baru kenal di negara manapun ya aneh n ga sopan banget... 😕

Quote:Jangan coba-coba menatap mata lawan bicara saat kamu sedang menyapa dengan membungkuk (bowing)

It applies in Japan as well...
Diubah oleh five.5
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilnero dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 21:10
Ga ngerti.. boleh pake rok seksi tp ga boleh pake baju liatin belahan dada 😂
profile-picture
ilnero memberi reputasi
1 0
1
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 21:19
ngapain pergi ke negara yang rasis ama ras kita wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 21:22
Kalo lg makan bareng ama kolega tunggu sampai senior (orang yg dituakan) duluan yg makan.
0 0
0
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 21:31
Jangan lupa belajar bahasa Korea dulu sebelum ke sana 😁😁😁
profile-picture
ilnero memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 21:35
Korea banyakan rasis, bully, ga nyadar apa ya mereka aslinya muka kotak seolah olah ras unggul . Ga tau deh kalo korea yg masih di pinggiran atau asli macam korea utara
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 21:35
ht sepi gini

ane bisa makan pake sumpit, gampang, bule2 aja bisa, masa kita ga bisa?

ga seru korea selatan banyak oppa oppa, lebih seru korea utara
siapa yg pernah ke pyongyang? ga ada kan? emoticon-Leh Uga
kalo mau pamer jalan2 keluar negri bukan ke seoul tapi pyongyang karena yg kesana ga banyak


ane udah ke seoul dan nami, yg belom ke pyongyangemoticon-Swiss
Diubah oleh ushirota
profile-picture
pinggirankali memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 21:51
Jangan berbicara dengan bahasa informal pada orang yg belum dikenal... disini juga sama ah TS gimana sih,,, disini mana ada orang nanya alamat ngomongnya "woi bro kalo mau ke daerah ini lewat mana ya ?" yg ada dikeplak pala ente sama yg nanya
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan littlebrownjava memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 21:53
Knp cewek2 korsel yg berpakaian terbuka atas nya mlh tabu, tp rok super mini mlh tidak ya..... Gan.....
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 22:08
Nomer 2 nya mana gan ?
profile-picture
black.robo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 22:28
Kalo ane mau nya ke korea utara gan..
Apa aja gan hal penting nya ?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 22:38
Mohon maaf untuk agan ts.. Ane satu pendapat sama agan @ultraexcimers bahwa mereka jelas2 punya standar rasis akut parah sama negara2 berkembang sperti kita... Mereka cuma manis di penampakan luar saja supaya produk2 oplas, kosmetik, entertainment beserta teknologi dan mesin2 yg mereka buat agar bisa laku dijual di negara lain.. Entah ada yg ngalamin sendiri, langsung di korea atau lewat berbagai media yg mereka tampilkan, berkali kali negara2 "kelas tiga" macam kita ini dihina serta direndahkan tanpa mereka sadar bahwa mereka mampu menjadi negara maju dan dipuja puja karena kitalah yg sudi dan mau membeli dan memakai apa saja yg mereka ekspor serta dari kita2 lah acara2 mereka yg penuh dgn muka2 oplas mampu mendapat rating yg tinggi.. Jadi , mau dapat apa sih kok nggak habis2nya memuja muja manusia2 rasis yg jadi anjing piaraannya amerika....
Diubah oleh 10mountainflat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 22:41
Bukannya bayar bus disana udah pake kartu e-money gitu ya 😀
Boro2 pake bahasa informal bisa komunikasi aja udah alhamdulillah bre 🤣
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 22:51
peraturan tambahan, no.6 tepatnya, buat cewek jangan alay manggil mas mas korea yang ganteng dijalan teriak-teriak "oppa !! oppa !!" .. emoticon-Kagets jijik tau.
profile-picture
profile-picture
GadingPutih dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
18-09-2021 23:11
Nomor berikutnya, jgn lupa bawa deodorant sdri krn disana jrg ada toko yg jual deodorantemoticon-pencet
0 0
0
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
19-09-2021 00:03
Ke Korea hanya pengen wisata Kuliner ajaemoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
5 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Liburan ke Korea, Nomor 2 Khusus Buat Cewek
19-09-2021 00:46
mudah2an suatu hari nanti gw bisa jalan2 ke korea
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia