News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6142b8def574ea13e9332de1/apa-itu-ilmu-negara
Kalian pernah tidak sih mengeluh dengan rezim negara kita ini? kalau pernah, berarti kita satu server. Sebagai bagian dari warga negara indonesia tentu saja saya juga pernah mengeluh atau merasa tidak suka dengan rezim negara kita ini. Tapi jangan khawatir karena hal tersebut merupakan hal yang wajar bagi rakyat maupun bagi pemerintah itu sendiri. dengan mengkritik pemerintah itu berarti kita masi
Lapor Hansip
16-09-2021 10:24

Apa itu ilmu negara?

Kalian pernah tidak sih mengeluh dengan rezim negara kita ini? kalau pernah, berarti kita satu server. Sebagai bagian dari warga negara indonesia tentu saja saya juga pernah mengeluh atau merasa tidak suka dengan rezim negara kita ini. Tapi jangan khawatir karena hal tersebut merupakan hal yang wajar bagi rakyat maupun bagi pemerintah itu sendiri. dengan mengkritik pemerintah itu berarti kita masih peduli dengan negara ini, Karena "Di Negeri di Ujung Tanduk kehidupan semakin rusak, bukan karena orang jahat semakin banyak, tapi semakin banyak orang yang memilih tidak peduli lagi." (Tereliye, 2013).

Walau kadang keluh kesah kita sebagai rakyat kurang dipedulikan oleh oknum pemerintahan, kita tetap harus bersuara karena kita memiliki hak dan kebebasan untuk berpendapat. Dan hal tersebut sudah dijelaskan pada pasal 19 DUHAM bahwa : "Setiap orang berhak atas kebebasan mempunyai dan mengeluarkan pendapat ; dalam hal ini termasuk kebebasan menganut pendapat tanpa mendapat gangguan, dan untuk mencari, menerima dan menyampaikan keterangan-keterangan dan pendapat dengan cara apa pun dan dengan tidak memandang batas-batas."

Tapi perlu kita ketahui juga bahwa apa yang kita suarakan adalah suatu hal yang benar dan rasional, dan satu hal yang paling penting, sebelum kita berpendapat akan suatu hal atau isu kita harus mengetahui dan memahami dulu hal atau isu apa yang ingin kita bahas, sebagai contoh ketika kita ingin berpendapat tentang negara, kita harus mengetahui dulu askadimega nya baru setelah kita memahami isu itu kita dapat berpendapat dengan benar. Oleh karena itu sebelum membahas tentang negara, mari kita belajar dulu tentang ilmu negara.

Apa sih ilmu negara itu?

Secara terminologi bahasa, ilmu negara terdiri dari dua gabungan kata, yakni ilmu dan negara. Ilmu berarti suatu sistem pengetahuan (supernatural, knowledge, esoteric wisdom, science), sedangkan pengertian negara dirumuskan juga dalam berbagai definisi, seperti
dikemukakan oleh para ahli pikir, yaitu (Naning, 1983: 1-2):

1. Aristoteles, negara (polis) ialah persekutuan dari keluarga dan desa untuk mencapai kehidupan yang sebaik-baiknya.

2. Jean Bodin, negara ialah suatu persekutuan dari keluarga-keluarga dengan segala kepentingannya yang dipimpin oleh suatu kekuasaan yang berdaulat.

3. Hans Kelsen, negara ialah suatu susunan pergaulan hidup bersama dengan tata paksa.

4. Logeman, negara adalah suatu organisasi kemasyarakatan yang bertujuan dengan kekuasaannya mengatur serta menyelenggarakan suatu masyarakat.

Negara merupakan integrasi dari kekuasaan politik, negara adalah organisasi pokok dari kekuasaan politik. Negara adalah alat (agency) dari masyarakat yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur hubungan-hubungan manusia dalam masyarakat dan menertibkan gejala-gejala kekuasaan dalam masyarakat. Manusia hidup dalam suasana kerja sama, sekaligus suasana antagonis dan penuh pertentangan. Negara adalah organisasi yang dalam sesuatu wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidpan bersama itu. Negara menetapkan cara-cara dan batas-batas sampai di mana kekuasaan dapat digunakan dalam kehidupan bersama, baik oleh individu, golongan atau asosiasi, maupu oleh negara sendiri. Dengan demikian negara dapat mengintegrasikan dan membimbing kegiatan-kegiatan sosial dari penduduknya ke arah tujuan bersama

Bagaimana sifat-sifat dan unsur-unsur suatu negara ?

Negara mempunyai sifat khusus yang merupakan manifestasi dari kedaulatan yang dimilikinya dan yang hanya terdapat pada negara saja dan tidak terdapat pada asosiasi lainnya. Setiap negara mempunyai sifat, yaitu :
- Sifat memaksa
- Sifat monopoli
- Sifat mencakup semua

Dan negara terdiri atas beberapa unsur, yaitu :
- Wilayah
- Penduduk
- Pemerintah
- Kedaulatan

Apakah Tujuan dan fungsi negara?

Negara dapat dipandang sebagai asosiasi manusia yang hidup dan bekerja sama untuk mengejar beberapa tujuan bersama. Dapat dikatakan bahwa tujuan terakhir setiap negara ialah menciptakan kebahagiaan bagi rakyatnya. Akan tetapi setiap negara, terlepas dari ideologinya, menyelenggarakan beberapa minimum fungsi yang mutlak, yaitu :
- Melaksanakan penertiban
- Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya
- Pertahanan
- Menegakkan keadilan

Dari materi di atas kita mengetahui bahwa menciptakan negara yang sempurna itu suatu hal yang mustahil, karena sejatinya kita tidak dapat memuaskan semua orang, tapi setidaknya kita dapat membuat negara kita menjadi lebih baik lagi.



Zaidan Athallah - 1312100194
0
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia