Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
36
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6142044584c6ea062405153b/berikut-14-barang-antik-indonesia-bernilai-harga-jual-tinggi-hinga-miliaran-rupiah
Barang antik merupakan salah satu benda yang mempunyai nilai sejarahnya sendiri. Hampir setiap rumah tentu mempunyai benda-benda yang bisa dimanfaatkan menjadi sebuah dekorasi agar tampilannya bisa menjadi lebih menarik. Barang antik memiliki daya tarik tersendiri karena desainnya yang unik, yang terkadang mengingatkan kita pada abad 19, serta bentuknya yang memiliki ciri khas tersendiri.
Lapor Hansip
15-09-2021 21:33

Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah

Past Hot Thread
Barang antik merupakan salah satu benda yang mempunyai nilai sejarahnya sendiri. Hampir setiap rumah tentu mempunyai benda-benda yang bisa dimanfaatkan menjadi sebuah dekorasi agar tampilannya bisa menjadi lebih menarik. Barang antik memiliki daya tarik tersendiri karena desainnya yang unik, yang terkadang mengingatkan kita pada abad 19, serta bentuknya yang memiliki ciri khas tersendiri.

Karena keunikannya tersebut menjadikan barang antik menjadi sangat cocok untuk menjadi sebuah dekorasi yang bernilai mahal. Barang antik memiliki bentuk yang populer di zaman saat barang tersebut diciptakan, sehingga memiliki ciri khas yang sangat berbeda dari zaman sekarang. Barang antik juga menjadi simbol bagi kepribadian sang pemilik. Merawat barang antik tidaklah mudah karena membutuhkan kesabaran yang tinggi.

Untuk Koleksi dan Investasi Barang-barang antik tentunya memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan tidak sedikit juga yang mengumpulkannya sebagai salah satu bentuk koleksi maupun investasi. Mungkin terkadang Anda bisa terkejut mengetahui ada banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli sebuah benda antik yang langka hanya untuk koleksi pribadi saja.

Harga dari barang antik akan terus mengalami peningkatan dan akan memberikan nilai return yang baik di kemudian hari jika barang antik tersebut terus Anda rawat dengan baik.

Berikut ini barang antik dengan harga jual selangit

1. Uang Kuno
(uang Koin Kuno 1 Cent 1855)

Uang kuno Koleksi uang kuno memiliki nilai jual yang sangat tinggi. memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Uang kuno selalu menjadi barang antik yang digemari oleh para kolektor. Uang yang Anda miliki sekarang ini bisa menjadi barang antik yang bernilai sangat mahal dalam waktu 20 tahun mendatang. Oleh karena itu, anda dapat mempertimbangkan untuk menyimpan beberapa pecahan uang yang anda miliki sekarang ini untuk menciptakan harta karun tersembunyi di rumah anda. Selain itu juga, uang-uang kuno yang ada sejak dahulu kala saat ini bisa menjadi sebuah pajangan yang sangat unik. Masukkanlah uang kuno tersebut ke dalam sebuah pigura dan simpan baik-baik.


2. Perangko
Quote:Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
Prangko pertama di Indonesia tahun 1864
(DOK. PERKUMPULAN FILATELIS INDONESIA)

Perangko adalah salah satu bentuk koleksi yang sangat populer hingga saat ini. Perangko dapat menjadi salah satu pilihan untuk koleksi barang antik. Orang yang mengoleksi perangko disebut filateli. Perangko memiliki gambar yang berbeda-beda, dari zaman ke zaman dan dari berbagai negara. Koleksi perangko yang banyak dan bermacam jenis dan asalnya, memiliki nilai jual yang tinggi, terutama perangko-perangko yang sudah berumur cukup lama.

Prangko pertama di Indonesia tercatat terbit pada 1 April 1864, ketika Indonesia masih berada di bawah jajahan pemerintah Hindia Belanda. Mengutip dari Kompas.com harga prangko pertama di Hindia Belanda ini semakin hari semakin tinggi karena jumlahnya yang makin langka. Sekretaris Jenderal Persatuan Filatelis Indonesia (PFI) saat itu, Rijanto, mengatakan, prangko pertama di Hindia Belanda itu bisa dihargai hingga Rp 1,6 miliar. Harganya kini bisa jadi lebih mahal.

Bahkan, harga tersebut jauh lebih tinggi dari prangko pertama di dunia yang dikeluarkan di Inggris pada 6 Mei 1840, yang dikenal dengan nama Penny Black.


3. Lukisan Kuno
Quote:Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah

Lukisan-lukisan Termahal di Indonesia
Foto: AP/Kin Cheung

Lukisan merupakan salah satu barang antik yang terbilang mahal dan indah. Jika Anda mencari salah satu dekorasi yang paling banyak ditemui pada setiap rumah maka Anda bisa memanfaatkan lukisan sebagai jawabannya. Di Indonesia sendiri ada banyak pelukis terkenal yang karyanya sangat indah, salah satunya adalah pelukis Sindoesoedarsono Soedjojono. Lukisan tersebut dijual dengan harga yang sangat fantastis dan bisa menjadi dekorasi rumah Anda yang sangat indah.

Lukisan karya pelukis Indonesia tak kalah hebat dari ciptaan seniman mancanegara. Lukisan karya anak bangsa banyak yang sudah keluar-masuk Balai Lelang internasional maupun berhasil memecahkan rekor termahal.

Sebagian besar lukisan berasal dari karya pelukis seni modern yang sudah wafat. Seperti Hendra Gunawan yang namanya melambung Detik.com pada Oktober 2015 karena lukisan 'Bathing in the Shower' terjual Rp 18 miliar di Balai Lelang Sotheby Hong Kong.

Sebelum Hendra Gunawan, ada karya pelukis Sindoesoedarsono Soedjojono (S.Sudjojono) yang memecahkan rekor di Asia Tenggara. Lukisan berjudul 'Pasukan Kita yang Dipimpin Pangeran Diponegoro' memimpin pencapaian tertinggi dengan mengutip dari harga Rp 85,7 miliar di Sotheby's Hong Kong.


4. Patung Dewa Siwa
Quote:Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah

Ilustrasi patung lembu dewa siwa.
sumber gambar (Tokopedia)

Nilai historis yang cukup tinggi, meski berukuran kecil, benda purbakala juga memiliki nilai jual 'selangit.' Contohnya, arca peninggalan Dinasti Syailendra dan wangsa Sanjaya, patung Maha Nandi. Di Singapura, patung berbentuk sapi ini, pernah ditawar Rp 60 miliar. Wow, harga yang cukup fantastis!

Dan kali ini, hari Sabtu-Minggu, masyarakat Kota Pahlawan, berkesempatan untuk melihat arca berusia 1.400 tahun itu di Hotel Meritus Jalan Basuki Rahmad, Surabaya, Jawa Timur. Bagi, kolektor benda-benda bersejarah, bisa coba-coba menawar, tapi jangan kecewa kalau uang Anda ditolak. Sebab, patung terbuat dari perunggu itu tidak diperjualbelikan.

Mengutip dari Merdeka.com "Arca Maha Nandi ini pernah ditawar Rp 60 miliar. Berdasarkan taksiran balai lelang di Singapura, kisaran harganya antara USD 2 juta dolar USD 6 juta. Kalau kurs-nya 1 dolar sama dengan Rp 10 ribu, kan mencapai Rp 60 miliar nilainya," terang pemilik arca Maha Nandi, Johan Jan, Sabtu (29/9).

Dalam gelar pameran barang purbakala ini, Johan yang sekaligus penyelenggara pameran, juga menyebut patung ukuran panjang 15 cm, lebar 10 cm dan tinggi sekitar 7 cm dengan berat 1,4 kilogram itu, menjadi masterpiece di antara semua patung purbakala yang dipamerkan, yaitu puluhan candi dan patung.

Untuk itu, pemerintah Indonesia memberi hak kepada MTQI untuk menyimpan dan merawat benda bersejarah tersebut.


5. Komik Superman
Quote:Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah

Gambar Superman
(Link Gambar)

Mengutip dari guide.idKomik Superman Edisi pertama di Indonesia. Anda mungkin tak pernah menyangka bahwa komik Superman edisi pertama yang awalnya dijual sekitar Rp 5.000 pada 1938 bisa terjual hingga 3,2 juta dolar (sekitar Rp 45 miliar) saat dilelang pada 2014. Namun itulah kekuatan barang-barang collectible.

Semakin langka dan tidak mudah didapat, maka harganya semakin membumbung. Bukan hanya di luar negeri saja, di Indonesia juga banyak barang-barang unik langka incaran para kolektor.


6. Jam Kuno
Quote:
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah

Gambar Jam kuno (gambar: pixabay)

Jam antik adalah salah satu bentuk hiasan yang mewah dan bernilai tinggi. Jam kuno atau jam antik merupakan salah satu aset yang memiliki nilai tinggi. Jika di rumah Anda terdapat sebuah jam kuno, perbaikilah agar fungsinya bisa terus berjalan dengan normal dan menjadi sebuah hiasan yang bermanfaat. Jam kuno yang masih berfungsi dengan baik bisa menjadi salah satu bentuk investasi jangka panjang yang berharga.


7. Lempengan Emas Dewa Angin
Quote:Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah

Lempengan emas yang ditemukan di Boyolali
(Jakarta Post/Ganug Nugroho Adi)

Mengutip dari Liputan6.comPada tahun 2016 pekerja di Jawa menemukan kotak berisi 22 lempengan emas kecil di desa Ringilarik, Boyolali, Jawa Tengah. Berasal dari Abad ke-8, lempengan tersebut berisi simbol dan karakter tentang dewa. Lempengan tersebut terbuat dari emas 18 karat dan berukir aksara Jawa kuno. Tulisan di dalamnya memberikan arah para dewa angin versi Jawa kuno.

Sejauh ini, para ahli telah mencatat nama-nama delapan dewa angin dari lempengan terpisah.


8. Kalung Emas Berbentuk Kerang kuno
Quote:Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah

Kalung emas berbentuk kerang
(kekunoan.com)

Gelang tangan emas, besar dan agak kecil yang terlupakan dipakai pasangan-perempuan dewasa terbuat dari lempengan emas yang ditempa, diisi tanah liat berkualitas tinggi kemudian ditutup lempengan perunggu yang dipatri.


9. Kelat Bahu Emas kuno
Quote:Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah

Kelat bahu berbahan emas 18 karat bermotif dengan penggarapan yang sangat halus
(kekunoan.com)

Kelat bahu besar-kecil yg merupakan kelat bentuk antefiks (simbar) berhias kepala Kala berahang bawah, floral dan sulur daun. Kelat bahu ini biasanyakan di bahu/lengan atas pakai tali. Semuanya berbahan lempengan emas yang dipahat.


10. Kalung Emas Kerajaan Kuno
Quote:Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah

Kalung emas besar dikenakan pada kuda atau gajah saat perarakan kerajaan
(kekunoan.com)

Kalung binatang piaraan yaitu gajah atau kuda yang dipakai saat arak-arakan kerajaan. Ada juga anting-anting dengan banyak jenis dan bentuk emas dan berhias batu mulia, Hiasan pinggang (pending) yang biasa dipakai bangsawan tinggi atau raja.


11. Gayung siwur Emas Peninggalan Mataram Kuno
Quote:Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah

Gayung siwur emas peninggalan era Mataram kuno, satu dari sekian banyak barang harta karun Wonoboyo (kekunoan.com)

Gayung atau siwur emas berukir yang dipakai alat upacara pengambilan air suci bermotif hias daun (ron) tal . Terdapat inskripsi jawa kuno “brat su 8 ma 13 ku 2” di sisi gayung yang menunjukkan berat barang yang terbuat dari emas itu.


12. Mangkuk miniatur wadah air (Emas)
Quote:Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah

Mangkuk miniatur wadah air dari daun palem (kekunoan.com)

Mangkuk emas berbentuk miniatur wadah air dari daun palem yang sangat halus pengerjaannya. Ada juga mangkuk emas lain bertulis “Cri Spi” atau “Sri Spi”. Sri umumnya dipakai sebagai artikel penyebutan maharaja, menjadi “sri maharaja”. “Sri” juga dipakai sebagai garbhanama seorang bangsawan.


13. mangkuk Emas kuno
Quote:
Quote:Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah

Master piece 'Wonoboyo Hoard' adalah mangkuk bersegi enam berukiran kisah Ramayana di sisi-sisi luarnya yang terbuat dari emas berkualitas tinggi
(kekunoan.com)

Quote:Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah

Replika benda-benda temuan di Wonoboyo untuk dipajang di museum Prambanan. Benda Tidur Ada di Museum Nasional di Jakarta
(kekunoan.com)

Mangkuk berlekuk enam dengan ukuran panjang 28,8 cm, lebar 14,4 cm, serta tinggi 9,3 cm yang dianggap sebagai masterpiecetemuan Wonoboyo. Sisi-sisi luarnya berukir relief cerita Ramayana, yakni masa pembuangan Rama, Shinta, dan Laksmana hingga penculikan Shinta oleh Rahwana. Sisi pertama menggambarkan adegan Dewi Sita digoda kijang emas.


14. Cawan Emas kono
Quote:Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah

Cawan emas yang di bagian dasarnya terdapat inskripsi Cri spi yang terlupakan adalah nama pemilik
(Tribun Jogja) | Setya Krisna Sumargo

Semua temuan di lahan Cipto Suwarno kemudian diangkut ke Balai Desa Wonoboyo. Inilah penemuan harta karun sejarah paling besar dan spektakuler di Indonesia hingga saat ini.

Bahkan sempat meminta bantuan para pemuda setempat untuk berkunjung selama sebulan. Teman-teman pembaca muda yang lahir tahun 2000 ke atas, acara ini mirip dengan orang yang mendapat rejeki dari togel yang di masa lalu masih dilegalkan. Mereka juga meminta tetangga ikut menjaga rumah agar uangnya aman.


#Cara Merawat Barang Antik di Rumah

Barang antik harus dijaga agar tidak mudah rusak. Barang antik adalah salah satu barang yang sudah cukup lama termakan oleh usia. Agar kemewahan dan kecantikannya bisa terus terjaga maka barang antik tersebut haruslah Anda jaga dengan baik. Dilansir dari Grace, inilah beberapa cara merawat barang antik di rumah Anda:
  1. Simpan barang antik pada sebuah tempat khusus agar terhindar dari kerusakan.
    Bersihkan barang-barang secara berkala dari debu dan kotoran.

  2. Jangan terlalu sering memoles permukaan barang antik karena sangat rentan sekali rusak.

  3. Memindahkan barang antik secara berhati-hati agar tidak rusak karena usianya yang sudah terlampau tua.

Itulah beberapa barang antik yang memiliki nilai tinggi. Jika AganSist mempunyai salah satu benda barang antik Simpanlah dengan baik benda-benda tua yang Anda punya dan jangan buang terlebih dahulu karena nilainya bisa akan terus meningkat di kemudian hari.



Barang antik => , , , , ,
Quote:
Diubah oleh volcom77
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
15-09-2021 21:34
masih gk habis tingking dgn harga segituemoticon-pencet
Quote:
Diubah oleh volcom77
0 0
0
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
15-09-2021 21:34
Ngopi dulu ☕
Diubah oleh volcom77
0 0
0
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
15-09-2021 21:58
Pengen banget jam antiknya emoticon-Big Grin
profile-picture
volcom77 memberi reputasi
1 0
1
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
15-09-2021 22:01
Quote:Original Posted By volcom77
Amankan


Quote:Original Posted By vatefairefoutre
Pengen banget jam antiknya emoticon-Big Grin


Kren ya gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 00:32
koin 100 rumah gadang dihargai 10 juta?
Dirumah banyak nooh.
Dihargai separoh harga diatas, langsung ambil aja.
emoticon-Ngakak
Diubah oleh a2team
profile-picture
volcom77 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 00:36
Nenek gw dijual laku kg ya?
Kan udah termasuk brg antik tuh
profile-picture
profile-picture
forgiveme dan volcom77 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 00:38
Quote:Original Posted By volcom77
Kren ya gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By a2team
koin 100 rumah gadang dihargai 10 juta?
Dirumah banyak nooh.
Dihargai separoh harga diatas, langsung ambil aja.
emoticon-Ngakak


Iya benar bre. Tu uang koin 100 rupia dan 50 rupia ada di jual di tokopedia dgn harga 10 jt dan 15 jt. Aneh aja kaget liat nya emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 08:02
Emmmm
profile-picture
volcom77 memberi reputasi
1 0
1
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 08:23
yang uang koin di tokopedia itu mah akal2an yang jual aja, harga aslinya paling juga 100.000 itupun kalo ada yang mau
profile-picture
volcom77 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 10:27
kalungnya (no 10) epic gede banget bisa dijadiin rompi anti peluru tuh. kayanya itu yg paling khas sama kerajaan di nusantara
0 0
0
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 12:12
Enggak pernah ditemukan baju perempuan jaman dulu ya? Berarti jaman dulu enggak pada pakai baju. Hemm
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 12:48
Yg no 1 , gak segitu nya kali gan, banyak yg punya itu. Ane aja ada duit kuno begituan. Klo harga segitu ane mau deh bisa buat beli ipin terbaru. emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 14:15
Kok keris ga ada gan
Maharnya bisa M
0 0
0
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 14:58
Bambu petuk mana? TS ga tau harga bambu petuk antik itu milyaran???? emoticon-Cool
0 0
0
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 15:04
Wah banyak banget ya koleksinya gan
Bisa banyak duit nih kalo dijual semua

emoticon-Jempol
0 0
0
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 15:17
gileee barsng kuno semua ituuu.. 👍🏻
0 0
0
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 15:49
Quote:Original Posted By riodgarp
yang uang koin di tokopedia itu mah akal2an yang jual aja, harga aslinya paling juga 100.000 itupun kalo ada yang mau


Simpan bre.😄
Penyesalan selalu ada di belakang.
Diubah oleh volcom77
0 0
0
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 15:56
Nahhh peminatnya nya ternyata orang asing gk tau apa kelebihan uang tersebut hingga di beli dgn harga selangit.emoticon-Ngakak
profile-picture
angel.y memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 18:15
harganya tinggi2, tpi kagak bisa dicairin emoticon-Jempol
profile-picture
angel.y memberi reputasi
1 0
1
Berikut 14 Barang Antik Indonesia Bernilai Harga Jual Tinggi Hinga Miliaran rupiah
16-09-2021 18:17
Komik bisa juga sampe harga miliaran ya, haha

Quote:
Nitip sendal gan (tentang Brainwave teknologi)




emoticon-Paw
Diubah oleh greasemonkey09
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia