News
Batal
KATEGORI
link has been copied
2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6140a6feae9e9375e14f2fb2/china-hadiahkan-stadion-baru-senilai-rp21-triliun-kepada-kamboja
China menghadiahkan kepada Kamboja sebuah stadion baru senilai USD150 juta (Rp2,1 triliun) di Phnom Penh. Para pejabat di Phnom Penh mengatakan itu adalah hibah infrastruktur terbesar Beijing ke negara itu. Stadion berkapasitas 60.000 orang itu adalah proyek terbaru di bawah inisiatif Belt and Road China senilai triliunan dollar, sebuah rencana untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur dan mening
Lapor Hansip
14-09-2021 20:43

China Hadiahkan Stadion Baru Senilai Rp2,1 Triliun kepada Kamboja

China menghadiahkan kepada Kamboja sebuah stadion baru senilai USD150 juta (Rp2,1 triliun) di Phnom Penh. Para pejabat di Phnom Penh mengatakan itu adalah hibah infrastruktur terbesar Beijing ke negara itu.

Stadion berkapasitas 60.000 orang itu adalah proyek terbaru di bawah inisiatif Belt and Road China senilai triliunan dollar, sebuah rencana untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur dan meningkatkan pengaruh Beijing di luar negeri.

Baca juga: Ibu Ini Dibunuh saat Memeluk Bayinya, Dua Hari setelah Demo Taliban

Penyerahan stadion yang dimaksudkan sebagai venue utama saat Kamboja menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) 2023 itu dilakukan oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi saat berkunjung.



Menteri Pariwisata Kamboja Thong Khon mengatakan stadion senilai USD150 juta itu merupakan hibah terbesar China kepada Kamboja untuk proyek infrastruktur.

Terletak di Ibu Kota Kamboja, Stadion Nasional Morodok Techo menyerupai kapal layar, melambangkan persahabatan lama kedua negara saat orang-orang China biasa melakukan perjalanan ke Kamboja dengan perahu.

Dikelilingi oleh parit yang menggemakan badan air yang mengelilingi kompleks candi Angkor Wat.

Perdana Menteri Hun Sen dalam beberapa tahun terakhir menghadapi kritik atas ketergantungannya pada Beijing. Namun dia membela hubungan kedua negara kemarin, dengan mengatakan China adalah "teman yang dipercaya dan dihormati".

“Apakah saya melakukan kesalahan dalam menghubungi teman kami, China, ketika kami telah mencapai hasil seperti ini?” tanya dia, mengacu pada hibah stadion baru.

“Ini adalah tonggak baru dalam persahabatan erat antara Kamboja dan China,” imbuh dia, seperti dikutip AFP, Senin (13/9/2021).



Selama kunjungan Wang Yi, kata Hun Sen, Kamboja dan China juga menandatangani beberapa kesepakatan baru di mana Beijing menjanjikan total USD250 juta untuk proyek-proyek pembangunan negara itu.

Wang Yi kemudian berjanji untuk terus mendukung perluasan infrastruktur Kamboja.

Dia menambahkan China tidak pernah menetapkan “kondisi politik” dalam kerjasamanya dengan Kamboja.

Kamboja telah lama menjadi sekutu setia Beijing, menerima miliaran dollar dalam bentuk pinjaman lunak dan investasi.

China juga telah memasok Phnom Penh dengan hampir 28 juta dosis vaksin COVID-19, termasuk sumbangan 4,3 juta suntikan.
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan jerrystreamer1 memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
China Hadiahkan Stadion Baru Senilai Rp2,1 Triliun kepada Kamboja
15-09-2021 00:03

Kalau dimari kereta hingga alutsista bekas puluhan tahun masih mau bayar mahal

Untungnya sekarang makin cerdas pilih KCIC kereta cepat spek terbaru, bukan barang bekas overprice lagi


profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
China Hadiahkan Stadion Baru Senilai Rp2,1 Triliun kepada Kamboja
Kemarin 00:10
disana emang banyak sekali investasi china, bahkan pembangunan nya gila2an. mungkin sehabis pandemi mo jalan2 kesana lagi ah
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia