News
Batal
KATEGORI
link has been copied
54
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/613f6dbc8aa14f47461b9282/memakai-tablet-pilot-jet-tempur-bisa-dengan-mudah-mengendalikan-loyal-wingman
Teknologi terus berkembang pesat, di bidang militer misalnya kita telah banyak melihat mulai digunakannya drone dalam berbagai konflik. Meski awalnya digunakan untuk misi pengintaian, kini drone juga mulai dikembangkan untuk bertempur dengan kemampuan membawa rudal. Selain drone yang dikendalikan dari ground control yang berada di darat, kini juga mulai dikembangkan drone yang akan dikendalikan ol
Lapor Hansip
13-09-2021 22:26

Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Teknologi terus berkembang pesat, di bidang militer misalnya kita telah banyak melihat mulai digunakannya drone dalam berbagai konflik. Meski awalnya digunakan untuk misi pengintaian, kini drone juga mulai dikembangkan untuk bertempur dengan kemampuan membawa rudal. Selain drone yang dikendalikan dari ground control yang berada di darat, kini juga mulai dikembangkan drone yang akan dikendalikan oleh pilot pesawat tempur, drone jenis ini biasa disebut sebagai "loyal wingman."

Bicara soal loyal wingman yang rencananya akan diaplikasikan untuk kebutuhan pesawat generasi 4 dan 5, ada kabar terbaru bahwa pengoperasian loyal wingman di masa depan akan bisa dilakukan melalui tablet. Mengutip laporan TheDrive.com General Atomics Aeronautical Systems (GA-ASI ) baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah melakukan demonstrasi untuk menunjukkan bagaimana pilot jet tempur generasi keempat dan kelima akan bekerja sama dengan pesawat tak berawak tipe semi-otonom "loyal wingman" di masa depan.

Selama pengujian, seseorang yang menerbangkan pesawat turboprop bermesin ganda Beechcraft King Air yang dikonfigurasi secara khusus, bertindak sebagai pengganti untuk jet tempur, pilot pesawat tersebut dapat mengeluarkan perintah ke drone Avenger melalui aplikasi perangkat lunak yang telah dipasang ke dalam perangkat tablet.

GA-ASI mengumumkan  keberhasilan penyelesaian demonstrasi pada website resminya tanggal 3 September 2021. Tes sebenarnya telah dilakukan di langit California selatan pada 25 Agustus. Avenger terbang dari fasilitas Desert Horizon perusahaan di Mojave Desert, sedangkan King Air yang dimodifikasi dioperasikan dari Bandara Eksekutif Montgomery-Gibbs San Diego.


Quote:
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman

Ilustrasi: GA-ASI



Dalam tulisan di website resminya, demo berlangsung selama kurang lebih dua jam, tes tersebut berhasil membuktikan kemampuan GA-ASI MUM-T [manned-unmanned teaming] untuk membantu pesawat tempur dalam misinya sambil secara mandiri menjalankan perilaku dan misi yang memberikan peningkatan kesadaran dan efektivitas kepada pilot pesawat tempur.

Mike Atwood, Senior Director of Advanced Concepts GA-ASI mengatakan bahwa, kemampuan loyal wingman Avenger telah memenuhi standar Group 5 setelah melakukan berbagai uji coba dalam kurun waktu setahun. Group 5 sendiri merupakan standar tertinggi yang digunakan oleh militer AS untuk menentukan sistem drone yang akan digunakan. Salah satu stmadar Group 5 adalah kendaraan tak berawak dengan berat lebih dari 1.320 pounds dan ketinggian terbang mencapai 18.000 feet.

Pada beberapa tes yang telah dilakukan GA-ASI setahun terkakhir telah melibatkan drone yang dilengkapi dengan Legion Pod bauatan Lockheed Martin yang dilengkapi dengan sensor pencarian dan pelacakan inframerah (IRST) IRST21. Pada bulan Juli 2021, sebuah drone Avenger yang membawa Legion Pod menunjukkan kemampuannya untuk secara mandiri menemukan dan melacak target, serta mengejar mereka.

Sistem IRST yang dipasang pada drone Avenger kedepannya digunakan untuk mendeteksi dan melacak pesawat musuh dan ancaman lainnya, dengan begitu pilot tidak perlu menggunakan radar pesawat mereka secara aktif. Hal ini berarti membuat pesawat tempur kelak semakin sulit dideteksi, karena mereka tidak perlu repot-repot untuk sampai masuk jauh ke ruang udara musuh.

Sensor IRST juga digadang-gadang akan punya fitur penyerap radar sehingga membuatnya sulit dideteksi oleh pesawat lawan dan kebal terhadap gangguan elektromagnetik, menjadikannya aset berharga untuk menghadapai deteksi radar musuh dalam misi di lingkungan yang penuh dengan aset peperangan elektronik atau pesawat tempur berdesain stealth.


Quote:
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman

Avenger dilengkapi Legion Pod di bawah sayap kanan.

Ilustrasi: GA-ASI



Dengan semua demonstrasi dengan drone Avenger, diharapkan drone ini kedepannya dapat beroperasi dalam jaringan bersama dengan pesawat tempur berawak untuk melakukan misi pertempuran udara. Drone akan memberikan peningkatan jangkauan dan cakupan sensor di area yang luas untuk seluruh kelompok pesawat tempur dan data sensor mereka dapat digabungkan bersama dengan informasi dari sumber offboard lainnya untuk memberi pilot pesawat tempur peningkatan kesadaran terhadap pertempuran secara signifikan. Hal ini, pada akhirnya akan membantu pilot untuk megambil tindakan untuk melawan ancaman tersebut, atau bahkan menghindarinya. 

Dari pengujian GA-ASI baru-baru ini menunjukkan bahwa, dengan mengendalikan perangkat command and control (C2) dari drone Avenger melalui tablet yang terintegrasi dengan aplikasi RCU-1000 Advanced Human Machine Interface Autonodyne, mampu memberikan kesadaran situasional real-time kepada pilot jet tempur. Autonodyne selaku perusahaan pengembang RCU-1000, menggambarkannya sebagai "software wrapper," merupakan aplikasi yang menyediakan interface visual yang mudah digunakan untuk menyajikan data yang masuk dari drone serta cara untuk mengeluarkan berbagai perintah kepada drone serta pesawat tempur yang lain.

Sekilas tentang Autonodyne, merupakan perusahaan AI perangkat lunak yang berbasis di Boston. Berspesialisasi dalam kontrol dan tampilan kendaraan tanpa awak di domain udara, darat, dan laut. Produk utama mereka berpusat pada Stasiun Kontrol Umum dan perangkat lunak otonom dalam untuk pelanggan pertahanan, pemerintah, dan sipil.


Quote:
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman

Drone Avenger buatan GA-ASI.



Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman

Drone di atas dapat dikendalikan melalui tablet yang sudah terinstal aplikasi RCU-1000.

Foto: GA-ASI



Selain itu, RCU-1000 sering disebut sebagai 'platform agnostic', artinya tidak dirancang khusus untuk mengendalikan jenis drone tertentu. Di luar Avenger, situs web Autonodyne mengatakan bahwa RCU-1000 telah digunakan untuk mengoperasikan "puluhan" jenis drone yang berbeda. Contoh drone lain yang sidah beroperasi dengan RCU-1000 salah satunya adalah UTAP-22 Mako Kratos, desain loyal wingmen yang telah melakukan uji coba dengan Angkatan Laut AS, dan sekarang Angkatan Udara AS, dalam beberapa tahun terakhir.

UTAP-22 telah menjadi platform awal yang digunakan Angkatan Udara AS untuk membawa sistem yang dikembangkan di bawah program Skyborg -nya. Tujuan keseluruhan dari Skyborg, di mana GA-ASI juga terlibat, adalah untuk mengembangkan "otak komputer" yang digerakkan oleh kecerdasan buatan dan sistem terkait, yang akan mampu menerbangkan loyal wingman secara semi-otonom, serta berpotensi sepenuhnya untuk mengendalikan kendaraan udara tempur tak berawak otonom (UCAV).

RCU-1000 juga tidak memerlukan perangkat keras khusus untuk mengoperasikannya. Hal ini akan menjadi cara yang relatif mudah untuk mengintegrasikan control interface dan kemampuan loyal wingman yang menyertainya ke dalam berbagai jet tempur serta pesawat lain dalam skala luas, sekaligus melakukannya dengan cepat dengan biaya rendah.

Sebenarnya saat ini sebagian besar pilot pesawat militer AS sudah menggunakan tablet yang dipasang di paha untuk tujuan lain, jadi sangat mungkin jika aplikasi sistem kontrol drone melalui tablet ini kedepannya dapat dengan mudah memanfaatkan perangkat keras yang sudah ada dan dipakai oleh militer AS. Dan berikut ini beberapa platform hardware yang sudah diuji Autonodyne yang kompatibel dengan aplikasi RCU-1000.


Quote:
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman

Contoh perangkat yang Autonodyne uji coba dan telah kompatibel dengan RCU-1000.

Ilustrasi: Autonodyne




Sementara itu, karena GA-ASI terus membuat langkah signifikan dalam pengembangan teknologi drone otonom dan semi-otonom, ada kebutuhan yang meningkat akan sistem yang memungkinkan awak pesawat berawak untuk bekerja secara langsung dengan platform tak berawak ini. Masa depan di mana pilot pesawat tempur memiliki kemampuan untuk mengoperasikan loyal wingman dengan menggunakan sesuatu yang sederhana seperti tablet layar sentuh di paha mereka dengan cepat akan menjadi kenyataan.

Di tengah semakin maraknya penggunaan drone serta mulai diciptakannya loyal wingman menjadi era baru dalam segmen pertahanan, khsususnya bagi matra udara. Tak bisa dipungkiri, perlahan-lahan pihak militer mulai banyak memasukkan unsur software serta kecerdasan buatan untuk memudahkan pilot dalam menjalankan misinya di era yang serba digital ini. Selain itu pemasangan berbagai perangkat elektronik yang canggih juga bertujuan untuk menghindari jatuhnya korban jiwa dari para pilot itu sendiri.

Dan berikut ini adalah sekilas cuplikan video ketika Autonodyene menguji coba aplikasi RCU-1000 untuk mengendalikan jenis drone yang lainnya.


Quote:





----------



Demikian sedikit informasi yang bisa TS sampaikan pada kesempatan kali ini, tetap semangat dan jaga kesehatan, sampai jumpa emoticon-Angkat Beer





Referensi Tulisan: TheDrive.com, Autonodyne& GA-ASI
Ilustrasi Foto: GA-ASI & Autonodyne
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 30 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
13-09-2021 22:27
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman

Komen Legend di Kaskus terkait inovasi di bidang teknologi oleh negara lain:


Di saat negara lain sudah mulai menguji coba teknologi yang lebih canggih, masyarakat di sebuah negara kepulauan di Asia masih saja meributkan soal agama emoticon-Ngacir



Best Komen emoticon-Blue Guy Cendol (L)



Quote:Original Posted By gonugraha76
Dipelopori oleh Boeing Australia dan AU Australia dalam program Airpower Teaming Sistem / ATS yang kemudian UCAV nya dikenal dengan julukan " Loyal Wingman ".
Dalam program manned n unmanned teaming ( MUM T ) yang seolah sudah menjadi standar tempur baru dengan melibatkan peran lebih banyak unmanned vehicle serta penggunaan long range weapon yang bertujuan untuk :

1. Memperoleh informasi tempur sebanyak dan selengkap mungkin baik mengenai jumlah, posisi, jenis senjata dan manuver lawan.

2. Meningkatkan kecepatan dan akurasi dalam serangan dan efektifitas sistem pertahanan.

3. Dapat meminimalkan jumlah dan resiko bagi personel digaris depan.

Pihak Russia khususnya pada program future fighternya juga masih terus mengembangkan integrasi sistem pada kombinasi utama MUM T mereka : heavy fighter Sukhoi SU 57M Felon dengan pilihan wingman antara UCAV Sukhoi S 70 Okhotnik B atau light fighter Sukhoi SU 75 Checkmate.
Pada aplikasi MUM T, Russia juga berbeda dari kompetitornya karena tetap mempertahankan kemampuan dan fungsi tempur serta manuverability khas fighter jet Russia pada gen 5 heavy fighter Sukhoi SU 57 Felon agar tetap dapat beroperasi maksimal dengan atau tanpa wingman serta tidak adanya konsep carrier missile sehingga tidak membebani fighter jet utamanya.
Sukhoi SU 57M Felon sebagai central n command fighter juga dilengkapi dengan teknologi unmanned agar dapat terbang mandiri walaupun tetap membutuhkan otorisasi dari pilot bagi semua tindakan taktikalnya. Selain itu juga dilengkapi dengan tandem seat untuk memberi tempat bagi operator tactical command n control bagi UCAV loyal wingman. Dengan demikian ada pembagian tugas yang jelas antara pilot SU 57M Felon dengan operator UCAV.
Dengan adanya on board operator UCAV, maka tiap 1 unit SU 57M Felon akan didampingi oleh 1 s/d 4 unit UCAV S 70 Okhotnik B loyal wingman sehingga dapat memperluas target misi karena bisa saja setiap pesawat mempunyai misi yang spesifik.
Saat ini Russia sedang mengerjakan project LHD Amphibious Assault Ship ( project 23900 Ivan Rogov ) yang nantinya akan menjadi sea base bagi kombinasi armada naval helikopter dan UCAV S 70 Okhotnik B.


Quote:Original Posted By yoseful
Hmm, pnggunaan tablet ama pilot ini tuk pasukan drone mreka, berarti jet tempur nya hrs dual pilot ya, gan...... Ato cukup 1 pilot saja sih dlm 1 jet tempur tuk kontrol pasukan drone nya, gan.....


Quote:Original Posted By redemption878
Itu bawa pod sblh kanan doank gk berat sblah??

Tiap anggota ada tab d paha
Techy bgt

Yg d tangan jg ada tuh
Gadget paan y
Seukuran jam tangan gtu


Quote:Original Posted By black_robo
Di Indonesia ini sich udah duluan pake tablet.
Tapi dulu pake tabletnya di Hawk Mk-53 buat GPSnya emoticon-Malu


Quote:Original Posted By mynameisant
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman


Quote:Original Posted By sayahakuh
ngurusin plandemi aj blm beres2 wkwkwk


Quote:Original Posted By bobseptian92
Udah kayak call of duty aja emoticon-Matabelo
Lagi perang tinggal keluarin hp terus drone dateng emoticon-Matabelo
Tapi kalau di perang sungguhan harus ada syarat sekian kill dulu gak nih? emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By jlamp
Panasonic Toughpad...

Sistem OS android pastinya... Udah kayak main game yak.
emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By zeze6986
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman



Keknya enak tinggal pencet-pencet doank


Quote:Original Posted By pannotia.server
Sebentar lagi,,, bener bener nyata yah beperang serasa maen gameemoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By sarfaraaz
Tablet nya bukan evercoss kan?


Tinggal tunggu china bikin kw nya nihemoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By prabas
apalah kita yg punya tablet aja buatan nexian...
emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By Embed
Koneksinya dewa banget itu pasti


Quote:Original Posted By kudo212
smakin menuju star wars


Quote:Original Posted By Tonozz
ga keder apa ya bagi konsentrasi nyetir jet tempur sama operasiin gadget tempur juga?


Quote:Original Posted By five.5
Berlomba lomba update keperluan buat perang... ngeri deh emoticon-Takut


Quote:Original Posted By azhuramasda
Kalahnya sama jammer jarak jauh kali ya?


Quote:Original Posted By Stand_Not_Still
Bentar lagi pake joystik PS sambil make VR, trus ga lama stick diganti pake virtua stick yang di pasang macem sarung tangan


Quote:Original Posted By salonPlusPluss
tembak satelitnya

bubar....!!


Quote:Original Posted By mizu19
Bisa dipake di Samsung J2 Prime gak ya


Quote:Original Posted By kakeksegalatahu
Lama2 pilot pada rebahan semua. Kendali pesawat cuma via VR....


Quote:Original Posted By mingkki
Serasa main ace game ps2


Quote:Original Posted By bingsunyata
Kenapa saya jadi ingat game jadul pesawat yang ada loyal wingman -nya itu yah ?


Quote:Original Posted By ghahaha
Jadiinget pesawat yang jatuhin bom, kalau masih pakai orang ada batesan daya ledak, sekarang karena banyak yang ngga berawak jadi bisa bebas aja


Quote:Original Posted By yp9nn
itu ada yang pake anelog kek konsol tendo sewich jd berasa maen gim jir emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By ueki19
bedanya sama game, kalau di sini tiap tindakan lu bakal berakibat nyata baik korban jiwa maupun penghancuran tempat....


Quote:Original Posted By Makati2019
Canggihemoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By arco12
yang lain sudah berkembang
indo masih ngomongin politikemoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By ibelindua
wah cocok nih besok bakal masuk cabor olimpiade... perang drone emoticon-Ngakak
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
13-09-2021 22:27
Tandain dulu biar pertamax dah emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
13-09-2021 22:47
bisa aja nih gan, disini ribut melulu mereka ud nyampe mars yak.emoticon-TeparBtw tu pilok kek main game aja ya, mantapemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
13-09-2021 23:05
Di sini sebagian orang malah belajar perang dgn memanah...emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
13-09-2021 23:33
Hmm, pnggunaan tablet ama pilot ini tuk pasukan drone mreka, berarti jet tempur nya hrs dual pilot ya, gan...... Ato cukup 1 pilot saja sih dlm 1 jet tempur tuk kontrol pasukan drone nya, gan.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
14-09-2021 02:31
Itu bawa pod sblh kanan doank gk berat sblah??

Tiap anggota ada tab d paha
Techy bgt

Yg d tangan jg ada tuh
Gadget paan y
Seukuran jam tangan gtu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
14-09-2021 08:05
Di Indonesia ini sich udah duluan pake tablet.
Tapi dulu pake tabletnya di Hawk Mk-53 buat GPSnya emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
14-09-2021 08:24
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
14-09-2021 09:24
ngurusin plandemi aj blm beres2 wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
14-09-2021 09:57
Udah kayak call of duty aja emoticon-Matabelo
Lagi perang tinggal keluarin hp terus drone dateng emoticon-Matabelo
Tapi kalau di perang sungguhan harus ada syarat sekian kill dulu gak nih? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
14-09-2021 09:58
Panasonic Toughpad...

Sistem OS android pastinya... Udah kayak main game yak.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
14-09-2021 11:03
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman



Keknya enak tinggal pencet-pencet doank
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
14-09-2021 12:35
Sebentar lagi,,, bener bener nyata yah beperang serasa maen gameemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
14-09-2021 13:19
Dipelopori oleh Boeing Australia dan AU Australia dalam program Airpower Teaming Sistem / ATS yang kemudian UCAV nya dikenal dengan julukan " Loyal Wingman ".
Dalam program manned n unmanned teaming ( MUM T ) yang seolah sudah menjadi standar tempur baru dengan melibatkan peran lebih banyak unmanned vehicle serta penggunaan long range weapon yang bertujuan untuk :

1. Memperoleh informasi tempur sebanyak dan selengkap mungkin baik mengenai jumlah, posisi, jenis senjata dan manuver lawan.

2. Meningkatkan kecepatan dan akurasi dalam serangan dan efektifitas sistem pertahanan.

3. Dapat meminimalkan jumlah dan resiko bagi personel digaris depan.

Pihak Russia khususnya pada program future fighternya juga masih terus mengembangkan integrasi sistem pada kombinasi utama MUM T mereka : heavy fighter Sukhoi SU 57M Felon dengan pilihan wingman antara UCAV Sukhoi S 70 Okhotnik B atau light fighter Sukhoi SU 75 Checkmate.
Pada aplikasi MUM T, Russia juga berbeda dari kompetitornya karena tetap mempertahankan kemampuan dan fungsi tempur serta manuverability khas fighter jet Russia pada gen 5 heavy fighter Sukhoi SU 57 Felon agar tetap dapat beroperasi maksimal dengan atau tanpa wingman serta tidak adanya konsep carrier missile sehingga tidak membebani fighter jet utamanya.
Sukhoi SU 57M Felon sebagai central n command fighter juga dilengkapi dengan teknologi unmanned agar dapat terbang mandiri walaupun tetap membutuhkan otorisasi dari pilot bagi semua tindakan taktikalnya. Selain itu juga dilengkapi dengan tandem seat untuk memberi tempat bagi operator tactical command n control bagi UCAV loyal wingman. Dengan demikian ada pembagian tugas yang jelas antara pilot SU 57M Felon dengan operator UCAV.
Dengan adanya on board operator UCAV, maka tiap 1 unit SU 57M Felon akan didampingi oleh 1 s/d 4 unit UCAV S 70 Okhotnik B loyal wingman sehingga dapat memperluas target misi karena bisa saja setiap pesawat mempunyai misi yang spesifik.
Saat ini Russia sedang mengerjakan project LHD Amphibious Assault Ship ( project 23900 Ivan Rogov ) yang nantinya akan menjadi sea base bagi kombinasi armada naval helikopter dan UCAV S 70 Okhotnik B.
Diubah oleh gonugraha76
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
14-09-2021 18:01
Bisa buat nangkep pokemon ngga
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
14-09-2021 18:10
Tablet nya bukan evercoss kan?


Tinggal tunggu china bikin kw nya nihemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
14-09-2021 18:14
apalah kita yg punya tablet aja buatan nexian...
emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
14-09-2021 18:15
Koneksinya dewa banget itu pasti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
14-09-2021 18:43
smakin menuju star wars
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Memakai Tablet, Pilot Jet Tempur Bisa dengan Mudah Mengendalikan Loyal Wingman
14-09-2021 18:54
ga keder apa ya bagi konsentrasi nyetir jet tempur sama operasiin gadget tempur juga?
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia