Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
41
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/613b4cd43d91815c574d8a84/24-cara-tips-menjaga-data-pribadi-agar-tetap-aman-dari-dunia-internet
Media sosial saat ini sudah menjadi Gaya Hidup. Hampir setiap orang yang memiliki akses ke internet, punya akun Medsos. Dengan medsos, hubungan dan komunikasi antar teman, saudara, dan keluarga tetap bisa terjaga tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu. Tapi dibalik kemudahannya, tersembunyi ancaman yang besar. Bayangkan apa jadinya jika akun medsos anda diambil alih pihak lain dan digunakan untuk
Lapor Hansip
10-09-2021 19:17

24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet

Past Hot Thread
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet

Media sosial saat ini sudah menjadi Gaya Hidup. Hampir setiap orang yang memiliki akses ke internet, punya akun Medsos. Dengan medsos, hubungan dan komunikasi antar teman, saudara, dan keluarga tetap bisa terjaga tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu. Tapi dibalik kemudahannya, tersembunyi ancaman yang besar. Bayangkan apa jadinya jika akun medsos anda diambil alih pihak lain dan digunakan untuk kejahatan dan penipuan. Untuk itu beberapa tips dibawah ini sangat berguna untuk mengamankan akun medsos anda.

1. Gunakan password yang kuat.

Hal pertama dan utama yang sering diabaikan adalah Password. Banyak orang yang membuat password berdasarkan nama, tanggal lahir, nomor HP, dll yang dianggap mudah diingat. Bahkan tak jarang hanya menuliskan nomor atau huruf berurutan seperti ‘123456’ atau ‘qwerty’.

Disatu sisi memang mudah dihapalkan, disisi lain, inilah celah keamanan terbesar yang mudah di eksploitasi. Jangan dipikir Hacker bekerja dengan algoritma rumit dan menggunakan komputer canggih untuk mengambil alih akun anda, terkadang mereka cukup menebak dari hal-hal mengenai diri anda.

Password yang aman terdiri dari variasi huruf, angka, dan karakter lainnya. Semakin banyak variasi, semakin tinggi kekuatannya. Minimal password terdiri dari huruf, angka, dan simbol, dengan panjang 6 karakter. Penggunaan Huruf besar dan Huruf kecil lebih memperkuat sehingga terhindar dari teknik tebak-tebakan dan mempersulit Brute Force atau teknik mencoba semua komposisi dengan tools pihak ketiga. Jangan gunakan kata-kata yang berhubungan erat dengan anda yang sekiranya mudah ditebak, misalnya nama, tempat lahir, tanggal lahir, nomor HP, dll.

2. Bedakan password medsos dengan password email.

Setiap pendaftaran Medsos selalu diwajibkan mengisi alamat email, hal ini digunakan untuk verifikasi pemilik medsos sekaligus untuk alternatif pemulihan akun dan password jika lupa. Untuk itu sangat penting sekali membedakan password medsos dan email. Jika suatu saat medsos diambil alih oleh orang lain tanpa ijin, anda masih bisa memulihkannya dengan mudah melalu konfirmasi email. Jika password medsos sama dengan password email, hacker dengan mudah menguasai keduanya dan memperkecil peluang anda untuk mengambil alih kembali.

3. Jangan menyimpan password di Komputer orang lain.

Perhatikan dengan baik dimana anda melakukan akses ke medsos. Jika dilakukan di komputer yang bisa diakses untuk umum, misalnya di kantor atau warnet, pastikan untuk tidak menyimpan password secara otomatis di browser. Browser internet seringkali menawarkan fasilitas penyimpanan akun dan password sehingga suatu saat jika anda mengakses ke website yang sama, otomatis kolom akun dan password diisi oleh fasilitas Auto-Fill dari Browser. Hal ini bertujuan memudahkan akses, tapi tentunya akan berbahaya jika komputer tersebut ternyata diakses juga oleh orang lain. Orang akan dengan mudah masuk ke akun medsos menggunakan fasilitas ini.

4. Pastikan alamat media sosial benar.

Phising adalah suatu teknik untuk mengumpulkan informasi termasuk akun dan password menggunakan alamat website palsu yang mirip dengan alamat website aslinya. Cara kerja phising adalah memberikan tautan ke pemilik akun yang akan mengarahkan pengguna ke website palsu yang tampilannya mirip dengan website aslinya. Anda tanpa sadar mengisi akun dan password disana, kemudian isian anda direkam oleh hacker dan anda diarahkan ke website aslinya. Sekilas anda merasa tidak ada yang salah, anda tetap bisa mengakses dan menggunakan medsos dengan normal, tapi besoknya mungkin anda akan terkejut karena password yang dimasukkan dianggap salah. Selamat, akun anda sudah diambil alih orang lain.

Cara paling aman adalah dengan mengetik secara manual https://www.website.com Ingat, semua medsos yang ada sekarang ini pasti menggunakan https karena merupakan jalur akses yang aman dari phising. Sekali lagi, pastikan anda mengetik alamat medsos dengan benar.


5. Hindari masuk ke media sosial melalui tautan luar.
(mafia online)

Hal ini berkaitan dengan Phising diatas. Rayuan untuk masuk ke website palsu biasanya dilakukan dengan memberikan tautan via email atau via website. Jika anda menerima email yang memiliki tautan ke halaman login medsos dan meminta anda mengisinya, segera tandai email spam dan abaikan semua perintahnya, meskipun ada iming-iming mendapat hadiah atau bonus, semua palsu dan tipuan. Ini juga berlaku jika anda masuk ke website tertentu dan ada janji manis hadiah menarik jika klik tautan yang mengarah ke halaman login medsos.

6. Masukkan nomor HP sebagai pengamanan.

Bagaimana jika medsos dan email sudah diambil alih pihak ketiga? Cara alternatif yang mudah adalah dengan melakukan permintaan verifikasi melalu nomor seluler. Oleh karena itu, ada baiknya anda isi nomor HP di halaman konfigurasi medsos. Jika ada masalah, maka cukup dengan konfirmasi via SMS, anda dapat mengambil alih akun anda kembali. Satu hal yang penting, jangan lupa atur hak akses nomor HP anda. Opsi yang biasanya disediakan oleh medsos adalah Publik, Teman tertentu, atau Privat. Jika anda tidak ingin ada yang tahu nomor HP anda, pilih yang privat.

7. Jangan sembarang klik tautan didalam medsos.
(tipu-tipu daya)

Banyak status berisi tawaran yang menarik untuk di klik, misalnya tawaran melihat siapa yang mengintip akun kita atau tawaran ke konten-konten dewasa. Jangan terpancing! Sekali anda klik, maka akun anda akan menyebarkan lagi tautan itu ke teman-teman dan group yang anda ikuti di medsos. Ini namanya Spam Bot. Pesan berantai yang banyak memakan korban. Jika sudah terlanjut terinfeksi, maka anda harus mencari satu persatu aplikasi mana yang terinstall di medsos yang jadi biang keladinya, kemudian hapus.

8. Jangan install aplikasi mobile medsos dari pihak tak resmi.

Jaman sekarang akses ke medsos lebih banyak menggunakan aplikasi mobile yang terinstall di HP daripada menggunakan PC atau Laptop. Setiap Sistem Operasi Mobile selalu menyediakan Marketplace resmi untuk instalasi aplikasinya, misalnya Android menyediakan Playstore dan Apple menyediakan iTunes. Lakukan instalasi aplikasi medsos melalui marketplace resmi tersebut, jangan melalui website pihak ketiga karena bisa jadi aplikasi dari pihak ketiga mengandung kode berbahaya yang akan menyedot informasi yang ada di ponsel anda. Tentunya akan digunakan untuk hal yang tidak baik yang akan merugikan anda.

9. Perkuat pengaturan keamanan Medsos.

Media sosial menyediakan pengaturan keamanan yang lengkap seperti pembatasan hak komentar, tag/penandaan, menulis di wall, melihat informasi pribadi, dll. Medsos juga menyediakan tools yang mencatat dimana dan kapan ada akses login ke akun anda. Perkuat konfigurasi keamanan akses medsos anda, jangan biarkan semua informasi terbuka untuk publik. Satu tools yang mungkin berguna adalah tool untuk melakukan LogOut diseluruh peralatan yang telah login. Dengan ini anda bisa memaksa keluar jika ada pihak ketiga yang bermain-main dengan akun anda tanpa ijin.

10. Ganti password secara berkala.

Ada baiknya jika password yang sudah digunakan bertahun-tahun diganti dengan password yang baru. Apalagi jika sudah banyak yang tahu password anda. Biasanya medsos akan memberikan notifikasi untuk ganti password jika ada permasalahan keamanan yang menyerang server mereka. Segera ganti, jangan menunda lagi. Anda juga wajib mengganti password jika dirasa ada pihak lain yang menggunakan akun anda dengan komputer atau peralatan lain. Lakukan Logout massal melalui fitur di medsos dan ganti password secepatnya.

11. Jangan memberikan akun dan password medsos ke pihak ketiga.

Ini teknik yang dinamakan Social Engineering. Caranya sederhana, menyaru sebagai pihak resmi yang meminta akun dan password anda dengan alasan keamanan. Biasanya permintaan dilayangkan melalui email dari pihak yang seolah-olah pengelola medsos yang resmi. Stop! Tidak ada satupun pengelola medsos yang akan meminta anda mengisikan nama akun dan password nya dengan alasan apapun. Jadi jika ada yang melakukan hal itu, bisa dipastikan itu Penipu.

12. Jangan lupa Log Off

Pengamanan selanjutnya adalah Jangan lupa Logout atau Logoff setelah menggunakan medsos. Khususnya jika anda akses medsos melalui komputer publik. Medsos menggunakan aplikasi kecil yang disebut cookie atau Si Kue untuk menyimpan akun dan password anda sementara waktu selama anda masih aktif dalam medsos. Si Kue ini memudahkan pengenalan dan mencatat informasi berselancar anda selama di medsos. Ini sebenarnya bukan program yang berbahaya, tetapi dengan meninggalkan komputer tanpa melakukan Logout maka otomatis akun medsos anda masih terbuka, bahkan jika anda sudah menutup browsernya, karena si Kue ini masih menyimpan akun anda. Logout dan si Kue ini akan terhapus secara sempurna dari browser anda, dan mencegah pihak lain masuk ke akun medsos anda.

13. Aktivasi otentikasi dua faktor (2FA)

Jangan berikan kode OTP pada orang lain
Otentikasi dua faktor memerlukan kode di luar kata sandi untuk masuk ke akun tertentu. Ini bisa berupa kode yang dikirimkan kepadamu melalui pesan teks atau email.

Lapisan perlindungan kedua ini dapat melindungimu, jika kata sandi kamu disusupi dengan cara apa pun.

14. Terapkan enkripsi

Enkripsi mencegah pihak lain memantau jaringan dan informasi yang kamu masukkan ke situs yang dikunjungi

Enkripsi sangat penting untuk menjaga keamanan data pribadimu di Internet. Enkripsi bekerja dengan mengacak segala sesuatu yang kamu kirim melalui jaringan.

Hal ini mencegah pihak lain memantau aktivitas jaringan dari informasi yang kamu masukkan ke situs yang dikunjungi.

15. Miliki email cadangan

Gunakan email cadangan untuk menghindari spamming
Untuk melindungi privasi akun sosial media dan internet, kamu juga perlu menggunakan email cadangan. Hampir setiap web memerlukan alamat email jika kita ingin menggunakan jasa mereka.

Jika kamu mengunjungi situs terpercaya, maka keamanan bukan menjadi masalah. Namun sayangnya, ada banyak situs dengan reputasi yang dipertanyakan. Dengan memiliki email cadangan, kamu menghindarkan diri dari spamming. Jadi, aktivitasmu di email utama tidak akan terganggu.

16. Pilih private browsing atau incognito mode

Cara jaga privasi di internet adalah dengan menggunakan mode incognito ketika browsing
History dan password yang tersimpan pada browser dapat membuat dirimu rentan terhadap ancaman keamanan.

Untungnya, browser modern telah memiliki mode private browsing atau incognito mode. Incognito mode membuat Chrome menghapus semua data history dan cache ketika kamu menutup jendela browser.

17. Pakai tracker blocker

Tracker blocker dapat mengatasi datamu bocor
Sebagian besar situs di internet menggunakan semacam platform pelacakan atau analitik. Pelacak ini membuat situs web melacak efektivitas pemasaran mereka dan mendapatkan informasi tentang jumlah pengunjung.

Sayangnya, pelacak ini juga mengumpulkan datamu, seperti alamat IP, lokasi, dan jenis perangkat. Oleh karena itu, pakai tracker blocker untuk mengantisipasinya.

18. Blokir iklan

Ad blocker juga dapat mempercepat loading situs yang dikunjungi
Pemblokir iklan mirip dengan pemblokir pelacak karena berfungsi dengan mendeteksi iklan di halaman dan memblokirnya dari memuat.

Selain melindungimu dari pengumpulan data yang dapat dilakukan iklan ini, pemblokir iklan dapat mempercepat waktu loading di situs yang kamu kunjungi. Jadi, ada baiknya kamu menggunakan Ad Blocker untuk melindungi privasi.

19. Bersihkan cookies secara berkala

Hapus cookies secara rutin
Cookies adalah file teks kecil yang disimpan di komputermu. Cookies biasanya berisi sedikit informasi yang terkait dengan penjelajahan web dan perangkatmu.

Situs yang kamu kunjungi menggunakan cookies untuk membuatmu tetap masuk di situs tersebut. Di satu sisi, cookies memang mempermudah akvititas browsing kamu. Namun, mereka juga sebenarnya melacak aktivitasmu!

20. Berhati-hati dalam memberi izin

Jangan memberi akses kepada sembarang orang
Saat mengunduh aplikasi di ponsel, mungkin kamu diminta memberikan izin tertentu. Perhatikan saat menerima persyaratan ini.

Sebab, aplikasi ini mungkin meminta akses yang tidak perlu ke kamera atau mikrofonmu. Memberikan izin aplikasi tanpa menyadari yang kamu setujui, dapat menyebabkan pelanggaran privasi yang tidak disengaja.

Dengan mengetahui cara jaga privasi di internet ini, kamu bisa lebih menjaga diri di dunia maya. Pastikan seluruh datamu tersimpan aman dan jangan sebarkan informasi data pribadi pada siapapun ya.

21. Aktifkan verifikasi dua langkah

Mengaktifkan verifikasi dua langkah menjadi pengaman ganda saat oknum penjahat mencuri datamu.

22. Jangan menggunakan WiFi publik atau gratisan.

Banyak di tempat umum menawarkan wifi publik atau wifi gratis. Penawaran ini bisa kamu hindari, lantaran menggunakan wifi gratis bisa saja membuat data dalam ponselmu tidak aman.

Utamanya jika kamu mengakses akun keuangan, seperti mobile banking dan akun-akun lainnya.

23. Pasang AntiVirus yang terbaru

Memasang antivirus ter-update bisa menjadi salah satu cara untuk berjaga - jaga jika terdapat malware atau virus yang membuat data-datamu hilang.

24. Bertransaksi hanya pada platform fintech terpercaya.

Bertransaksilah pada platform fintech yang tepercaya dan mendapat izin. Misalnya bila kamu ingin mengakses layanan pinjaman online, pastikan pinjol tersebut terdaftar di OJK.

Pinjol-pinjol terdaftar dan berizin di OJK akan selalu diawasi. Artinya bila kamu terkena masalah, maka OJK bisa memberikan sanksi terhadap fintech tersebut.

Baja Juga: Cara Menghentikan Pembajakan Akun WhatsApp, Facebook, Instagram & Twitter Yg di hack HT

(Cek)

Itulah beberapa cara/tips mengamankan akun kita di dunia internet. Semoga berguna, bermanfaat dan pastinya mengurangi data korban hack.


sumur gali dalam
Quote:
Diubah oleh volcom77
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gggantenggg dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
10-09-2021 19:18
#2 emoticon-pencet
Quote:24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
Diubah oleh volcom77
0 0
0
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
10-09-2021 19:19
Jangan lupa pada jaga kesehatan emoticon-pencet
Diubah oleh volcom77
0 0
0
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
10-09-2021 19:20
Hhaa, tadi siang baru baca ttg keamanan digital, ini udah ada preventif nya, mantap gan emoticon-Smilie


Mengenal Brainwave Software


emoticon-Paw
Diubah oleh greasemonkey09
profile-picture
volcom77 memberi reputasi
1 0
1
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
10-09-2021 23:03
Quote:Original Posted By greasemonkey09
Hhaa, tadi siang baru baca ttg keamanan digital, ini udah ada preventif nya, mantap gan emoticon-Smilie

siap
0 0
0
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
11-09-2021 08:31
Banyak juga emoticon-Ngakak
profile-picture
volcom77 memberi reputasi
1 0
1
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
11-09-2021 09:04
Quote:Original Posted By volcom77
siap

Quote:Original Posted By rindudihati
Banyak juga emoticon-Ngakak


Pilih aja salah satu nya emoticon-Ngakak
Cuman rekomendasi doang itu
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
11-09-2021 13:10
Anak kampus malang nih pinter-pinter
profile-picture
profile-picture
bonita71 dan volcom77 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
11-09-2021 13:48
Siap gan...
profile-picture
volcom77 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
11-09-2021 14:49
Wah aman yuk aman
profile-picture
volcom77 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
12-09-2021 00:17
Nomor gw sekarang di teror sama Judi Online, entah dapet dari mana nomor gw -,-
profile-picture
volcom77 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
12-09-2021 10:47
Quote:Original Posted By gentongb
Nomor gw sekarang di teror sama Judi Online, entah dapet dari mana nomor gw -,-


(𝗖𝗮𝗿𝗮 𝗟𝗮𝗶𝗻)
Diubah oleh volcom77
profile-picture
bonita71 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
12-09-2021 12:57
Banyak kali langkahnya ya.

Keknya email ane dah tercemar nih !

emoticon-Takut
0 0
0
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
12-09-2021 22:37
Aman karena punya 2 email beda kebutuhan
0 0
0
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
13-09-2021 05:44
at least,,privacy is bullshit..
kecuali hidup di abad yang belum ada internet..
"connect us.. also control us"
0 0
0
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
13-09-2021 07:27
Nice info lah gan emoticon-Jempol

Biar kata emak² gaptek emoticon-Mewek
0 0
0
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
13-09-2021 14:04
mantap gan emoticon-Jempol
0 0
0
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
13-09-2021 14:18
nice sharenya gan
biar amanan emoticon-Big Grin
0 0
0
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
13-09-2021 14:20
bukan hny dari sosmed, jaman skrg banyak banget organizer atau aplikasi yg seluruhnya mnt data registrasi atau bikin account. seringkali data jg bocor dari tempat itu..
0 0
0
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
13-09-2021 14:25
tak ada yg benar2 aman selain tidak menggunakan internet emoticon-Cool
profile-picture
sagutumbuk memberi reputasi
1 0
1
24 Cara/Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tetap Aman Dari Dunia Internet
13-09-2021 14:25
Pakai VPN, incognito..
penyayang hamster..
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia