Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
1179
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6136fdeead73d115ed63e5f2/misteri-gunung-kemukus
Cerita ini hanya fiktif, bilamana ada nama tokoh, alur cerita ternyata itu fakta mohon maaf bukan maksud TS menulis hal itu karena semua murni pemikiran otak TS yang mesum.
Lapor Hansip
07-09-2021 12:51

Misteri Gunung Kemukus

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Quote:
Cerita ini hanya fiktif, bilamana ada nama tokoh, alur cerita ternyata itu fakta mohon maaf bukan maksud TS menulis hal itu karena semua murni pemikiran otak TS yang mesum.

emoticon-Nyepi




Misteri Gunung Kemukus

Prolog

"Brakk.. " suara kepalan tangan mengenai meja.

Hati yang resah dan gelisah menatap tempat usahanya yang sernakin hari semakin menurun, terlebih ketika melihat berita tentang sosok yang bijaksana memberikan kabar duka bagi pelaku usaha seperti dirinya.

"Dengan segala hormat, kami sebagai pemerintah akan memperpanjang kembali PPKM hingga batas yang tak ditentukan, demikian informasi ini saya sampaikan.

Semoga semuanya dapat sabar dengan ujian dari Tuhan ini, untuk itu saya ucapkan terima kasih"
suara pria berdasi di televisi disambut dengan pandangan yang nanar olehku.

Rasanya sudah tak bergairah untuk hidup, kutekan remote televisi untuk mematikannya mataku menyapu sepinya pengunjung di tempat usahaku. Baju-baju distro yang menggantung nampak berdebu, entah sudah berapa kali kami dipaksa tutup oleh satuan polisi pamong praja.

"Virus itu mematikan tapi bagaimana dengan hutangku di bank? Untuk membangun usaha ini aku meminjam uang dari mereka, bagaimana membayar cicilan kalau pembeli sepi seperti ini" ucapku dalam lamunan.

Aku melihat sisi depan, ada ruangan tempat karyawanku dulu istirahat disana. Tapi kini, semua sirna hanya sendiri aku yang menjaga.

Sedih, marah, kesal semua jadi satu. Aku teringat ketika diriku berkata kepada mereka,

"Bu Mulan, mbak Evi!! Maaf, berhubung keuangan saya hancur akibat pandemi kalian saya rumahkan dan ini ada ucapan tanda terima kasih. Bila satu saat keadaan normal, nanti akan saya hubungi kembali. Saya ucapkan terima kasih sudah 4 tahun bersama saya disini, maaf bila saya ada salah" ucapku kepada kedua wanita itu.

"Mas, maaf apa kita tak bisa kerja disini lagi. Ga apa potong gaji kami rela kok mas!!" Ucap bu Mulan sambil menangis yang menjadi tulang punggung keluarganya.

"Iya mas Andi" sahut Evi.

"Kalau dua tangan ini masih sanggup membayar kalian, sampai kapanpun kalian akan disini. Tapi hutangku sudah bertumpuk, usaha tidak ada pemasukan! Saya benar-benar tak sanggup lagi bu, mbak" ucapku dengan penuh rasa sesak.

Mereka memelukku dan menangis bersama, akupun tak sanggup untuk mengeluarkan air mata. Kupeluk karyawanku yang menjadi ujung tombak usahaku, tanpa mereka aku bukan siapa-siapa.

Lalu, ingatanku pun buyar dan memandang nanar ke ujung jalan. Hatiku remuk redam merasa tak mampu untuk berdiri, aku bertanya kemana Tuhan, dimanakah Dia? Apakah Tuhan sudah berganti rupa dengan kebijakan pemimpin Istana? Apa aku harus menggugat Tuhan!

Tiba-tiba,

"Permisi" seorang berpeci hitam dan berbaju ala santri datang didepan toko.

"Ya, ada apa ya?"

"Ini pak mau meminta sumbangan, seikhlasnya" ucapnya.

Aku mengambil uang receh dari kantong celana sebesar Rp 2.000 lalu memberikan kepada dirinya.

Tampak pria itu agak tak suka dengan pemberianku, lantas segera pergi dan berlalu. Samar-samar aku dengar ocehannya yang membuat hatiku pilu "masa toko gede gini cuma ngasih dua ribu, pelit amat gw sumpahin bangkrut".

Telingaku memerah, apa harus marah dan menghantam congornya yang seenaknya bicara! Ada rasa putus asa, tapi aku masih punya logika. Jangan karena dua ribu ujungnya diriku di penjara, sungguh hal itu jelas tak lucu.

Aku kembali ke singgasanaku, bangku plastik yang sudah banyak tambalan, dan kembali melamun.

Namun tiba-tiba...


#Bersambung
Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bachtiar.78 dan 100 lainnya memberi reputasi
93
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 17
Misteri Gunung Kemukus
07-09-2021 22:35
wkwkwk.. bisa aja ni cerita nyindirnya 🤭
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Misteri Gunung Kemukus
07-09-2021 22:49
Part 2

"Permisi" nampak sosok yang cantik jelita, bak ratu dari kayangan datang.

"Ehh, tante Wida! Jamunya tan?" Tanya Ayu.

"Makasih mbak! Lagi ga minum jamu dulu, besok kamu langsung ke rumah aja ya"

"Iya tante, eh ini jamunya mas Andi! Tadi keasyikan ngobrol"

"Oh, iya makasih banyak mbak"

Aku pun meletakkan jamu diatas meja, lalu segera ke dalam dan mengajak tante Wida masuk. Kubuka tas kecil dan beberapa lembar ratusan ribu, lalu kuserahkan pada tante Wida.

"Tumben, biasanya kamu transfer! Kok sekarang bayar cash? Untung saya belum pergi"

"Anu tante, kemungkinan besar akhir bulan ini usaha saya tutup! Keuangan saya sudah tidak cukup buat bayar sewa, tante sendirikan tahu kalau usaha saat ini tidak berjalan dengan lancar"

"Mmmh, gini aja saya kasih kamu keringanan bayar aja sewanya setengah dari yang biasa. Tapi kalau bisa kamu juga harus ada inovasi dalam barang yang dijual, misalnya ganti dengan kuliner gitu?"

"Berat tante! Terima kasih kalau tante memberikan keringanan, tapi saya akan usaha seperti ini sampai titik nadir penghabisan"

"Kamu! Ya sudah, semoga bulan ini banyak rezekinya. Oh iya saya langsung jalan dulu ya! Nanti-nanti kalau bayar sewa transfer aja seperti biasa,"

"Sendiri tante?"

"Nggak! Tuh sama si om nunggu di mobil, maklum lah mau buru-buru ada acara makan malam dengan kliennya"

"Ohh! Ya sudah tante salam saja sama om Herman"

"Ok! Mbak Ayu saya permisi dulu ya"

"Iya, tante maaf ini jadi ngegosip disini"

"Awas lo, kecantol sama si Andi" ujar Wida.

"Wah, kalau dianya mau ya ga apa-apa tan anugerah itu sih"

Wida pun tersenyum mendengar celotehan Ayu, ia kembali berjalan menjauhi toko, lalu masuk ke dalam mobil pajero hitam. Dan segera melaju bersama kendaraan lain di jalan raya.

"Loh! Kok abis ketemu cewek cantik lemes mas?" tanya Ayu.

"Gimana ga lemes mbak, tabunganku sudah ludes untuk bayar sewa" ucap Andi sambil meminum jamu yang dihidangkan.

"Yang sabar ya mas, oh itu ide saya tadi. Nyugih mas!"

"Sebenernya aku tuh ga percaya mbak yang kaya gitu! Tapi kok ya mau nyoba gitu loh, sukur-sukur sukses! Kalau ga, ya ga apa, asal jangan ada tumbal yang aneh-aneh"

"Ini sih kata tetanggaku mas, coba mas nyuggih ke Gunung Kemukus"

"Gunung Kemukus! Dimana itu?"

"Di daerah Pendem, Sumberlawang, Sragen!"

"Terus syaratnya apa mbak?"

"Anu, itu loh mas hubungan badan dengan bukan pasangan resmi!"

"Astaga! Kok syaratnya aneh ya mbak, aduh makin pusing aku. Kalau pasangannya si mbak mah boleh dah"

"Wah! Perboden mas, aku kan wes nikah. Itu kan cuma ide" ucapnya tersipu malu.

"Hahaha! Yah, aku juga bingung mbak masa ada acara ritual mantap-mantapnya. Oh iya ini gelasnya mbak, sama ini duitnya!"

"Loh, kok banyak amat! Aku belum ada kembaliannya loh"

"Udah kembaliannya mbak ambil aja! Makasih loh dah nemenin ngobrol disini"

"Aduh! Makasih banyak loh mas. Moga banyak rezeki, cepet dapet jodoh dan usahanya bangkit lagi mas"

"Amin, makasih loh mbak do'anya"

"Yo wes mas, aku keliling dulu" sambil mengangkat bakul jamunya.

"Iya, hati-hati mbak" aku melepas kepergian mbak Ayu dengan senyuman.

"Hmm, gunung kemukus!" Ucapku dalam hati.

"Brak.. !!"

#Bersambung
Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fsm2909 dan 38 lainnya memberi reputasi
39 0
39
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Misteri Gunung Kemukus
07-09-2021 22:56
"Brak.. !!"

bunyi apakah itu? ka @indrag057 datanglah 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 20 balasan
Misteri Gunung Kemukus
07-09-2021 23:09
Wah rame ijin ndeprok ya
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Misteri Gunung Kemukus
07-09-2021 23:21
Ngetem ahh...di lapak baru
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Misteri Gunung Kemukus
07-09-2021 23:42
TS kereeen....bisaaaa ajah😁
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Misteri Gunung Kemukus
07-09-2021 23:53
Gunung kemukus udh terkenal kan pesugihan ena2emoticon-Leh Uga
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Misteri Gunung Kemukus
08-09-2021 00:02
Quote:Original Posted By .nona.
Wah rame ijin ndeprok ya


Quote:Original Posted By jenggalasunyi
Ngetem ahh...di lapak baru


Quote:Original Posted By miracle4me
TS kereeen....bisaaaa ajah😁


Quote:Original Posted By aan1984
Gunung kemukus udh terkenal kan pesugihan ena2emoticon-Leh Uga


emoticon-Monggo

Semoga betah ya.... emoticon-Malu (S)
profile-picture
jenggalasunyi memberi reputasi
1 0
1
Misteri Gunung Kemukus
08-09-2021 00:12
Gelar tiker sambil nyediain tisu basah buat jaga-jaga emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
supertonggos dan c4punk1950... memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Misteri Gunung Kemukus
08-09-2021 04:43
seperti cerita cerpen.......
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Misteri Gunung Kemukus
08-09-2021 05:20
Buat cerita lagi pung....tungggu dulu yg kemarin-kemarin kemana oi 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeze6986 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Misteri Gunung Kemukus
08-09-2021 06:54
Jadi ingat gunung kemukus yang di sragen. Dulu waktu masih jadi sales, rute ke sana tiap hari kamis. Banyak cerita dan kisah di sana. emoticon-Angkat Beer
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Misteri Gunung Kemukus
08-09-2021 08:59
Oh gunung kemukusku yang penuh dengan Dramatica 69,86.


Ane suka - ane suka..! emoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
69banditos dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Misteri Gunung Kemukus
08-09-2021 10:19
Kok ada brak, kejedot pintu ya
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Misteri Gunung Kemukus
08-09-2021 10:24
Part 3

"Meong..." kucing melintas tanpa rasa salah.

"Duh, si mpuss bikin kaget saja. Tak pikir tadi aku kedatangan tamu agung mak gendis yang indigo atau gendisnya sendiri yang punya karomah yang luar biasa. Siapa tahu usahaku tidak macet seperti sekarang, " tawaku karena sering membaca kisah gendis.

Aku berjalan kembali ke singgasana bangku plastik usang, seperti biasa kembali ke dalam lamunan sambil baca-baca di media maya, buka video film kesukaan. Menghabiskan waktu dalam kesepian tanpa ada satupun pembeli yang datang.

Hingga malam menjelang benar-benar tak ada sama sekali yang singgah, terpaksa dalam pembukuan kembali aku menulis kata "no sale".

***


Tiba di rumah, aku mengetuk pintu "mbah... mbah... punten mbah ini Andi" tak ada jawaban.

Aku pun merasa si mbah sedang ibadah, jadi aku termenung sambil melihat rembulan yang bersinar sendu. Sambil berfikir apa iya untuk merubah hidup harus "penyugihan" otakku mulai kacau. Sejak mbak Ayu memberikan ide gila itu aku jadi kepikiran, apa iya bisnis harus seperti itu.

Lantas bagaimana dengan mereka yang berada di DPR, apa mereka juga nyugih biar dapat gaji besar. Bayangkan gaji jalan korupsi jalan, ketahuan juga tetap kaya, tetap bisa punya bini muda. "Asem, kok pikiranku jelek terus sih sama wakil rakyat" batinku berbicara.

"Kriekk... "pintu pun terbuka.

"Maaf mbah tadi lagi ibadah"

"Iya, mbah" sambil salim kepada si mbah.

"Gimana usahamu"

"Seperti biasa mbah, sepi"

"Ya sabar saja, mungkin sang hyang gusti lagi memberikan ujian"

"Iya mbah, ya sudah tak mandi dulu mbah"

Si Mbah, pun duduk di kursi goyang tampak serius dan komat kamit seperti sedang merapal mantra.

Aku sudah selesai mandi dan segera ke ruang tengah, si mbah nampak duduk dengan tenang di kursi kesayangannya. Kunyalakan televisi dan merebahkan diri di kursi yang empuk.

"Ndi, sini kamu sebentar!"

"Ndalem Iya, mbah" aku beranjak menghadap si mbah.

"Ini ada titipan untuk kamu, semoga bisa membawa hal yang baik"

Nampak sebilah keris dikeluarkan, keris yang berbentuk unik. Lebih gendut, kecil dan warangkanya pun terdapat tulisan yang tidak jelas seperti bahasa sanksekerta.

"Apa ini mbah?"

"Untukmu ngger, itu adalah keris Semar Mesem"

Ketika keris sudah kugenggam, kepalaku berkunang-kunang. Rasanya mual dan mau muntah, hawa panas sangat terasa. Aku bertanya, "ada apa ini mbah?" Si mbah hanya tersenyum.

Lalu...

#Bersambung
Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fsm2909 dan 38 lainnya memberi reputasi
39 0
39
Misteri Gunung Kemukus
08-09-2021 10:26
Quote:Original Posted By zeze6986
Oh gunung kemukusku yang penuh dengan Dramatica 69,86.


Ane suka - ane suka..! emoticon-Kiss


Waduh hahaha... semoga terhibur

Quote:Original Posted By maimunnah
Kok ada brak, kejedot pintu ya


Ada meong loncat
0 0
0
Misteri Gunung Kemukus
08-09-2021 11:11
nitip sendal dulu gan, mayan bacaaan bwt tidur nanti emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
radjasawer86 dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Misteri Gunung Kemukus
08-09-2021 11:44
Part 4

Pandanganku gelap, tak bisa melihat apa-apa, pendengaranku pun seakan tuli. "Apakah aku sudah mati?" Entahlah, yang kuingat aku memegang keris semar mesem. Sebuah keris yang memang bisa memberikan kewibawaan, penglarisan, dan sebagai pembuka aura bagi seseorang yang memegang keris tersebut, itu yang aku dengar tapi ga sampai mati kaya gini juga sepertinya.

Dalam kebingungan, galau dan gundah gulana ada titik terang dari depan cahayanya sangat menyilaukan mata, aku tak bisa melihat jelas ia siapa. Namun rasanya hawa panas yang kuterima berasal dari sinar itu, aku ingin teriak lidahku kelu.

Terdengar bisikan-bisikan aneh ketika mataku teramat silau dengan cahaya yang kulihat.

Quote:

“Sanget-sangeting sangsara, Kang tumuwuh tanah Jawi, Sinengkalan taunira, Lawang Sapta Ngesthi Aji, Upami nabrang kali, Prapteng tengah-tengahipun, Kaline banjir bandang, Jerone nyilepake jalmi, Kathah sirna manungsa kathah pralaya.”

Sangat-sangatnya sengsara yang timbul di Tanah Jawa, ditandai pada tahun Sembilan Tujuh Delapan Satu (9781). Seumpama menyeberang sungai, sampai di tengah-tengahnya, sungainya banjir bandang. Dalamnya menenggelamkan manusia. Banyak manusia mati, banyak bencana.

Bebaya ingkang tumeka, Warata sa Tanah Jawi, Ginawe kang paring gesang, Tan kenging dipun singgahi, Wit ing donya puniki, Wonten ing sakwasanipun, Sedaya pra Jawata, Kinarya amertandhani, Jagad iki yekti ana kang akarya.

Bahaya yang mendatangi tersebar seluruh tanah Jawa. Itu sudah kehendak Tuhan tidak mungkin disingkiri lagi. Sebab dunia ini ada ditanganNya. Hal tersebut sebagai bukti bahwa sebenarnya dunia ini ada yang membuatnya.

Warna-warna kang bebaya, Angrusaken Tanah Jawa, Sagung tiyang nambut karya, Pamedal boten nyekapi,Priyayi keh beranti, Sudagar tuna sadarum, Wong glidhik ora mingsra,Wong tani ora nyukupi, Pametune akeh serna aneng wana.

Bermacam-macam bahaya yang membuat tanah Jawa rusak. Orang yang bekerja hasilnya tidak mencukupi. Para priyayi banyak yang susah hatinya. Saudagar selalu menderita rugi. Orang bekerja hasilnya tidak seberapa. Orang tanipun demikian juga. Penghasilannya banyak yang hilang di hutan.

Bumi ilang berkatira, Ama kathah ingkang ilang, Cinolong dening sujanmi, Pan sisaknya nglangkungi, Karana rebut rinebut, Risak tetaning janma, Yen dalu grimis keh maling, Yen rina-wa kathah tetiyang ambegal.

Bumi sudah berkurang hasilnya. Banyak hama yang mnyerang. Kayupun banyak yang hilang dicuri. Timbullah kerusakan hebat sebab orang berebutan. Benar-benar rusak moral manusia. Bila hujan gerimis banyak maling tetapi bila siang hari banyak begal.

Heru hara sakeh janma, Rebutan ngupaya bukti, Tan ngetang angering praja, Tan tahan perihing ati, Katungka praptaneki, Pageblug ingkang linangkung, Lelara ngambra-ambra. Waradin saktanah Jawi, Enjing sakit sorenya sampun pralaya.

Manusia bingung dengan sendirinya sebab rebutan mencari makan. Mereka tidak mengingat aturan Negara sebab tidak tahan menahan keroncongannya perut. Hal tersebut masih berjalan disusul datangnya musibah pagebluk yang luar biasa. Penyakit tersebar merata di tanah Jawa. Bagaikan pagi sakit sorenya telah meninggal dunia.



Bisikan itu membuatku bergidik, apa ini maksudnya kok apa yang diucapkan sesuai dengan keadaan saat ini. "Mbah, mbah aku dimana?" Teriakku.

"Ohh, kamu dah sadar" dengan senyumnya yang mengembang.

"Mbah, tadi aku kenapa?"

"Kamu pingsan, si mbah mau angkat badanmu berat. Mana tiba-tiba kamu ngompol lagi, emang lihat apa sih"

Kuceritakan semua yang kulihat hingga bisikan-bisikan ghaib pun tak terlewat, setelah selesai kuceritakan semuanya. Si mbah malah tersenyum lagi, namun lebih serius.

"Sabdo Palon nagih janji. Yo wes, kamu tidur saja dulu semoga esok harimu lebih baik dari sekarang. Jangan sampai lepas keris itu dari dirimu, jaga baik-baik ya. Mbah juga dah ngantuk"

"Iya, mbah"

Aku pergi ke kamar mandi karena bau pesing, setelah itu masuk ke dalam kamar. Ditempat tidur hanya bingung apa maksudnya Sabdo Palon nagih janji. Hingga akhirnya aku sudah berada di alam mimpi.

#Bersambung
Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fsm2909 dan 39 lainnya memberi reputasi
40 0
40
Misteri Gunung Kemukus
08-09-2021 11:45
genre horor-mesum..i like it emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
amafauzan640 dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Misteri Gunung Kemukus
08-09-2021 15:57
gelar kloso sik ngab
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 2 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia