Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
17
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/611f887e16a51c276c0eb4de/review-buku-sandekala-by-risa-saraswati
Buku ini berjudul Sandekala, ditulis oleh Risa Saraswati dengan tebal buku 203 halaman dan diterbitkan oleh MLD Spot publisher. Alasan saya membaca buku ini karena saya sudah percaya dengan kualitas setiap cerita yang penulis bawakan. Pengalaman-pengalaman yang Ia alami menjadi acuannya untuk menciptakan karya yang hebat. Dan sejak tahun 2016,
Lapor Hansip
20-08-2021 17:48

Review Buku Sandekala By Risa Saraswati

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Review Buku Sandekala By Risa Saraswati
source : foto pribadi

! SPOILER ALERT !

Buku ini berjudul Sandekala, ditulis oleh Risa Saraswati dengan tebal buku 203 halaman dan diterbitkan oleh MLD Spot publisher.

Alasan saya membaca buku ini karena saya sudah percaya dengan kualitas setiap cerita yang penulis bawakan. Pengalaman-pengalaman yang Ia alami menjadi acuannya untuk menciptakan karya yang hebat. Dan sejak tahun 2016, saya pun mulai mencantumkan nama beliau dalam daftar penulis favorit saya. Dan dibuku yang ia terbitkan pada tahun 2018 ini, beliau berhasil menarik sebagian dari uang tabungan saya .

Buku ini berisi antalogi cerpen mengenai kejadian kejadian janggal yang terjadi pada waktu petang. Sandekala. Berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa, yakni Sande yang artinya pergantian dan kala artinya waktu. Jadi, sandekala adalah waktu pergantian dari siang hari menuju malam hari. Dan salah satu cerita sandekala ini dialami sendiri oleh saudara Teh Risa Saraswati.

Namanya Iyan. Waktu itu, ia merupakan seorang anak kelas 5 SD yang hiperaktif. Tiada hari tanpa bermain dan bergerak. Pada suatu Jumat yang cerah, ibunya memerintahkan ia untuk langsung kembali ke rumah setelah pulang sekolah. Namun, Ia dengan sengaja melewatkan kewajiban shalat jumat dan memilih untuk bermain dengan teman-temannya di pematang sawah.

Mereka bermain dengan ceria, saling melempari tubuh dengan lumpur sawah. Hingga waktu sore tiba, semua teman-teman Iyan kembali ke rumah. Namun Iyan tetap memilih untuk diam disana dan tertidur hingga ada yang membangunkannya. Seorang wanita dengan paras yang cantik dan suara yang menenangkan. Wanita itu memberinya makan dan baju bola yang selama ini Iyan idam-idamkan. Wanita itu akan memberikan apa pun untuk Iyan, kecuali permintaan untuk pulang.

Di waktu yang bersamaan, kampung Iyan telah geger dengan hilangnya dirinya. Tak ada yang tahu dimana sosoknya berada. Orang tuanya sudah kewalahan, mereka telah menghubungi polisi namun tak kunjung membuahkan hasil. Hingga pada hari ke tujuh, seorang lelaki tua dengan pakaian serba putih bernama Amron mendatangi rumah orang tuanya. Amron meminta baju Iyan, lalu ia menciuminya seraya berkeliling rumah sambil mengucapkan bacaan-bacaan yang seperti mantra. Katanya, Iyan masih ada disini. Amron pun meminta warga untuk membawa peralatan dapur mereka, benda apa pun, asalkan bisa menimbulkan suara yang bising.

Warga pun menuruti perintah lelaki tua itu, dan di malam hari mereka berbondong-bondong meneriaki nama Iyan ke pematang sawah. Amron memerintahkan warga untuk mendekati pohon besar di depan mereka dan memukul perabotan lebih keras lagi. Tak lama dari itu, seorang anak lelaki yang kurus tak terawat dan linglung muncul dari balik pohon. Ibunya langsung memeluk Iyan yang kebingungan. Ia sudah tak lagi memakai baju bola, tapi tubuhnya diselimuti kain goni yang jelek.

Ketika warga hendak kembali ke kampung mereka, tiba-tiba saja sesosok wanita besar dengan rambut panjang, dan wajah yang menyeramkan terbang dari balik pohon seraya berteriak, "Kembalikan anakku! Kembalikkan anakku!" Amron dan para warga mulai membaca doa yang mereka ketahui, dan sosok wewe gombel tersebut menghilang di langit malam sambil tertawa.

Sejak hari itu, tak ada lagi warga yang membiarkan anak-anak mereka berkeliaran di waktu sandekala. Semakin hari, kondisi Iyan semakin membaik. Ia hanya hilang beberapa jam, namun di dunia nyata, ia telah hilang selama berhari-hari. Dan makanan yang disodorkan oleh sosok tersebut, bukanlah mie goreng ataupun makanan enak lainnya. Melainkan cacing dan dedaunan kering.

Amanat yang kita bisa dapatkan dari cerita ini adalah untuk tidak bermain sampai lupa waktu. Dimana pun kita berada, jangan pernah lewatkan kewajiban untuk beribadah. Dan yang terpenting adalah patuhi setiap yang diperintahkan oleh orang tua kita. Karena ridho orang tua berada di tangan Tuhan.

Ditulis tahun 2019, Arsip Resensi Lama.
~muthialaqilah
Diubah oleh muthialaqilah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nite.hime dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk untuk memberikan balasan
Review Buku Sandekala By Risa Saraswati
23-08-2021 18:10
Menarik sekali
profile-picture
muthialaqilah memberi reputasi
1 0
1
Review Buku Sandekala By Risa Saraswati
23-08-2021 18:10
Jejak emoticon-Traveller
profile-picture
muthialaqilah memberi reputasi
1 0
1
Review Buku Sandekala By Risa Saraswati
23-08-2021 18:23
Saya kalau main terlalu sore suka dibilang awas ada sanekala
profile-picture
muthialaqilah memberi reputasi
1 0
1
Review Buku Sandekala By Risa Saraswati
23-08-2021 18:24
banyak yg bilang tulisan2 risa sarasvati itu hanya imajinasi dia aja

Tapi menurut gw
Kalo benar semua tulisannya itu imajinasi,
Berarti risa sarasvati itu imajinasinya lebih hebat dari J.K rowling
Belum pernah ada penulis yang bisa berimajinasi secara konsisten dan variatif seperti Risa,yang kita ketahui kalo membaca tulisannya,dalam satu buku ceritanya bisa beda2.

Tetapi kalo tidak mungkin orang seperti risa sarasvati punya imajinasi di tingkat yang setara dengan J R R Tolkien,maka sudah pasti tulisan tulisan Risa sarasvati itu dibuat berdasarkan pertemuan pribadi dengan berbagai makhluk tak kasat mata.
Diubah oleh wesleyivan
profile-picture
muthialaqilah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Review Buku Sandekala By Risa Saraswati
23-08-2021 19:10
Sepupu ane ada juga yg pernah kek gitu. Selisih 5 taun ane ama sepupu ane, jadi pas kejadian ane udah kelas 6 SD dia masih TK.
Ceritanya pas dia TK lagi istirahat. Sebelahnya TKnya itu kan gang kuburan. Nah pas istirahat dia sama 2 temennya lagi duduk² diatas nisan dong sambil ngobrol² dikuburan. Dicari kemana mana sama gurunya pas abis istirahat, ibunya juga. Terus keliatan dari tembok belakang kamar mandi TK kalo dia dikuburan. Pas ditanyain katanya mereka bertiga diajak wanita cantik kerumahnya, katanya rumahnya bagus, wkwkwk...
profile-picture
muthialaqilah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Review Buku Sandekala By Risa Saraswati
23-08-2021 20:51
Njir diberi cacing ama daun kering ama wewe gombel
profile-picture
muthialaqilah memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Review Buku Sandekala By Risa Saraswati
29-08-2021 13:36
Pantas sewaktu saya kecil keasikan bermain bersama teman sampai sore didepan rumah, teman saya disuruh pulang dan saya disuruh ibunda masuk rumah. Ada rasa cemas ibunda kepada saya.
profile-picture
muthialaqilah memberi reputasi
1 0
1
Review Buku Sandekala By Risa Saraswati
07-09-2021 08:57
jujur aja itu warna dasar hitam sama gambar covernya yg ada jendela garis gothic gitu bagus. simpel warna hitam dan putih menarik deh covernya emoticon-flower
profile-picture
muthialaqilah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Review Buku Sandekala By Risa Saraswati
18-10-2021 23:09
mejeng ah ilmu baru soalnya emoticon-Perancis
0 0
0
Review Buku Sandekala By Risa Saraswati
21-10-2021 18:40
nganggur asal banyak duit gpp gan emoticon-tempted
0 0
0
Review Buku Sandekala By Risa Saraswati
22-10-2021 07:08
menarik ni threadnya emoticon-Gotta catch 'em all!
0 0
0
Review Buku Sandekala By Risa Saraswati
22-10-2021 12:15
makasih banyak gan threadnya emoticon-Amazed
0 0
0
Review Buku Sandekala By Risa Saraswati
23-10-2021 19:19
sering-sering dong gan bikin thread kaya gini yakk emoticon-anjing
0 0
0
Review Buku Sandekala By Risa Saraswati
24-10-2021 10:02
paling kalo ane buat ga kaya gitu si bre emoticon-Ultah
0 0
0
Post ini telah dihapus
icon-hot-thread
Hot Threads
Komunitas NFT Indonesia
gimana-cara-menjual-nft-opensea
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Anime & Manga Haven
anime-terbaik-menurut-saya
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia