others
Batal
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/611e0c33c5e8a323ec0a3a37/keistimewaan-kurma-dalam-al-quran-hadits-dan--ilmu-kesehatan
Buah kurma identik dengan santapan wajib ketika berbuka puasa pada bulan Ramadan. Otomatis, buah kesukaan Rasulullah SAW ini sangat populer dan paling diminati selama bulan puasa. Apalagi kurma mengandung nutrisi yang melimpah, seperti glukosa, serat, fruktosa, hingga vitamin A. Sangat cocok untuk dikonsumsi setelah menahan lapar selama seharian berpuasa. Kurma termasuk buah yang unik. Unik karena
Lapor Hansip
19-08-2021 14:45

KEISTIMEWAAN KURMA DALAM AL-QUR’AN, HADITS DAN ILMU KESEHATAN

KEISTIMEWAAN KURMA DALAM AL-QUR’AN, HADITS DAN ILMU KESEHATAN
Buah kurma identik dengan santapan wajib ketika berbuka puasa pada bulan Ramadan. Otomatis, buah kesukaan Rasulullah SAW ini sangat populer dan paling diminati selama bulan puasa. Apalagi kurma mengandung nutrisi yang melimpah, seperti glukosa, serat, fruktosa, hingga vitamin A. Sangat cocok untuk dikonsumsi setelah menahan lapar selama seharian berpuasa.

Kurma termasuk buah yang unik. Unik karena Allah SWT menyebutnya sebanyak 20 kali di 16 surah yang berbeda dalam Al-Qur’an. Rasulullah SAW juga menjadikan kurma sehari-hari sebagai makanan wajib keluarga. Kurma dikatakan unik karena dapat dikonsumsi tanpa mengenal batas usia, dapat bertahan dalam suhu tinggi hingga 50º C dan dalam kadar garam yang ekstrim, jika disimpan dengan cara dan teknik yang benar kurma dapat bertahan hingga 1,5 tahun, dan unik karena dari 2 jenis tanaman kurma, yaitu jantan dan betina, hanya tanaman kurma betina saja yang dapat menghasilkan buah (6-7 bulan).

Dalam pandangan ilmu kesehatan, kurma dapat mengurangi beberapa jenis penyakit yang sangat berisiko bagi seseorang yang mengalami penyakit kronik sebagai penyakit jantung, penyakit tenggorokan, sakit asma, kanker, dan lain-lain. Buah kurma setelah diteliti ahli kesehatan ternyata memiliki banyak khasiat. Seperti yang disebutkan oleh Mukhlidah Hanun dalam bukunya “Cara Sehat dengan Resep-Resep Ajaib, Herbal Islami” selain manis buah kurma banyak menyimpan manfaat. Dalam buku “Buah-buah super”  ditulis oleh Paul Gross pakar kesehatan mengatakan bahwa ada beberapa ketentuan yang menjadikan buah itu tergolong super yaitu buah harus memiliki kandungan nutrisi, kandungan fitokimia, warnam serta lulus dari berbagai uji klinis mengenai manfaat buah. Buah kurma menjadi salah satu diantaranya.

Berdasarkan penelitian kurma memiliki 10 unsur makanan yang sangat penting untuk seseorang dapat bertahan hidup. Kurma memiliki kandungan zat gula yang sangat tinggi, mudah hancur dan mudah di apsorpsi oleh tubuh, menjadi kekuatan, energi dan panas. Selain itu terdapat unsur-unsur lain dan sekumpulan vitamin yang terkandung didalamnya. Selain itu ternyata kurma dapat menguatkan otot-otot rahim, mengatur ketegangan urat-urat saraf, juga memudahkan dan melancarkan dalam proses persalinan.

Berikut beberapa keistimewaan buah kurma, yaitu :

1. Mencegah Struk dan Serangan Jantung.
Salah satu yang ada dalam biji kurma ialah asam salisilat yang biasanya digunakan sebagai bahan baku aspirin. Asam salisilat ini berguna untuk mencegah proses terjadinya pembekuan darah, radang, serta mempunyai efek penyembuhan pada rasa ngilu ataupun nyeri. Asam salisilat ini juga mempunyai pengaruh terhadap hormon prostat yang yang termasuk dalam kelompok asam lemak hidroksida dalam rangka memberikan rangsangan pada kontraksi otot dan berperan juga dalam menurunkan darah.

Penelitian di California AS pada wanita dan pria diatas usia 50 tahun, membuktikan bahwa makin banyak makan makanan yang kaya kalium, biasanya makin kecil kemungkinan untuk menderita struk. Para peneliti menyimpulkan bahwa dengan hanya makan satu porsi ekstra makanan kaya kalium, minimal 400 mg / hari. Resiko fatal bisa diturunkan sampai 40 %. Batas 400 mg itu terpenuhi hanya dengan 5 butir kurma.

2. Mempercepat Penyembuhan Demam Berdarah.
Tentu kita sudah tahu dengan penyakit demam berdarah. Penyakit ini menjadi hal yang cukup menakutkan karena apabila seseorang yang ditimpa demam berdarah telat ditangani, maka akan menjadi ancaman yang cukup serius. Siapa yang menyangka penyakit itu dapat disembuhkan dengan cepat melalui kurma.

Dalam satu penelitian disebutkan bahwa kurma dapat mempercepat penyembuhkan demam berdarah. Dalam sari kurma itu ternyata terdapat kandungan yang dapat meningkatkan jumlah trombosit. Kandungan zat-zat penting bagi tubuh dalam ada dalam biji kurma sekitar 7 biji, setingkat dengan 100 g.

3. Mencegah Pendarahan Rahim.
Kurma juga dapat mencegah pendarahan rahim sebab kurma mengandung nikotinat dan hormon potuchasin. Jika seseorang mengalami kekurangan Vitamin B3, maka terjadi gangguan penyerapan triptofan yang ada di usus dan ginjal. Gejala penyakit ini adalah gangguan pencernaan dan kurangnya nafsu makan yang diiringi rasa mual-mual. Orang yang terkena penyakit ini biasanya akan mengalami insomnia. Hormon yang terdapat pada kurma dapat mencegah terjadinya pendarahan rahim. Maka, kurma secara secara tak langsung bisa membantu bagi kaum ibu yang hamil untuk mencegah pendarahan.

4. Mencerdaskan Otak Dan Menyuplai Kebutuhan Energi Sehabis Berpuasa.
Vitamin A dalam kurma dapat menyuplai bahan-bahan yang diperlukan oleh otak. Seperti yang telah disebutkan oleh ibnu Qayyim “sesungguhnya tamar rutab dapat menambahkan kecerdasan terutama jika dimakan dengan biji buah cemara”

World Health Organisation (WHO) telah melakukan riset untuk membuktikan kadar gula yang ada didalam kurma berbeda dengan zat gula pada buah-buahan yang lain. Buah kurma tidak mengandung lemak namun kandungan karbohidratnya sangat tinggi. Inilah yang membuat tubuh kembali sehat, tenaga dan rileks. Selain itu kurma juga mengandung kalsium yang tinggi, berguna untuk memperlancar pengiriman oksigen ke otak serta membantu proses keseimbangan cairan tubuh. Jadi secara tak langsung, mengkonsumsi kurma akan membuat otak encer. Lebih khusus lagi bagi janin yang sedang dalam kandungan. Jika ibu hamil kerap makan kurma, hal ini akan mempengaruh terhadap kecerdasan anak. Rasul menganjurkan para istri yang mengandung untuk makan buah kurma.

Rasul bersabda :

Berilah makan buah kurma kepada istri-istrimu yang sedang hamil, karena sekirannya wanita hamil itu makan buah kurma, niscaya anak yang lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun, serta cerdas. Sesungguhnya makanan Maryam tatkala melahirkan Nabi Isa adalah buah kurma. Sekiranya Allah menjadikan suatu buah yang lebih baik daripada kurma, maka Allah akan memberikan buah itu kepada maryam. ” (HR. Bukhari).

5. Melindungi Kulit dari Infeksi.
Kurma juga bermanfaat untuk melindungi kesehatan kulit. Kurma mengandung Vitamin B6 dan protein yang dapat berfungsi mencegah dermatitis dan membuat warna kulit kelihatan lebih segar. Salah satu contoh pemanfaatan kurma bagi kulit adalah body scrub dari buah kurma yang kemudian dicampur buah cranberries dan jus apricot yang berguna untuk membersihkan dan melindungi kelembutan dan menjaga kekenyalan kulit.

6. Penangkal Racun.
Kurma memiliki banyak macam, dari bentuk hingga warna yang khas. Dari sekian banyak bentuk kurma ada salah satu kurma yang dapat menangkal racun. Jenis kurma itu adalah kurma ‘Ajwah. Kurma yang cukup mahal. Seperti hadits yang yang disampaikan oleh Rasul:

Dalam Shahih Buhari dan Muslim, Rasulullah SAW pernah bersabda seperti yang diriwayatkan oleh Saad bin Abi Waqash. Berikut bunyi hadisnya:

Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir.” Kurma ajwa juga disebutkan berasal dari surga. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi: “Kurma ajwa itu berasal dari surga, ia adalah obat dari racun,” (HR Ibnu Majah dengan sanad yang shahih).

7. Penenang Saraf Dan Nutrisi Otak, Kurma memiliki efek penenang saraf karena kandungan vitamin A dan B1 yang memperkuat saraf. Kurma meningkatkan aktivitas kelenjar gondok, disamping mengandung fosfor yang menjadi gizi untuk sel-sel otak. 8. Menjaga keasaman lambung, Kurma menyimbangkan keasaman lambung karena kaya akan zat garam alkali, seperti kalsium dan potassium.

9. Mengecilkan rahim pasca melahirkan,
Kurma sangat berguna bagi ibu dan bayi pada masa nifas karena kurma berfungsi untuk mengaktifkan gerakan rahim selama fase pengisutan pasca persalinan.  Kurma penting untuk pembentukan air susu ibu dan menggantikan unsur-unsur yang hilang pada ibu karena persalinan disebabkan adanya zat besi, kalsium, dan vitamin A. Semua zat tersebut penting bagi pertumbuhan anak, pembentukan sel darah, dan sumsum tulang. Sebagaimana firman Allah terhadap Maryam sewaktu melalui proses melahirkan:

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.”

Dari beberapa kelebihan kurma dan manfaatnya bagi kesehatan. Terlihat jelas bahwa kurma adalah makanan yang sangat istimewa. Hal ini semakin menegaskan dan memperkuat keyakinan bahwa makanan yang menjadi kesukaan Rasulullah SAW dan mendapat perhatian dari Allah SWT adalah makanan yang sarat akan gizi, obat, dan berkah.

Diubah oleh kknuinsisama443
profile-picture
BahomeD memberi reputasi
1
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia