Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6119ed6de930997b44489b5f/batu-bata-terbuat-dari-puntung-rokok-sebuah-bukti-kemerdekaan-lingkungan-hidup
hal-hal yang ada di sekeliling kita juga bisa dikaitkan dengan kemerdekaan, salah satunya adalah soal lingkungan hidup. Agan dan Sista setuju ga? Kemerdekaan dari sisi lingkungan hidup sendiri menurut ane adalah ketika lingkungan hidup tempat kita tinggal bersih dan asri tanpa adanya tumpukan sampah dimana-mana dan tentunya tidak ada limbah-limbah berbahaya yang bisa mengancam kehidupan kedepannya
Lapor Hansip
16-08-2021 11:45

Batu Bata Terbuat dari Puntung Rokok, Sebuah Bukti Kemerdekaan Lingkungan Hidup!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Batu Bata Terbuat dari Puntung Rokok, Sebuah Bukti Kemerdekaan Lingkungan Hidup!

Apa sih arti merdeka menurut kamu?

Kalo kita lihat di KBBI, merdeka itu punya beberapa arti, yaitu :

Quote:
  • a bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); berdiri sendiri: sejak proklamasi tanggal 17 Agustus 1945 itu, bangsa kita sudah --
  • a tidak terkena atau lepas dari tuntutan: -- dari tuntutan penjara seumur hidup
  • a tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu; leluasa: majalah mingguan --; boleh berbuat dengan --


Kalau kalian lihat dari penjelasan di atas, sebenernya merdeka itu ga melulu soal penjajahan dan proklamasi kok. Menurut ane, hal-hal yang ada di sekeliling kita juga bisa dikaitkan dengan kemerdekaan, salah satunya adalah soal lingkungan hidup. Agan dan Sista setuju ga?

Kemerdekaan dari sisi lingkungan hidup sendiri menurut ane adalah ketika lingkungan hidup tempat kita tinggal bersih dan asri tanpa adanya tumpukan sampah dimana-mana dan tentunya tidak ada limbah-limbah berbahaya yang bisa mengancam kehidupan makhluk hidup kedepannya.

Nah, lalu bagaimana caranya kita bisa menciptakan lingkungan hidup yang merdeka dari sampah, limbah, dan polutan?

Batu Bata Terbuat dari Puntung Rokok, Sebuah Bukti Kemerdekaan Lingkungan Hidup!

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Agan dan Sista lakukan demi menjaga lingkungan hidup kita, GanSis. Pertama, Agan dan Sista bisa mengurangi penggunaan kemasan berbahan plastik atau bahan-bahan tidak ramah lingkungan lainnya. Oh iya, kalau kamu terpaksa menggunakan bahan-bahan kimia untuk keperluan tertentu, kalian harus membuang bahan bahan kimia tersebut sesuai dengan anjurannya yaa. Jangan sampai kamu membuangnya secara sembarangan yang bisa merusak lingkungan hidup. Selanjutnya, Agan dan Sista bisa mulai meningkatkan rasa cinta terhadap lingkungan dengan menanam dan merawat tanaman di lingkungan tempat tinggalmu. Terakhir, kalian bisa memanfaatkan barang bekas / sampah untuk diolah kembali menjadi suatu barang bermanfaat.

Batu Bata Terbuat dari Puntung Rokok, Sebuah Bukti Kemerdekaan Lingkungan Hidup!

Nah, ngomong-ngomong soal memanfaatkan sampah menjadi barang bermanfaat, ane baru aja nemuin produk yang dibuat dari kumpulan puntung rokok loh. Yap! Puntung rokok alias sampah sisa rokok yang banyak kita ditemukan di jalanan ternyata bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi sebuah benda bermanfaat yang tak biasa, yaitu batu bata.

Batu bata yang diciptakan dari kumpulan puntung rokok ini merupakan hasil kerja sama antara Kamengski dan Conture, GanSis. Kamengski merupakan sebuah label parodi dan contur merupakan sebuah studio desain produk yang menghadirkan produk-produk dengan material yang erat dengan “nilai interaksi manusia.” Nah, berdasarkan idenrtitas kedua brand ini, maka hadirlah CONCRETE BLOCK”, sebuah produk untuk meningkatkan kesadaran isu lingkungan.

Dalam proses pembuatannya, pertama mereka akan memproses puntung rokok yang dikumpulkan agar aman dan juga steril, baru nanti selanjutnya putung rokok yang sudah steril tersebut diolah menjad batu bata.


#MerdekaFromHome



SUMBER
Diubah oleh rarirureror
0
Masuk untuk memberikan balasan
Post ini telah dihapus
Batu Bata Terbuat dari Puntung Rokok, Sebuah Bukti Kemerdekaan Lingkungan Hidup!
17-08-2021 23:59
emoticon-Kaskus Banget
0 0
0
Post ini telah dihapus
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia