News
Batal
KATEGORI
link has been copied
151
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6109f26862708439ca545320/analisis-ppatk-sumbangan-rp-2-t-akidi-tio-mendekati-bodong
Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) ikut turun tangan menelusuri dana sumbangan Rp 2 triliun dari Akidi Tio yang masih menjadi misteri. Kepala PPATK Dian Ediana Rae mengatakan, dalam konteks analisis keuangan secara domestik, dana sumbangan tersebut bisa dika
Lapor Hansip
04-08-2021 08:50

Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong

Past Hot Thread

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 08:44 WIB
https://news.detik.com/berita/d-5668...760.1626129801


Jakarta - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) ikut turun tangan menelusuri dana sumbangan Rp 2 triliun dari Akidi Tio yang masih menjadi misteri. Kepala PPATK Dian Ediana Rae mengatakan, dalam konteks analisis keuangan secara domestik, dana sumbangan tersebut bisa dikatakan mendekati bodong.
"Sebenarnya hampir mendekati, bisa mendekati kesimpulan. Kita masih ada beberapa informasi tambahan yang masih kita coba gali di lapangan. Tapi sebetulnya ini kalau di dalam konteks analisis keuangan secara domestik semuanya sudah clear. Sebetulnya ini bisa dikatakan, bisa dikatakan mendekati bodong," kata Dian dalam diskusi virtual yang dikutip dari kanal YouTube PPATK, Rabu (4/8/2021).


Kendati demikian, Dian mengatakan, PPATK masih akan mencoba menggali lebih dalam di lapangan perihal sumber dana sumbangan tersebut. Terutama, terkait adanya kemungkinan transfer dana dari luar negeri.


"Sebelum mungkin terjadi sesuatu hal, yang artinya pembuktian lain didalam poin-poin lain yang terkait dengan kemungkinan-kemungkinan. Katakanlah kemungkinan transfer dana dari luar negeri ya. Yang ini pun sebetulnya juga bagian dari pemantauan PPATK, karena PPATK bisa melakukan monitoring terhadap keluar masuknya dana," tuturnya.

Dana Belum Ada
Dian juga mengungkapkan, dari pemantauan PPATK hingga sore kemarin, Selasa (3/8), belum ada transaksi dana Rp 2 triliun dari keluarga almarhum Akidi Tio.

"Sampai hari ini, sampai sore ini bahkan sebetulnya uang yang dimaksud memang belum ada," ungkap Dian.

Proses Transaksi Sederhana
Dian juga menjelaskan perihal proses transaksi keuangan dengan bilyet giro. Dia mengungkapkan, transaksi tersebut memiliki proses yang sederhana asalkan dana yang dimaksud tersedia di rekening.

"Jadi sebenarnya kalau uang ini ada dan tidak ada isu sama sekali yang terkait isu hukum maupun isu lainnya, sebenarnya transaksi seperti ini adalah transaksi yang bisa berjalan dengan sangat cepat. Tentu bilyet giro adalah salah satu bentuk instrumen pengalihan dana yang sebetulnya mungkin itu kalau hanya fisiknya itu saja tidak terlalu penting, yang penting adalah apakah betul-betul di-backup oleh uang sejumlah yang memang ditulis di situ sebanyak Rp 2 triliun. Jadi kalau meminta pemindahbukuan tentu saja harus dipastikan, bahwa uang itu memang ada. Sampai dengan sore ini bahwa uang itu belum ada," papar dia.

Sayangnya, lanjut Dian, dana dalam rekening bilyet giro yang diberikan tersebut tidak mencukupi. Hal itu, kata Dian, berdasarkan pemantauan PPATK dan laporan dari pihak perbankan di Indonesia.

"Sebetulnya poin yang paling penting kalau ada sumbangan seperti ini adalah apakah sudah ada, bisa dibuktikan bahwa uang itu sendiri memang sudah ada, dan sebetulnya ini adalah suatu proses yang sederhana yang apabila, ini kan jumlahnya besar tentu saja menimbulkan banyak pertanyaan di masyarakat ketika profilnya itu tidak sesuai atau profil yang menyumbang dengan jumlah yang sebesar itu tidak sesuai. Sehingga ini yang betul-betul perlu dipastikan oleh PPATK apakah itu betul-betul ada uangnya dan ketika kita masuk sampai hari ini, kita juga mendapat laporan dari teman-teman perbankan bahwa memang uang itu sendiri memang belum ada," tutur dia.


Lebih lanjut, Dian menjelaskan alasan PPATK turun tangan. Dia mengaku memang telah turun tangan memonitor rencana transaksi hibah Rp 2 triliun sejak awal. Hal itu dilakukan agar transaksi tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya.

"Bahwa PPATK memang semenjak merebaknya berita terkait rencana sumbangan ini memang kita sudah masuk melakukan monitoring. Memang ini adalah tugas PPATK untuk memastikan bahwa transaksi-transaksi seperti ini akan bisa berjalan sebagaimana seharusnya," ungkap Dian.

"Sebetulnya PPATK itu lembaga independen yang kita tidak perlu ada permintaan atau tidak dari lembaga lain. Karena tugas kita memang melakukan pemeriksaan melakukan analisis terkait dengan transaksi-transaksi yang kita perkirakan ini mencurigakan," imbuh dia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 08:54
Mana tu buzzer cebong puki ayam yg blg kadrun gagal ngecrot?

emoticon-Leh Uga

Atau jgn jgn PPATK ini sudah dikuasai kadrun? emoticon-Bingung (S)


emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 19 lainnya memberi reputasi
19 1
18
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 08:59
Orang kalo nyumbang gede kan pertama mikir sampe 2 garis keturunan (anak dan cucu) bisa hidup sangat layak dulu.
Lha kalo dianya aja naeknya sigra, ntar cucunya naek apa? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 08:59
tinggalin jejak dulu, sebelum rame, ato cebi ga berani muncul takut digangbang Qadrun emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 09:02
Sebagai soheeb kadal,
Ana pengen banget aslinya ngecrot bareng cebong dan buzzeRp

Setuju ga bong?

Bong?

Bong?

Jangan diam kaw bong

emoticon-Mewek emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Peluk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 09:02
gpp 2 triliun bodong, yang penting 11 ribu triliun asli ya bong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 09:03
Orang mau nyumbang kok dipersilit.. mendingan simpan aja 2 T nya gan buat dinikmati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mblong88 dan 5 lainnya memberi reputasi
2 4
-2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 09:07
asal mau rogoh saku pak dhe duit 2T bukan suatu kemustahilan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 09:11
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Kan konon katanya duitnya ada di Singapura
entah di bank apa
entah atas nama siapa


cuman kalo beneran ada,
pastinya sudah naik ke pengadilan,
kan pak akidi tionya meninggalnya udah lama, tahun 2009 kalo gak salah.
Mosok gak ada yang mau gugat banknya kalau beneran duitnya ada.
emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Prince_of_Bima dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 09:12
Orang mau nyumbang kok malah dipersulit sama aturan :SOP CEBONG: emoticon-shakehand:
Rejim cebong udh biasa ngelanggar aturan, klo ngelanggar, aturan nya yg diubah emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rintikansenyap dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 09:19
kenapa bodong lagi yang disalahin pak?
emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
yg tadinya cuma puser sekarang nyampe ke sumbangan
emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 09:22
Harus di ingat Akidi Tio nya sudah meninggal 2009 (sudah 12 tahun sampai saat ini), istri nya meninggal 2005, Akidi Tio punya anak 7, putra sulung nya juga sudah meninggal juga!

Berarti ada cucu2

Bilang keluarga tapi yang tampil cuma anak perempuan Bungsu (suami dan anak nya) dan Dokter Pribadi Akidi Tio?


Sudah pasti ada namanya "Logical Fallacy"


Pihak keluarga dari 6 anak lain kemana?
Cucu2 nya yang lain kemana?

Suara dari pihak keluarga yang lain? penampakan batang hidung pihak keluarga yang lain dari Akidi Tio ini mana?
Diubah oleh daimond25
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ewaxsv dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 09:25
Babik cebong dan bani taplak terguncang hebat, ayo terguncang yang tertib emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
Diubah oleh jerrystreamer1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 09:27
emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk

Masih ada juga ebong yg ngeles emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Prince_of_Bima dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 09:40
jejak dulu aja


nanti kl tret HT bakal gw angkut dimari cebong yg bilang kadrun gagal crot

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 09:50
CUMA MAU TANYA PAK AKIDI ITU SIAPANYA MUKIDI? emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 09:53
gw tungguin katanya kemarin pasti cair ....gw kan pengen kecipratan juga duitnya emng yg butuh cipratanya cuman gubernur dan kapolda doank
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan Jalan Cinta memberi reputasi
2 0
2
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 10:05
Bodong tohemoticon-Matabelo
bangun yg masih mimpi 2T
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 10:05
Harusnya duitnya ada dulu.........
baru seremoni,
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan setiapmenit memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 10:07
Stopmap minta bantuan duit buat biaya nginep di singapur unt keperluan proses pencairan di singepur udah ada dimeja pak presiden blm?

ati ati gaes, pak presiden jarang baca apa yg ditanda tanginya
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan Aparatkaskus memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Analisis PPATK: Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio Mendekati Bodong
04-08-2021 10:20
Bapakky uda mati puluhan tahun foto ny d buat prank hahhahahah..
Diubah oleh fghjjhgf
profile-picture
profile-picture
lumb3rjack dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia