Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
73
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6109d0a48656673e5174d421/apa-yang-membuat-pakaian-luar-angkasa-nasa-begitu-mahal
Pakaian antariksa NASA saat ini dilaporkan menelan biaya antara $US15 juta hingga $US22 juta pada tahun 1974. Karena tidak membuat pakaian ekstravehicular untuk misi baru, sejak saat itu NASA hanya memiliki empat suit tersisa. Sejak 2009, NASA telah menginvestasikan lebih dari $US200 juta dalam pengembangan pakaian
Lapor Hansip
04-08-2021 06:26

Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?

Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?Pakaian antariksa NASA saat ini dilaporkan menelan biaya antara $US15 juta hingga $US22 juta pada tahun 1974. Karena tidak membuat pakaian ekstravehicular untuk misi baru, sejak saat itu NASA hanya memiliki empat suit tersisa. (Foto: Business Insider)

Sejak 2009, NASA telah menginvestasikan lebih dari $US200 juta dalam pengembangan pakaian antariksa.

Pakaian antariksa ini, dibuat pada tahun 1974, dilaporkan menelan biaya antara $US15 juta hingga $US22 juta. Saat ini biaya itu menjadi mahal sekitar $US150 juta. Karena tidak mengirimkan pakaian ekstravehicular siap misi baru sejak saat itu, NASA kehabisan pakaian antariksa. Faktanya, NASA hanya memiliki empat setelan EVA yang siap terbang.

Sejak 2009, NASA telah menginvestasikan lebih dari $US200 juta dalam pengembangan pakaian antariksa, baru-baru ini meluncurkan prototipe xEMU. Namun NASA masih belum memiliki pakaian antariksa baru.

Jadi mengapa butuh waktu lama untuk membuat pakaian antariksa baru? Dan apa yang membuat mereka begitu mahal?

Ruang angkasa merupakan sebuah kawasan yang tidak bisa disambangi dengan pakaian biasa. Butuh pakaian ruang angkasa khusus agar manusia dapat bertahan selama berada di sana. Pakaian luar angkasa sangat mahal karena rumit. Pikiran setelan harus melindungi astronot dari ruang hampa udara, dari radiasi yang datang dari matahari dan benda-benda lain, dan harus melindungi dari partikel yang bergerak cepat yang bergerak hingga 18.000 mil per jam yang dapat menembus pakaian. Menyediakan oksigen, komunikasi, telemetri, dan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup, semuanya menjadi satu

Ukuran pakaian luar angkasa juga merupakan hal yang penting diperhatikan oleh astronaut. Terlalu longgar dan berat bisa membahayakan mereka.

Tidak optimalnya setelan astronaut terjadi saat Anne McClain dan Nick Hague memindahkan baterai seberat 300 pon di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Pada awalnya McClain meyakini baju ruang angkasa yang diuji selama di bumi bisa bekerja dengan baik di ruang angkasa. Namun, perjalanan ruang angkasa atau aktivitas ekstravehicular (EVA) sekitar 7 jam membuatnya berubah pikiran.

Model pakaian antariksa yang dimaksud dalam program NASA itu disebut Unit Mobilitas Extravehicular dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1983. Namun, pakaian antariksa operasional pertama kali sejatinya diperkenalkan pada awal 1960-an untuk melindungi astronaut dalam menjalankan misi eksplorasi ruang angkasa.

Pakaian antariksa yang digunakan NASA saat ini berusia lebih dari 40 tahun.


Setelan No. 18 dikembangkan untuk program Pesawat Ulang-alik pada tahun 1974 dan telah sangat membebani desain aslinya yang berumur 15 tahun. Setelan No. 1 hanya digunakan untuk sertifikasi, sedangkan setelan No.2 dihancurkan selama pengujian di darat. Dua setelan hilang dalam Kecelakaan Pesawat Ulang Alik Challenger terjadi pada Selasa, 28 Januari 1986, ketika Space Shuttle Challenger meledak 73 detik setelah diluncurkan, menyebabkan kematian tujuh awak astronaut, pesawat hancur di atas Samudera Atlantik, lepas pantai pusat Florida pada 11:38 EST (16:38 UTC).

Dan yang kedua dalam Kecelakaan Columbia yang terjadi saat proses penetrasi atmosfer pada 1 Februari 2013 menewaskan seluruh awak dan menghancurkan STS-107 adalah penerbangan ke-113 pada program Pesawat Ulang Alik dan penerbangan ke-28 sekaligus terakhir bagi Pesawat Ulang Alik Columbia. Misi tersebut diluncurkan dari Kennedy Space Center, Florida pada 16 Januari 2003.

Kehilangan pakaian antariksa terbaru adalah unit 17, selama kecelakaan misi kargo SpaceX-7. Biaya pasti untuk mengganti unit ini tidak diketahui, tetapi perkiraan berkisar hingga $US250 juta. Untuk 11 setelan lainnya, kerusakannya meningkat, dengan tujuh dalam berbagai tahap perbaikan dan pemeliharaan. Hanya menyisakan empat pakaian luar angkasa yang siap terbang di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Berikut pakaian antariksa astronaut yang telah berevolusi selama enam dekade:


Bahkan, perjalanan antariksa wanita pertama NASA ditunda karena stasiun luar angkasa hanya memiliki satu pakaian berukuran sedang. Tonggak sejarah ini akhirnya tercapai ketika NASA mengirim cangkang medium-torso agar sesuai dengan setelan yang lebih besar.

NASA telah menginvestasikan sekitar seperempat miliar dolar untuk mengembangkan setelan xEMU untuk program Artemis-nya, yang berencana membawa manusia kembali ke permukaan bulan pada tahun 2024, dengan tujuan untuk akhirnya pergi ke Mars. Dengan tujuan yang semakin dekat dan jumlah pakaian antariksa yang semakin menipis, para insinyur NASA menghadapi perlombaan mengembangkan jenis suit baru.

Komponen pakaian luar angkasa yang gunakan juga harus menjaga jas tetap baik dan memudahkan untuk bergerak. Contoh adalah sensor karbon dioksida. Desain yang digunakan setelan saat ini adalah desain heritage (warisan), beberapa komponennya sudah tidak diproduksi lagi. Beberapa vendor yang membuat komponen tersebut bahkan sudah tidak ada lagi. Jadi sensor CO2 adalah contoh yang bagus dari sebuah komponen di mana desain pengganti yang akan bekerja untuk setelan yang ada dan setelan baru pada dasarnya akan menjadi pengganti drop-in yang kompatibel.


Pakaian luar angkasa dikemas dengan komponen yang kompleks. Tetapi bagian yang paling mahal masih bisa diperdebatkan. Komponen pakaian luar angkasa yang paling mahal adalah sarung tangan.

Sarung tangan adalah yang paling rumit karena para astronot membutuhkannya untuk ketangkasan manual untuk melakukan pekerjaan yang berarti di luar angkasa. Ada bagian sistem katrol dan tali yang menyatukannya kemudian, di bagian luar sarung tangan, ada sistem radiator panas yang memungkinkan astronot menjaga tangan mereka tetap hangat.

Akan tetapi pada akhirnya, pakaian bertekanan, termasuk sarung tangan, sebenarnya lebih murah daripada sistem pendukung kehidupan. Ransel yang dikenakan di bagian belakang adalah seperangkat teknologi yang sangat padat yang melakukan segalanya mulai dari mempertahankan suhu hingga menghilangkan karbon dioksida dan terus memberikan tekanan di dalam setelan luar angkasa, dan pada akhirnya, beberapa komponen tersebut masing-masing lebih mahal daripada sebagian besar komponen lainnya, seperti sarung tangan.

Tetapi juga setelan yang dirancang dengan ahli bisa salah. Pada 2013, astronot Badan Antariksa Eropa Luca Parmitano melaporkan bahwa helmnya mulai terisi air. Hampir 1,5 liter air bocor ke helmnya, mengancam akan menenggelamkan Parmitano di tengah perjalanan luar angkasa.

Tetapi mengingat pakaian antariksa era Apollo NASA memungkinkan 12 manusia berjalan di bulan 50 tahun yang lalu dan mengingat pakaian era Pesawat Ulang-alik telah digunakan di lebih dari 200 perjalanan luar angkasa, apakah memang diperlukan investasi besar untuk pakaian antariksa baru?

Jika misi para astronot pergi ke Mars berbeda ketika berjalan di bulan. Lingkungan yang berbeda & memiliki bahaya yang berbeda. Jadi ketika memilih tugas untuk astronot, tentunya harus memperhitungkan, apakah ingin astronot dapat berjalan, membungkuk, mengambil barang, atau membawa sesuatu? Hal ini memerlukan desain khusus untuk kenyamanan saat melakukan misi.

Beberapa komponen dan beberapa konsep desain tidak lagi sesuai dengan nilai. Dalam hal kuantitas serta distribusi awak kapal yang perlu disesuaikan. Dengan melibatkan lebih banyak perusahaan, banyak perusahaan bersaing, dan berinovasi untuk menurunkan harga produksi. Dalam upaya mengembangkan teknologi dengan biaya lebih rendah, NASA sering menetapkan tantangan desain dan inovasi, terkadang bermitra dengan desainer atau perusahaan bonafit.

Peter Homer dan Ted Southern menguji prototipe mereka selama Tantangan Sarung Tangan Astronot NASA 2009, yang diadakan 19 November di Astronaut Hall of Fame di Titusville, Florida, dekat Pusat Antariksa Kennedy NASA.


Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?Pemenang Astronaut Glove Challenge 2009 Ted Southern (kiri) dan Peter Homer dengan sarung tangan mereka. Kredit gambar: NASA/Kim Shiflett


Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?Penemu Peter Homer, kiri, berpartisipasi dalam uji ketangkasan dan fleksibilitas selama Tantangan Sarung Tangan Astronot NASA 2009 di Astronaut Hall of Fame dekat Kennedy Space Center, Florida Kredit gambar: NASA /Kim Shiflett


Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?Perwakilan ILC Dover memantau seberapa besar tekanan internal yang dapat ditahan oleh sarung tangan yang baru dirancang selama uji ledakan. Kredit gambar: NASA/Kim Shiflett


Dalam Kompetisi Astronaut Glove Challenge 2009, Ted Southern mengantongi hadiah kedua sebesar $US100.000. Dia dan rekannya, Nikolay Moiseev, seorang insinyur pakaian luar angkasa Rusia terkemuka, kemenangan untuk Final Frontier Design.


Ted Southern sebagai mitra bisnis dengan NASA yang dibentuk sekitar 10 tahun yang lalu, dan telah bekerjasama dengan NASA untuk mengerjakan komponen pakaian EVA mengatakan:


"NASA adalah pelanggan terbesar kami, dan kami telah mengirimkan komponen prototipe, termasuk rakitan sarung tangan, siku, bahu, suku cadang, dan potongan. Tapi selama dua tahun terakhir, kami fokus untuk menyatukan sistem."

- Ted Southern



Sedangkan Final Frontier berencana untuk membuat setelan EVA-nya sendiri, jauh lebih murah daripada milik NASA. Setelan penerbangan dengan persyaratan yang sama seperti milik NASA. Pakaian dibuat dengan bahan yang sama dengan pakaian yang digunakan NASA. Pakaian luar angkasa lama sangat mahal. Pengembangan setelan jas nantinya akan mencapai kisaran jutaan dolar, dengan sistem EVA setelan jas kemungkinan masing-masing akan bernilai sekitar $US2 juta.

Meskipun NASA belum secara resmi merilis harga satuan setelan xEMU baru, dapat dikatakan bahwa biaya mereka akan jauh lebih tinggi.

Jika Final Frontier mengambil desain setelan NASA yang yang dimiliki saat ini, dan mereproduksinya, akan menelan biaya antara $US15 juta hingga $US25 juta per unit. Tetapi desain yang dikembangkan hari ini dengan xEMU tidak hanya berada dalam kisaran itu. Mereka percaya persaingan dan inovasi yang akan mendorong biaya per unit yang lebih rendah.


Bagaimana biaya pakaian antariksa NASA dibandingkan dengan negara lain?


Rusia memiliki setelan EMU disebut Orlan. Seperti NASA, ia juga memiliki empat setelan di stasiun luar angkasa. Tetapi juga memiliki cadangan, baik di Pusat Pelatihan Kosmonot di Star City, Rusia, dan di Pusat Luar Angkasa Johnson di Houston, Texas.

Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?Satu-satunya pakaian antariksa Soviet/Rusia yang dipamerkan di Space Center Houston, pakaian antariksa Orlan (elang laut dalam bahasa Rusia) dikembangkan oleh kontraktor kedirgantaraan Soviet (sekarang Rusia) NPP Zvezda Source


Menurut Nikolay Moiseev, yang merupakan salah satu dari sedikit insinyur yang bekerja di EMU milik NASA (Amerika) dan Orlan (Rusia), tidak seperti NASA, Roscosmos terus mengembangkan generasi baru pakaian antariksa. Moiseev secara pribadi berpartisipasi dalam pengembangan lima generasi pakaian antariksa Rusia dan memperkirakan bahwa 24 unit dibuat antara 1997 dan 2002, dengan 24 unit lagi dibuat antara 2002 dan 2019. Roscosmos juga mengembangkan setelan EVA baru untuk pendaratan misi di bulan, pada tahun 2030.

Dengan teknologi Rusia dalam pengembangan setelan EVA berbanding dengan setelan EMU NASA yang menua, akan lebih banyak peluang untuk perusahaan swasta seperti Final Frontier secara komersial mengembangkan teknologi pakaian antariksa dengan harga lebih rendah.

Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?NASA astronauts Doug Hurley (foreground) and Bob Behnken give a thumbs up from inside the Crew Dragon capsule ahead of the Demo-2 launch on May 30, 2020. (Image credit: SpaceX/Twitter)


Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?Astronauts Doug Hurley (left) and Bob Behnken in their SpaceX spacesuits at Launch Pad 39A with their Falcon 9 rocket and Crew Dragon spacecraft in the background before launch. The SpaceX pressure suits are designed to keep astronauts safe in the spacecraft and not for spacewalks. (Image credit: Kim Shiflett/NASA)

Pada tahun 2017, Elon Musk mengungkapkan pakaian luar angkasa SpaceX IVA. Meskipun setelan intravehicular ini hanya untuk digunakan di dalam pesawat ruang angkasa, helm cetak 3D dan pakaian yang dibuat khusus adalah gambaran sekilas tentang masa depan pakaian luar angkasa.

Pertanyaannya apakah kebutuhan pakaian luar angkasa bisa lebih murah, atau eksplorasi ruang angkasa tidak terhindarkan mahal?


Video Asli Business Insider



Sumber :
"Extravehicular activity - Wikipedia" https://en.m.wikipedia.org/wiki/Extr...cular_activity
"Teknologi Baju Astronaut di Ruang Angkasa dari Masa ke Masa": https://www.cnnindonesia.com/teknolo...-masa-ke-masa.
"Musibah Challenger - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas" https://id.m.wikipedia.org/wiki/Musibah_Challenger
"STS-107 - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas" https://id.m.wikipedia.org/wiki/STS-107
"NASA - Inventors Answer Call for New Glove Designs" https://www.nasa.gov/topics/technolo...love_2009.html
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adityaprasngr dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 06:26
reserved
0 0
0
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 06:40
misi space x telor musk, selalu gagal, kita lihat gimana negara jinping & putin fokus misi ke Mars, emoticon-Embarrassment
0 0
0
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 06:48
kirain murah ternyata..................................................................
emoticon-Wow emoticon-Mewek emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
nonaontop dan reaper_k1d memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 06:55
Knp Apple bisa Mahal?

Knp Hermes bisa Mahal?

Knp supreme bisa Mahal?

Knp Louis Vuitton bisa Mahal?

Knp hypebeast bisa Mahal?

Knp Lamborghini bisa Mahal?

Karena yg jual Pinter yg beli goblok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tocaski dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 22 balasan
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 07:16
Kecil mah... Ana sumbang 2T.
0 0
0
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 07:50
Mending pake sarung
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 08:41
Tetangga ane beli hoodie Nasa cuma 150 rebu gan emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
77665.123456 dan bang.toyip memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 08:42
tebel banget bajunya wkwkwk
0 0
0
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 08:48
Kirain ada merk SUPRnyaemoticon-Big Grin
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 08:57
yang ready saat ini sisa 4?
waduh kalo ada invasi alien kita cuma bisa melawan dengan 4 orang yg dikirim dong?
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 10:07
pasti panas banget pakenya tuh
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 10:14
Jelas bahannya yg pasti sangat berbeda
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 10:25
gw nonton film Amstrong ngibul kagak pernah kebulan cm buat propaganda ama Russia, wkwkwk 😂 gini aja gak paham, udah jelas masa iya ke Bulan gak pernah lagi kesana, keliatan banget nipunya, sama penipu pembalap sepeda sama2 Amstrong satunya ngibul kalo pernah ke bulan, satunya doping emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
hudazone dan bang.toyip memberi reputasi
2 0
2
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 10:56
Shopee cod aja gan dijamin ori dan bebas onhkir
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan bang.toyip memberi reputasi
2 0
2
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 11:11
Itu diselimutin bahan langka gan.. seperti emas buat tahan panas.. lah kalo emasnya 10kilo wajar lah
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 11:27
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 11:36
saingan rompi oren
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 12:24
gw kirain yg paling mahal tu baju besi emasnya saint seiya.. taunya ini juga mahal yahh

keren deh emoticon-Matabelo
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 13:21
klo di kasih tulisan SUPREME saya yakin harga bisa 20 x lipat lebih mahal wakakak ,,,
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Apa Yang Membuat Pakaian Luar Angkasa NASA Begitu Mahal?
04-08-2021 14:22
Karna Pesannya ke Mak Erot pake Limited Edition... emoticon-Betty
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia