News
Batal
KATEGORI
link has been copied
48
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6108d00dd9d42f34c5489a93/cara-sukses-china-tangani-varian-delta-bisakah-indonesia-tiru
Pemerintah China, seperti juga di negara lain, sedang menghadapi tugas sulit menghadapi virus corona varian Delta, yang lebih cepat menular. Tapi China dianggap berhasil dalam menahan penularannya, karena Pemerintah China cepat bertindak dengan melakukan sebanyak sembilan juta tes di Nanjing hanya dalam waktu beberapa hari saja.
Lapor Hansip
03-08-2021 12:11

Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?

Past Hot Thread
 Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?



BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China, seperti juga di negara lain, sedang menghadapi tugas sulit menghadapi virus corona varian Delta, yang lebih cepat menular.

Tapi China dianggap berhasil dalam menahan penularannya, karena Pemerintah China cepat bertindak dengan melakukan sebanyak sembilan juta tes di Nanjing hanya dalam waktu beberapa hari saja.

China relatif berhasil menanggulangi pandemi dibandingkan beberapa negara besar lain sejak dimulainya pandemi di kota Wuhan akhir tahun 2019.

Baca juga: Covid-19 Varian Delta Timbulkan Lonjakan Kasus di 3 Provinsi China

Beberapa daerah di China mendapatkan penularan dari kedatangan warga dari luar negeri, namun situasi berhasil ditangani dengan baik dalam hitungan pekan atau bahkan hari.

Banyak negara di Asia sudah menerapkan pembatasan, termasuk lockdown serta pembatasan lainnya, namun langkah yang dilakukan China dinilai yang paling terkoordinir dan paling ketat.

China dianggap berhasil menahan bertambahnya kasus varian Delta, dengan melihat angka penularan baru hari Kamis kemarin (29/7/2021) sebanyak 24 kasus, turun dari 31 kasus di hari Rabu.

Laboratorium darurat untuk testing Covid-19 di sebuah stadion olahraga di Nanjing ketika munculnya kasus baru.

Laboratorium darurat untuk testing Covid-19 di sebuah stadion olahraga di Nanjing ketika munculnya kasus baru.(XINHUA/LI BO via AP via ABC INDONESIA)
Tes yang banyak jadi bagian penting

Media pemerintah China mengatakan kasus Covid-19 dari varian Delta di Nanjing mungkin sudah terjadi sejak 10 Juli, meski kasus pertama baru dilaporkan pekan lalu.

Kebanyakan kasus positif yang muncul dari gelombang tes pertama di Nanjing berasal dari kawasan pemukiman tidak jauh dari Bandara Internasional Lukou, yang sekarang sudah ditutup.

Zhang Nuo, seorang warga Nanjing, mengatakan ia terpaksa membatalkan perjalanan bersama keluarganya ke Beijing minggu ini karena lockdown.

"Bila mereka menutup seluruh kota tidak ada yang bisa saya lakukan, kami semua mengerti mengapa ini harus dilakukan dan tidak seorang pun mau virus ini menyebar ke mana-mana," kata Zhang, seorang ibu yang memiliki putri berusia enam tahun.

Melakukan tes dengan cepat dalam jumlah besar saat ada kasus penularan baru sudah jadi hal yang biasa dilakukan China sejak awal pandemi.

Pemerintah China dengan cepat mengerahkan sumber daya, staf, lab, dan meminta jutaan warga dites tanpa mendapat banyak penolakan.

Baca juga: Covid-19 di China: Penularan di Nanjing Paling Luas Setelah Wuhan

Tapi tetap ada saja kendalanya.

"Semuanya cepat sekali. Pemerintah mengumumkan adanya kasus, dan pengelola perumahan kami kemudian mengatakan semua harus dites," katanya kepada ABC.

"Mereka kemudian memfasilitasi tes, namun di tempat tes suasananya kacau."

"Mereka tidak bisa membuat semua orang antre dengan menjaga jarak, banyak orang memotong antrean, yang lain memesan makanan ketika antre."

"Dan ketika antre, kami diberitahu bahwa alat tes habis, jadi kami kesal sekali."

Seorang warga Nanjing lainnya, Zhiming Yan, mengatakan pemerintahan setempat mengirimkan staf medis untuk melakukan tiga kali tes massal sejak munculnya kasus baru.

Zhiming Yan mengatakan mendukung lockdown ketat di Nanjing untuk menekan munculnya kasus.(Supplied: Zhiming Yan)

Zhiming Yan mengatakan mendukung lockdown ketat di Nanjing untuk menekan munculnya kasus.(Supplied: Zhiming Yan)(DOK ZHIMING YAN via ABC INDONESIA)

"Pada umumnya warga mematuhi seruan untuk dites," katanya kepada ABC.

"Seluruh fasilitas pendidikan ditutup."

"Sekolah dan taman kanak-kanak harus mendaftarkan rincian perjalanan, hasil tes PCR anak-anak dan orang tua mereka."
Pengawasan yang ketat dan pembatasan wilayah

China mendapat banyak pujian setelah memberlakukan lockdown ketat selama 76 hari di kota Wuhan di awal tahun 2020.

Saat itu seluruh warga di kota tersebut tidak diizinkan meninggalkan apartemen mereka.

Pemerintah China juga menutup hampir seluruh kota di provinsi Hubei, yang berdekatan dengan Wuhan, melarang semua jenis perjalanan. Model lockdown' ini yang kemudian diterapkan juga di Australia.

Sama seperti di Melbourne, lockdown ini berhasil menurunkan angka penularan, sementara kota-kota lain tidak mencatat lagi kasus penularan baru. Kalau pun ada penularan, penanganannya sangat cepat.

Karena itu perekonomian di China pulih dengan cepat, terlihat dari harga biji besi ekspor dari Australia yang naik tajam di China.

Sejak itu bentuk lockdown berubah-ubah, Pemerintah tidak lagi menutup seluruh kota, namun hanya menutup beberapa kompleks perumahan tertentu.

Baca juga: China Kecam Media Barat yang Pasang Foto “Jelek” Atlet Angkat Besinya

Semua warga di kawsan provinsi Yunan juga harus menjalani tes menyusul adanya kasus baru varian Delta.

Semua warga di kawsan provinsi Yunan juga harus menjalani tes menyusul adanya kasus baru varian Delta.(XINHUA/WANG GUANSEN via AP via ABC INDONESIA)

"Pemantauan dan pengawasan lebih baik di China dibandingkan di Australia, khususnya karena kebanyakan warga tinggal di kompleks apartemen," kata Profesor John Nicholls dari University of Hong Kong.

"Ini berbeda dengan Australia di mana kawasan pemukiman terdiri dari rumah-rumah yang terpisah dan berjarak tanpa adanya kamera pemantau atau pengurus apartemen."

Model karantina hotel yang diterapkan di China bagi mereka yang datang dari luar negeri, yang juga diikuti banyak negara termasuk Australia, sekarang juga berubah.

Masa karantina diperpanjang menjadi tiga minggu, dari sebelumnya dua minggu.

Setelah menjalani karantina selama 21 hari, beberapa kota di China bahkan mengharuskan warga untuk menjalani karantina tambahan satu minggu di rumah.
"Setiap negara berbeda"

Strategi yang dilakukan China dan juga di Australia adalah melakukan lockdown, walau kasus penularan relatif lebih rendah.

Pemerintah China mengatakan perusahaan farmasi sudah mendistribusikan lebih dari 1,5 miliar vaksin.

Klaster Nanjing merupakan penularan serius kedua di China sejak bulan Februari dengan kebanyakan kasus adalah dari varian Delta.

Klaster Nanjing merupakan penularan serius kedua di China sejak bulan Februari dengan kebanyakan kasus adalah dari varian Delta.(REUTERS via ABC INDONESIA)

"Pihak berwenang China sudah mengakui bahwa strategi vaksin sekarang ini perlu diperbaiki dengan perlunya vaksin model mRNA," kata Profesor Nicholls .

Dia memperkirakan Pemerintah China mungkin akan mendorong produksi vaksin model mRNA yang lebih efektif, seperti yang dibuat oleh Pfizer di Amerika Serikat, untuk memperkuat vaksin yang sudah ada.

"Saat ini tampaknya Pemerintah China masih menggunakan strategi lockdown untuk menekan kasus penularan dan mencegah menyebar ke kawasan lebih luas," katanya.

sumber

Indonesia & China

emoticon-Shakehand2
profile-picture
ATR42 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 12:13
profile-picture
wienwave memberi reputasi
0 1
-1
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 12:14
Ya kalo ditutup kota nya mereka enggak coba cari jalan tikus seperti disini.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 12:15
"Bila mereka menutup seluruh kota tidak ada yang bisa saya lakukan, kami semua mengerti mengapa ini harus dilakukan dan tidak seorang pun mau virus ini menyebar ke mana-mana,"


Kalo mau tutup ga usah di sekat.. tapi pasang kawat berduri
0 0
0
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 12:15
Negara enga beragama diserang tentara Allah bertahan bahkan semakin maju
Negara beragama sampai lbh Dr Arab Dr Arab diserang tentara allah kacao balau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
justsightseeing dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 12:16
Edan 9jt tes di satu kota doang dalam beberapa hari.
Kalau di indonesia butuh 3 bulan untuk dapat angka segitu.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 12:17
Walau pahit tapi kurang lebih seperti ini...
Apa yang bisa china lakukan, blom tentu bisa indonesia lakukan
Apa yang bisa indonesia lakukan, china bisa lakukan lebih baik...
Diubah oleh kily89
0 0
0
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 12:21
Virusnya berasal dari lab virus di Wuhan (Cina),
Standarnya kok belajar dari WHO? emoticon-Leh Uga
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 12:35
Quote:Original Posted By harakiri02
Virusnya berasal dari lab virus di Wuhan (Cina),
Standarnya kok belajar dari WHO? emoticon-Leh Uga


 Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
0 0
0
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 12:35
Tidak bisa

Karena di cina, negara berkuasa, sedang agama tidak punya kekuasaan politik

Di indo, negara harus berbagi kekuasaan dengan agama

Sedangkan sejak dulu agama dan ilmu pengetahuan selalu bertentangan

Jadi kalau ingin bisa seperti cina, buat indo sekuler
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galbadia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 12:36
tipu-tipu lagi ke??
0 0
0
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 12:38
Quote:Original Posted By kanggelandaftar
Tidak bisa

Karena di cina, negara berkuasa, sedang agama tidak punya kekuasaan politik

Di indo, negara harus berbagi kekuasaan dengan agama

Sedangkan sejak dulu agama dan ilmu pengetahuan selalu bertentangan

Jadi kalau ingin bisa seperti cina, buat indo sekuler


Kalau mau buat indo sekuler,
indo harus lebih dekat dengan US.

China lebih dekat dengan negara yang mayoritas islam,
daripada US.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 12:38
China/Tiongkok berani lockdown, lha klo Indonesia??
0 0
0
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 12:41
Gimana gak sukses disana rakyatnya patuh kalau berani ngeyel bakalan masuk penjara atau malah hilang
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 13:38
Siapa dulu donk pemimpinnya

Leader
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 13:40
Hebat emang Koh Jin Ping didukung warganya mayoritas tidak berkiblat ke mekkah kombo sukses meredam serangan tentara Allah.Sementara di Negara Kesatuan Republik Islam yang dilakukan cuma doa setiap hari.Mau tes masal SDM kurang, dana kurang,peralatan juga kurang mau gencarkan vaksin gak mau karena masyarakatnya babi fobiaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 13:41
Cina banyak duit, apa sih yg ga bisa kalo banyak duit ditangan?

Jualan vaksin sinovac sampe ratusan juta dosis ke negara lain dan duitnya dibelikan vaksin pfizer atau moderna untuk rakyatnya sendiri sih urusan enteng buat negara chinaemoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh tigaporsi
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 13:51
bisa?



bisa....




bisa gila! emoticon-Wakaka
0 0
0
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 14:47
Bisa kalau kaum penyembah batu musnah ..
profile-picture
judogal memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Sukses China Tangani Varian Delta, Bisakah Indonesia Tiru?
03-08-2021 17:09
Wajarlah mereka sukses karena sumbernya juga dari sana n negara pertama yg kena Covid jadi mereka belajarnya lebih cepat dari negara² lain
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia