Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
41
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6107be01e4100523065d1c55/jajanan-khas-kudus-berbahan-dasar-ketan-yummy-banget
Sebelum pandemi covid-19 tempat-tempat yang menjual jajanan khas atau oleh-oleh khas Kudus ini begitu padat pembeli, sampai-sampai sulit mendapatkan tempat parkir. Biasanya para pelancong, baik yang berwisata alam maupun wisata religi berburu jajanan khas Kudus ini sebagai buah tangan.
Lapor Hansip
02-08-2021 16:42

Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kalau membicarakan tentang Kota Kudus, sudah pasti yang terlintas adalah makanan khasnya. Di thread ini ane ingin ulas jajanan khasnya yang berbahan dasar ketan.

Sebelum pandemi covid-19 tempat-tempat yang menjual jajanan khas atau oleh-oleh khas Kudus ini begitu padat pembeli, sampai-sampai sulit mendapatkan tempat parkir. Biasanya para pelancong, baik yang berwisata alam maupun wisata religi berburu jajanan khas Kudus ini sebagai buah tangan. Sekarang, bahkan Toko Mubarok, di mana terdapat museum jenang Kudus di lantai keduanya, terlihat begitu sepi pengunjung. Toko hanya dikunjungi oleh warga lokal yang menginginkan cemilan. Namun, pembeli tidak perlu takut, karena prokes di sini sangat dijaga. Pembeli tidak bisa masuk toko tanpa memakai masker atau memakai masker dengan tidak benar.

Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy BangetMuseum Jenang Kudus
Sumber: dokumen pribadi

Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy BangetMuseum Jenang Kudus
Sumber: dokumen pribadi

Jajanan khas kudus dari ketan biasanya menjadi primadona di toko-toko oleh-oleh. Apa sajakah itu?

1. Jenang Kudus

Kudus dan jenang merupakan dua kata yang begitu akrab satu sama lain. Oleh-oleh jenang kudus sudah melegenda sejak dahulu kala. Makanan yang terbuat dari tepung ketan, gula dan santan ini memang legit gurih dan cukup awet jika disimpan.

Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy BangetSumber: dokumen pribadi]

2. Madumongso

Makanan khas yang terbuat dari tape ketan putih atau ketan hitam dicampur gula dan santan ini memang bercita rasa khas. Manis, gurih, dan sedikit asam yang berasal dari rasa tape ketannya.

Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy BangetSumber: dokumen pribadi


3.keciput

Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget

Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy BangetSumber: dokumen pribadi

Keciput berbahan dasar tepung ketan, tapioka, gula, margarin dan telur. Mempunyai rasa gurih dan manis. Makanan ringan ini diselimuti wijen di sekelilingnya dan tahan lama.


4. Rengginang

Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget

Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy BangetSumber: dokumen pribadi

Rengginang berbahan dasar ketan. Panganan yang gurih dan renyah mirip kerupuk  ini cocok menjadi cemilan saat nonton televisi atau bersantai. Makanan ini disebut-sebut berasal dari Kabupaten Kudus meskipun sangat populer pula di wilayah lain.

5. Intip Ketan
Intip ketan di Kudus merupakan makanan khas yang hanya ada di bulan suci Ramadhan. Ketan yang telah matang yang dihaluskan dan dicampur kelapa diletakkan di dalam wajan sehingga akan mengeras bagian bawahnya yang biasa disebut intip.

Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget


Selain jajanan berbahan dasar ketan ini masih ada lagi oleh-oleh lain yang bisa dibawa dari Kudus yaitu
1. Kacang bawang
2. Kipo Muria
3. sirup Parijoto
4. Kopi Jetak



Sirup Parijoto


Nah Gansis, jajanan apa nih yang sudah pernah Gansis coba? Selamat berwisata kuliner ya, Gansis, semoga sehat selalu sehingga suatu saat bisa jalan-jalan ke kota Kudus.

Sumber: 
Opini pribadi
Gambar : dokpri, google
Di Sini
Di Sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emineminna dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
02-08-2021 16:43
Jajanan yang mana nih yang pernah Gansis coba?
profile-picture
profile-picture
black.robo dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
02-08-2021 16:43
Favorit ane jenang kudusemoticon-Pelukemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
8alfiyan8 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
02-08-2021 17:57
Rengginang
emoticon-Request
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan cattleyaonly memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
03-08-2021 16:16
serabi ketan kok gak ada sis
0 0
0
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
05-08-2021 14:28
Onde-onde aku suka
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
05-08-2021 19:52
Ane bukan orang Jawa n belum pernah ke Kudus. Dari penampakan sepertinya no 3 & 4 yg pernah ane makan
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
05-08-2021 22:11
Kecioit kalau di tempat ane namanya onde2 cepos gan.hehe.. kalau ane paling suka sama madu mongsonya.
profile-picture
profile-picture
angga_nero dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
06-08-2021 07:08
Ondeonde
0 0
0
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
06-08-2021 07:18
Onde onde goreng, klau dingin keras bgt bisa buat ngelempar maling
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
06-08-2021 07:19
mochi gk ada kah?
0 0
0
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
06-08-2021 07:22
Masa kecil banget gans, sekarangs udah agak jarang makanan seperti ini, tapi enaknya kita bsia beli online dan langsung dikirim sama penjualnya. kalau kangen ane biasanya beli online
0 0
0
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
06-08-2021 07:23
intip ketan favorit, gak di kudus aja sih di magetan n tempat lain juga ada kok.
0 0
0
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
06-08-2021 07:33
ada yang lum pernah makan nih...yang intip ketan....
0 0
0
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
06-08-2021 07:36
Jenang Kudus, khas banget emoticon-Toast
profile-picture
black.robo memberi reputasi
1 0
1
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
06-08-2021 07:43
Saya.suka
0 0
0
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
06-08-2021 07:47
Jenang Kudus emang yg paling legend. Setiap ada yang ke Kudus selalu minta dibawakan jenang kudus walopun beli online juga ada hehehehe.
Paling sering beli Jenang Kudus Mubarok di Jalan Muria 33.
emoticon-2 Jempol
0 0
0
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
06-08-2021 07:50
Wuidihhh mantappp
0 0
0
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
06-08-2021 08:07
Onde onde sekai hap
emoticon-Wow
0 0
0
Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget
06-08-2021 08:08


Jajanan Khas Kudus Berbahan Dasar Ketan, Yummy Banget






Gemboked.
Yg mau beli jajanannya antri di belakang.

emoticon-Cool
Diubah oleh yunda.me
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia