News
Batal
KATEGORI
link has been copied
35
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61073938f9764633bf558551/kecap-firli-soal-pidana-mati-di-kasus-bansos-juliari
Pernyataan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri terkait tuntutan pidana mati terhadap pelaku korupsi di tengah bencana hanya menjadi angin lalu. Omongan jenderal polisi bintang tiga tersebut tak dibuktikan oleh jaksa di persidangan. Jaksa penuntut umum KPK menuntut terdakwa kasus dugaan korupsi bansos Covid-19 sekaligus mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dengan pidana 11
Lapor Hansip
02-08-2021 07:15

Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari

Pernyataan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri terkait tuntutan pidana mati terhadap pelaku korupsi di tengah bencana hanya menjadi angin lalu. Omongan jenderal polisi bintang tiga tersebut tak dibuktikan oleh jaksa di persidangan.

Jaksa penuntut umum KPK menuntut terdakwa kasus dugaan korupsi bansos Covid-19 sekaligus mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dengan pidana 11 tahun penjara.

Tuntutan 11 tahun penjara itu berbanding terbalik dengan sikap menggebu-gebu Firli. Tahun lalu, Firli mengaku akan meminta pelaku korupsi saat bencana atau pandemi Covid-19 diancam hukuman mati.

Ini tidak main-main. Ini saya minta betul nanti kalau ada yang tertangkap, saya minta diancam hukuman mati. Bahkan dieksekusi hukuman mati," kata Firli kepada CNNIndonesia.com di Gedung Transmedia, Jakarta pada 29 Juli 2020.

Saat dikonfirmasi kembali terkait tuntutan 11 tahun kepada Juliari itu, Firli tidak memberikan banyak penjelasan. Ia meminta untuk bertanya kepada juru bicara KPK.

Firli mengatakan untuk menuntut seseorang tersangka dengan ancaman hukuman mati harus memenuhi unsur pidana Pasal 2 ayat (1) Undang-undang Tipikor.

"Silakan ke jubir [juru bicara], hukuman mati diatur dalam Pasal 2 ayat (2) UU Tipikor. Untuk menuntut seseorang tersangka dengan ancaman hukuman mati maka harus memenuhi unsur pidana Pasal 2 ayat 1 UU Tipikor. Silakan ke Pak Ali. Dulu pernah saya sampaikan," kata Firli melalui pesan tertulis, Kamis (29/7).

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menyatakan fakta persidangan menjadi landasan jaksa dalam menuntut terdakwa, termasuk Juliari. Kata dia, KPK tak terpengaruh dengan opini, keinginan, maupun desakan pihak mana pun.

"Dalam menuntut terdakwa, tentu berdasarkan fakta-fakta hasil persidangan," ujarnya, Kamis (29/7).

"Pertimbangan alasan memberatkan dan meringankan juga menjadi dasar dalam menuntut baik pidana penjara, uang pengganti maupun denda dan pencabutan hak politik," sambungnya.

Ia menegaskan dalam perkara Juliari pihaknya menerapkan Pasal suap, bukan Pasal 2 ayat (2) UU Tipikor.

"Penerapan Pasal tentu karena berdasarkan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil penyidikan," katanya.

Ali sebelumnya juga sempat memberikan penjelasan terkait dengan polemik tuntutan mati terhadap Juliari dkk. Ia menerangkan penerapan pasal dengan ancaman pidana mati harus memenuhi sejumlah unsur seperti korupsi dilakukan dalam keadaan tertentu, hingga menimbulkan kerugian atau perekonomian negara

"Secara normatif dalam UU Tipikor terutama Pasal 2 ayat (2) hukuman mati diatur secara jelas ketentuan tersebut dan dapat diterapkan," terang Ali, pada Februari 2021.

"Akan tetapi, bukan hanya soal karena terbuktinya unsur ketentuan keadaan tertentu saja untuk menuntut hukuman mati, namun tentu seluruh unsur Pasal 2 ayat (1) juga harus terpenuhi," imbuhnya.

Adapun Pasal 2 UU Tipikor berbunyi:

Ayat (1): Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana penjara dengan penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan denda paling sedikit Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Ayat (2): Dalam hal tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilakukan dalam keadaan tertentu, pidana mati dapat dijatuhkan.


Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai tuntutan 11 tahun terlalu ringan untuk Juliari. ICW berharap majelis hakim menjatuhkan vonis penjara seumur hidup untuk Juliari.

Peneliti Divisi Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi ICW, Almas Sjafrina mengatakan Juliari semestinya dituntut penjara seumur hidup atau 20 tahun sebagaimana ancaman maksimal Pasal 12 UU Tipikor yang digunakan jaksa.

"Tuntutan KPK ini terkesan ganjil dan mencurigakan. Sebab, Pasal yang menjadi alas tuntutan, yaitu Pasal 12 huruf b UU Tipikor, sebenarnya mengakomodasi penjatuhan hukuman hingga penjara seumur hidup dan denda Rp1 miliar," ujar Almas dalam keterangan tertulis, Kamis (29/7).

"Tuntutan yang rendah ini kontradiktif dengan semangat pemberantasan korupsi. Padahal, pimpinan KPK telah sesumbar menyatakan akan menghukum berat koruptor bansos Covid-19," sambungnya.

Sementara it sebelumnya mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengkritik tuntutan 11 tahun penjara terhadap terdakwa kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19, Juliari Peter Batubara.

Lihat Juga :
Ketua KPK Ancam Hukum Mati Pelaku Korupsi Dana Covid-19

Menurut dia, tuntutan tersebut tidak mempertimbangkan rasa keadilan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

"Di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, tuntutan untuk terdakwa korupsi bansos Covid-19 hanya 11 tahun saya rasa tidak bisa mengobati penderitaan masyarakat yang menjadi korban korupsi bansos," ujar Febri melalui keterangan tertulis, Kamis (29/7).

Febri lantas membandingkan tuntutan tersebut dengan ancaman pidana maksimal penjara seumur hidup atau 20 tahun sebagaimana Pasal 12 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang dikenakan terhadap Juliari.

"Jauh sekali dari ancaman maksimal. Tuntutan tersebut gagal menimbang rasa keadilan korban bansos Covid-19," imbuhnya.

Febri sehari sebelumnya juga sempat menyindir pernyataan Firli yang menyatakan akan menuntut hukuman pidana mati bagi mereka yang diduga menyelewengkan dana bansos terutama di masa pendemi ini.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...bansos-juliari

Kecap memang tidak bersalah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dinand_torres dan 2 lainnya memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 07:29
Lha jessica bukti2 malah tidak cukup tapi dihukum 20 tahun kok TS ga pernah bikin tritnya.

emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
chandra398 dan laziale.id memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 07:31
memang Kecap emoticon-Leh Uga lha klo mau hukum pidana mati koruptor ya ubah dulu UU nya lah, pegimane sih? emoticon-Wakaka
0 0
0
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 07:32
Halah kintil
profile-picture
profile-picture
habibpalsu14756 dan Aparatkaskus memberi reputasi
2 0
2
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 07:36
Lip service doang gan, kebetulan yang kena golongan sendiri.
Kalau yg kena dari oposisi beuuh.. habis mungkin sama buzzer bayaran.
aib dari bayi sampe dewasa diumbar semua bisa2..
Diubah oleh jarvey
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 7 lainnya memberi reputasi
6 2
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 07:43
begitulah kalo ketua kapeka asalnya dari salah satu instansi paling korup di indonesia...



emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Quadpixel dan Aparatkaskus memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 07:49
Hukum mati bagi koruptor hanya mitos , percayalah
0 0
0
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 07:51
Apa yg mau di harap? emoticon-Big Grin
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
1 0
1
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 08:09
Chicken katsu memang tidak bertulangemoticon-Mad
Diubah oleh Org.sembarangaN
0 0
0
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 08:11
hukum mati!
0 0
0
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 08:14
Yang ngomong mau hukum mati koruptor penipu cuma orang sarap yang percaya.
0 0
0
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 08:18
Sebelas duabelas sama bos besarnya..mencla mencele lambenya harusnya ditapuk parut
profile-picture
ARShecca memberi reputasi
1 0
1
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 08:43
coba tangkap harun masiku pak, terakhir terdetect di sekitar PTIK emoticon-Wakaka
profile-picture
ARShecca memberi reputasi
1 0
1
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 08:53
semua mmg tergantung syareat Islam, kita liat di daerah yg menerapkan syareat Islam full apakah pejabat yg maling di potong tangannya disana?
0 0
0
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 08:55
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Birds of a feather flock together
0 0
0
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 08:56
gue uda sering nulis disini..apa yg mau diharap dari kpk setelah kena invasi warung sebelah???paling juga sporadis yg kena paling diluar merah..satu guru satu ilmu.lucunya negeri ini kalau cewe biru kena langsung maksimal hukumannya, tapi kalo dr golongan sendiri langsung kena diskon alasan karena punya anak kecil😂😂🤭...
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan jarvey memberi reputasi
2 0
2
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 09:26
Hukuman mati cuma koar² berarti yaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 09:30
Tinggal salahin pegawai kpk yg tidak lolos test twk
emoticon-Ngakak

Nunggu kasus anies atau pks Demokrat baru urusan kasus korupsi rame lagi, kasus sapi Hambalang aja masih rame diungkit2

Bahkan bisa dihukum mati, dan kunyuk dimari bersuka ria, bukan karena kasus korupsi berakhir dihukum mati tapi karena pelakunya bukan sekitaran katak pembina,
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan chandra398 memberi reputasi
2 0
2
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 09:33
Koruptor di hukum mati ? Jadi RT aja gak ada yg mau ....

emoticon-Wakaka
0 0
0
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 09:36
servis bibir emoticon-Big Grin g nyangka yg keciduk dari kalangan koalisi sendiri emoticon-Leh Uga
lagian omongan politisi/pejabat/dsb mah g bisa dianggap serius cuma buat image hebat dan bersih pas penegakan mah lemes emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan jarvey memberi reputasi
2 0
2
Kecap Firli soal Pidana Mati di Kasus Bansos Juliari
02-08-2021 09:48
dibelokkan jadi gratifikasi jadi gag ada yg namanya pidana mati buat korupsi duit sosial
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia