News
Batal
KATEGORI
link has been copied
82
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6106de74557a882f801597fd/setujukah-agan-jika-harapan-hidup-manusia-jauh-lebih-panjang
Ane baru aja nonton video dimana ada seorang pengamat teknologi bernama Jamie Metzl, doi mengatakan bahwa masa depan harapan hidup manusia bakal jauh lebih panjang dari sekarang. Sebagaimana kita ketahui bahwa harapan hidup manusia semakin panjang seiring dengan perkembangan teknologi. Pada tahun 1910 rata-rata harapan hidup manusia di dunia.
Lapor Hansip
02-08-2021 00:48

Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
emoticon-UltahHalo Gansis emoticon-Ultah


Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?

Ane baru aja nonton video dimana ada seorang pengamat teknologi bernama Jamie Metzl, doi mengatakan bahwa masa depan harapan hidup manusia bakal jauh lebih panjang dari sekarang.

 




Sebagaimana kita ketahui bahwa harapan hidup manusia semakin panjang seiring dengan perkembangan teknologi. Pada tahun 1910 rata-rata harapan hidup manusia di dunia hanya selama 40-50 tahun. Sekarang, hanya dalam satu abad manusia hampir menggandakannya, dengan rata-rata harapan hidup yakni 80 tahun. Jika hal tersebut bisa terjadi, apa yang bakal terjadi dengan bumi? Apakah dinamika keluarga akan berubah?

Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
Melawan Penuaan
 


 Sepanjang sejarah manusia telah membuktikan bahwa mereka bisa memperpanjang hidupnya dengan memperbaiki sanitasi, peningkatan keselamatan kerja, dan yang paling penting berkembang pesatnya healthcare. Namun, jika kita ingin memperpanjang harapan hidup jauh lebih panjang lagi kita harus menyingkirkan musuh utama manusia, yakni penuaan.


Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?


Manusia sekarang sedang berusaha keras mencari cara agar dapat menyingkirkan penuaan, dan sekarang manusia telah menemukan titik terang. Clustered Regulary Interspaced Short Palindromic Repeats atau disingkat CRISPR merupakan kemampuan untuk memperbaiki sel atau “mengedit” kode genetik sel. Dengan begitu manusia dapat merubah kode genetik sel yang mengalami penuaan, sehingga perkiraan harapan hidup rata-rata manusia bisa mencapai 150 tahun !.


Nah sekarang, setujukah agan dengan adanya teknologi ini?




Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?

 Pro

Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?


Keuntungannya jika manusia memiliki harapan hidup yang panjang, tentunya kita gabakalan sedih karena orang yang kita cintai tetap hidup menemani kita. Bahkan kita bisa hidup bareng mbah nya mbah kita. Tentunya dengan banyaknya manusia yang tetap hidup, orang-orang produktif masih tetap produktif bahkan melebihi masa pensiun, sehingga dapat membantu perkembangan negara.

 
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?

Kontra


Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?

Tentunya jika banyak yang tetap hidup, populasi manusia akan berlebihan sehingga sumber pangan dan tempat tinggal semakin sedikit, Kota akan penuh dan angka kriminalitas akan semakin tinggi belum lagi rumah sakit akan dibanjiri oleh pasien.

 
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?

Bagaimana Menurut Agan? Setujukah agan jika umat manusia memiliki umur yang sangat panjang? Tulis pendapat agan di komentar dan mari kita diskusi sama-sama







Thread diskusi teknologi lainnya:


Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
Setujukah Agan Jika Peran Guru Digantikan Oleh Robot?


Sumber dan referensi
 

spoiler




Diubah oleh terlalurizky
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dymasrama dan 23 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
02-08-2021 00:51
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
profile-picture
ebureg memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
02-08-2021 00:58
aku sih setuju aja asal kan pemerintah dan masyarakat bisa berkoordinasi dengan baik.

mulai dari birth control, perluasan lapangan pekerjaan, dll

tapi kalo untuk sekarang sih no, masyarakatnya aja gampang panas kalo bawa-bawa isu agama, gimana mau diajak koordinasi sama pemerintah
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
02-08-2021 01:22
Peningkatan usia harapan hidup, mungkin akan diimbangi dgn menurunnya keinginan utk reproduksi.

Di bbrp negara maju kan skrg pun sdh sampai hrs ngasih bonus bagi warga negara-nya utk memiliki anak. Gara2 demografinya yg kekurangan generasi muda.

Nah kalau usia produktif itu bisa diperlama, hitung2annya tentu jg berubah.

Jd kalau dr masalah populasi, bisalah dicari jalan keluar-nya.

Tentu akan ada efeknya, misalnya jumlah anak2 dlm populasi akan jauh lbh sedikit dr skrg.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
02-08-2021 06:47
Ga setuju dah ane ngeri bgt ntar klo kbnyakn pnduduk, apa2 jd susah, kecuali sm negara2 yg gamau pd nikah sm gapunya anakemoticon-Blue Guy Smile (S)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
02-08-2021 08:58
Usaha manusia untuk menggapai immortality sudah dari dulu jaman kerajaan, raja2 mencoba untuk hidup selamanya. Tapi sampe skrg kayanya blm terwujud haha. Jadi kayanya walaupun sdh ada teknologi pemanjangan umur atau penundaan penuaan pasti biayanya tinggi. Cuma org2 berduit yang bisa mungkin ya. Lagian kalau udah dasarnya udah waktunya koid ya koid aja, si martin udah waktunya cabut nyawa kita ya mati aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
02-08-2021 09:27
zaman doloe yang nembus 60 jarang , mati karena penyakit tanpa bisa ditolong dokter. kalau di zaman jadul ga nembus 40, mati karena perang, penyakit, kelaparan, cuaca, bencana alam dsb....emoticon-Ngacir
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
02-08-2021 10:02
setujunya lebih kepada yg tidak berkontribusi atau tidak mau berkembang, mentalnya buruk dan malas, dipendekin hidupnya baru abis itu perpanjang usia harapan hidup manusia2 yg secara kualitas mumpuni
profile-picture
terlalurizky memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
02-08-2021 14:21
Kalo umur panjang tp hidup susah dan menderita apa artinya...
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan Rinka17 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
02-08-2021 15:33
manusia makin bertambah banyak terus ada teknologi yg bikin manusia panjang umurnya...kalo semua umat manusia bisa mengakses teknologi itu artinya bencana....

tpi gw rasa kalo tuh teknologi dah ada paling hanya untuk golongan orang yg paling berpengaruh di muka bumi...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
02-08-2021 17:37
setuju, kalo bisa kendalikan angka kelahiran

sayangnya warga +62 percaya banyak anak banyak rejeki
udah gitu baru nikah aja malah ditanyain kapan punya anak
emoticon-Hammer2
profile-picture
Teodoremuantavv memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
02-08-2021 17:48
Saya tidak setuju.
0 0
0
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
02-08-2021 18:13
Saya kurang setuju bila manusia bisa umur panjang dgn bantuan rekayasa genetik, tp bila manusia tsb bisa umur panjang scr alami, ya tidak masalah.

Lagipula umur panjang ini, anggap aja memang bisa memperpanjang umur sampai 150 tahunan, hal ini harus diimbangin dgn penuaannya (kondisi fisiknya), siapa yg mau umur panjang hasil rekayasa genetik, misal org tsb sudah berumur 100thn tapi uda renta, tidak bisa bangun dari ranjang, penglihatan dan pendengaran sudah jauh berkurang, lalu mau (maaf) bab pun harus dibantu org lain dst, sedangkan org tsb masi hrs menjalanin sisa 50 tahun lagi.

Atau rekayasa genetik ini bisa juga mempertahankan kemudaan manusianya, misal umur 100thn tapi perawakan fisik, stamina, dll masi seperti umur 40an, ya ini lain cerita.

Tapi apapun itu, bila manusia bisa berumur 150 thn tapi bukan scr alami, sepertiny akan lbh banyak masalah dr pada positifnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
03-08-2021 12:21
Boleh saja tidak tua. Tp usia milik siapa.
Bagaimanapun masih muda, tetap akan sirna jua.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
03-08-2021 20:13
CRISPR ini penemuan yang akan mengubah dunia.

Kalau suatu saat kita bisa men "decipher" DNA dan mulai paham bagian DNA mana yang mengkodekan untuk membentuk mata, mulut, kaki, tangan, dll. maka kita suatu saat mungkin bisa menciptakan naga dengan mengedit DNA komodo, atau menciptakan unicorn dengan mengedit DNA kuda.

https://www.vice.com/en/article/jpgq...gon-or-unicorn

Tapi aplikasi CRISPR yang akan mengubah peradaban manusia adalah, CRISPR akan mampu menciptakan manusia super yang memiliki gen-gen terbaik. Di masa depan ratusan tahun lagi, mungkin hampir semua manusia terlahir memiliki gen cerdas, tinggi, tampan/cantik, berkat CRISPR ini.

Ilmuwan China sudah memulainya dengan mengedit DNA embrio manusia supaya memiliki kekebalan terhadap HIV. Tapi dia dikecam semua ilmuwan dunia, karena mengedit DNA manusia masih dianggap tidak etis. Sekarang ilmuwan seluruh dunia sedang memantau bagaimana perkembangan bayi manusia yang DNA nya telah diedit itu tumbuh hingga dewasa, apakah akan muncul masalah kesehatan?

Diubah oleh kampret.strez
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
04-08-2021 01:45
Harapan hidupku seribu tahun
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
04-08-2021 12:04
Aane setuju emoticon-Shakehand2
0 0
0
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
04-08-2021 12:04
bisa asal makanannya itu loh...
0 0
0
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
04-08-2021 12:05
uda edit aja DNA nya, yg unggul dn bagus pertahanin, yg jelek musnahin, hahahaha biar gak sempit neh bumi
0 0
0
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
04-08-2021 12:05
Saya sih yes aja
0 0
0
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
04-08-2021 12:07

Setuju banget, jika manusia semakin banyak maka teknologi akan berkembang pesat dengan terpaksa karena populasi semakin padat.

Planet mars kemungkinan akan di huni oleh manusia

Bulannya bumi kemungkinan akan dihuni oleh manusia

Umur manusia telalu pendek untuk usia alam semesta yang panjang banget, masih banyak planet diluar sana untuk dijelajahi

Masih banyak misteri yg belum terbuka untuk di dalam lautan dan alam semesta

profile-picture
profile-picture
terlalurizky dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia