News
Batal
KATEGORI
link has been copied
116
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61066226ba709e558f56d022/opini-ternyata-ini-loh-yang-bikin-mahasiswa-stres-hingga-depresi-karena-skripsi
Skripsi merupakan istilah penulisan karya ilmiah berupa tulisan mengenai penelitian sebagai tugas akhir mahasiswa untuk meraih gelar sarjana. Skripsi dapat berguna untuk menilai dan menguji seberapa jauh seorang mahasiswa menunjukkan kemampuan nya atas ilmu-ilmu yang sudah dipelajari.
Lapor Hansip
01-08-2021 15:58

[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI

Past Hot Thread
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI

Skripsi merupakan istilah penulisan karya ilmiah berupa tulisan mengenai penelitian sebagai tugas akhir mahasiswa untuk meraih gelar sarjana. Skripsi dapat berguna untuk menilai dan menguji seberapa jauh seorang mahasiswa menunjukkan kemampuan nya atas ilmu-ilmu yang sudah dipelajari.

Namun terdapat permasalahan yang terjadi selama mahasiswa mengerjakan skripsi, tidak sedikit mahasiswa mengalami stres yang berat hingga depresi dan parahnya nekat melakukan bunuh diri.

[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI

Disini ane ingin mengutarakan opini mengapa skripsi membuat mahasiswa stres hingga depresi emoticon-Malu

1. Pemikiran dari dosen pembimbing I berbeda dari dosen pembimbing II


Judul ditolak dengan alasan yang konyol


3. Revisi-revisi dan penolakan judul oleh dosen penguji sempro


Menurut ane ketiga hal itu bisa membuat mahasiswa mengalami stres berat hingga depresi belum lagi beban ekonomi dan keluarga.

Kalau ane pikir-pikir skripsi memang penting namun nampaknya budaya pengerjaan skripsi di Indonesia lah yang membuat banyak mahasiswa yang mengalami stres berat hingga depresi, menurut ane budaya pengerjaan skripsi di Indonesia tidak efektif dan efisien dan terasa seperti mengengkang kreativitas mahasiswa dalam penelitian. Mahasiswa seperti kurang dibebaskan untuk menunjukkan kualitasnya dalam menulis karya ilmiah berupa penelitian.

Stres saat pengerjaan skripsi bisa melebihi stres di dunia kerja. Walaupun begitu tak sedikit mahasiswa yang berhasil menyelesaikan skripsi dan lulus. Faktor dapat menyelesaikan skripsi tidak hanya pintar di akademik namun ada faktor lingkungan dan keberuntungan yang mempengaruhi nya.

Belakangan ini ada usulan penghapusan skripsi atau skripsi tidak diwajibkan sebagai syarat lulus sarjana namun banyak yang kontra, kalaupun mau tetep skripsi sebagai syarat wajib menurut ane budaya skripsi perlu dikaji lagi agar lebih efektif dan efisien sehingga tidak membuat mahasiswa merasa stres hingga depresi.

Mau bagaimanapun masalah stress hingga depresi yang dialami oleh mahasiswa saat mengerjakan skripsi tidak bisa diabaikan dan diremehkan ini udah masalah yang sangat serius apalagi sampe ada yang bunuh diri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
04-08-2021 09:22
Hmm skripsi sudah terlewat 4 tahun lalu. Kalo ane mulus" aja lancar, 1 tahun sblm ngajuin judul udh ane pikirin mateng" apa yg mau ane buat serta konsepnya sampe sedetail mungkin.
Jadi pas ngajuin judul dan nyusun sampai sidang pun udh jelas terarah.

FYI Jurusan ane teknik informatika.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
04-08-2021 10:14
Buat skripsi yg penting sesuai dengan kemampuan ente aja tema yg mau dibuat penelitian, soalnya dosen rata2 liat kemampuan dari judul yg kita ajuin. Dari sini biasanya dah banyak parnoan tentang observasi dsb makanya kdg di tolakin mulu emoticon-Hammer2
profile-picture
Mobakokplagiat memberi reputasi
1 0
1
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
04-08-2021 10:18
kalo lagi sidang dosen sering nguji yg basic tapi filosofis banget. kenapa ini tandanya positif, kenap harus dikali?
0 0
0
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
04-08-2021 10:30
gw kurang setuju sm TS
yang bikin depresi itu klo :

1. uda ketinggalan temen seangkatan (uda byk yg lulus) untungnya gw cm molor setaun, ada bbrp temen yg smp nambah 3-4 taun ini
2. skripsi solo karir alias g ada partner (biasanya sih duo)
3. krn skripsi itu justru bebas sebebas2nya mhs yg bs ngatur dirinya sndr untuk disiplin ngerjain dan g tergoda iman nah ini titik yg bikin depresi klo g kuat iman y...tp bawa santai aja, gw pernah ko ud ambil sks nya tp krn judul nya susah gw skip aja ulang taon depan ganti dosen pembimbing kdg cocok2an dosen & liat jg kemampuan yg kita kuasai bukan judul nya

g usa skripsi sih taun pertama kuliah aja klo krg kuat iman y mental nya kena...krn kuliah g kaya sekolah serah lu yg nentuin lu sndr g ada dikejar2 guru BP haha jadwal kuliah lu yg ngatur, referensi buku di perpus jg lu hrs ud lbh byk literatur jg drpd saat sekolah...perlu jg senior untuk mentoring..banyak ko yg DO di taun ke2 kuliah 5% kurleb tiap angkatan ada aja
profile-picture
Mobakokplagiat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
04-08-2021 10:55
yg bikin stress mah lulus sudah ijazah di tangan kerja gk dapet2 bro.....sedapatnya kerjaan beda dengan lulusanya...emoticon-Cool itu yg gw alami tpi ssemua ane kambinghitamkan dengan kata pengalamanemoticon-Wakaka
profile-picture
sagutumbuk memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
04-08-2021 11:00
Wah ane yg udh di masa tingkat akhir ngerasa khawatir gimana nantinya pas skripsi, apalagi di masa pandemi kayaknya sulit buat observasi di luar
Tapi, semoga ane bisa menyelesaikannya nanti
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
04-08-2021 11:19
Negeri penuh Formalitas. emoticon-Traveller
profile-picture
sagutumbuk memberi reputasi
1 0
1
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
04-08-2021 12:23
jadi inget kasus mahasiswa mau potong dosennya sendiri wkwkwk
0 0
0
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
04-08-2021 13:27
Ini momok yang paling ditakutkan mahasiswa semester akhir emoticon-Takut
profile-picture
Mobakokplagiat memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia